TMCBLOG.com – Dunia sepeda motor memang gak ada matinya ya sob. Kali ini MCN menghadirkan hasil bidikan seseorang menciduk sesosok motor yang sedang dilakukan uji coba di jalan umum. Disinyalir Ducati sedang bekerja membuat motor baru sebagai ganti 959 Panigale yang ada di pasaran saat ini, satu-satunya motor sport dua silinder merek Italia setelah kehadiran mesin V4 baru di kelas superbike 1000 cc.

Motorcyclenews (MCN, Inggris) telah menerbitkan gambar-gambar spyshot pertama. Ducati melakukan tes pertamanya di jalan umum, beberapa detil motor yang bisa kita lihat dari gambar memberi tahu kita hal/detil baru pada calon varian teranyar ini, dimulai dengan desain palang pada velg nya yang masih menyerupai Panigale sebelumnya namun punya detil yang baru dan berbeda. Jika diperhatikan dengan seksama, dimensi pada body Panigale V2 ini cenderung lebih ramping yang bisa dikatakan mengisyaratkan mesin yang dipakai adalah dua silinder, tetapi bukan menggunakan ‘downgrade’ mesin Panigale V4.

Mesin baru ini sudah bisa dipastikan lulus standar emisi Euro5 dan sudah meningkatkan tenaganya hingga 165 Hp dibandingkan dengan mesin V2 silinder generasi lama. Untuk ini, terlepas dari perubahan internal mesin, peningkatan kecil dalam kapasitas silindernya tidak dikesampingkan sampai mencapai batas 1.000 cc.

Tapi bisa jadi mesin ini akan berada direntang kapasitas 900-an cc karena rumor yang beredar ada di angka segitu sob. Bagian lain yang bisa diperhatikan adalah pemakaian single swing-arm yang masih setia diaplikasikan oleh pabrikan Ducati, sama dengan generasi 1299 terdahulu. Selain jadi ciri khas Ducati, single side swing-arm ini memiliki estetika yang bagus untk motor secara keseluruhan. IMHO.

Secara garis besar desain pada motor spyshot ini juga terlihat kemiripannya dengan Panigale V4, meskipun versi V2 ini nantinya tidak akan persis sama. Yes, dari desain headlamp dan juga bagian samping sih terlihat sama pada foto foto ini namun bisa jadi ini merupakan desain sementara karena masih dalam tahap uji produk.

Akan tetapi beberapa bagian bisa dipastikan akan Ducati gunakan pada produksi massalnya nanti, seperti penggunaan front fork dari Showa dengan tipe BPF (Big Piston Fork) disertai dengan shock belakang Sachs yang full adjustable, bersama sistem pengereman depan dengan kaliper monoblock dari Brembo. Oh iya, pada bagian knalpot juga ada pipa ‘berlebih’ keluar dari catalyst under belly. Apakah ini menandakan bahwa Ducati mengejar Euro 5 akan menggunakan desain side muffler? Menarik untuk ditunggu nih.

Untuk mengetahui seperti apa sosok final dari Ducati Panigale V2 model 2020 tersebut, kita harus sabar menunggu sampai akhir tahun ini. Setidaknya sih begitu sob, dimana Ducati biasanya unveiling motor baru pada ajang EICMA atau INTERMOT. Last, soal perkiraan harga sepertinya akan berada di range 19.000 – 21.000 Euro yah.

Nugi TMCBlog

19 COMMENTS

  1. bagus headlampnya beda2 antar produk jadi terasa spesial. jangan ikutin Kawak yang mukanya dimiripin semua.

  2. Klo liat bak koplingnya.., desain undercowl dan lekuk lekuk knalpotnya…, tu mesin basisnya masih sama dengan panigale Ltwin series

    Ni kayaknya “cuma” ganti label, dengan perubahan kapasitas mesin dan desain bodywork yg mirip panigale V4, bukan yg bener bener all new..

  3. Tepatnya dunia otomotif gak ada matinya baru baru ini juga tercyduk supercar ferrari diselubungi jubah hitam yg digadang gadang memiliki power hampir 1000hp sedang test di jalan raya

  4. Om Taufik, akankah kiranya Ducati mengikuti langkah Benelli dan BMW dengan bermain di kelas kecil?…
    misalnya 300 atau 400 cc?

  5. Bang Haji kira2 akan kah Ducati mengikuti langkah KTM, Benelli atau BMW dengan bermain di kelas kecil misalnya 300 atau 400 cc?..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here