pict : GPOne

TMCBLOG.com – LongLap Penalty diberlakukan Mulai Musim MotoGP 2019. Yap seperti Sobat baca sebelumnya di tmcblog, bahwa pada Hari terakhir #QatarTest 2019 Pembalap diminta melakukan Ujicoba LongLap dengan masuk ke sebuah daerah Run-Off yang diberi tanda Marka. LongLap Penalty area ini adalah area Penalti yang diberikan kepada Pembalap yang sebelumnya hanya diharuskan mundur posisi karena misalnya melawati Limit Trek ataupun Overtake saat Yellow Flag berlangsung.

Dorna menjelaskan bahwa Latar belakang diberlakukannya LongLap penalty ini adalah untuk mempermudah FIM MotoGP™ Stewards melakukan monitoring, terlebih jika penalti ini diberikan untuk lebih dari satu pembalap sehingga Jalannya Balap bisa lebih adil dan proses penalti bisa lebih bisa diverifikasi.

pict : motorsport

Untuk selanjutnya semua Trek sirkuit balap yang digunakan di MotoGP akan dibuatkan area hukuman ini. Umumnya area ini ditempatkan di tikungan yang dianggap aman dan memiliki area Run-Off yang cukup lebar. Jika Pembalap memasuki area ini maka ia akan menderita penambahan Laptime sebesar 2 detik. Pembalap yang terkena penalti jenis ini diharuskan memasuki area Long-lap penalty maksimum 3 lap setelah informasi hukuman diberikan ( Via dashboard message untuk MotoGP, Moto2 )

Penalti turun posisi masih dipertahankan

Namun jelas FIM MotoGP™ Stewards tidak sembrono menggunakan Hukuman ini. Waktu yang terbuang saat pembalap memasuki area Longlap penalty ini adalah 2 detik. Jika misalnya secara hitungan pembalap hanya menyalahi waktu kurang dari 2 detik maka pembalap tersebut beklum akan diminta memasuki area tersebut. Dan Oleh sebab itu juga walaupun Longlap penalty ini diberlakukan, Hukuman berupa Penalti turun posisi masih tetap dipertahankan.

Taufik of BuitenZorg

13 COMMENTS

  1. penalti turun posisi ternyata tidak mempan untuk rider-rider alien, karena dg cepat bisa merangsek ke depan dg mudah

    Guest
  2. kenapa ga sekalian larangan winglet?, apa susahnya sih nurunin aturan itu kayak yg dilakukan di Moto3 dan Moto2?

    kenapa?takut ada yg ngambek anak mama nya? ??????

    Guest
  3. LLP ini ditempatkan pada tikungan paling lambat dari sirkuit. (Tapi bukan di tikungan terakhir)…misalnya di Losail ada di turn-6.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.