TMCBLOG.com – Ekspor sepeda motor skutik Honda Vario series sepanjang tahun 2018 melonjak 94% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini mempertegas komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) dalam menggarap pasar ekspor dengan produk-produk kompetitif karya anak bangsa.  

Sepanjang 12 bulan tahun lalu, AHM berhasil mengekspor 60.308 unit Honda Vario series baik secara utuh (CBU/Completely Built Up) dan terurai (CKD/Completely Knocked Down). Sementara pada periode yang sama 2017, AHM melakukan pengiriman ke luar negeri hanya 31.008 unit Honda Vario series.

Honda Vario series bersama Honda BeAT series memberikan kontribusi terbesar dalam lonjakan ekspor AHM ini.  Secara total, sepanjang tahun 2018 total AHM berhasil mengekspor Total sebanyak 402.102 unit sepeda motor Honda dalam bentuk CBU maupun CKD. Sedangkan di data AIsi yang merupakan Data CBU, Honda meraih angka 181.742 unit Pencapaian ekspor Total ini meningkat 48% dibandingkan pencapaian ekspor total pada tahun sebelumnya. Model skutik memberikan sumbangsih ekspor 193.958 unit sedangkan ekspor tipe motor bebek tercatat sebanyak 168.927 unit, dan tipe sport 39.217 unit.  

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan permintaan yang tinggi dari pasar ekspor terhadap sepeda motor Honda buatan Indonesia mencerminkan daya saing produk dan kepercayaan terhadap kualitas produk sepeda motor terbaik karya anak bangsa.

“Salah satunya Honda Vario series yang tidak hanya disukai di dalam negeri tapi juga di pasar ekspor. Pencapaian 2018 ini akan mendorong kami untuk meningkatkan ekspor di tahun ini dengan modal utama model-model berkualitas karya anak bangsa, ujar Kurniawati.

Selain Honda Vario series, AHM juga berhasil memasarkan beberapa model sepeda motor buatan anak bangsa lainnya di pasar ekspor, antara lain Honda BeAT series Supra GTR150, Honda Blade, Honda Sonic 150, Honda CRF, Honda CBR series dan Honda CB150R Streetfire. Pengiriman ekspor secara CBU tersebar di negara Filipina dan Bangladesh. Sedangkan dalam bentuk CKD, produk sepeda motor karya anak bangsa sudah dikirim ke negara Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja

15 COMMENTS

  1. Baguslah bila perlu biar sama exportnya ke eropa juga.biar persaingan makin ketat..kwalitas juga setara semua biar konsumen yang diuntungkan. Buat Yamaha juga biar cepat kluarin moge lokalnya. kawasaki juga neh mana 250 4silinder. biar semua gak.saling tunggu.

    Guest
  2. mending jadi pengexport dan mulai kurangin pasar lokal,,,,,

    wak coba bkin tips2 motor biar gak dicuri….kasian liat di berita jkt…sering banget vario sama beat….

    misalnya kunci stang kekanan

    Guest
  3. Kapasitas produksi AHM harus dinaikin lagi nih… Dengan begitu Akan menyerap tenaga kerja baru…
    Ini baru namanya kipas-kipas dollar, nggk cuma mampir doang..

    Guest
  4. Kapasitas produksi AHM harus dinaikin lagi nih. Dengan begitu Akan menyerap tenaga kerja baru
    Ini baru namanya kipas-kipas dollar, nggk cuma mampir

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.