Spa Francorchamps Racetrack

TMCBLOG.com – Wacana mengembalikan balap motor ke sirkuit Spa Francorchamps kembali muncul ke permukaan nih sob. Kali ini sirkuit kebanggan warga Belgia yang terletak di Stavelot, Belgia atau arah tenggara dari ibu kota negara yakni Brussels tersebut tengah dipersiapkan untuk bisa dinyatakan aman menggelar balap motor seperti FIM Endurance World Championship (FIM-EWC) dan juga pihak pemerintahnya ingin menggelar MotoGP yang direncanakan akan diadakan pada tahun 2024 mendatang. Setelah sebelumnya Motorcycle Grand Prix terakhir kali digelar pada tahun 1990 di track Spa Francorchamps ini. Hmmm kira-kira seri/negara manakah yang akan tergusur dari kalender MotoGP tahun 2024 jika Spa Francorchamps ini telah rampung berbenah dan dinyatakan FIM aman untuk balap motor? Ataukah mungkin akan confirmed MotoGP digelar sebanyak 21 Seri dalam semusim di masa depan?

Bagi man-teman yang kurang familiar dengan Spa Francorchamps, sirkuit sepanjang 7 Km yang berlokasi di perbukitan Ardennes ini merupakan salah satu sirkuit terpanjang selain Nurburgring Nordschleife (kurang lebih 25 Km) tentunya. Merupakan salah satu sirkuit yang tricky karena memiliki ketinggian permukaan lintasan yang sangat beragam khas track di pegunungan. Selain itu Spa Francorchamps juga memiliki karakter cepat dengan rata-rata kecepatan yang tinggi tiap sektornya. Menurut website asal Belgia, 7sur7, pihak pemerintah provinsi Wallonia berencana menggelar balap ketahanan FIM EWC pada 2022 dan juga mereka ingin mengembalikan MotoGP di tahun 2024. Menurut informasi pihak sirkuit telah diberikan pinjaman sebesar €29,5 juta (Rp 470 milyar) untuk renovasi seluruh bagian track seperti membuat jalur Run off area sehingga cukup aman untuk balap motor, dimana pinjaman tersebut didapatkan dari agen pengembangan bernama Walloon SOGEPA.

Tentu sebelumnya Spa Francorchamps harus sedikit direnovasi untuk menyesuaikan standarisasi keamanan sebuah sirkuit yang menggelar balapan sepeda motor. Karena sirkuit ini terakhir kali menggelar balap motor yang bertajuk 24 Heures de Liège (Balap motor endurance tahunan Belgia) pada tahun 2004 dan itupun balapannya dibatalkan dengan alasan faktor keselamatan, dan setelahnya tidak ada balapan motor di sirkuit tersebut hingga kini.

Tikungan Eau Rouge

Bicara tentang Motorcycle Grand Prix (sebelum bernama MotoGP) di sirkuit Spa Francorchamps ini setidaknya sudah pernah digelar sebanyak 40 kali antara tahun 1949 sampai terakhir tahun 1990. Kecuali pada tahun 1980 dimana GP Belgia dipindah ke sirkuit Zolder dan juga tahun 1987 balap GP Belgia dibatalkan karena alasan safety. Menarik karena dalam rentang waktu selama itu tentunya kecepatan motor MotoGP jauh perbedaannya, sudah barang pasti faktor keselamatan menjadi prioritas. Apalagi tikungan legendaris Spa Francorchamps seperti Eau Rouge yang memiliki blindspot di bagian exit corner dan juga Blanchimont yang merupakan tikungan high speed ke kiri, yang dinilai berbahaya bagi sepeda motor balap.

Jika boleh memprediksikan kecepatan motor MotoGP di sirkuit ini setidaknya akan berada di kisaran 2:08.xxx detik (IMHO), dengan torehan rekor lap time mobil Formula 1 di sirkuit ini ada di angka 1:41.501 detik milik Sebastian Vettel (Scuderia Ferrari F1) di sesi QP3 GP Belgia 2018 silam. Well, sirkuit Spa Francorchamps terkenal berbahaya untuk event balap motor karena track layout dan topografinya, sobat yang suka main game balap pasti tau seberapa sulitn dan kencangnya balapan di track ini. He . . He . . Yah kita tunggu saja apakah sirkuit ini akan benar-benar lolos standarisasi FIM dan bisa masuk ke dalam kalender MotoGP sesuai dengan yang direncanakan.

Nugi TMCBlog

77 COMMENTS

  1. Harusny track yang tricky akan lebih menarik buat penonton apalagi diselingi drama. Tinggal dimodifikasi biar lolos klasifikasi safety dari FIM.

    Guest
  2. wah iya itu, di spa francorchamps emang minim run-off. apalagi yang di sequence eau-rouge nyambung ke raidillon. serem banget dah

    Guest
  3. ini sirkuit yg memanjakan motor2 ky ducati nih,,
    byk lurus nya,, hehe,, cmiiw..
    tp honda jg skrg uda kenceng di lurus,,

    Guest
  4. wahaha, ane apal luar kepala track ini, dari game PC RaceDriver GRID tahun 2008, sampe skr game Real Racing 3 di HP. Imho, track ini emang bahaya bgt sih klo buat motor, leveling permukaaan tracknya aja selisih hampir 100 meter. saking ga mau keilangan speed, tikungan tricky Eau Rouge sering ane labasin dgn ambil jalur kiri terlebih dulu, wkwk
    yg jelas faktor keamanan harus diperhatikan bgt, selain tikungan Eau Rouge, di tikungan 10 juga sering kelabasan karena full speed di turunan dan lgsung tikungan, luar biasa tricky sirkuit ini, terlepas itu, ini salah satu track panjang yg paling indah diantara pegunungan..

    Guest
  5. mantapp poll!!! sirkuit favoritku ini ? eau rouge, kemmel straight, 2 tikungan cepat ke kiri gigi 5-6, kemudian busstop cichane bener2 gak ada tandingannya. sirkuit terbaik sepanjang masa ya spa francorchamps..
    yg bs mendekati asyiknya sirkuit ini hanya de la sharte dan nordschleife.

    Guest
  6. sedap juga selisih highest ama lowest point bisa ampir 100 m. karakternya mengumbar power kek hockenheim original layout, gilles villeneuve montreal, ama monza dan agak tricky kek brno. seharusnya jadi sirkuit ducati nih.

    Guest
  7. Ralat, Wak Haji, saya sedikit memberitahu saja, bahwa sampai tahun lalu sebenarnya sirkuit ini masih dipake balap motor, seperti Balap Endurance yang menggunakan motor lawas, jaman 80an atau 90an. Dan juga saya pernah search di youtube, di tahun 2013 ada balap Superbike di sana, meski bukan WSBK, tapi itu balap lokal sepertinya.
    Sebenarnya sirkuit sirkuit kawakan dan sirkuit lama juga masih dipake balap motor selain Spa Francorchamps, cuma emang sekedar balap lokal atau balap beberapa negara aja, semisal Anderstorp yang masih juga dipake balap Superbike.

    Guest
  8. Sebaiknya jngn.. Blok eau rouge itu blind spot! Pmblp pmblp yg krg berpnglmn kyk MM yg suka over ridingnya berbahaya di sirkuit tsb.

    Guest
  9. Ini Sirkuit menantang selain tikungan eau rouge ada lagi T10 , T11 itu tikungan cepat ke kiri dengan kontur menurun exit corner bisa 280-300+km/h kalo di RR3

    Guest
  10. Sip. Penasaran balap motor di sirkuit ini atau Nurburgring. Btw, mmgnya msh memungkinkan nambah seri ya setelah Finlandia & Mandalika?

    Guest
  11. Gap F1 nd MotoGP memang amazing ea’,,
    Gag heran disebut Jet Darat itu F1 ,
    Selain Eu – Rouge Spa , Paul Richard , Monza, track lurusnya panjang bener hampir 2km,
    Ditambah DRS tembus itu more 350km/Jam mobil F1,
    Ngeri buat balap motor,
    ?

    Guest
      • kenapa Fuji Speedway gag ngelanjutin kontrak sama F1 ea Om’? Apa karena owner nya (Toyota) yg gag tertarik lanjutin lagi, padahal F1 GP Japan lebih cocok di Sirkuit Fuji ketimbang Suzuka yg Tricky dan sempit,,
        Tapi Sirkuit Fuji masih dipake kok buat balapan Endurance dan Super Formula, karena Toyota ikut kali ea Bro,,
        wkwkwkwk,,
        ?

        Guest
        • 1. Toyota alami kerugian besar (waktu itu) dan memilih untuk berhemat dengan gak nyelenggarain F1 lagi.
          2. Pit entry Fuji dinilai berbahaya karena mobil masuk ke Pit dari kecepatan yg sudah tinggi (jarak exit last corner ke mulut pit lane jauh).
          3. Fuji speedway curah hujannya sangat tinggi dan hampir selalu hujan.
          4. Fuji Speedwy gak punya karakter dan jadi sirkuit terburuk di kalender F1.

          Editor
        • Yg nomor 2 nd 4 bisa lah di set ulang agar memenuhi keinginan FIA, soal hujan Suzuka juga sering banget turun pas race hari minggu Om, tragedi Bianchi juga pas hujan deras di Suzuka,
          imho tricky nd sempit Om buat balapan F1,
          Mudah mudahan BSD bisa diubah jadi stree circuit macem Singapore,
          Bos KFC kan duitnya banyak Om,
          ?

          Guest
  12. positifnya: Trek yg sangat indah, banyak pepohonan kiri-kanannya khas pegunungan eropa.
    negatifnya: layout dan cuacanya sangat tricky, dan bila dikombinasikan keduanya maka akan lebih berbahaya lagi buat rider. Dorna harus pintar2 nyari race day, klo ga, bakal sering dpt wet race disini.

    Guest
  13. semoga bila sirkuit spa dimodif (demi keamanan balap motor) ga merubah karakter & ciri khasnya
    ini salah satu sirtuba (sirkuit tua bangka) yg layoutnya masih orisinil
    ga kayak assen, demi ngejar “modern” sirkuit klasik yg apik jd berubah & jadi lebih pendek +/- 2 km

    Guest
  14. dulu sering main di game Gran Turismo
    kalo ketemu track ini seneng bgt sih, Pemandangannya bagus tapi kadang” bikin lupa nge rem

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.