TMCBLOG.com – Sobat sekalian, datang kabar yang tidak mengenakkan menghampiri gelaran paling baru di kancah Grand Prix. Moto-E yang sejatinya belum digelar sudah mengalami malapetaka saat sesi testing di sirkuit Jerez, Spanyol. Paddock MotoE ludes hangus dilahap si jago merah semalam Jam 00:15 waktu Jerez, beruntung paddock yang dijadikan lokasi untuk MotoE bukanlah bangunan paddock inti sirkuit Jerez.

Kejuaraan MotoE pertama kali akan dimulai di Jerez pada awal Mei mendatang bersamaan dengan event MotoGP seri Eropa. Kebakaran terjadi di sirkuit Jerez tersebut sejatinya karena memang sedang sesiΒ tes motor balap listrik yang masih dalam tahap riset awal, dan kebakaran terjadi pada unit garasi motor MotoE yang digunakan oleh semua tim, dengan laporan awal menunjukkan bahwa kemungkinan telah mengakibatkan terbakarnya 18 unit motor Energica Ego yang sudah dimodifikasi sesuai dengan spek MotoE dari Dorna. Dengan terjadinya kebakaran hebat ini timbul keraguan, apakah MotoE sanggup untuk mengejar jadwal yang sudah ditentukan diawal?

Energica bukanlah merupakan pabrikan motor yang besar, keraguan tersebut timbul dengan alasan yang sangat logis. Apakah Energica memiliki sumber daya yang cukup untuk mengganti unit yang hangus terbakar tersebut tepat waktu? Secara nih ya kita semua tau bahwa motor balap listrik Moto-E merupakan modifikasi berat dari Energica Ego yang membutuhkan waktu cukup lama dalam proses modifikasinya.

Sumber daya yang dimiliki Energica mungkin berada di luar jangkauan untuk bisa kerja ‘ngebut’ dalam usaha menghadirkan mesin baru hanya dalam waktu kurang lebih 6 minggu, hal ini membuat gelaran pertama kejuaraan Moto-E diragukan kelangsungannya akibat belum terjaminnya kesiapan dari penyedia unit motor balap (Energica). Sementara itu tragedi ini masih dalam tahap investigasi mengenai apa penyebab kebakaran di paddock MotoE Jerez semalam waktu setempat.

Dorna sudah menghadirkan Informasi resmi mengenai kebakaran paddock MotoE dan Mengatakan bahwa penyebab kebakaran masih dalam Investigasi dan pengumuman mengenai konsideran yang diakibatkan terhadap Kalender balap MotoE 2019 akan di update dalam beberapa jam Lagi . .

Nugi TMCBlog

96 COMMENTS

  1. Ini pasti sudah full di asuransi’in kan ya?
    PR besar sih ini… Ada kemungkinan akibat baterai yg ‘leak’? Atau overcharged?

    Guest
    • Jadinkaya film balap mac queen balap yg disabotase gara2 persaingan usaha minyak…

      Dan balap baterai ini brner2 mengancam keberlangsungan hidup mafia minyak..

      Tepri konspirasinya mafia minyak melakukan sabotase pada balap baterai ini biar kesannya balap baterai tidak aman dan tetap bertahan pada bahan bakar minyak

      Guest
      • Baru aku mau nulis koment yg sama.. ehh audah di dahuluin om.escel..xixi

        Nah.. mungkin ini bahagian dari scenario..

        Guest
      • Masuk akal juga sih. Tapi menurut saya kendaraan listrik ga bexa jauh dari kendaraan biasa karena disisi lain buat saat ini energi listrik juga didapat dari hasil pembakaran bahan bakar fosil yang menghasilkan listrik, yang penggunaan bahan bakarnya 11 12 sama kendaraan konvensional

        Guest
      • Kalo yang bener bener mengancam pengusaha minyak ya seperti yang disebut sama bung oddo. Bukan bahan bakar alternatif memang, cuma efisiensi gila gilaan yang bikin kartel minyak pada ketar ketir

        Guest
      • Emang mengarah ke situ, sih, hehe, terlebih di cina bakal ngadain balap mobil listrik, dan E-TCR juga segera dirilis, E-GT juga, nah MotoE ini yang terakhir(maksudnya mobil sudah, motor belum) , karena ajang balap motor listrik belum banyak, paling bergengsi ya cuma TT Zero, meski sudah ada sih balap motocross yang pake motor listrik, meski masih hanya di eropa saja, bahkan Motor listrik yang sejenis Trail ini udah berlaga juga di Redbull Rhytm Straight.

        Guest
    • kebakaran itu hal yg wajar. apalagi berkaitan dg listrik. palingan itu cuma korsleting atau ada kru yg buang puntung rokok sembarangan di paddock. hehe..

      Guest
      • Yang ga wajar kenapa selama ini jarang ada kebakaran di tangki penampung bensin Pak BangunπŸ˜‚ kalau dipikir secara logika sederhana, aki atau baterai itu cuma pemicu percikan tapi hampir mustahil jadi penyebab kebakaran. Penyebab kebakaran apa? Ya minya yang terpecik.

        Guest
      • Setau saya om darso, kebakaran karena listrik itu bukan karena percikan apinya, tapi lebih sering kabel yg berubah jadi bara akibat mengalirkan arus listrik yg jauh melebihi kemampuan kabel itu, terus bara itu yg menyulut bahan yg mudah terbakar di sekitarnya, misal: kayu, plastik, karet, dsb.

        Guest
      • saya jawab mas Darso, karena sudah tertera tulisan besar sekali “DILARANG MEROKOK”. haha..
        nekat merokok yg dipentung satpam spbu atau malah diguyur bensin sekalian. lumayan dapat mandi spa gratis. spa api. haha..

        selama ada arus listrik, tentu mesti waspada akan adanya api bila bahan pelindung arus tidak bagus. arus listrik itu sifatnya panas mas. maka tidak heran bila ada yg tersengat listrik pasti gising, gosong, geseng. setuju saya dg mas Anomus

        yg pasti api yg paling sulit dipadamkan adalah api cinta dan api asmara. hehe..

        Guest
      • bayangin kasus batre hp yg mledak aja lumayan duaar juga…lah itu batrenya segede gedenya lah itu, kalo ada konspirasipun ga bakal terungkap…cuma baunya aja,wujudnya emboh…cuma ni ya cuma… sekelas motoGP memakai pabrikan pihak ketiga yg kurang greget gitu ya? ada gak sih pabrikan motor listrik di eropa yg lebih besar dari “energen” ?

        Guest
      • mas DarsoNo; ada banyak mas. lah itu ducati, bmw, aprilia, mereka jg mengembangkan motor electric to?
        hampir sebagian besar pabrikan motor/mobil dunia mengembangkan teknologi e-bike/e-vehicle/e-car, termasuk produk nasional kita.
        tapi tetep produknya lightning yg paling mantap untuk e-bike

        Guest
      • api cemburu cukup dipadamkan dg akua mas Vector. tapi akuanya 1 kontainer, dan lemparkan sekuat-kuatnya ke sumber apinya. haha..

        kalau api neraka padam, nanti setannya bingung mau bakar jagung dimana mas? haha..

        Guest
    • tergantung sih, soalnya realitanya kita semua tiap hari menggunakan batre lithium, coba bandingkan yang dari jutaan yg make batre lithium ini ada berapa batre yang terbakar?

      Batre li-ion ada di ponsel, laptop, tablet, power bank, kamera saku, bahkan gopro, serta drone dllllllllllssb.. πŸ˜€

      Guest
  2. apakah ini ulah Sir Miles Axelord dalam konspirasi Allinol???? semoga Mcqueen menang melawan Francesco Bernaoulli

    Guest
  3. Smackqueen yaqueen enel bukan pihak yg tepat,ganti pake Mugen shinden aja yg udah teruji pemenang TT zero

    Guest
  4. sudah kuduga, batrei itu versi nuklir yg kecil prinsip kerjanya sama, perpindahan elektron, anda mau nunggang bom di selangkangan anda?

    Guest
  5. Jadi inget cerita Film kartun Lighting Mc Queen dan “Bahan Bakar Alami” serta “Konspirasi”
    Hehehe…

    Guest
  6. kalau memang dorna berniat mengadakan balapan motogp-e, mestinya motornya menggunakan ls-218. top speed 346 kpj/216 mph. enel ini masih jauh dg shinden nana. hehe..

    Guest
    • Hasil investigasi pun mudah di rekaya bro. Penemu karburator sistem uap/vapor aja bisa jadi dibilang mati bunuh diri karena stress penemuannya gagal, padahal saat itu dia lagi mau dapet proyek besar. Dan anehnya blueprint patent dia lenyapπŸ˜‚

      Guest
  7. Yg jelas kurang seru motor listrik,, pakai mesin inline 4 saja mesinnya biar suaranya merdu khas moge 4 silinder.

    Guest
  8. jika itu dikaitkan dengan adanya konspirasi, maka belum tentu dilakukan oleh mafia dari dunia perminyakan. Bisa jadi sabotase tersebut dilakukan oleh perusahaan berbasis kendaraan listrik saingan tetangga yang kecewa karena tidak mendapatkan royek tsb. Sehingga di lakukanlah sabotase tersebut. Tapi memang banyak sekali kemungkinan yg terjadi.

    Guest
  9. Apa baiknya kejuaraan dunia dipisah dari MotoGP? Seperti Formula E dan F1. Sekarang Formula E terbilang sukses dengan menyajikan konsep yang berbeda (sirkuit jalan raya)

    Guest
  10. jangan pernah bilang sabotase, tar ada yang ketawain ada sabotase di Dunia atlet ….wkwkwk… lugu,kurang piknik, kudet, buta sejarah,

    Guest
  11. Bayangin pas sembalap full gas 200 sekian,mendadak 😯😯😯😯😯 sereeeeeem dah🀐🀐πŸ˜₯πŸ˜₯

    Guest
  12. sekelas dorna ga bisa nanganin kebakaran?

    api kan pasti gak langsung besar pasti dari kecil dulu baru besar. minimal beberapa motor lah yang hangus sisanya masih bisa dipakai.

    lalu paddock non permanent di sirkuit permanen?
    ATC, ETC aja pakai paddock permanen masa tim MotoE pakai tenda doang?

    mencurigakan

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.