TMCBLOG.com – Suzuki Mendaftarkan Desain patent Detail mesin Twin Inline DOHC Suzuki . . . Calon GSX-R250 nih ? Yap satu mesin lengkap dengan detail standar miring, dua silinder, filter Oli hadir. Fakta standar miring membuat tmcblog terusik, jangan jangan ini Mesin Buat Motor sport fairing suzuki yang baru ? Suzuki GSX-R250 Kah ? Oke kita bicarakan Detailnya dulu yuk

Jelas Banget dari Gambar di atas dimana terlihat ada dua poros shaft pada kepala silinder. Ini adalah Ciri ciri dari motor dengan dobel Cam alias DOHC. pada penjelasan Patent Suzuki Menyebutkan ini mesin dua silinder. Dan Pada Dokumen tercatat juga bahwa No 18 adalah waterpump . ..  ini menandakan bahwa mesin ini didinginkan Oleh cairan ( Liquid Cooled )

jika dilihat dari arah depan terlihat jelas hadir dua Manifold exhaust. Terlihat Pula bahwa minimal silidner pada gambar diatas walaupun dua, namun dimensinya cukup Compact. Sobat Bisa lihat Di Gambar ada No 15. Itu adalaah Filter Oli sedangkan No 14 menurut dokumen Patent, Suzuki menyebutnya sebagai part Oil Cooler. Yes Mesin ini ada dua Pendingin Yakni pendingin cairan dan pendingin Oil ( pelumas )

TMCBLOG masih belum dapat menebak alasa kenapa Suzuki begitu serius banget ngurusin soal Pendinginan dari Mesin ini. Apakah Karena mesin ini akan berkompresi tinggi jadi Butuh pendinginan lebih optimal ..  atau ada alasan lain ?

Patent yang di daftarkan oleh suzuki ini Juga menjelaskan secara detail soal Balancer dari mesin twin ini. Sobat Bisa lihat di gambar atas seperti apa konfigurasi antara Sepasang Balancer Shaft ( 25 – 26 – 27 ), Counter shaft ( 23 ) dan drive shaft ( 24 ). Balancer ini didesain sedemikian rupa untuk mencoba mengurangi feel getaran mesin Yang diteruskan ke Pengemudinya  . .

Mengkonfirmasi langsung ke SUZUKI

Sebelum ini Suzuki memang santer mendaftarkan Desain mtoro sport Full fairing baru ke badan yang menangani masalah Patent baik di Jepang maupun di USA. Khusus mengenai penampakan sketsa sketsa ini, Masahiro Nishikawa, Executive General Manager, Suzuki Motor Corporation Japan pernah mentatakan bahwa Gambar Di Patent biasannya diharuskan ditulis sejelas Mungkin sampai ke Part Part detail. Nichikawa San hanya tersebum belum mau mengkonfirmasi Motor apakah yang sedang disiapkan Suzuki tersebut . ..  akan kah ahdir dalam waktu dekat ?

Taufik of BuitenZorg

49 COMMENTS

    • sebagai pabrikan kecil… harusnya sijuki bermain lebih awal… buka jalan… biar dapet cuan duluan..
      la ini kok keluar terakhir…. ngalamat …………..

      strateginya kok kayak ga niat…???

      klo dipasar indo yg lain dah pada kipas2 duit.. main maxi skuter 125 150… lah kok malah bikin gsx150… yg pasar mulai redup…????

      Guest
    • ngondah dah mulai main maxi skuter 250… ikut2an yameha yg pasarnya gurih …

      la ini malah baru mo bikin batangan 250 dua silinder…. yg pasarnya jg sepi… sijuki2…..

      Guest
  1. kalo yang ini engine nya disebut compact, gimana dengan engine CBR250RR yak ? padahal itu lumayan compact engine CBR250RR

    Guest
  2. diliat dr letak waterpump dan part oil cooler kayanya selang akan berhubungan, dann..nah ini dia part oil cooler akan di salurkan water cooled ke bagian itu jadi oli akan di dinginkan oleh coolant lewat part oil cooler tsb? keren

    Guest
      • Maksutnya ,,,,, jalur LC dan OC akan melalui sirip pendingin yg sama, jd di sirip pendingin ada 2 pipa pendingin yaitu liquid cooled (LC) dan oil cooled (OC) ,,, hmmm, apa bisa begono ?

        Guest
      • kang @taufik sue kang haji jawabannya, itumah namanya rembes atuh kang wkwkwk..
        @pengamat motor kurleb seperti itu, dmn biasanya water jacket umum berada di block silinder, dan ini sepertinya ada water circle di part oil cooler tsb. liat aja tuh klo di perhatiin no 15 (part oil cooler) ada tmpt utk selang.
        @dogol gak bro dgn adanya part oil cooler tsb sepertinya radiator water cooled aja udh cukup.

        Guest
    • Ada 2 kemungkinan,

      1. Satu radiator tp bisa OC dan LC lewatin (yg jelas ada dinding pemisahnya yaa),
      2. Radiatornya sendiri2 tp ditumpuk/jajar depan belakang kayak mobil2 (radiator mesin+ac ditumpuk biar pakek 1 kipas).

      Guest
  3. Mungkin No. 14 itu oil pump. Diletakkan sebelah oil filter supaya mudah maintenance dan ga perlu repot bongkar2 blok mesin. Saya kepikiran jangan2 suzuki mau maksimalkan sistem Jet Cooled atau SALCS buat pendinginan ekstra karena mau pake teknologi SCEM. Sepengetahuan saya, teknologi tersebut memang butuh kualitas pelumas dan pendinginan yang optimal. Makanya mau ditambahkan oil cooler.

    Guest
  4. Harusnya bisa jadi mesin yg kompetitif di pasar motor seperempat liter buat ngelawan rival2nya yg udah hadir lebih dulu, apalagi ini mesin baru diracik jadi bisa nyontek kelebihan2 di mesin2 tetangga+ngeliminasi kekurangannya. Tinggal tunggu desainnya aja bakal menarik apa zonk kayak si bandit.

    Guest
  5. untuk kail power yg lebih tinggikah dari para rival sampai perlu water & oil cooled? semoga iya
    dan saya ngarep udah tembus angka psikologis 4x,xx bhp di crankshaftnya… ?

    Guest
  6. wah mantap nih calon motor yang terjual 100 unit per bulan lagi nih, hehe.. Ijin comot gambarnya ya kang…

    Guest
  7. udah USD wak, swing arm belakang mirip CBR250RR, sasisnya simple bgt yak, shocknya udh pake link, header knalpot kok menyilang ya wak ? kayaknya mesinnya bisa kail RPM lebih tinggi dari trio kompetitor yg udh mengaspal

    Guest
  8. Tapi mungkin ada 2 sistem pendingin untuk mesin yg berbeda tipe nya ,,,,, maksutnya Suzuki bisa saza membuat 2 mesin berbeda yg mana satu nya pake pendingin liquid saza atau pake pendingin oli saza

    Jadi kalo sewaktu dibutuhkan karakter mesin yg sesuai, tinggal comot dan salah satu sistem dimatikan (ditutup jalurnya) ,,,, sperti lasus GSXR400 jaman dulu

    Guest
    • To sayur kol:

      Pasar saya yakin tetap ada bung meski tidak seramai matic, hanya saja memang secara ekonomi sedang lesu, bahkan sport 150 cc juga menurun penjualannya. Entah apakah akan dibawah 60 juta atau lebih untuk harganya nanti.

      Guest
  9. Kalau liquid cooler untuk mendinginkan mesin sudah sering saya dengar, tapi oil cooler? Memang sesuatu banget suzuki, tapi menurut saya ini penting banget supaya kemampuan oli sebagai pelumas tetap terjaga.

    Guest
  10. tenang aja ini motor yg bikin suzuki thailand.
    moga2 awal sis bisa jual CBU mepet kompetitor, lalu di CKD kan.

    Guest
  11. Kalo diliat di drawing crankshaft, posisi setang piston menyamping saat piston di belakang turun membentuk sudut 90 derajat atau 270 derajat, apakah menganut crossplane firing order?

    Guest
  12. Yang penting jebule harus ganteng maksimal,11/12 ama moge. kalo jebule nya culun, orang orang bukan nya beli yang ada malah ngebully 😀 😀

    Guest
  13. ini sistemnya kaya mobil mahal. jadi alat itu namanya oil to water heat exchanger. jadi oli tidak langsung didinginkan oleh sirip2 radiator tapi oleh air radiator. cmiiw

    Guest
    • Yap, oli bisa didinginkan oleh udara, oleh cairan, bahkan oleh oli lain. Atau gabungan misal didinginkan udara dan cairan. Sistem ini lebih kompak. Nantinya, cukup 1 radiator (yang besar), untuk pendingin mesin dan oli.
      Keuntungan lain, seandainya suhu dingin (salju), oli bisa dipanaskan coolant, Suhu mesin lebih stabil.

      Guest
  14. Oil cooler = pendingin oil agar pelumasan oil maksimal
    Kasus satria ..pendingin mesin terep pake sirip…
    Liquid cooler = mendinginkan mesin …pake cairan…ada water pump nya..
    Kalo salah tlng di koreksi ya gaes.!

    Guest
    • @Denan
      Satria mah oil cooled kang bro. dan motor oil cooled juga masih pake sirip (cooling fins) di silinder blok nya buat mendinginkan silinder.
      Beda dengan motor liquid cooled, hampir pasti di bagian blok silinder polos tidak bersirip karena didalamnya ada water jacket untuk mendinginkan silinder (jalur water jacket ada yg mengelilingi silinder blok dan head ada juga yang hanya sebagian ya seperti Vario 110 lama).

      Kalo liat ada motor yang pake liquid cooled dan oil cooled itu berarti pendinginan ekstra, oli didinginkan oleh cooler khusus dan mesin atas didinginkan di jalur sendiri. Biasanya karena mesin punya kompresi tinggi atau kebutuhan untuk balap. Karena sistem liquid cooled saja itu tidak ikut mendinginkan oli.

      Editor
  15. Berapa rpm limiter nya?
    Kalo gsx 150 series bisa 13000 rpm yg mana lebih tinggi dari kompetitor, ini…. bisa gak 16000 rpm sebagai limiter standar?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.