TMCBLOG.com – Ada satu spesies baru yang disinyalir kuat merupakan sebuah produk dari Suzuki tertangkap kamera di belantara kota di salah satu negara Eropa. Sinyalmen awal yang memang sudah santer diendus oleh journo sepeda motor Eropa sejak akhir tahun lalu adalah reborn-nya Suzuki DR Big. Yes, Suzuki DR 800 yang memang varian paling guede dari keluarga DR series jaman dulu itu akan dibangkitkan kembali oleh Suzuki. Wah, ini sih sama dengan strategi lewat produk Katana kemaren yah.

Memang betul, Suzuki ditengarai sedang menyiapkan banyak model untuk dijual tahun 2019 ini dan juga untuk model tahun 2020 mendatang yang akan diluncurkan pada semester dua 2019. Setidaknya ada 4 varian yang kuat akan dilahirkan pabrikan Hamamatsu tersebut antara lain Hayabusa yang gosipnya jadi 1.600 cc, Recursion 700 dengan turbo, GSX300RR (dan juga versi 250 cc nya), dan juga termasuk Suzuki DR dengan kapasitas mesin gambot.

Suzuki DR Big 800 S

Suzuki DR 800 sendiri menjadi salah satu motor adventure (dual purpose) big bore yang cukup legendaris disamping Honda Africa Twin pada masanya. Mengusung mesin berkapasitas hampir 800 cc satu silinder, Suzuki DR Big 800 S juga erat kaitannya dengan rally Dakar. Namun seiring jalannya perkembangan jaman dan selera, motor ini stop produksi di sekitar awal 1990 an (cmiiw). Namun kini dengan berkembangnya pasar dual purpose berkapasitas mesin besar, Suzuki sepertinya tergiur untuk ikut terjun ke segmen yang seksi ini dimana hampir semua pabrikan baik Jepang maupun Eropa sudah memiliki jagoan motor ADV-nya masing-masing.

Oke melihat pada foto spyshot yang beredar, motor tersebut memang kental dengan aura ADV bike. Headlamp menggunakan LED dengan dimensi yang cukup lebar tuh sob. Front suspension sudah upside down dan windscreen yang panjang lebar dan tinggi.

Hanya saja penggunaan roda cast wheel yang dibalut ban on road mengindikasikan bahwa motor tersebut lebih mirip V-Storm. Ditambah lagi mesin yang terlihat juga mengindikasikan konfigurasi mesin V dua silinder. Mirip VStorm justru ya, namun perlu diingat bahwa Suzuki suka memakai basis mesin dan sasis yang identik untuk varian motor yang berbeda. Hmm… Apakah Suzuki benar benar menggunakan strategi pada Suzuki Katana mereka dimana membangunkan produk legendaris dengan basis motor yang sudah ada? Ataukah memang ini VStorm model terbaru? Feeling TMCBlog sih motor ini akan release paling cepat di Tokyo Motor Show Oktober mendatang atau mungkin di EICMA akhir tahun ini.

Nugi TMCBlog

17 COMMENTS

    • BMW GS series look like ya
      imho

      btw tumben Wak dari jam 8 pagi sampai sekarang baru update lagi
      sibuk jadi panitia pemilu Wak???

      Guest
  1. Kayaknya ini yg dlu di bocorin visordown klo suzuki lgi ngembangin DR big dh mulai tes yah wak?
    GSX-R250 yg sempet bocor Drawingnya mlh sepi gak tau smpe mna skrng R&D nya

    Guest
  2. Mbak suzuki vanvan200 saja wak yang dibahas. Motor realistis n terjangkau buat masyarakat Indonesia.. Apa wak taufik nya cinta eropah?

    Guest
  3. diakhir artikel bro nugie bahas tokyo motor sport.
    kalo tokyo motor sport saya lebih penasaran sama hodna yg akan memajang motor sport mereka, body mirip lama namun mesin baru.
    begitu sih saya kemarin dpt bocoran dari pegawai restoran jepang all you can eat. wkwkwk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.