TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui bahwa DI gelaran MotoGP Amerika Akhir pekan kemarin Baik Rookie Joan Mir Maupun Pembalap Yamaha Maverick Vinales memperoleh hadiah berupa Ride Through Penalty akibat kedapatan Jump Start oleh Kamera berkecepatan tinggi yang dipasang di Samping Grid Start. Sedikit Berbeda dengan Kejadian Cal Crutchlow yang terlihat ‘ maju-mundur’, baik Vinales maupun Mir terlihat memang  ‘ maju duluan ‘ sebelum Lampu merah/ start padam yang artinya itu adalah Clear Jump Start.

Joan Mir Melakukan Ride Through Penalty sekitar 2 lap setelah Notifikasi Jump start di umumkan sementara Maverick Vinales sempat salah merespon dengan masuk ke area Long Lap sebelum akhirnya Juga Ikut masuk ke Pit Lane untuk mengambil hadiah Ride Through Penalty. Namun kembali hadir pembicaraan mengenai ketidak puasan akan kelayakan memperoleh penalty yang akan membuat pembalap kehilangan waktu di atas 15 detik ( tergantung panjang lintasan pit-lane ) dibandingkan dengan ‘ keuntungan ‘ yang mereka peroleh baik itu sengaja maupun tidak sengaja saat start.

Maverick Vinales menyatakan bahwa sementara analisannya ada yang nggak beres pada transmisi dari Yamaha M1 nya sehingga menyebabkan motor bisa ‘maju’ saat panas walaupun kopling tidak engage saat tuas kopling ditekan penuh. Lumayan aneh karena putaran Crankshaft hampir semua Motor di grid MotoGP sudah mengaplikasikan Counter/ backward Rotating Crankshaft yang artinya putaran Crankshaft ( Krukas ) sudah berkebalikan dari arah putaran dari roda yang secara umum malah akan memperkecil efek giroskopik ke arah depan.

Terlepas dari sinyalemen permasalahan teknis yang menimpa, ternyata soal Penalty ini sudah juga dibicarakan di pertemuan antara pembalap dan hampir semua pembalap setuju menyatakan bahwa alangkah baiknya jika hukuman Untuk Jump start yang ‘ tidak sengaja’ seperti yang dilakukan Cal, maverick Maupun Mir memperoleh hukuman yang proporsional seperti hanya melakukan Long-lap.

Dan ada satu usulan bahwa Jika regulasi tersebut mau di-amandemen, pemberlakuan bisa dilakukan di tengah Musim MotoGP 2019. Namun Cal Crutchlow sedikit meradang akan Usulan terakhir karena baginya hal tersebut seperti Kurang terasa adil secara ia, Maverick dan Mir sudah terlebih dahulu memperoleh hukuman yang lebih berat . . so  . . Menurutmu gimana sob, Jikapun direalisasikan, Hukuman Jump start dengan Long-lap penalty kapan baiknya mulai kick Off, Pertengahan Musim 2019 atau Awal Musim 2020 ?

Taufik of BuitenZorg

55 COMMENTS

  1. Berlaku mulai musim 2020 cukup fair. Kita lihat, apakah sebelum perubahan regulasi jump Start diberlakukan, akankah memakan korban lagi…

    Guest
  2. iya itu si vinales sampe salah merespon penalty kemarin wkwk

    btw baru seri 3 udah banyak yg kena jump start yak, dulu ada dalam 1 musim paling 1 atau 2 atau bahkan 0 insiden. apakah nanti akan bertambah lagi kasus jump start dimusim ini ?

    Guest
  3. hukuman area long lap juga masih abu abu aturannya. kemarin ada beberapa yang kedapatan overtake pas yellow flag di moto3&2 tapi gak lewat area itu, malah pake cara lama mundur lagi ke belakang pembalap yg mereka overtake pas yellow flag berkibar

    Guest
  4. Dan lucunya MV12 lakukan dua hukuman sekaligus karena binggung. kalau ngak mungkin bisa top 10. harusnya cukup long lap itu saja dibeberapa titik,ride through penalty terlalu kejam buat pembalap.bisa ketinggalan sekecamatan.

    Guest
    • Karena pit board yang pertama tulisannya cuma Penalty, nah, habis itu baru setelah maverick lewat long lap. Pit Board tulisannya diganti jadi Ride Through Penalty. Padahal RD udah ngasih pitboard sama MV maupun JM.

      Guest
  5. setuju,Mending di berlakukan di awal musim besok,biar keadilannya tetap di junjung tinggi
    biar spencer juga berbenah menjadi pengawas yg lebih baik juga ?

    Guest
  6. Memang lebih bagus mulai musim depan, biar ada lebih banyak potensi drama untuk musim ini

    Btw, itu vinales bilang gara gara ada masalah sama transmisi motornya, tapi menurut hemat saya masalah sesungguhnya adalah “king engine” vinales yg aktif saat start dan mengacaukan semuanya ???

    Guest
  7. ya intinya salah y hukum..

    apapun alasannya walau memang tdk ada untungnya but the point is “mistake”

    Guest
    • wakakakak kalo itu mah bukan jump start lagi tp bener bener nyolong start
      tapi saya malah salut sama para pembalap yang dilewatin sama lorenzo pas jump start, bener bener diem full konsentrasi dan tidak ada yg ikut ikutan bergerak

      Guest
    • @mentega kiloan

      yaa kalau latah .. ikut loncat juga..
      “ehh kodok kodok.. kodok … dia loncat duluan….

      Hahahaha

      Guest
  8. Sudah tahu kan beda jumpstart cal mir dan vina …. Jangan cuma modal ngotot ya!!
    Klo memurutku biarkanlah regulasi nya berjalan hingga akhir musim toh gak terkait hal yg urgent/ safety. Agar tak terjadi amandemen melulu!

    Guest
  9. sebelumnya harus tau dulu apa keuntungan jump start itu sehingga di beri hukuman, hanya coba berpendapat saja walau sedikit tapi tetap ada untungnya karena motor sudah mulai bergerak alias stengah kopling istilahnya jadi putaran mesin sudah benar2 maksmal ketika lepas kopling total, jadi bis aunggul walau sepersekian detik.
    Kalau yg hobi drag race pasti moment2 saat start adalah moment yg crusial.
    Lebih baik hukumannya adalah melewati long lap, dan di berlakukan tahun depan

    Guest
    • meski belum lewat garis, kalau motor sudah gerak, ada keuntungan momentum, yaitu gerak motor dan putaran engine. betul itu meski cuma 5 cm (tak berarti), tapi ketika finish bisa beda lebih dari 1 ban kalau cuma drag. kalau motogp ya bisa curi first corner.
      memang aturan sudah tepat dan adil. hukumannya yang dianggap belum adil.

      Guest
  10. kyaknya bkn msalah backward atau forward rotating wak, vinales bilang kopling engage/trhubung dgn enjin krn suatu hal (ktanya panas). kl sdh trhbung, baik bacward maupun forward, gerak motor pasti maju wak.. kcuali masuk gigi reverse..

    Guest
  11. klo ngmg sengaja sm ga sengaja bikin abu2 lagi dong?
    tar sengaja majuin dikit motor terus ngomong eh ga sengaja,,
    uda d aman,, kan ga ketauan sengaja atw ga nya,, imho..

    Guest
  12. Yg paling parah TLONYOR nya si pimales…glundung disek sak durunge lampu ijo…???
    Ketat banget ya..ky UAN

    Guest
  13. MV kebanyakan alasan. Motor maju sendiri karena kopling. WTF lah. Kalau yang bilang gitu orang2 dimari, masih dimaklumi, lah ini pembalap pro.
    Apa ya segitu dodolnya mekanik Yamama setel kopling sampe tak presisi? Fix, cuma bakal jadi next Toni Elias.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.