TMCBLOG.com – Seperti yang sempat tmcblog sampaikan Ke Den Dimas di Tawangmangu pada Vlog mengenai prediksi Motor Motor apa saja yang akan hadir  di 2019 ini dan saat itu kami sedang memperbincangkan soal Calon Motor Suzuki DR150. DR150 itu sejatinya Punya possitioning Varian dan Fungsional yang sedikit berbeda dibandingakn dengan KLX150 dan CRF150L. DR 150 Itu Lebih ke sosok Motor adventurer Dual Purpose dengan tempat duduk/ seat Yang lebih lebar dan Nyaman ketimbang KLX150 dan CRF150L.

Yap Sepertinya Suzuki melihat hal ini sebagai sesuatu yang bisa membuat Suzuki lepas dari Posisi head to head Red Ocean dengan KLAX 150 dan CRF150L yang merupakan Motor Dual Purpose yang secara tongkrongan lebih mengarah ke sosok Motor Trail/ Cross. Suzuki DR150 adalah Motor dual Purpose secara tampang dan Juga Fungsionalitas tidak lebih condong ke arah Motor Trail/ Cross, namun lebih ke arah Motor adventure.

Jelas ini harus dilihat baik baik oleh Honda, artinya belum tentu apa yang di bidik kawasaki salah dan bisa jadi malah akan banyak penggemarnya kedepan secara sebenarnya kebanyakan Penggemar KLX dan CRF itu dipakai Buat Adventure / Terabasan ketimbang kegiatan Trail/ Cross kompetisi. Dan Jika memang nanti terbukti secara empiris Pasar menanggapi positif setelah mencoba motor jenis DR150 ini . . Honda Bisa pula memikirkan diversifikasi lain dari CRF150L yakni dengan motor seperti Honda XR150L.

Yes Pilihan Honda XR150L ini sudah hadir di philipina sebagai Pilihan selain XRM150 Underbone dan CRF150L di segmen dual purpose. Secara Umum Honda XR150L merupakan motor Roal Legal ( akhiran L ) yang bisa dipakai On road maupun Off road, memiliki semua perlengkapan Road legal, dan secara umum punya karakter dual purpose juga terutama dengan ground celearance yang lumayan jauh.

Bicara Possitioning, Di Philipina Harga XR10L ini 89.900 Peso ( 24,5 Juta rupiah ) sedangkan CRF150L seharga 134.900 Peso ( 3,7 Juta rupiah ). terlihat cukup jauh kan, AHM bisa ahdirkan XR150L selain sebagai jawaban untuk para penggemar adventure, Juga sebagai solusi untuk memperoleh Motor dual Purpose namun dengan Hargab yang lebih terjangkau. Namun Jika Masuk di Indonesia tentunya harus sudah ganti dari Karburator menjadi Injeksi . ..  kalau menurutmu Gimana Sob ?

Taufik of BuitenZorg

Perbandingan spesifikasi Honda CRF150L dan XR150L Philipina

SpekCRF150LXR150L
 Engine Type 4 Stroke, 2 Vales, SOHC, Air-Cooled 4 Stroke Single Cylinder, Air – Cooled, Over Head Cam (OHC)
 Displacement 150 cc 150cc
 Bore & Stroke 57.30 x 57.84 (mm) 57.3 x 57.8 (mm)
 Starting System Electric & Kick Electric & Kick
 Transmission Type 5 Speed, Constant Mesh Manual
 Suspension (Front) Inverted Telescopic Fork Telescopic Fork
 Suspension (Rear) Pro-Link Suspension System Swing Arm Mono-Shock
 Brake System (Front) Disc Disc
 Brake System (Rear) Disc Drum Brake
 Tires Size (Front) 70/100 – 21 90/90-19
 Tires Size (Rear) 90/100 – 18 110/90-17
 Wheels Type Spoke Spoke
 Over-all Dimension (L x W x H) 2,199 x 793 x 1153 (mm) 2,091 x 811 x 1,125(mm)
 Wheelbase Dimensions 1,375 mm 1,362 mm
 Dry Weight 117kg 122 kg
 Seat Height 863 mm 825 mm
 Ground Clearance 285 mm 243 mm
 Fuel Tank Capacity 7.2 L 12 L
 Fuel System PGM-Fi Carburetor
 Maximum Horse Power [kW(PS)] 9.13 [email protected] 8000rpm 8.72 kW @ 8,000 rpm
 Maximum Torque (N.m) 11.94 Nm @6500 rpm 12.1 N.m @ 6,000 rpm
 Battery Type 12V-5Ah MF Type 12V-5Ah MF Type

29 COMMENTS

  1. Murah ya 24jt, walaupun masih agak jadul sih. Dr150 juga bisa segitu kalo made in lokal, paling gak seharga njkb nya

    Guest
    • masing2 pabrikan punya strategi bisnis sendiri. Xiaomi juga bukan pioneer dibanding Samsung ataupun iPhone. tapi liat sendiri gmn suksesnya.
      saya lebih seneng Ace110 dilokalkan kesini dijual 14jutaan (di afrika malah 8juta). tapi ngimpi sihh. hehe

      Guest
    • Namanya juga kasta tertinggi ,kalau semua dimulai sendiri..yg lain gk bakal sanggup tandingi 😂 dg sept. Ini….maka yg pertsma ditunjukkan afslah keberanian menantang 😂

      Guest
    • Disini jarang penggemar bola pak bangun jd kalo berkeluh kesah tentang bola jarang direply .
      Tenang aja pak bangun pemain yg bikin juve tersingkir musim depan bakal pindah kebarca nyusul de jong .hehe
      btw apesnya cuma karna juve kalah apa karna BWIN nih ???

      Guest
    • win reborn harusnya dibawah verza sih, antara verza sama cb itu kelas tanggung (liat aja byson sama mega pro), mau gak mau restorasi win :’)

      Guest
  2. Disini jarang penggemar bola pak bangun jd kalo berkeluh kesah tentang bola jarang direply .
    Tenang aja pak bangun pemain yg bikin juve tersingkir musim depan bakal pindah kebarca nyusul de jong .hehe
    btw apesnya cuma karna juve kalah apa karna BWIN nih ???

    Guest
  3. Kalau Saja Suzuki Sukses dengan DR150, Honda Bisa hadirkan XR150L

    Suzuki keluarin satria Fu,
    honda hadirkan sonic.

    Kawasaki keluarin KLX 150,
    Honda hadirkan CRF150.

    Yamaha keluarin Xride,
    honda hadirkan beat street.

    Trus motor apa lagi yang mau dibikin sama honda buat nyaingin motor pabrikan lain???

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.