TMCBLOG.com – entak kenapa tmcblog memperkirakan bahwa ke depan akah hadir perombakan masif di Line-up Produk Yamaha Indonesia. Menurut tmcblog ke depan Semua Skutik Entry – Mid Level Yamaha akan Pakai mesin 125 cc FreeGO. Yap Mio, Fino, Xride, SoulGT semua akan pakai mesin ini.

BTW Mesin yang dipakai Oleh Yamaha FreeGo 125 ini adalah mesin baru. Berkubikasi 125 cc Air-Force Cooled BlueCore namun dengan perbedaan Kehadiran Sistem SMG ( smart Motor Generator ) dibagian Koil / lilitan magnetnya. Dengan Sistem SMG ini starter jadi jauh lebih senyap dan memungkinkan banget untuk dihadirkan Sistem Start – stop. Walaupun begitu dengan sistem Dinamo starterpun yamaha telah bisa membenamkan sistem Start-stop di varian Mio Sebelumnya ( SSS ).

Yap mesin ini boleh dibilang punya potensi lebih irit ketimbang mesin sebelumnya yang menggunakan Dinamo starter. Karena dengan sistem SSS konsumsi bensin Bisa dihentikan saat tidak dibutuhkan. Lagi Pula Dengan pengaplikasian Semua bermesin yang sama, yamaha akan lebih mudah memikirkan hal hal lain seperti marketing tanpa diganggu pemikiran mengenai kehadiran dua line-up mesin yang berbeda.

Top To Bottom Penetration Strategy

Jika Perkiraan TMCBLOG ini tepat adanya, Maka terlihat ada perbedaan strategy penetrasi mesin 125 cc SMG aircooled dibandingkan dengan penetrasi mesin 125 cc Blue core yang dahulu. Jika sobat ingat saat pertama penetrasi Mesin 125 cc aircooled Blue core yamaha mengguankan Style Bottom – Up.

Pembenaman mesin baru Dimulai dari Mio Series. Sementara varian dengan kasta di atasnya seperti Soul, Fino dan Xride saat itu masih menggunakan mesin 115 cc YMJET FI. Ini jelas jomplang dan varian di atasnya punya kans ‘tercederai’ karena varian ‘di bawah’ dapat update duluan ketimbang mereka.

Nah dengan hadir mulai Freego, Yamaha Mungkin bisa bersiap Mundur ke belakang untuk penetrasi mesin 125 cc air-force Cooled SMG ini. Setelah Freego Mungkin bisa masuk ke Soul, lalu Ke Fino, dan terakhir ke Mio. Jadi top to Bottom dan ini disinyalir bisa berjalan lebih smooth. Satu lagi, jangan terjebak oleh ‘seduce’ dari Honda. Setelah punya Grand Strategy Top To Bottom, tinggal Desain Motor yang stylenya Yamaha dan sesuai dengan mindset Konsumen terhadap yamaha Itu sendiri, Jangan tergoda oleh style Honda . . Kalo menurutmu Gimana sob ?

Taufik of BuitenZorg

54 COMMENTS

  1. Mio series ini yang sudah waktunya beralih ke generasi baru, sudah 5 tahun, waktu yg pas untuk berubah wajah, fitur, dan teknologi tentunya

    Guest
  2. mesinnya dirubah rubah, getaran stangnya dihilangin juga donk. free go yang paling update saja getaran stang masih ada

    Guest
  3. Setuju saja.. Sy ada freego, sudah membuktikan mesin lebih baik dr sebelumnya (ymjet nya soul gt punya saya).. Mesin halus, lembut, bertenaga, ga berisik, ga ngorok kaya bit n pario tetangga, rasanya kaya naik Nmax ber dek rata.. Terutama desain ga lebay (sederhana tp nyeni) / mukanya ga banyak lampu garis2 yg kelihatan norak.. Itulah kekuatan yamaha, desainnya nyeni dan sedap dipandang..

    Guest
    • Ekkkk. .. jilat ludah yang udah lalu ya .. katanya desain agresif dan sporty itu yamaha banget sekarang kog jadinkebolak kebalik selranya ya? Ngikut selera bapak2

      Guest
    • udah di konfirmasi fivaro sendiri ya,kalo mesin YMJET-FI itu mesin gagal
      jadi yg punya mesin itu mending niru Adi Saputra,dibongkar terus diloakin ????

      Guest
    • Pada ngaco nih para kecebong.. Lebih baik itu bukan gagal brew..
      Kan udah dibilang ciri khas yamaha itu nyeni dan sedap dipandang.. Mau agresif dan sporty kek, mau bulat2 kek, mau lancip kek, kalau diterapkan oleh yamaha itu nyeni dan sedap dipandang.. Kok dibilang bolak balik n selera bapak2.. Beda dgn sebelah, yg kebalikannya dari yamaha.. Ngerti ora son.. Move on dong..

      Guest
      • Wkk vicion spbu dibilang sedap dipandang?? New Exred matik trail dibilang keren.. Rselawe diupdate dibilang bagus .. ohh sungguh mata fby perlu diperiksakan kedokter mata ya

        Guest
    • Saya setuju, jauh lebih sip pake vva lexy sekalian.. tapi gak ada ya yg sistem pendinginan air cooled??

      Alasan vva krn itu sudah jd “trademark” yamaha dikelas motor cc kecil.

      Guest
      • Heran saya sama yamaha..mesim yg jelas2 punya lexi nampol tarikannya malah freego dikasih mesin sejwnis new soul yg ngedennn

        Guest
  4. Hampir pasti mah wak haji…. kan update mesin… kyky sih tahun depan ada update Mio series.. mudah”n designnya jg lebih di terima

    Guest
  5. Nooo, mending update lagi mesin xeon, misalnya nih, mesin xeon itu di tempelin untuk versi alter ego nya freego
    Kalo concern nya irit sih susah ya, demen banget mesin xeon daripada mesin 125cc yamaha yang ini.

    Guest
  6. Dengan Freego itu Yamaha kembali ke style awal desainnya Mio dan Mio Soul, membulat dan simple… tapi enak dilihat. Gak kayak XRide. Perubahan desain yg paling ngaco.

    Guest
  7. Loh, gimana sih? Waktu vario iss pertama kluar, kata fb nganu Idling stop itu gk guna? Apa gara2 di kasih embel2 semarT jadi berguna sekarang? ?

    Guest
  8. 1 engine untuk beberapa variant cukup masuk akal wak, tgl 125 cc LC VVA nya mau dipake buat motor yg mana (x ride kayak e lebih cocok)
    fino mungkin bisa upgrade kaki2 pake punya freego
    dan garis desain freego – lexi lebih cocok diturunkan ke next mio

    Guest
  9. Kalo saya malah mending mesin Xeon RC 125 YMJET Fi nya yang di reborn jadi BlueCore + SMG, udah radiator lagi, tenaga 10 hp an eces lah.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.