TMCBLOG.com – Saat Press Converence Pra Event MotoGP Le Mans 2019 Marc Marquez sempat ditanya sesuatu yang menggelitik yakni begini pertanyaannya : ” Forecast cuaca Le mans yang agak sedikit sulit, melihat umumnya strategimu di FP dimana tidak berfikir ke arah Kualifikasi, Hanya bekerja dengan ban bekas pakai dan bekerja Pada Setup race. Apakah akan ada Perubahan strategi melihat kemungkinan hujan di Sabtu Pagi atau bahkan di Jumat sore ?” Dan Marc Marquez Pun menjawab  . .

” Benar bahwa kami harus evaluasi semuanya, namun kami selalu memulai dengan strategi yang sama. lalu sepanjang Race weekend kami akan lihat bagaimana hasil performa dan Laptime dengan Race-tire dan Kami Juga melihat forecast ( Cuaca ). Namun tentu jika Prakiraan cuaca sedikit tidak bisa diprediksi adalah penting untuk Me-Re-adjust rencana dan Menggunakan Ban Baru ( soft) di akhir dari sesi FP. Namun tidak akan merubah stratgi kami secara umum untuk race weekend “

Yap Le Mans diprediksi hujan di Sabtu pagi hari sampai menjelang tengah Hari dan cuaca saat Kualifiaksi dilakukan diprediksi sudah reda hujannya namun dengan situasi berawan. Dan ini artinya Secara Umum Jika Nanti benar Hujan Maka Angka Laptime FP3 sulit mendekati Pace di FP1 dan FP2 atau kasarnya tidak akan bisa di Gunakan untuk mengubah List Top 10 Akumulasi FP1-FP2 yang lansgung masuk ke Q2 . . Nah bagaimana Melihat Marc Maruez sendiri kemarin Jumat ? Oke Berikut ini tmcblog share data datanya sob . .

Di FP1 Marc Marquez terlihat menggunakan ban Dengan Kombinasi Kompon Soft – Medium sepanjang Sesi FP1 ini dan Tidak pernah ganti ganti. Termasuk setelah kejadian hampir Crash di T8 dimana setelahitu ia masuk Pit Box

Di FP2 Mulai kelihatan Karakter Pola Penggunaan Ban dari Marc Marquez + Honda RC213V dimana pada ban belakangnya sudah terpasang ban Slick Hard Namun Kali ini dipadu dengan Ban depan Slick Medium. Cukup menarik melihat Marc Menorehkan laptime di angka 1:32-an di kedua run di mana tmcblog perkirakan seginilah lah kira kira Race-Pace dari Marc Marquez saat race Esok Nanti Jika cuaca dan kondisi Tracknya kering. Mengenai Ban Race, tmcblog perkirakan Juga tidak akan jauh dari Kombinasi Medium-Hard pada esok hari jika Di declare Dry race.

Namun Seperti sobat lihat karena Marc Marquez ngeh dimana Sabtu Esok ada kemungkinan Hujan Maka  di akhir sesi ia langsung secara ekstrim mengubah komposisi Kompon ban menjadi Soft-Soft di mana ini adalaaah Kombinasi paling berkarakter time attack. Yap Marc dan team merealisasikan apa yang ia ucapkan di Press Converence dimana ada Upaya Re-adjust (menyetel) Strategi Jika memang kondisi cuaca tidak memungkinkan.

Jika Marc Tidak Ganti Ban ke soft soft Kala itu maka Laptime terbaik sampai Lap 17 adalah 1:32,2 dan kemungkinan ia akan berada di urutan yang beresiko ( sekitar urutan ke 9-10 ) pada time sheet akumulasi FP1-FP2 yang artinya ia mungkin bisa ikut Q1 dulu.

Bukan hanya Marc, TMCBLOG Juga Ngepoin bagaimana stratgy riset ban pembalap lain dan Terlihat Seperti Maverick Vinales Contohnya juga mencoba meriset race Pace di atas kombinasi kompon medium medium untuk Yamaha M1 nya. Terlihat Juga sepertinya race Pace 1:32 bisa diraih Maverick di FP2. Lalu di akhir Sesi FP2 berganti ke  soft soft khusus untuk Time-attack.

Taufik of BuitenZorg

 

 

8 COMMENTS

    • yup,tapi klo udah dibikin monchrome carbon hitam putih kayak yg dipake test,kerennya ga ketulungan

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.