TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bersama di Ajang Tokyo Motorccycle Show 2019 Honda menghadirkan Projek Purwarupa berupa Honda CR-Electric dan kali ini kita akan mencoba mengupas detail yang dihadirkan melalui beberapa gambar yang tmcblog himpun seperti dari off1.jp. Cekidot deh

2018 CRF250R

Motocross Listrik ini menggunakan sasis yang plek sasis CRF250R dengan minim Modifikasi. Bahkan sampai Subframe, Swingarm dan suspensi depan Showa SFF-TAC-Air front fork pun menggunakan detail yang mirip CRF250R. namun begitu untuk CR-Electric sobat bisa lihat bagian di bawah Main Frame terlihat lebih padat karean disana hadir mesin dan Baterai.

Sobat bisa lihat di gambar atas, warna Hitam adalah Baterai sedangkan warna perak/ silver adalah mesin. untuk mesin Honda CR-E ini menggunakan mesin 2018 Buatan Shinden yang memiliki power maksimum setara 163,2 ps. Sementara Baterai yang digunakan memiliki tegangan yang diklaim mencapai 370 V.

Detail radiator pendingin cairan tetap dihadirkan seperti CRF250R. Menurut informasi auto-by, sistem pendingin ini digunakan untuk mendinginkan Motor yang punya potensi panas jika menerima Arus yang cukup besar.

Detail pengereman Menggunakan sistem dari Nissin Mulai dari Master rem sampai kaliper. Sedankan Untuk Throttlegas sobat bisa lihat tidak ada kabel baja seerti layaknya Throttel Kabel Motor bakar. Hanya terlihat Kabel elektronik disana untuk kontrol bukaan Throttle.

dibalik handlebar terlihat cukup sederhana terlebih lagi daerah Kiri dimana tidak terlihat danya Tuas Kopling. Namun ada dua detail tombol selector di sebelah kiri yang memunculkan spekulasi apakah Honda/ mugen menghadirkan mode selctor di mesin motor listrik ini.

Detail di pedal kaki kiri tidak etrlihat adanya gear shift. asli Kaki Kiri jadi akan berkurang tugasnya nih. Sementara itu di pedal kaki kanan tetap ada tuas rem belakang.

walau tanpa Kopling, Motor ini tetap menggunakan gearbox/ Gear ratio untuk mentransfer delivery power dan torsi yang dihasilkan mesin Lsitrik menjadi lebih managable. Apakah tombol selector di handle Kiri ada kaitannya dengan Gearbox yang di cover dengan tutup berwarna merah ini ?

cek juga video ini :

Taufik of BuitenZorg

58 COMMENTS

    • ohh iya aku dari dulu penasaran knp motor bebek dan trail baut as roda depan posisinya di depan garpu? ada yg bisa jawab??
      sementara motorsport pas ditengah2 garpu

      Guest
      • tidak semuanya, contoh shogun kebo/satria. tapi umumnya memang bebek/trail di depan karena “hak” yang merancang, suka-suka mau pakai yang mana. namun dari sisi teknis, hal ini akan berpengaruh ke caster, dan kestabilan. jika rake garpu depan sempit, agar stabil pakai posisi baut as offset ke depan. jika rake sudah besar (selonjoran), pakai posisi di tengah pun sudah cukup.
        efek dari offset as tadi lebih ke kestabilan kemudi. semakin maju ke depan, semakin stabil (tapi semakin berat), semakin mundur ke belakang, semakin ringan tapi kurang stabil.

        Guest
    • Klo dilokalin bisa laris nih. Karena ongkos produksi kepangkas signifikan walhasil harga sangat kompetitif. Lihat saja harga nmax yang diproduksi di Indonesia harga beda jauh sama yang dijual di negara lain. Cmiwww

      Guest
  1. mumpung lagi bahas hodna nih
    semalem kebetulan lagi beli bubur ditukang mie ayam terus ketemu kucing. katanya selain cbr150r ahm yg diproduksi AP hodna thailand, cbr250rr masuk opsi selanjutnya. cuma masih belom keliatan katanya apakah 11 12 sama yg disini atau nanti yg versi terbarunya, karena cbr250rr nanti bakal ada perubahan dan dikasih sentuhan yg tambah ciamik

    Guest
  2. kok rem ny g dipindah diatas aja ya yg blkg jadi kaki bisa fokus ngatur keseimbangan g keganggu ngerem belakang

    Guest
    • Rem belakang bisa berfungsi untuk menurunkan posisi roda depan saat terbang dengan menekan rem belakang, sedangkan tangan fokus menggengam setang. apabila dipindah ketangan kiri akan kesusahan.

      Guest
  3. Desain dinamonya keren … dan sangat tidak kelihatan kali itu dinamo … kalo dilihat-lihat masih kelihatan kaya mesin bensin … ya harusnya mesin motor listrik kaya gini kan enak dilihat ..

    Guest
  4. Apa tanggung jawab pabrikan motor terhadap kelestarian alam & lingkungan yang notabenenya anugerah Tuhan yang tak terbilang?
    Tahun 90 awal anak2 Amrik sudah dikenalkan dengan Eco Oke yg disponsori National Geography, program khusus anak2 untuk hidup ramah/okay terhadap ekologi.
    Mantab Hebat n Advanced sekali Amerika itu.
    Amerika???
    Majuuu…..!!!

    Guest
  5. songsong masa depan balap yang sudah serba elektrik…ongkos lebih murah dan banyak keunggulan lainnya dibanding motor bakar

    Guest
    • Masih nunggu minyak bumi habis dulu bro KillBill, dan itu diramalkan masih paling cepat 30 tahun lagi, tapi yang ramal banyak sih dan hasil ramalannya beda2 tergantung darimana mereka liat parameternya. Tapi intinya, selama perusahaan minyak masih berkuasa dan minyak masih jadi tulang punggung negara maju, motor listrik belum bisa berbuat banyak. Sebenarnya sekarang pun bisa, bahkan dari 20 tahun lalu pun sudah bisa. Cuma ya bisa bikin perang dunia ketiga kalau produsen otomotif langsung beralih ke listrik, makanya di negara2 maju sampai ada perjanjian kapan baru bisa mulai produksi kendaraan listrik secara masif.

      Guest
  6. kabelnya takut bisa konsleting …
    yg produksi massalnya aja banyak masalah ..

    apalagi batterainya ..duh rawan !!!

    sama garapan esemka bagusan esemka

    Guest
    • Saya liat sepeda yang dipasangi mesin listrik juga banyak masalahnya, tapi cuma masalah ban bocor sama kampas rem boros. Kalau mesin listriknya mah aman. Justru mesin bensin itu yang bisa bikin mati, coba saja iseng setrumin diri sendir ke listrik keluaran koil?

      Guest
    • Klo banyak masalah tuh jangan dibeli. . mosok banyak masalah tambah laris aja tuh metik ..khan aneh .. logikanya gak masuk

      Guest
      • Cek aja penjualannya naik terus tuh metik .. masak sampe sekarang masih inden .. apa gak laris tuh picex..

        Guest
    • Maksudnya yg merana konsumen nemex dan ngorox ? …buktinua jualan ocx dah mirip skupihh..inden tak berujung larisss manisss ?

      Guest
  7. Yakin 163 PS alias 121 KW???

    baterai dg kapasitas 10kwh (udah guede bgt: di Zero electric bike) bakalan cm cukup buat dipakai 5 menit aja kalo gass poll..
    lha ini baterai kayaknya cm kecil, mgkin cm 5 kwh, aliias cm cukup buat 2 menit aja kalo beneran 165KW powernya

    Guest
  8. iya, gak salah letak koma nya itu di spek power mesinnya?

    moto E aja cuma di kisaran 150an hp, dan itu pake sasis balap, lha ini cuma sasis trail biasa, apa mampu menjinakan power segede itu

    Guest
    • Betoel…
      mgkin salah letakkan koma, aslinya 16,3hp.. ini logis…

      CR450F yg full kompetsi aja cm skitar 100hp..

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.