TMCBLOG.com – Setelah CB500X dan CB500F, Salah satu BigBike 500 series Honda yang juga hadir fresh banget di akhir 2018 adalah sport fairing bike Honda CBR500R . . .tercatat bukan hanya Ganti baju atau update warna/ livery saja Yang hadir Untuk MY2019 ini sob  . . . Berikut adalah Hi-lite hal hal baru yang bisa tmcblog catat dari Honda CBR500R yang tmcblog temui langsung di Bangkok dalam acara Thailand International MotorExpo 2018 . .  Cekidot deh

Hal yang pertama Berubah tentu Bentuk Fisik dalam artian fairing baik bagian samping maupun depan dari CBR500R MY 2019 ini sob . . . Menurut tmcblog, bentuk Front cowl/ Front fairing sekarang memang di dekatkan dengan desain CBR1000RR Fire Blade sama seperti saudaranya CBR650R . . .

dan bahkan beberapa detail sama dengan CBR250RRs eperti hadirnya Wing pengarah aliran udara di sisi samping bawah Fairing CBR500R

Hal kedua yang berubah adalah Sasis dalam hal ini sub Frame dimana sama seperti CB500F tidak ada Update lendutan di bagian subframe bawah dari CBR500R ini  . . . Jadi subframenya lurus

Hal ketiga yang berubah adalah penggunaan Lampu LED di semua nya sob . . baik Lampu Utama/ headLight, Lampu rem/ stoplamp, Sampai lampu Sen . . semua LED

Hal Ke empat yang berubah adalah bentuk Setangnya dimana walaupun tetap melendut keatas, namun setang Dari CBR500R saat ini sudah menganut jenis Under-Yoke atau dijepit di bagian bawah dari Segitiga atas ini menyebabkan ada sedikit perubahan ergonomi riding jadi sedikit lebih racy ketimbang generasi sebelunya dari CBR500R

Namun begitu Untuk suspensi depannya sendiri masih teleskopik walau dengan tetap ada opsi variasi pre-load dengan cara memutar mutar baud di cap atas suspensi

Hal Kelima adalah Perubahan Dashboard menjadi All Digital LCD, mirip seperti yang dipakai di CB500F dan CB500X dan Juga bahkan di CB650R

Hal Ke enam adalah Jeroan dari mesin . . Honda Mengaplikasikan Profil Camshaft in maupun ex yang berbeda pada 500 Series Mulai MY 2019 dimana Timing nya dipercepat dan lift dari valvenya ditambah sehingga dengan juga ditambah update bentuk canister end Muffler hadir Respon Torsi dan Power yang lebih terasa di Low dan Mid RPM . . . Yap dari sini ketahuan bahwa 500 series sekarang lebih mementingkan juga aspek pemakaian stop and Go

Hal Ke 7 adalah pengaplikasian Assist and slipper clutch di Girbok dari CBR500R untuk membuat pengendalian lebih nyaman Baik saat melakikan Up shift ( naikin gear ) maupun Down Shift ( Nurunin gear ) . . . nahhh jadi Memang terlihat Lumayan banyak Yah update printilan kecil kecilnya . . . kita tinggal Tunggu kapan AHM merilis CBR500R ini sebagai pengisi line-up Big wing mereka di 2019 nanri . . silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna sob

taufik of BuitenZorg

 

 

24 COMMENTS

  1. Kok mirip r15vva ya….
    Dari samping makin mirip…apalagi pewarnaannya sama gitu….
    Kenapa ga dimiripin sama 250rr aja….

    Guest
  2. Ini CBR single R yang paling keren, malah lebih keren dari CBR600RR. Kalau aja ada modifikator lokal bikin versi 3 silindernya bakalam jadi 750cc, oversize dikit tiap silinder 5cc jadi 675cc. Jadi deh modif ala2 moto2. Power 2 silinder 500cc ini kalau di tuning mungkin bisa 70dk spek aman, berarti versi custom 3 silinder bisa 100dk. Sayangnya modifikator lokal cuma bisa bikin mesin GL multisilinder, paling mentok Ninja 250 dijadiin 4 silinder (sedang berjalan). Ya karena motor yang beredar disini dan cukup murah buat bahan modif multisilinder kebanyakan GL, atau C series

    Guest
  3. ini motor memang bukan kelas supersport,,, yg masuk jajaran supersport kan memang cbr250rr,600rr,1000rr.jadi wajar kalo bore x strokenya cenderung sama

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.