TMCBLOG.com – Bro Seklaian, menarik melihat permainan matematika yang sempat ditulis mat Oxley dalam Artikelnya. Seperti Kita ketahui balapan Losail dilakukan pada malam hari Mulai tahun 2008 dan Untuk diketahui bahwa Sumber energi listrik yang dipakai adalah menggunakan Generator mesin Diesel dimana ada sekitar 44 mesin Yang per mesinnya menghasilkan 13 megawatt Listrik. Total sumber energi yang dihasilkan adalah 5,4 Juta watt

Jika diambil rata rata maka total selama Race weekend Jumat Sampai ahad selesai Race butuh sekitar 20 jam aktifitas Maka akan diperoleh penggunaan 108 Juta watt hours energi listrik.

Dengan asumsi bahwa Satu Motor MotoE menggunakan energi 2kWh perlap maka Untuk 18 Motor ( 36 kWh Perlap ) dengan energi 108 MWh akan diperoleh angka 3.000 Lap. Jika diasumsikan dalam satu race weekend per Motor melakukan 30 lap Maka akan diperoleh 100 seri MotoE. Jika satu Musim ada 5 seri MotoE, Maka 100 Seri MotoE dapat disebat dalam 20 Musim MotoE Yakni  dari 2019 sampai 2039. amazing yah

taufik of BuitenZorg

42 COMMENTS

  1. Sudah saatnya kendaraan umum dan pribadi pakai listrik, Indonesia mampu bikin. Tapi kalah sama produsen otomotif dan minyak, alhasil mobil listrik nasional ga lolos uji emisi karena ga ada knalpotnya dan jadi bahan lelucon negara maju. Jangankan alih energi dari bahan bakar minyak ke listrik, orang yang bisa bikin sistrm pengkabutan super irit tahun 80an aja dibunuh dengan cantik karena perusahaan minyak kala itu tidak terima ada orang jenius yang bisa bikin minyak mereka laku dikit. Apalagi kendaraan listrik yang jelas-jelas stop penggunaan minyak?

    Guest
    • ingat kemarin ada tokoh nasional yg coba bikin proyek mobil listrik supaya Indonesia mampu bersaing dengan pabrik mobil listrik negara lain, secara negara yg lain juga baru mulai bikin mobil listrik,
      tapi tahu sendiri kan ending nya gimana?
      proyek tsb malah dikriminalisasi sama rezim penguasa dengan alasan yg nganu sekali.
      kalau terus begini susah mau bikin Indonesia maju

      Guest
    • Sekarang gimana caranya supaya bisa meruntuhkan kredibilitas elit global yg selama ini memperbodoh masyarakat?

      Mari dukung gerakan flet erth ?

      Guest
    • Kalau belinya lewat bukalapak atw tokped.
      Itu profit yg dihasilkan dari skali trx bli token utk night race qatar gp,
      ownernya market place bisa lah utk bayar uang muka helikopter 4 seaters dan cicilan 12 bulan pertama
      Klw tenornya 48 bulan.

      Guest
      • klo 108 juta watt sekali gelaran, dibikin token non subsidi standar, kira² harus bayar 150 juta buat 20 jam aja, wkwk..
        emejingg..
        tapi nilai segitu sih kecil amat buat Qatar..

        Guest
  2. Mohon maap wak kaji, 1megawatt bukannya sm dg 1 juta watt, 13 megawatt sm dg 13 juta watt. Itu per mesin. Klo 44 ya tinggal kaliin 44, sm dg 572megawatt.

    Guest
  3. Wak haji, tolong tanyain Matt Oxley, tu Genset pake merk apa?
    Siapa tau pake merk yg motornya ikut motogp…?

    Guest
  4. Syekh dan sultan mah bebas!!
    Kontrak Gelaran MotoGP Qatar aja sampe 2030, itupun kalo mereka belum bosen nonton MotoGP bisa diperpanjang lagi ?

    Guest
  5. Kira” butuh waktu berpa jam wak? Buat carger moto E? Kayaknya bobot motor jauh lebih berat ya? Dari motor” konvensional..mgkin karena baterai titaniumnya..

    Guest
  6. Ini mah kalah keren klo mandalika udah resmi masuk kalender MotoGP bahkan mungkin paling keren mengalahkan philip island. Apalagi klo resource electric power bener2 pure solar cell beuh lebih gimana gitu. Pokoknya udah resmi masuk kalender MotoGP, nabung dulu ah.

    Guest
  7. 108 juta watt hours energi listrik..dari jumat sampe ahad.. woww..
    btw “Analisa pasca race belum muncul nih wak.. ” 😀

    Guest
  8. 44 mesin genset masing-masing 13 megawatt, totalnya jadi 5.4 juta watt. 1 megawatt = 1 juta watt, 1 kilowatt = 1 ribu watt, 1 gigawatt = 1 milyar watt.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.