TMCBLOG.com – Setelah sempat diperkenalkan secara terbuka pada IIMS2018 hanya sebatas untuk menjadi Model studi mengetahui seberapa besar minat calon konsumennya, maka pada IIMS 2019 AHM Secara resmi merilsi sosok Motor adventure Matik Honda XADV. Motor ini jelas sudah banyak banget dikupas tuntas pada artikel setahun lalu oleh Nugie dan sebenarnya tmcblog juga sudah puas mencoba Motor ini saat touring Honda Asia di Malaysia dua Tahun yang lalu.

Yap Honda XADV merah yang dihadirkan sebagai Unit Launching yang juga dihadiri Marketing director Baru AHM Mr Mitsuo Usui pada dasarnya sama persis dengan XADV yang dihadirkan tahun lalu dimana Mesinnya confirm sama seperti Vultus yang pernah AHM jual di Indonesia beberapa waktu lalu. X-AVD Dirancang dengan konsep pengembangan “Go have Fun”, Honda X-ADV memadukan karakter sepeda motor yang nyaman dikendarai di tengah perkotaan namun tetap tangguh untuk berpetualang dan turing jarak jauh.

Berkapasitas mesin bersih 745 cc, berpendingin air, 2 silinder dengan rasio bore x stroke diangka 77 mm x 80 mm untuk setiap silindernya. Rasio kompresi 10,7 : 1 sudah pasti aman deh buat dipakai di Indonesia .Tenaga yang dihasilkan mesin 2 silindernya ini sebesar 54 Hp pada 6.250 rpm dan torsi sebesar 50,15 lb/ft pada 4,750 Rpm. Honda X-ADV memberikan sensasi berkendara yang berbeda melalui penyematan transmisi Dual Clutch, serta fitur premium G-Switch dan Honda Selectable Torque Control

Suspensi depan pakai upside down diameter as 41 mm, dengan travel sejauh 153,5 mm. Pada rodanya Honda memberikan lingkar roda 17 inchi berbalut ban Bridgestone ukuran 120/70-17 dengan tipe ban dual purpose. ada bagian belakang, lingkar roda lebih kecil ketimbang roda depan. Ssistem pengereman menggunakan kaliper bertipe radial dengan 4 piston, didukung piringan cakram teknologi ABS (Antilock Braking System) berukuran 296 mm.  

Suspensi belakang dilengkapi terknologi Pro-link swing arm untuk menahan guncangan di bagian belakang dengan 10 level pengaturan Rear Shock Preload.  Big bike bergaya adventure ini dilengkapi dengan fitur keamanan canggih yakni Honda Smart Key System yang terdiri dari tombol switch On/Off dan Answer Back System. 

Tampilan panel informasi mengadopsi Honda CRF450 Rally dengan ukuran besar berbentuk persegi. Tampilan layar panel LCD menampilkan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh pengendara, seperti speedometer, tacometer, fuel indicator, average fuel consumption, waktu dan tanggal, gear indicator, trip meter, odometer, dan riding mode dalam tampilan digital. 

Honda X-ADV dilengkapi kapasitas penyimpanan bagasi di bawah kursi sebesar 21L mampu menyimpan helm full-face bergaya adventure. Bagasinya ini pun dilengkapi koneksi pengisian daya sebesar 12V dengan penerangan lampu LED, dan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 13,1 liter. Dukungan throttle body berukuran 36mm dan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) mengoptimalkan rasio bahan bakar sehingga ramah lingkungan

Ban Memakai ukuran 15 inchi dengan karet ban ukuran 160/60-15. Suspensinya monoshock dengan spek travel 150 mm, jadi memang suspensinya didesain untuk mengakomodir kebutuhan off road. Desain velg nya mirip seperti BMW R1200 GS dengan bagian nipple jari-jari ada di ujung luar bibir velg. Sehingga bisa dipasangkan dengan ban jenis tubeless.

Untuk meningkatkan kemampuan berpetualang, Honda X-ADV dilengkapi fitur G Switch untuk mengeluarkan torsi yang langsung di transmisikan ke roda belakang agar karakter mesin lebih responsif.

Model ini memiliki fitur mode manual dan otomatis untuk perpindahan gigi dengan system transmisi Multi Dual Clutch Transmission (DCT) yang terdiri dari dua mode yaitu mode Drive (D) yang merupakan aplikasi pemilihan rasio gigi yang lebih rendah untuk akselerasi yang lebih cepat, dimana mode ini cocok digunakan untuk berkendara di kondisi perkotaan. Mode Sport (S) merupakan mode berkendara yang lebih sporti dengan perpindahan gigi pada kecepatan yang lebih tinggi. Mode S ini memiliki 3 mode tambahan, yaitu standard, sport 1, dan sport 2 untuk memberikan gaya berkendara yang lebih sporty.

Honda X-ADV dilengkapi oleh Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi sepeda motor yang berfungsi mencegah terjadinya ban slip yang terdiri dari 2 level. Level 1 memiliki torsi lebih besar yang digunakan ketika pengendara melintasi jalan berpasir atau kerikil. Sedangkan level 2 menggunakan torsi lebih kecil yang digunakan agar tidak slip di jalanan licin. Untuk mematikan fitur HSTC, pengendara cukup menekan dan menahan tombol yang terdapat pada sisi kiri handlebar.

Untuk Versi Indonesia hadir dalam 4 pilihan warna Mat Moonstone Silver Metallic, Mat Pearl Glare White, Grand Prix Red, dan Mat Bullet silver. Sayang sampai artikel ini dirilis belum ada info berapa harga banderol fixnya, Mungkin karena mesin nya mirip Vultus maka Banderol harganya juga nggak jauh dari Vultus ya?  . . kalau kata Pres dir AHM Mr Toshiyuki Inuma sih ” Range-nya antara Rp 435 juta-450 juta on the road Jakarta “ silahkan ditebak deh harganya fixnya nanti sob . .

Taufik of BuitenZorg

 

28 COMMENTS

    • Yo digawe kerjo golek duit, digawe hobi, mosok yo malaikat ngelarang duwe hobi, sing penting faedah lan ono manfaat e, faedah lan mafaat e opo, nek koen gak duwe hobi yo takokno uwong sing duwe hobi

      Guest
  1. wkwkwkwk beberapa temen nmaxnya sudah ada yg dimodif adventure kaya xadv ini, motor adventure tapi model model big scooter ?

    Guest
  2. bayangin buntutnya, kalo misalnya hodna ngeluarin matic sport buat ngelawan ngaerox pake spakbor belakang model gantung panjang kaya xadv atau cbr series gimana yak ?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.