TMCBLOG.com – Bro Sekalian, Mungkin ada dari beberapa dari kita soal balap ketahanan  hanya mengenal seri Yang paling kesohor Yakni Seri FIM endurance Race Suzuka 8H . . namun sejatinya, mirip MotoGP atau WSBK dimana Suzuka 8H adalah salah satu Seri dari sekian banyak seri balap Lomba ketahanan ( endurance race ) kelas Sepeda motor yang dilaksanakan dalam beberapa seri dan hari ini Kita bisa melihat Gelaran endurance race yang lebih berat sebenarnya bila dibandingkan dengan Suzuka 8H Yakni Le-Mans 24H Moto

yes Jika suzuka hanya 8 jam, Di Le-Mans ini Pembalap harus bisa tahan digeber selama berjam-jam. Artinya diperlukan keseimbangan antara tenaga besar dengan ketahanan material parts pada mesin dengan segala keterbatasan regulasi yang diberlakukan FIM. Untuk gelaran pertama di Le-Mans ini Kawasaki Menjadi Kampiunnya sob.

TMCBLOG simak dari Live timing mulai jam pertama kemarin Sabtu sampai hari ahad Memang team SRC Kawasaki France dengan pembalap jeremmy Guarnoni, David Checa dan Nigon mayoritas memimpin.

Namun sebenarnya ada yang bikin deg degan ketika setengah jam sebelum selesai team Honda Endurance yang mengedepankan pembalap Randy de Puniet, Yonny Hernández dan Sébastien Gimbert  sempat memimpin. Namun akhirnya Duel Pun terjadi di Setengah jam terakhir dan team Kawasaki yang finish duluan. Team Honda endurance team finish di Posisi dua dan Suzuki endurance team finish di Posisi tiga.

Sementara itu Wepol Racing (Yamaha), Bolliger Team Switzerland (Kawasaki), 3ART-Moto Team 95 (Yamaha) dan National Motos (Honda) Juga memperoleh Pujian karena bisa finish di Posisi 4,5,  dan 8. Smeentara itu Juara Bertahan F.C.C. TSR Honda France yang hadir ke Le-Mans Sebagai Pimpinan Klasemen memperoleh banyak kehilangan Point.

Dua Kali Crash yang dialami menempatkan Team ini finish di posisi 35 ( 3 Point ) pada gelaran Yang ditonton oleh sekitar 76 ribu spectator langsung termasuk beberapa Orang Orang Indonesia yang racing Freak seperti Bro Kill Bill Yang selalu memberikan Update Langsung dari Le Mans Via WhatsApp ke tmcblog

Secara Umum dari dua gelaran Kawasaki SRC France Memimpin Klasemen dengan 102 Point disusul Suzuki Endurance racing pada Klasemen sementara. Balapan endurance masih bersisa 3 Seri lagi dengan akhir di Suzuka 8H.

Taufik of BuitenZorg

28 COMMENTS

  1. tidak ada merek eropa lain macam Aprilia dan Ducati, bukti nyata bahwa kedua superbike dari brand tersebut lemah pada durability dan endurance untuk digeber berjam2 selama 24 jam, takut ngebul euy???

    • wkwkwkwk padahal yang kemarin pole position itu BMW loh brand eropa, ini gak cuma ketahanan tapi juga masalah strategi. lah r1 YART aja kemarin meleduk, eh R1 motor yak ? bukan jepang kan yak ? wkwkwkwk

    • ducati masih ikut sekali2 wildcard privateer. gak tau juga emang motornya yg gampang jebol apa pabrikannya gak ada visi utk ikut endurance ?

  2. padahal penguasa EWC itu Honda France
    CBR 1000RR motor pelan tapi bisa jurdu 2018 berkat iritnya
    #yg lain nge-pit isi bensin setelah 20-25 lap, CBR bisa muter 27-29 lap baru mimik bengsin ????

    • ya emang sejak awal CBR1000RR ini superbike yg hemat BBMnya dibandingkan kompetitor lain dalam kondisi stock, Mileagenya aja bisa tembus diatas 40 MPG (Mile per Gallon, entah US gallon atau Europe Gallon lum tau), dibuktikan diatas Dyno mesin CBR mampu menghasilkan kurva power dan torsi yg linier dan begitu padat di midrangenya, mungkin ini yg membuat pengendara tidak perlu sering2 pindah gigi dan tidak perlu buka gas lebar2 jadi BBM bisa lebih hemat, sedangkan kompetitor sesama inline 4 screamer rata2 berada di angka 35an MPG, paling boros diantara inline 4 adalah R1 yaitu kisaran 30an MPG bahkan ada yg dibawah itu.

  3. wak kayanya bahas FIM EWC secara keseluruhan seru wak, ada seri apa aja lalu berapa jam balapannya.
    soalnya menurut saya selama ini yang ramai hanya seri suzuka jepang, padahalkan suzuka 8 hours itu bagian dari seri balap FIM endurance.
    dan ketika juara suzuka 8 hours lebih gimana yak, padahal kan yang juara dunia itu keseluruhan dari juara balapan FIM EWC bukan cuma suzuka 8 hours

    • ya macam balap mobil juga. WEC hny disorot media2 tertentu, namun giliran le mans 24H yg main smua media berebut berita, starting grid juga menumpuk2 rame.. mungkin udh tradisi balap endurance ada 1 seri puncaknya

    • Setuju bro ,menurut gua penamaan kompetisinya gak usah pakek embel2 nama sirkuit dan jumlah jam cukup ‘EWC’ aja jd orang ngeh kalo itu kompetisi ketahanan mesin dunia .

  4. btw FIM EWC seri sepang malaysia gimana yak ? waktu itu sempet dipost dan diinfokan sama FIM EWC cuma hilang gitu aja dan belom ada kelanjutannya lagi

    • Insya Allah,Kang. Kita tidak perlu jauh dan repot ke Eropa dan Jepang untuk menonton langsung keseruan dan keunikan lomba balap ketahanan. Sekitar pertengahan Desember ini Sepang8H jadi seri ke-2 setelah Bol d’Or di sirkuit Paul Ricard dan sebelum 24HeuresMoto di sirkuit Bugatti/Le Mans sebagai bagian dari kejuaraan FIM EWC 2019-2020. Sepang 8H yg rencana dibarengkan dengan lomba balap ketahanan mobil dunia FIA EWC.

  5. Waduh setelah kemaren hrc berguguran di cota sekarang giliran fcc tsr yg mengalami hal serupa, minggu yg berat buat tim hongda

    • Suzuka 8H lebih ke show of force para pabrikan, gengsi dan kemeriahan pesta sebagai seri penutupnya. Walau juaranya belum tentu sebagai juara dunia.

    • Gantian,Bro. tapi tidak sama jatah tiap rider saat istirahat dan ngetrack. Strategi tim dalam mengelola 3 rider (merah,kuning,biru) saat pertukaran rider waktu pitstop dan tergantung tipikal dominan rider (kuat di 8 jam pertama, jagoan di malam hari, tahan di pagi sampai finish). Pokoknya ini balapan unik juga menguras sumber daya tim.

  6. Duh jawara bertahannya malah kehilangan banyak point, tapi emang balapan motor paling kejam nih, 24 jam digeber coy, cuma kurleb 20 menit di pit stop

    • walau pada akhir lomba menempati posisi 35, sang juara bertahan tetap dapat 3 point karena berada pada posisi 8 saat balapan berlangsung selama 16 jam pertama sejak start.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here