TMCBLOG.com – ternyata sudah beberapa produk Menarik yang dipatenkan Oleh Yamaha Jepang Di Indonesia. Dan kali ini tmcblog menemukan di laman Pangkalan data kekayaan Intelektual Indonesia (PDKI) bahwa Yamaha Jepang telah mendaftarkan paten desain dari Motor yang secara bentuk memang sangat mendekati desain Yamaha QBIX

Jika dilihat dari data PDKI, Desain Yamaha QBIX sudah Masuk di awal tahun 2018 dan selesai diumumkan di akhir 2018 dengan tercatat nama Desainernya yang bekebangsaan Jepang Koji TAKARA. Belum diketahui dengan jelas Tujuan utama Yamaha Jepang Ikut mendaftarkan Desain Yamaha QBIX di Lembaga HAKI Indonesia . . apakah ada hubungannya dengan Line Up produk atau hanya untuk sekedar memproteksi agar desainnya tidak serang perilaku Copy Cat oleh Pihak lain.

Bicara QBIX, TMCBLOG sudah pernah lihat lansgung dari dekat Sosok Motor in di Thailand dan menurut tmcblog Yamaha QBIX 125 memiiliki nilai jual / Value yang unik menarik dan tidak semarangan dimiliki oleh kompetitor bahkan bila mau di banding-bandingan dengan Honda Zoomer sekalipun. Yang pertama adalah bentuknya yang Boxy dan terkesan mirip robot . . ini jelas ada yang pro dan kontra, namun terlepas dari Itu Ide ini cukup membuat Yamaha QBIX 125 berada di belantara lautan Biru alias Blue Ocean Strategynya sendiri.

Jika benar akan hadir di Indonesia jelas menurut tmcblog akan menjadi salah satu Species tersendiri  . . akan membuka Blue Ocean strategy sendiri dimana pangsa pasarnya akan mengarah ke kalangan muda enerjik, aktif, dinamis dan gadget-freak melalui sentuhan teknologi dimana terdapat Fitur menarik yakni kehadiran mobile charger dengan model Lighter di kompartemen bagasi kecil depan yang telah dilengkap dengan dengan tutup. Sedangkan bagasi di bawah joknya Luas banget dengan kapasitas 22,5 liter dan mampu menampung 2 buah helm full face .

Soal Dapur Pacu, jelas kenyaraan bahwa mesin Yamaha QBIX 125 yang berbagi pemakaian jenis mesin yang sama /mirip dengan mesin mesin skutik 125cc Yamaha di segmen menengah kebawah seperti Mio M3 125 Blue Core dan soul GT 125 yakni berkapasitas 125 cc SOHC berpendinginan udara paksa (fan) menghasilkan 9,5 daya kuda @ 8.000 rpm, dan torsi 9,6 Nm @ 5.500 rpm. Yap Common Part dengan mesin Yang sudah ada di Indonesia, Tinggal Sekarang ketokan palu berada di Fihak Yamaha saja Nih, kapan kira kira ini Produk akan ahdir di Indoenesia ?

taufik of BUitenZorg

 

59 COMMENTS

      • Semalem liat di daerah tambun bekasi
        Kalo sekilas kaya motor listrik dan sayangnya sudah di modif warna ngejreng thailook jadi norak IMO
        Tapi bagusnya beda dari yang lain
        Jadi langsung ngeh kalo itu qbix
        Kalo liat langsung butuh waktu buat netima designnya CMIIW

        Guest
  1. Kemungkinan nya pakai engine lexi atau freego nih wak jika di jual di indonesia
    Sepertinya nggak mungkin jika di cangkokan engine mio series

    Guest
    • Freego itu pake mesin mio m3 mas. Dan kemungkinan si kibik ini juga pake mesin yg sama. kalo pake mesin lexi dia harus masuk maxi yamaha, harganya pasti gamura…

      Guest
    • Sedikit beda Boss …
      Engine Freego sudah SMG (stater senyap)
      Mio series masih pakai dinamo stater

      Guest
  2. udah nyobain hahaha
    temen temen yang demen modif gaya gaya thailand ada beberapa yang masukin impor sendiri dari thailand.
    btw kalo misalnya diproduksi disini semoga tutup tangkinya tetap dipertahanin, soalnya free go awalnya model kaya gini loh. tapi karena kebisaan org indonesia naro barang didek dan kurang efisien kalo mau isi bensin harus menurunkan barang jadi dipindahin tutup tangkinya.

    Guest
    • Ane sampe penasaran nanya mbah google letak tangki nya ??
      Sepertinya acuu juga di simpan di bawah dek

      Guest
    • hhhhmmmmm bocorannya yg gamblang dong bro SOS…lucu nih soalnya matic, pernah liat langsung yg CBU

      Guest
      • YIMM Jangan nanggung kalo mo produknya laku
        QBix sama Freego harus pake mesin Lexi
        It is a must
        Fitur lain lain gak perlu
        Bahkan keyless pun gak perlu. Cukup pake wave key aja
        Jangan lupa lampu hazard dan tangki BBM dibuat minimal 5 liter
        Kecuali memang ada “kesepakatan khusus” bahwa YIMM gak boleh bikin produk yg lebih laris daripada AHM. Makanya kesannya YIMM gak all out menelurkan produknya
        Sama kayak Suzuki yang selalu mengambil jalan yang susah, yang berlawanan dengan keinginan costumer

        Guest
  3. Dijual disini hanya dengan 1 tipe. Keyless, port charger, gak usah pakai rem ABS segala. Pasti ada yg beli, meskipun gak selaris beat…

    Guest
  4. ini salah satu desain scooter y4maha yang paling keren, konsepnya bagus gak nanggung, punya idenditas sendiri. cute bisa jadi lawan dari scoopy ini . keren bgt. rugi ini kalo y4maha gak gunain desain kaya gini. secara matic entry level y4maha lainnya aneh2. bantet2. plus mulai meniru kompetitor jadi kaya gak punya idenditas sendiri.

    Guest
        • Ah masa?
          Motor jaman skrng tergantung bawa nya
          Ada noh vario pnya paman 125 2018 dan 150 2017
          Sama aja ama Fino 2016 dan M3

          Jadi jgn kemakan mindset orang jadul

          Kalo mau irit
          Bawa tali kemana2 kalo ada mobil taliin tuh motor dibelakang

          Guest
  5. Gara┬▓ ga ada kabar qbix, akhirnya terpaksa ambil freego-s.
    Sy lbh suka klo, deknya dibuat rata kyk freego, common parts. Tp qbix tetap ga jelas kpn dilokalkan, pdhl bisa menyaingi scoopy dg kemudahan isi tangki di depan.

    Guest
    • Alhamdulillah.. Pegang erat2 niat saya beli qbix buat istri.. Tenang bro, ga usah galau dan ga usah menyesal.. Saya sudah ada freego s di rumah, oke banget dan lebih bernilai dibanding pari* 125 sebelah punya temen/tetangga.. Kutunggu kau qbix..

      Guest
    • Bilang ke yamaha wak, buat masarin ke indonesia. Tapi saran ane pakai mesin lexi yg udah vva tp ditambah kick starter

      Guest
  6. Yang penting 1.bisa bawa aqua galon 2.lemari bisa masuk bagasi 3.Headlamp.LED mirip lampu stadion 4.isi bensin kagak usah buka jok 5.Suspensi tidak bikin ginjal lepas 6. Bbm irit 1 liter buat 100km 7.Segera dipatenkan ke Departemen hukum terkait agar tidak dijiplak tetangga sebelah 8.Harga jangan mahal 9. Itulah Indonesia..!

    Guest
  7. sudah ada yang mampang QBIX sejak 2 tahun di salah satu dealer yamaha di Jatimakmur, Kota Bekasi. Saya tanya… dijual ga? Mereka menjawab tidak mau jual dan hanya untuk display saja.

    Guest
  8. tolong wak, jgn pake kata “Fihak” lagi, aneh bacanya, hee..
    tulis aja Pihak, itu udah bener di KBBI.
    karena saya sering liat wak haji nulis fihak, fikir, derajad (pihak, pikir, derajat) dan bbrapa kata yg absurd di blog ini.
    punten ya wak, hee..

    Guest
  9. Beye mah cepat cepat masukinnsini jas jes jos .. beli mah kagak ! Tetep aja nyicil mbit wkkkkk …
    Fanpage yam itu buanyak banget fans nya tp dr sekiannbanyak fans klo didata motor tunggangannya mlh merk sebelah !
    Inilah yg jadi membiaskanndata survei dinternal yam

    Guest
  10. Semalem buka2 artikel lama wak Haji ada 2 artikel yg bahas bocoran motor baru Yamaha
    1. Artikel yg mbahas bocoran headlamp yg awalnya diprediksi punya Smax 155 ternyata punya Lexi
    2. Artikel 2017 akhir ttg Qbix ini ternyata yg rilis di indo Freego ( pdhl kalau diamati lg ternyata basic platform Qbix & Freego plek sama persis)
    Imho dari 2 artikel tsb sbnrnya wak Haji sudah mewakili keinginan dan ekspektasi konsumen indo akan motor baru dr YIMM tp ya ternyata apa yg disajikan pabrikan tidak spti yg diharapkan…

    Guest
  11. Fino kok ga ada penerusnya ya kang? Scoopy dgn ban gambot melenggang sendirian. Siapa hari gene beli matic dgn ban kecil ala sepeda ontel gtu?? -_-

    Guest
  12. Dari dulu kemana aja siee neng qibik sejak lihat di blog n yutub demen ni motor tp beritanya hilang di telan waktu,..

    Hmmm kalau beli dari thailand harus cbu itu sulit ga sih..ada yg tau? Muhun..

    Guest
  13. kenapa yamaha skrg membuat matic 125cc nya “tidak bertenaga”… saya coba freego sdra saya nyamannya sih juara tapi feel mesinnya lemot skali, saya gtw ya apa memang bgtu arahnya utk kenyaman jdi tenaga disunat tdk seperti xeon rc saya sama sama 125cc tapi tarika ama larinya jauh beda, spek diatas kertas jga kayanya xeon unggul 2hp dri freego… apa mgkn dilakukan utk menghemat bensin dan demi kenyamanan?

    Guest
    • Beda spek mesin. 125 cc yg sekarang blue core gantiin 115 cc YMJET-FI. Kalo 125 cc Xeon masih YMJET-FI ada radiator nya, spek diatas 115 cc YMJET-FI. Imho

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.