TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Flash info Update nih dari kejuaraan Motor Prototipe Listrik Grandprix. Setelah Race pembuka Jerez dibatalkan Sebagai kelanjutan dari Tragedi terbakarnya Paddock MotoE Yang menghanguskan seluruh aset MotoE paddock, peralatan serta Motor saat test Pra-Musim di Jerez pekan lalu seri kedua di Le-Mans pun menurut Juga dibatalkan.

Via GPOne diinfokan bahwa Promotor lokal MotoGP Di Prancis yang diwakili Claude Michy menginformasikan secara resmi pernyataan in sekaligus menambahkan bahwa MotoE sedang melihat kemungkinan Event Balap ini dimulai pada Juni 2019. Terakhir Dorna mengkonfirmasi bahwa walaupun kalender dipastikan akan hadir perubahan, race MotoE dipastikan akan tetap hadir mulai 2019 ini.

Kekecewaan Gigi Dall’Igna terhadap Honda

Sementara Itu Via MotoGP.com Gigi Dall Igna terus menerus berkicau mengenai kekecewaannya terhadap Honda perihal dilanjutkannya protes ke pengadilan banding FIM mengenai kasus Swingarm Deflector. Menurut Dall’igna Biasannya persoalan semacam ini akan masuk dulu dalam diskusi di MSMA, namun pendekatan yang dilakukan empat pabrikan khusus masalah Swingarm Deflector Ducati berbeda.

Menurut Dall’Igna keempat Pabrikan terlihat mengubah kebiasaan pembicaraan MSMA ini terutama dalam kaca mata Dall’Igna dan Ducati adalah Honda yang menurut Ducati bersama Ducati dan Yamaha adalah Founding fathers dari MotoGP.

Saat ditanya soal kemungkinan Ducati meneruskan permasalahan ke CAS (Court of Arbitration for Sport) jika di Pengadilan banding nanti diputus bersalah, Dall’igna berkata untuk sementara Ducati belum punya fikiran kesana. Ducati tetap merasa sejalan dengan regulasi dan mereka tidak melihat alasan apapun bagi pengadilan untuk berbeda padangannya.

Jalan By Pass Baru : Bandara – Mandalika MotoGP

Dan Info yang terakhir adalah menyangkut MotoGP Indonesia dimana Kementerian PUPR  RI menginformasikan akan membangun Jalan By-Pass yang menghubungkan bandara Di Praya menuju Venue sirkuit madalika.

Kepala BPIW (Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah) Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono kepada viva menginformasikan bahwa Jalan By-pass dengan Jalur baru ini akan terbentang sejauh 17 km dan akan merupakan jalan Baru dan tidak dibangun di lokasi jalan strategis nasional. Kementrian dinformasikan telah menganggarkan dana sejumlah 1,2 Triliun Rupiah untuk sarana Jalan ini.

Taufik of BuitenZorg

119 COMMENTS

    • Hanya honda, ktm, suzuki, aprilia
      Yg berani protes masalah swing arm ducati
      Apa kabar yamaha….????
      Nyalimu mana…..????

      Guest
      • Kalo gigi bener ngga usah kwatir, tapi kalo uda kaya gini dia uda tau kalo dia ngelamggar aturan.
        Hampir semua pabrikan di tambah beberapa pengamat aerodinamika dan pembalap ducati sendiri aka petrucci bilang itu asli perangakat aerodinamika. Y uda nunggu kena penalti aja nih si ducati

        Guest
      • yamaha punya teknologi yang sama untuk kepentingan deflektor air hujan (spray deflector) yang ditempatkan di swingarm pada gp austria tahun 2018, berbeda dengan ducati yang pake untuk pendinginan ban belakang
        makanya yamaha tidak mempermasalahkan karena mereka sudah pernah pake teknologi serupa dan tidak ada pabrikan lain yang protes karena teknologinya sejalan dengan aturan

        Guest
  1. Karena kalau masuk MSMA, 4 pabrikan pasti udah tau hasilnya. Makanya mereka langsung aja. Nah kenapa Gigi sensi-nya ke Hoonda? Kebanyakan makan mentega kah? Hahaha

    Guest
    • hahahaha lumer dilidah ya…
      kasian aprilia gak dianggep apah sama ducati…. paling kasian sih honda cuman bantuin teman istilahnya mah…malah jadi tersangka utama…

      Guest
      • Nah maka dari itu. Benci sampai segitunya sampai-sampai apa2 Hoonda. Kasian kan Aprilia sama Suzuki, susah2 protes dari sebelum balap ehh yang dia sebut masih aja Hoonda?

        Guest
    • Paling bertele2 hasilnya ya bro kalo di MSMA… Haha bagus langsung ke fim lapornya… Dari berita lain saya liat yg ngotot sujuki ama aprilia tapi yg kena malah hondaaa seperti yg di bilang bro antigravity… Apa efek karena ngak jurdun2 ya bro darso? Wkwkwk yg katanya motor sempurna tapi ga juara2???

      Guest
    • kebanyakan makan mentega tidak baik untuk kesehatan mas Darso. kolestrol tinggi dan buruk untuk jantung, karena bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. keju lebih baik dan lebih bergizi daripada mentega. keju kraft tetep produk terlaris. hehe..

      Guest
        • karena mentega menyebabkan kelicinan, sehingga sarap satu dg sarap lainnya menjadi mudah kepleset, sehingga mudah untuk bergesekan, maka timbullah korsleting akibat gesekan tsb mas Nolan. haha..

          Guest
        • cuaca sedang kurang baik di tempat saya mas Darso. jadi sinyalnya timbul tenggelam. tidak konsisten. cuacanya ikut-ikutan mirip rider si itu. haha..

          Guest
    • @bung Darso : Ya wajar lah bro gigi nyerang Honda, karena hanya Honda satu2nya yg dianggap menghalangi dukati utk juara dunia..
      Ga beda jauh lah sama mentega, yg dibahas apa, ujung2nya bung Darso juga yg diserang…
      @pak Bangun Pagi : Waah pak Bangu kemana aja ya, padahal semua menunggu tulisan/komen sampeyan looh…

      Guest
      • selamat pagi mas Jpd. haha..
        bingung manggil nama sampean mas, jadi saya singkat saja tidak mengapa ya. haha..

        Guest
  2. Mari kita kawal dan ikuti tiap tahapan proses pembangunan proyek sirkuit mandalika ini, supaya tidak zoonk….dan dijadikan isu politik kedepannya.

    Guest
    • tapi setidaknya parts tersebut jadi dilegalkan, semua tim juga bakalan pakai. asik kan pengembangan yang tidak dibatasi

      Guest
      • “asikkan pengembangan yang tidak dibatasi”

        Omong kosong!!
        Lepas dulu belenggu Hoonda dan Yamaha baru itu namanya pengembangan yang tidak dibatasi

        Guest
  3. Honda yang menurut Ducati bersama Ducati dan Yamaha adalah Founding fathers dari MotoGP.
    Saya tidak paham sedikit pun maksud nya

    Guest
    • maksudnya gini . . Ducati/ Dall Igna berkata : ” Ducati, honda dan Yamaha adalah Founding fathers dari MotoGP “

      Administrator
    • sudah jelas artinya adalah bahwa dikiti, hadno, yimihi, merupakan pabrikan yg menemukan bapaknya motogp.
      coba tebak, siapa bapaknya motogp? ibunya motogp siapa? nama bapak-ibunya motogp siapa? tinggal dimana? leluhurnya siapa? generasi ke berapa motogp itu? anaknya siapa? motogp lahir di rumah sakit mana? hari/minggu/bulan/tahun/ kapan? jam berapa? wetonnya motogp apa?
      yg bisa menjawab, saya sediakan hadiah pulsa kuota

      Guest
        • kalau saya tambah pertanyaan tsb, nanti fens dokter yg melegenda bisa ramai-ramai mendemo saya mas. mereka pun akan berteriak, “apa yg sudah kamu buat untuk dunia, Pak Bangun? apa..?? jawab..”
          kalau saya jawab, nanti pada tidak terima. kan repot itu mas Nolan. haha..

          Guest
      • berarti ibunya MotoGP ‘nakal’ ya,bapaknya sampe 3 gitu
        kalo mau tau sel sperma siapa yg jadi/bapaknya yg sesungguhnya,harus test DNA tuh!! ???

        Guest
        • spertinya sulit dilaksanakan itu mas Cen, karena baru mendekat saja sudah di attack dg jurus side kick. haha..

          Guest
        • mungkin maksudnya mereka bertiga yang selalu exist pada jaman motogp sejak motogp ada, dulu namanya khn bukan motogp makanya dianya bilang founding fathers dr motogp

          Guest
        • Dulu Ducati jg turun d ajang Grand Prix motorcycle racing. Signaturenya motor dg lambang “the prancing house” atau lambang kuda yg sama dg yg digunakan Ferrari skrg. Tp kl d bilang founding fathers, IMO, cm klaim sepihak dr Dall’igna aj. Macam klaim founding father era winglet. Mgkn untuk menguatkan posisi Ducati sekalian untuk memberi pressure buat Honda (yg berperkara siapa, yg dimasalahin siapa).

          Guest
    • mungkin yg dimaksud Gigi adalah founding fathers dari motoGP era baru yang pakai winglets. soalnya ducati juga baru2 ini ikut premier class. era 2 tak aja enggak ikut

      Guest
    • MV Agusta tdk disebut, Suzuki ancient story jga dah compete di motogp jga kagak disebut. Ada apa dgn Gigi ??

      Guest
    • Padahal kejuaraan ini berganti nama menjadi motogp itu tahun 2002 loh, ducduc baru ikut motogp tahun 2003. Gigi dalihnya oh..

      Guest
    • Gigi berkata begitu karena berharap honda tidak turut campur dalm urusan ini.. seperti yamaha..
      Karena gigi tau.. honda punya kekuatan besar dan salah satu pabrikan yg paling kuat di motogp..
      Kalau honda g ikut campur.. pasti gigi merasa tuntutan aprilia dkk itu ringan..
      Imho.. xixi

      Guest
  4. Mana mau mereka berempat diskusiin dulu di MSMA, orang disana ada si Claudio Domenicali sang CEO Ducati juga ??

    Guest
    • Wkwkwk bener juga, daripada kesana terus ditanggapinnya lama keburu partnya udah dinikmati sampai akhir kompetisi

      Guest
  5. wew ada bandara baru Deket Mandalika? hmm menarik disimak siapa nanti yang kelola Angkasa pura 1 atau Angkasa pura 2..

    Guest
    • Yang baru jalannya, Bandaranya tetap Praya, kan Praya sendiri deket sama mandalika tho, tidak sejauh mataran

      Administrator
    • Selaparang sebagai bandara lama berada di area bernama Rembiga Kecamatan Ampenan Mataram, not far from Senggigi.
      sejak late 2010-2011 CMIIW, Bandara Int’l Loombok aka BIL beroperasi penuh.
      Praya sebagai Ibu kota kabupaten Lombok tengah menuju ke BIL jaraknya sekitar 15-16 Km (mobil -motor-Bus gas pol 20 menit, kebetulan jalan di lombok ngga rame2 amat).
      Calon sirkuit yg menduduki area Mandalika, itu dekat dengan pantai Kuta Lombok, jaraknya +- 17 Km dari BIL arah tenggara.
      jadi kalau diurutin dari yg paling utara antara 3 titik lokasi ini Praya, BIL di tengah Mandalika di selatan.
      Mataram sebagai ibukota Provinsi ada berjarak no less than 35 Km arah barat Praya

      you are welcome

      Guest
  6. Itu PD amat Gigi ngomongin founding fathers motogp adalah Ducati didalam nya..

    “Apa dan berapa prestasi Ducati ?”
    mendengungkan Senior-junior kah ??? ..
    Bully?
    ospek?

    Guest
    • Wkwkwwk bicara soal prestasi bro mereka belum apa2 itu jurdun kebetulan punya rider pas kek setoner,dari sekian banyak rider ducati semuanya memble kecuali setoner tahun berikutnya setoner ngak konsisten karena kesehatan bermasalah.. Sekarang hanya diuntungkan regulasi tapi apesnya masih makan asap hoonnddaa wkwkwkwkwkw

      Guest
  7. Belum race moto-e udah pada kebakar gitu,apa karena kebanyakan elektronik wak? Rawan konslet keknya kayak otak mentega….
    #darso
    #jimo putra dajal
    #k1n
    #carlos
    #muke gile

    Guest
    • Pak bangun ada anilisis tentang moto-e belum race udah kebakaran duluan? Apa karena terlalu banyak elektronik pak bangun? Rawan konslet keknya kayak otak mentega bahaya juga tuh…

      Guest
      • mas klo komen mbok dibaca dulu artikelnya, kasihan yg udah buat artikel nyari info sana sini, sumber kebakarannya tuh dari apa, potensi bahaya mah semua ada, tinggal bagaimana mengelolanya

        Guest
      • sementara informasinya baru ini mas, “The source of the short circuit has yet to be identified but, once the fire broke out, it ignited the high-density battery which is part of the high-performance charger used at MotoE™ events.” (sumber motogpcom)
        sepengertian saya, dugaan sumber kebakaran dari baterei dan sekitarnya, bukan dari motor. hehe..

        Guest
  8. Mengindari Domenicalle kah ???

    kurang sopan banget merasa gak dihormati nih Domenicalle…

    biasanya ke MSMA dulu

    Guest
  9. tim dikiti posisinya semakin sulit, karena insinyur ex-f1 jg ikut menyoroti perseteruan wing-wing lelet ini.
    1) Ex-Ferrari F1 engineer Toni Cuquerella told Motorsportcom: “It’s obvious that Ducati’s winglet generates downforce….”
    2) McLaren F1 team-employed aero expert who preferred to remain anonymous agreed with Cuquerella’s view.
    “It’s obvious that the device generates downforce. Probably less than the winglets on the fairing, but of course it generates downforce,” the British team’s engineer said. (informasi lengkapnya bisa dibaca di motorsportdotcom/motogp)

    kesimpulan keputusan legal atau ilegal tetap menunggu pengadilan motogp sebelum seri argentina.
    pertanyaan saya, kenapa jadi tim hadno yg dipersalahkan sama gigi dikiti?

    Guest
    • Mungkin karena makan debu hondaaa mulu pak,”sepertinya gigi berpikir gini pak,gw udah bikin ini itu sama ecu seragam kok hondaa mulu sih yg menang,ah dengan cara apa lagi jegal mereka?”
      Kalau opini saya sih gitu pak hehe

      Guest
    • Yach karena yg bisa menjegal Ducati cuma Honda, bukan yg lain. Ymh saat ini emang tdk dianggap kandidat jurdun.

      Guest
      • sejak jl99 gabung dikiti, saya melupakan yimihi karena sudah terlihat tidak bisa memberikan perlawanan mas. bahkan ada salah satu artikel yg mengatakan kurang lebih demikian seingat saya, “…pertarungan ke depan hanya terjadi antara 2 pabrikan, dikiti vs hadno…”, dan benar terjadi sperti itu sampai musim lalu. jadi tim yimihi secara “langsung” tersingkir dari peta pertarungan. muncullah tim sijiki, yg bisa saja terjadi nanti akan menggantikan posisi tim yimihi sebagai lawan baru untuk 2 pabrikan tsb. sampai musim depan saya masih bisa melupakan tim yimihi mas. hehe..

        Guest
        • aku kemekelen mocone…saiki ada DICITI, YIMIHI, SIJIKI…kenapa HADNO atw HODNA tidak HIDNI atw HODNI…kenapa pak bangun kenapaa? WHY..WHY..WHY???

          Guest
        • karena hadno itu sesuatu mas DarsoNo, dan hadno adalah patennya saya.
          tim lain cukup disebut dikiti, yimihi, sijiki, iprilili, kitiyim. penyelenggaranya dirni. haha..
          tim respol hadno dan tim elciro hadno

          Guest
    • ogut sebagai orang awam pun tahu ketika sebuah penampang diletakkan dengan sudut sedemikian rupa akan menimbulkan gaya…entah itu gaya ke atas atau gaya ke bawah…

      posisi mbah Whitebeard semakin terjepit ini…

      Guest
    • saat saya membaca informasi gigi dikiti sudah kalut, panik, dan agak ceroboh dg memberikan pernyataan yg jelas “menyerang” hadno, ini menimbulkan banyak sekali pertanyaan. gigi dikiti yg terlihat kalem pun bisa tiba-tiba kalang-kabut hanya karena masalah 1 part winglet. jelas ini bukan masalah poin hasil race atau legal/ilegal part tsb digunakan.., ada yg lebih besar dari itu, yakni antara gigi > dikiti > “tim” dorna.
      pertanyaan utama, ada agenda apakah dibalik sikap gigi dikiti yg panik tsb?
      hehe..

      Guest
    • itulah pak bangun, sy bilang kemaren maren kalo masalah pisang goreng ini enak disajikan ketika masih hangat, dikiti tetep kekeuh dengan rugulasi yg di ambil kata “pendingin” ban, di situ “abu2” soal bentuknya! nah kan rodo edan DORNI…bikin regulasi ada celah lebar selebarnya…kan sayur kol banget pak bangun! hahahahaha

      Guest
  10. Dr atas sampe bawah kok ada tukang ngetek ya..gk pd ya sama tim jagoannya..untuk wsbk memang ducati fresh and fast..tp untuk motogp dr 2003 cuma stoner doang…gk ada perubahan berarti,macam ducati wsbk..

    Guest
  11. menarik bila nanti tim hadno di akhir sidang pengadilan mengatakan kalimatnya valteri bottas, “ho bout that?” hehe..

    Guest
  12. Ini simple. Kenapa Gigi menyalahkan HRC. Soalnya tanpa HRC, kekuatan protes menjadi lemah. Lha wong kompetitor yg terdekat aja ga protes ngapain yg lain pada protes.
    Satu hal yg jelas akar masalah terjadinya kisruh ini, karena regulasi yg abu2 dan kurang ahli nya Dorna memahami hal teknis seperti aerodinamika.

    Guest
  13. belajar dari kasus winglet fairing, para pabrikan yang protes gak sebodoh bayangan mbah gigi yang bawa kasusnya ke MSMA. gila aja ketua MSMA ceo ducati sama aja bunuh diri itu pabrikan yang protes, sekarang dibawa langsung ke FIM langsung keringet dingin itu mbah gigi.
    btw semenjak wingletnya dulu diprotes shuei nakamoto dan sampe agu argumen, mbah gigi masih dendam aja sama HRC.
    tinggal nunggu statement alberto puig nih atau takeo san yang angkat bicara nanti haha

    Guest
    • saya tidak bisa membayangkan bila nantinya puig ngegas ke gigi, dan tiba-tiba jenggotnya gigi berubah menjadi mohawk. hehe..

      Guest
  14. oke lah Yamaha dan H0nda dibilang founding father,lah Ducati baru berapa tahun masuk MotoGP? malah lebih lama Suzuki klo ga salah
    klo Ducati dibilang founding father,MV Agusta yg udah menang dr namanya world GP disebut Grand founding father? ?

    Guest
  15. serang teross!!,Puig kalo udah ngamuk kalo nyeletuk pedes banget lo!
    padahal yg protes keras kan Brivio dan rivola,kok gigi dr kemarin sentimen nya sama H mulu?
    emang dipikir orang H yg nyuruh mereka berdua terus langsung mau gitu?,dibayar berapa tuh 2 pimpinan 2 pabrikan ??

    Guest
  16. tol darat udah dipersiapkan,gimana dgn tol langit? ? koneksi internet disana juga harus cepat lo!salah satu kebutuhan penting wartawan yg meliput disana

    Guest
  17. Sudah jelas skr yg take hard way itu ducati, bkn H, Gmn gk dr dulu nemu inovasi si H protes mulu.,.dr winglet, skr ini di protes…motogp itu punya bersana. Moga menang sidang untuk ducati.maju truss

    Guest
  18. wkwkwkw

    disentil pakdhe Gigi …

    fans beratnya pada nongol ..?kocakkk!!!

    wak haji mantul bgt artikelnya …

    Guest
    • Itu fans beratnya yamama bro..kebetulan dukutuk lagi mijit2 hondut..jadi ngikut aja..strateginya mirip tentara KNIL yg nyusup ke sekutu ..ekekeke

      Guest
    • ??? bukan karena ngefans honda atau gmn.. tapi kalau di telaah dgn baik.. pernyataan gigi itu sedikit aneh.. knapa hanya honda yg di serang dlm pernyataan tersebut..??

      Dan dari pernyataan om bamss justru ada indikasi kalau om bamss yg terkesan pro ke 1 pabrikan.. Y mungkin atau.. bla bla…
      Xixi.. ???

      Guest
  19. Lah paling di MSMA isinya orang2 ya dia Juga kan ? kita liat Jika nanti Duc tumbang . Gw pikir bakal ada gerakan di WSBK

    Guest
  20. memang lebih baik tidak usah pakai winglet atau aero firing lainnya, ini semua karena penyeragaman elektronik
    jadi semua motor seimbang tinggal bagaimana skill pembalap dan team
    lagi pula biaya untuk winglet cukup mahal, selain untuk menghemat biaya pengeluaran tentunya team2 yang dananya terbatas tidak terbebani oleh pengembangan winglet karena untuk saat ini kalau tidak pakai aero firing tentunya akan tertinggal

    Guest
  21. Ingin menang.. maka tempuhlah jalan yg bener dan tidak menyalahi sebuah aturan yg sudah di buat.. jika memang bersalah.. sebagai kesatria yg berjiwa juara.. maka dia pasti mengakuinya.

    Guest
  22. wak oot ada rumor WSBK thailand mau dihapus. dikarenakan jumlah penontonnya tiap tahun terus menurun dari awal pertama kali 80rb lebih penonton dan pas minggu kemarin penontonnya sekitar 58rb sekian. gara gara menurunnya jumlah penonton ini pihak thailand belom mengajukan kontrak kembali dengan dorna, padahal kontraknya sudah mau habis. dorna malah mau mencari pengganti thailand jika memang nanti thailand tidak memperpanjang kontrak dengan dorna.
    wah kalo beneran terjadi hilang sudah WSBK dari asia tenggara, padahal menurut saya 58rb sekian yang nonton langsung termasuk banyak yak dan di eropa pun belom tentu dapet segitu. apa karena thailand dinilai gila balapnya tinggi yak jadi angka tersebut masih dibilang kecil

    Guest
    • bukan dihapus, namun memang masih belum ada action diperpanjang kontrak
      dorna masih Yakin akan lanjut pungkasnya

      Administrator
  23. mungkin dalam pikiran mbah gigi, honda ki yak opo mosok masalah spoiler sak cuil kek gtu ikut” protes, efek downforce ya gak seberapa, apa masih kurang, engineer elektronik ku mbok embat, lu pakai winglets dasi kupu” gue diem aja, sumber daya melimpah, yo nduwe alien harang, yo jek ae melu” protes, kurang opo pean, mandeg inovasi po piye? pikirane mbah gigi lo ya, no offense
    honda sebenernya ya nothing to lose seh, klo menang dapet apem runtuh, klo kalah banding yo gak ngefek, karena RCV mgkn gak perlu spoiler kek gtu karena udah kencang, dan mgkn bisa dikembangkan ke arah sana, nek HRC mau
    yamaha gak ikut protes bukan karena mereka punya yg dipakai saat wet race kemarin, tapi lebih kepada mereka gak mau buang energi sia” karena bakalan rame coz yg digugat adalah ducati, lebih baik energinya dibuat benerin motor biar lebih kompetitif, klo ducati kalah ya gak ngefek, klo menang mgkn bisa diaplikasikan buat nambah akselerasi out corner karena semua juga udah pada tau klo ada efek downforce meski kecil, tinggal spoiler ducati yg diacc buat acuan (3 sirip kecil), berlaku untuk semua pabrikan

    Guest
    • tim yimihi ini musuh dalam selimut untuk tim dikiti. diam seolah tidak memihak siapapun, tapi jelas terlihat tim yimihi ini pro ke dikiti mas. pabrikan lain juga mengetahui hal ini, dan tidak heran bila pabrikan “protes grup” ini tidak mengajak yimihi. mengapa?
      karena part dikiti itulah sumber solusi untuk tim yimihi, supaya rider legend-nya tidak mengeluh lagi soal “area” ban belakang. yg kurang grip lah, banyak spin lah, boros grip lah, dos grip lah, dan bla bla bla lainnya.
      saya berandai-andai dulu ya mas. hehe..
      opsi 1, bila diputuskan legal dan sah, keuntungan ada di semua pabrikan, terutama yimihi. solusinya terpegang dan bisa diaplikasikan. kerugian, cuma ada di 1 pabrikan, yakni dikiti. performa dikiti stagnan, sedangkan performa pabrikan lain meningkat. terutama tim yimihi. tim dikiti jelas mengetahui hal ini.
      opsi 2, bila diputuskan ilegal dan melanggar aturan, keuntungan ada di kwartet pabrikan “protes grup”. part tsb tidak digunakan sampai akhir musim, persaingan menjadi lebih ketat, bukan tidak mungkin pabrikan aprilia bisa mengganggu tim satelit dikiti. pack depan, tim sijiki pasti akan selalu memecah peta pertempuran. ini yg bagus. kerugiannya, ada 2 pabrikan yg menurut asumsi saya amat sangat dirugikan, tim dikiti dan tim yimihi. tanpa part tsb, tim dikiti belum tentu bisa melayani pertarungan ketat seperti race qatar kemaren sampai akhir lap. sampai pertengahan lap saja, sudah bagus perjuangan dikiti. tim yimihi tanpa part ini, ya begitulah seperti yg sudah-sudah. siap-siaplah minta maaf jilid 2. hehe…
      legal ataupun ilegal, tetap tidak berpengaruh terhadap hadno, karena apapun hasil akhir keputusan tetap menguntungkan pihak hadno. ini point utamanya menurut pandangan saya mas. hehe..

      Guest
  24. yg penting protes dulu
    kalo nanti ditolak lagi copas winglet swing arms ducati…

    sprt winglet lele ducati ad di rcv

    Guest
  25. Mungkin maksudnya Founding Father of MotoGP itu pelopor kelas premier mesin 4 tak dimana setau saya era dulu 2 tak kelas kelas premier disebut GP500 #CMIIW ?

    Guest
    • Lha, Suzuki g disebut? Ato krn Suzuki bersama Aprilia yg memprotes penggunaan spoiler pertama kali kpd Aldridge……

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.