pict : PaddockGP

TMCBLOG.com – Bro Sekalian, ternyata dibalik kemenangan Andrea Dovizioso di MotoGP Qatar 2019 ada insiden cepat yang saat itu tidak ter-eskalasi menjadi besar Yakni ” Insiden Yellow Flag ” di Straight Lap terakhir GP Losail. Seperti Kita ketahui dalam regulasi, Bendera Kuning berkibar apabila ada kemungkinan bahaya di depan yang kemungkinan menyinggung sebagian atau bahkan full bagian dari Trek. Pembalap harus menurunkan kecepatan dan dilarang melakukan Overtaking sampai titik dimana Bendera Hijau kembali berkibar.

Nah saat straight Lap terakhir race Qatar Marquez berada di depan diikuti Dovizioso, Rins dan Crutchlow. Nah yang terekam di beberapa video adalah ada detail bendera Warna Kuning dikibarkan oleh Marshall/ steward saat Dovi Overtake Marc dan saat Cal Overtake Rins.  FYI : Bendera kuning berkibar karena ada insiden Yang menimpa Bradley Smith. ( cek di video twitter bawah )

Dalam kecepatan yang sangat tinggi di straight tersebut memang sangat tidak dimungkinkan untuk melihat bendera. Terlebih Baik Dovi dan Cal tentu sedang fokus bersiap Overtake Marc dan Rins di straight tersebut. Idealnya, Jika memang itu benar dianggap pelanggaran akan ada Informasi di dashboard bahwa Keduanya harus masuk ke area Penalty Time yang baru dikenalkan musim 2019 ini. Untuk sementara ini belum ada kabar dan respon dari Dorna dan race director mengenai kasus Yellow flag ini.

Team yang merasa dirugikan memiliki hak untuk dapat melakukan peninjauan kembali ke Race Director mengenai penemuan yang punya potensi pelanggaran Regulasi. Biasannya waktunya adalah sekitar setengah jam setelah race usai. Namun dalam kenyataannya baik Suzuki dan Honda tidak melakukan protes resmi ke race director mengenai insiden Yellow Flag ini.

Tidak diketahui apakah suzuki Ngeh atau tidak mengenai hal ini, Namun Honda sendiri diberitakan motorsport.com sempat menanyakan hal ini ke Race director dan Marc Marquez sendiri sempat mengetahuinya. Namun begitu Sepertinya Honda dan Marc Marquez lebih memilih berjiwa ksatria dengan mengakui bahwa Dovizioso memang lebih cepat dari dirinya. ” Satu satunya yang saya tahu adalah hari ini ada pembalap yang lebih cepat dari saya dan itulah kenapa ia mengalahkan saya “ begitu Pungkas Marc. . . .

Hmmm mungkin Kalo Honda Serius dan Niat banget Mengincar gelar Juara Dovi di Qatar, protes soal yellow Flag lebih punya Potensi walaupun Beresiko Titel Podium Cal Juga dicopot, Namun mereka nggak lakuin hal ini. Entah Bagaimana Kalo Gigi mengetahui Fakta ini ya, secara sepekan terakhir Technical Director Ducati corse ini getol bener menyoroti Honda di Kasus Swingarm Deflector  ?

Taufik of BuitenZorg

158 COMMENTS

    • Coba yang menyusul saat yellow flag itu honda….pasti yg rame komen fans yamana krn saat ini ketek ducati lagi wangi

      Guest
    • Suka nih ma bocah bau kencur… Blingsatan d track tp legowo & mature pas off track, legend yg memprematuri usiany ??

      Guest
  1. Hodna gak perlu protes ttg yellow flag utk menangin race Qatar, kena race ke depan masih banyak peluang menang ??

    Guest
  2. tim dikiti kris menyoroti tim hadno pakai lampu apa itu mas? kalau sorotannya terlalu menyilaukan bisa diprotes loh nanti. hehe..

    Guest
      • wak serius nanya untuk kasus ini khn udah last lap dan udah di mulut garis finish nih last chance titik darah penghabisan apakah fair jika terus ada yellow flag gak boleh overtake sedangkan kecelakaan terjadi dibelakangnya dimana gak bakalan terjadi potensi tubrukan (fungsi utama yellow flag) karena udah last lap gak bakalan muter kenceng”an lg khn, apa ini yg membuat yg lainnya y wes’lah nrimo wae musuhe duc soale, baru seri pertama jg musim masih panjang

        Guest
        • kalau berpedoman pada regulasi harusnya ya menggunakan regulasi baru yakni Dovi dan Cal harus masuk area time penalty yang melebar itu. Jelas karena 1 lap boleh dibilang panjang, di atas 4 km. Tapi ya sepertinya kasus sepertiini jelas memicu polemik karena memang di last lap.
          Oh ya jadi Bukan banget di mulut garis finish, karena itu baru permulaan Last lap, masih ada 1 Lap lagi.

          Administrator
    • the rider must slow dont and be prepared to stop..
      bendera kuning persiapan sampai stop …

      pembalap di depannya aja kenceng gk ada melambaikan tangan tanda stop ..

      jadi pembalap 2 -2 nya salah wak..?

      Guest
      • tetep marquez gak salah, yang salah itu dovi. kalo diperaturan lama memang harusnya marquez menyalip dovi lagi tapi seperti penjelasan wak haji. 2019 ini ada peraturan baru soal penaltynya yaitu melebar keluar lintasan melewati trek atau garis yang sudah ditentukan.
        itu artinya kalo memang dovi sadar penalty gak usah menunggu marquez buat nyalip dia tapi dovi tinggal melebar keluar trek dan melewati garis yang sudah ditentukan.

        Guest
    • Red flag mah bukan gak boleh overtake lagi, karena emang dihentikan, sesi saat lap tersebut di suspend (jadi mau overtake pun percuma)
      Black Flag itu diskualifikasi

      Nah yellow flag, race masih jalan, tapi gak boleh overtake

      Guest
  3. H mencari cari kesalahan Ducati…

    jawaban H atas serangan Ducati ?

    benar kan H diam2 menusuk dr belakang
    Ducati emng jenius membaca gerak gerik

    Guest
  4. gak ada dirugikan pada kedua belah pihak…

    markues pada kecepatan dovi kecepatan tinggi…

    case close ..?

    Guest
    • tp jelas di situ ada aturan yg di langgar dovi, tp marc dan honda lbh memilih memaklumi kl dovi ga liat bendera kuning,pdhl kl mau nuntut jelas honda bisa menang..

      Guest
      • fungsi yellow flag apa ya mas, kenapa gak boleh overtake?
        ini last lap udah di mulut garis finish sedangkan kecelakaan ada dibelakang, mgkn ini jg yg jadi pertimbangan HRC

        Guest
  5. Kenapa gak kepikiran pake flare gun.dijamin sekenceng2nya pembalap pasti ngerti apalagi pas ditembakin pake bunyi plug tuiiiiiiiiiiiiiiiiiiit crot criiiiiiiiiiit crut pletak pletak blaaar kratak kratak kratak

    Guest
  6. mungkin kalo honda protes, podium cal bisa ikut dibatalkan…honda kan juga butuh poin team dan konstruktor…

    Guest
    • Piye toh mas…
      Poin konstruktor dihitung (hanya) 1 pembalap terdepan
      Which mean hanya marc saja, n poin cal tidak ada artinya
      Beda urusan kalo memang dovi dianulir baru poin konstruktornya naik krn poin marc yg naik
      Tp sekali lagi tidak ada sangkut paut dgn cal
      Poin tim dihitung pembalap tim
      Yg satu tim dgn marc adalah jl bukan cal
      Nah kalo dovi dianulir efeknya cal juga dianulir
      Dampaknya poin marc n jl terkatrol
      Kesimpulannya kalo memang pengen poin tim n konstruktor lebih banyak dalam kasus ini seharusnya honda protes

      Guest
      • soal poin konstruktor ane emang ga ngerti itungan nya, jadi maafkan ogut ini…

        kalo poin team, yang ane maksud itu team nya cal…kan dia satelitnya honda, honda juga butuh donk poin team satelit…kalo team hrc sih ga usah ditanya lagi, duo pembalapnya jaminan mutu dapet poin..

        Guest
      • Mungkin lebih enak saja kalau di podium ada 2 Honda dibanding hanya 1 Honda.

        Makanya Honda tidak protes karena.

        Guest
    • busyet si lejen dibawa-bawa jg 😀 , emg lejen nih orang tiap artikel mesti disebut, anda fans berat si lejen kah? koq selalu teringat dengan si lejen

      Guest
      • @semar banyak lah bro,udah macam kerikil fans panatik si lejen ada di mana2??,ada yg tukang jilat,yg munapik,terus ada yg juga sok2 netral banyak dah pokoknya

        Guest
      • Bro k1n mah anti si lejen,udah banyak orang eneg liatnya termasuk saya,tahun sebelumnya bisa di liat lagi kelakuan fans kuning di mugello ketikaa mm93 crash,malah tepuk tangan,terus selepas race mereke meletakkan toilet bercatkan sponsor repsolll dan ironisnya lagi si lejen bilang” itu hal yg biasa di italy” dovi aja yg senegara Ma si lejen mengecam keras tindakan fans panatik silejen…

        Guest
      • Emang yang lejen di motogp si anu aja…!!!, banyak keles… stoner aja yang 2 kali jurdun sama dorna di nobatkan sebagai lejen….!!! Belum lagi agustini, gardner, doohan, lawson, hailwood dan banyak lagi lejen lejen lainnya….!!!!

        Guest
  7. Perlunya tata krama dalam kehidupan ini sangatlah penting soalnya orang di sekitar bahkan diluar akan menilai siapa pribadi kita,maka dari itu jagalah sikap terutama dalam hal berbicara satu saama lain.. Sekali lagi hidup ini ada timbal baliknya
    Anda mau dihargai? Hargai dulu orang tsb…

    Guest
  8. serius nih wak saya baru tau kalo kena pelanggaran yellow flag kalo pabrikan lawan gak protes gak kena penalty. bukannya dulu langsung kena penalty wak ? tanpa harus menunggu protes pihak yang dirugikan atau memang ini ada aturan baru ?
    kalo gitu besok besok ada yellow flag pembalap gas poll aja terus buat overtake lawan, masalah penalty apa kagak urusan belakangan. karena belom tentu kena penalty hahaha ??

    Guest
    • nah itu yg jd pertanyaan besar,.. jelas ada pelanggaran knp pihak dorna diem aja? ibarat ada pengendara nyrobot lampu merah polisi liat diem aja,nunggu ada orang protes baru di tindak.. lucu..

      Guest
    • apa iya dengan alasan “gak lihat” semua aturan bisa seenaknya dilanggar ya?
      padahal ini race kamera dimana², lampu merah yg cctvnya burem aja bisa kena tilang yg ngelanggar, hahaa….

      Guest
    • artikel jangan diartiken begitu, tetap harusnya ada andil dari regulator terlepas dari protes atau tidaknya lawan 😀

      Administrator
      • tapi saya menangkapnya begitu wak, apalagi ditambah penjelasan gak terlihat karena lagi kenceng ditrek lurus. nah timbul nih pertanyaan seperti ini : oke dovi gak lihat yellow flag karena lagi kenceng ditrek lurus. tapi kan pengibaran yellow flag itu gak hanya di 1 titik ditrek lurus, disaat tikungan pun pasti ada pengibaran yellow flag alias dilakukan serentak. masa iya ditikungan sekenceng ditrek yg gak keliatan ?
        selain itu dengan adanya peraturan jenis penalty baru kan, dovi seharusnya gak nunggu marquez buat overtake dia lagi. tapi tinggal memperlambat motor lewat garis yg sudah ditentukan diluar racing line atau lintasan trek.

        Guest
      • coba dilihat lagi fungsi yellow flag buat apa, kenapa gak boleh overtake? apa y logis yellow flag no overtake saat last lap udah dimulut garis finish gek battle podium, sedangkan kecelakaan terjadi jauh dibelakang yg gak bakalan kecelakaan itu mencelakai yg lagi cucuk-cucuk’an di depan yg tgl nunggu croot-nya aj :_D

        Guest
        • bro semar : yak tetep aja biar kata ada kecelakaannya dibelakang lalu last lap, yang namanya yellow flag dilanggar dan penalty kalo seharusnya dovi sadar. dovi harusnya melambat melebar dan melewati garis yg ditentukan. coba dibaca lagi dah penjelasan wak haji diartikel.
          jadi peraturan gapapa gitu yak bro dilanggar dengan dalih ahh udah last lap ini wkwkek

          Guest
        • -semar
          nggak dimulut garis finish banget, masih ada 4 km-an kedepan, itu baru permulaan Last lap

          Administrator
        • buset dah bener2 dah darurat baca, ini semar aka mentega maksa banget dimulut garis finish…dari atas keabwah komennya sama diulang2…dah jelas2 masih satu last alais last lap,,,masih 4km….

          Guest
    • Nahh #dorna ketapuk lagi. Kemarin kelolosan wing swing arm sekarang kelolosan yellowflag.. meski honba gak protes harusnya dorna sadar diri tentang aturan yg dibuatnya sendiri!

      Pantes dr kemarin honba adem ayem ternyata nyimpen ajian pamungkas.. mau tak mau marquez juara qatar baik dr hasil sidang aerogate maupun kasus yellowflag

      Guest
    • Mungkin karena yg melanggar itu DUCATI bro
      Jadi Dorna diem aja
      KLO yg melanggar pabrikan lain baru Dorna akan cepat bereaksi

      Guest
  9. Nah apakah ada aturan setelah berapa detik bisa ditolerir pelanggaran dgn bendera kuning. bisa saja pembalap yang sedang mau nyalip trus gak liat bendera itu/dasboardnya. wkwkwk klo ad protes nambah panjang sidangnya neh. btw klo sidang team kluar duit gak ya????

    Guest
  10. Bukan sifat seorang matador dan samurai san juga! Mereka lebih puas mengalahkan di arena pertarungan…beda lagi mafioso.

    Guest
  11. protes tsb mgkn sbg opsi kedua
    tinggal tunggu hasil keputusan ilegal/legal kasus downforce swingarm

    cemungut

    Guest
  12. Sempat dibahas ini di twitter para jurnalis MotoGP… tapi yah karena pihak resmi atau pabrikan ga ngangkat ini kasus jadi yaa tenggelam beritanya… memang lebih rame bahas aerogate ducati

    Guest
  13. saya baru kepikiran yak dengan logowonya hodna secara gak langsung seperti menimbulkan hal seperti ini.
    sudah lah hodna gak usah protes masalah ini dan belom mengeluarkan statement diaerogate ducati, dengan diamnya hodna ini seperti ingin memperlihatkan ke khalyak umum. ini loh kelakukan dorna dan ducarot, kalo gak diprotes biar kata salah dianggap bener wkwkwk ??

    Guest
  14. HRC ga akan protes lah, ada Cal yg salah juga, bukan masalah poin, tapi kalo masalah ga patuh regulasi ya Cal sama aja ma Dovi kelakuannya, istilahnya menang jadi arang kalah.jadi.abu

    Guest
    • enggak lagi bro, dia mainnya kotor, nyari temen, fitnah gw, terus kabur enggak jawab pertanyaan gw. ngeri, tipikal netijen negara berflower banget ???

      Guest
    • Hahaha Mentega sudah menjelma Ngunuo, itu yang saya tahu, tapi diatas banyak nick baru juga tapi males ah “selidiki” apa dia si kuning gampang kepanasan atau bukan. Toh semua orang sudah tau siapa itu Mentega jadi buat apa susah2 ngurusin dia, beda kalau dulu memang harus diluruskan biar pada tau tabiat aslinya?

      Guest
      • Gw curiga, Noolan jangan2 klonnya mentega juga, hahaha.

        Kacau nih si Mentega, psikopat penggiring opini berkepribadian ganda, wkwkwkwk.
        Bikin nick ngunuo untuk serang habis2an, dan bikin nick noolan untuk jadi pendukungnya Darso biar tuduhan si nick utama (Mentega) kalo Darso tkg ngekloon terlihat benar

        Guest
        • iya aja deh ? kalau mau pembuktian email aja Pak Taufik ? udah jadi makanan sehari-hari difitnah gerombolan mereka ?

          Guest
        • @morphix kalau ngak tau siapa saya kagak usah sotoy nebak2 gw klonengan mentega,toh gw baru ngikutin tmcblog tahun kemaren,dan gw masih ingat pertama kali mentega nyerang darso masalah sasis deltabox sampai darso di olok2 gt,bisa lu tanya ke wak haji kalo masalah email…

          Guest
    • enggak lagi bro, dia mainnya kotor, nyari temen, fitnah gw, terus kabur enggak jawab pertanyaan gw. ngeri, tipikal netijen negara berflower banget ???

      Guest
    • Gw ga sotoy. Cuman curiga aja, wkwkwk
      Yg sering baca buku dan nonton film atau dokumenter ttg psikologi dan konspirasi, pasti sepaham dengan kecurigaan gw.

      Tapi ya kalo curiganya gw salah, ya sori. Meskipun jujur gw ttp yakin sama kecurigaan gw itu, hahahaha

      Btw masalah alamat email mah 1 orang bisa kok punya puluhan email sbg klon. Jd ga bisa dijadikan bukti kalo berbeda email artinya berbeda orang.
      Alamat IP tuh yg bisa jd bukti. Atau mac addressnya sekalian ??

      Guest
      • nah makannya mending email wak haji kalau mau tau IP address akun2 tersebut ? itu pun kalau dikasih ya ?

        Guest
      • @morphix Ya santai aja mas gpp..Pesan aja nih mas morphix curiga boleh sah2 aja itu udah dasar sifat manusia,dan harus di tanamkan dalam diri kita,curiga berlebihan tanpa ada bukti yg real itu fitnah ya mas,jangan gara2 kecurigaan anda tanpa bukti yg jelas seorang nama orang jadi jelek…

        Guest
  15. buset itu lagi getol2nya mantengin tachometer untuk perfect shift, tapi malah disuru nengok atas buat ngelihat bendera, not feasible lah, yang ada malah bahaya. dan juga gw sering lihat di sirkuit lain kalau ada yellow flag pembalap sering enggak lihat tapi didiemin aja ???

    Guest
    • jangan mainan motobiji broh klw masih riding & ngoper biji masih liat jarum tacho/rpm meter
      feeling mereka jauh lebih sensitif dari skedar mantengin gerakan jarum/bar rpm klw urusan ngoper gigi di rpm optimal.
      #rules are rules

      Guest
    • Ya ga saat itu juga gpp, yg penting ada notifikasi atau investigasi setelahnya, jgn diem2 kek gini juha dornanya wkwkwk

      Guest
  16. “Team yang merasa dirugikan memiliki hak untuk dapat melakukan peninjauan kembali ke Rice Director …” lha ternyata di motogp ada Bulog? Hehehe..

    Guest
  17. memang harusnya tidak boleh menyalip lawan yg ada di depan, tapi ini bukan kali pertama dorna, sory to say yg lebih jelasnya lagi ketika tahun lalu salah satu pembalap mati mesin ssat mau start tapi tidak start daripit lane

    Guest
    • lahh Fabio langsung diseret disuru start dari pit tuh ? fabio gara2 itu jadi grasa-grusu gak, tabrak sana tabrak sini? ?

      Guest
      • iya tapi efeknya apa ya? 3 rider itu nasibnya mau diapain? kalau dibandingkan dengan Fabio gimana cara balapnya? ?

        Guest
    • Wkwkwk… apah? MM aja di penalty bkan cz g start di pit line, tp riding opposite during race start procedure

      Guest
  18. Kl g ada yg protes, y wis Ben…… Jangan sampe MotoGP ketularan F1 ato race lain yang pemenangnya ditentukan dua minggu di balik meja setelah berbagai sidang. Udah adem komen si Marquez……..

    Guest
  19. bagaimana kalo bendera marshall diganti dengan lampu yg dikontrol dpt diletakkan berbagai posisi yg scr visual lbh mudah dilihat oleh pembalap? toh dpt digunakan utk balapan lainnya.
    utk mekanisme penalty zone, jika kasus pelanggaran overtake yellow flag terjadi pd saat last lap dan sudah melewati penalty zone bagaimana? apa diganti jadi penalty penambahan waktu?

    Guest
  20. menurut saya, ini bisa dijadikan bahan pelajaran lain untuk penyelenggara mogotp. mungkin ke depan bisa menambah peralatan baru guna menunjang kesiapan musim yg lebih baik untuk mengurangi resiko fatal pembalap yg sedang berkompetisi.
    fitur elektronik yg bisa memperlambat laju kecepatan dg pengendali jarak jauh diperbolehkan regulasi tidak ya?

    Guest
      • penggunaan team-radio sperti f1 bisa diterapkan. cuma agak resiko jg ya mas, bila sedang dalam kecepatan tinggi kemudian di “halo-halo” sama kru. sangat berbahaya untuk rider yg kagetan atau latah, bisa tiba-tiba crash mirip ianone di sepang karena kaget dg aksinya mm93. hehe..

        Guest
    • karena ini balapan malam, mungkin ada bagusnya bendera diganti dengan lampu LED. Mungkin jadi lebih terlihat ketimbang dashboard message

      Guest
  21. kalau melihat videonya yah, benderanya terlihat pas waktu dovi keluar dari slipstream marq. makannya kalau di dunia teknik ada yang namanya Engineering Judgement, enggak selamanya kita bisa mengikuti panduan yang ada. dalam konteks motoGP, ada hal yang tidak mungkin dilakukan seperti kejadian ini, misalnya Dovi lagi kecepatan 345 km/h, marc cuma 335 km/h, kalaupun dia melihat yellow flag, apakah tidak bahaya kalau dia harus ngerem mendadak? ? ahh takut diserang, ngumpet dulu ?

    Guest
    • Kalau dorna emang konsisten dlm memegang aturan, minimal setelah race ada lah notifikasi investigasi, jgn diem2 bae, pa lg dah ada yg nanya ???

      Guest
      • mungkin sudah dibahas dalam internal dorna, dan menurut mereka itu hal yang wajar, siapa yang tahu kan? tapi kalau netijen sini mah ny1ny1r dulu, mikir belakangan ???

        Guest
  22. kalau saya perhatikan, kata “yellow” ini bisa membuat frustasi dan depresi. mengapa bisa terjadi demikian? fenomena yellow. hehe..

    Guest
      • sperti yg mas Indro warkop bilang, “kompor gas..” hehe..
        tapi herannya saya mas, saya mancing tidak pernah dimakan umpannya. apa kurang enak ya umpannya? haha..

        sirkuit argentina ini dilihat dari bentuk lay-outnya menjadikan race sangat seru bila wet-race. terutama tikungan ke 2 sebelum garis finish. entah mengapa tikungan ini begitu spesial. mudah-mudahan pas race ada guyuran hujan sedang

        Guest
  23. Honda gk protes gmn ya..?klo gk protes knp mnanykn ke race director? Kn mnding diam..?,sy kutip :
    “”Namun Honda sendiri diberitakan motorsport.com sempat menanyakan hal ini ke Race director””

    Guest
    • wkwkwk, bahkan membedakan antara “bertanya” dan “protes” pun elu ga tau.
      semakin ketaker level otak lu. Terlalu banyak berhalusinasi.

      Ayo moo tunjukan lagi “kepintaran” mu sebagai front terdepan dr FBR
      Ayo permalukan dirimu lagi & jangan lupa mendangakkan kepala.
      hehehe

      Guest
    • tepok jidat dah !
      orang ini bahkan tidak mampu membedakan antara “protes” dan “bertanya
      klo ngikutin level otak jimmo, maka setiap orang yg bertanya, maka orang tersebut sama dengan protes ???

      hedeww “kebanjiran” apa isi otaknya ??

      Guest
  24. Mungkin karena yg melanggar itu DUCATI bro.
    Jadi Dorna diem aja.
    KLO yg melanggar pabrikan lain baru Dorna akan cepat bereaksi.

    Guest
  25. @morphix mana bukti gw giring opini? kalau ngak tau siapa gw kagak usah sotoy nebak2 gw klonengan mentega,,lagian lu jg bukan editor ni blog kan jadi kalo ngak ada bukti yg jelas ga usah tuduh2 gw klonengan mentega atau apalah,ngak tipe gw amat tukang jilat, toh gw baru ngikutin tmcblog tahun kemaren,dan gw masih ingat pertama kali mentega nyerang darso masalah sasis deltabox sampai darso di olok2 gt,bisa lu tanya ke wak haji atau mas nugie kalo masalah email beda ama si TS…

    Guest
  26. Pas last lap emang agak gimana gitu, mski masih agak jauh finishnya, kalau RD / dorna emang konsisten dg aturan, harusnya min ada notifikasi infvestigasi setelah race, jgn diem2 aja.
    Tp salut sama Hodna dan MM yg g memperpanjang urusan

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.