TMCBLOG.com – Taiwan merupakan pangsa pasar Motor listrik Yang cukup pesat perkembangannya. Dan akhir akhir ini Yamaha Secara resmi memperkenalkan Sosok Motor / Skuter Listrik baru mereka di sana dengan namaΒ  Yamaha EC05 untuk kemudian masuk Produksi massal di Agustus 2019.

Secara umum Pola kejasama nya adalah Seluruh jeroan, mesin listrik dan sasis menggunakan produk Gogoro yakni Gogoro 2, sementara Yamaha Bertanggung jawab etrhdap desain luar dari Yamaha EC05 ini. Sehingga tidak heran Yamaha EC05 memiliki spek performa yang sama dengan Gogoro2 Yakni Top speed 85-95 km/jam dengan jarak tempuh 100 km menggunakan dua Buah Paket Baterai Gogoro.

Menurut tmcblog, strategi yang dipakai Oleh Yamaha termasuk menarik. Gogoro boleh dibilang memiliki platform swapable Battery dengan stasiun pengisian/ penukaran baterai yang sudah sangat tersebar luas di Taiwan. Sehingga Yamaha bisa dibilang agak sedikit bisa bernafas untuk lebih memikirkan aspek marketing dari Motor karean aspek aftersales berupa layanan Isiulang dan penukaran baterai sudah ada jaminan.

TMCBLOG melihat ini adalah sebuah potensi menarik Buat Indonesia. Kita tinggal menunggu Pabrikan mana/ siapa berani menjadi First Mover switching dari mesin Bakar ke mesin listrik. kalau berhasil dan konsepnya diterima masyarakat Luas maka platformnya punya potensi akan jadi standar sehingga pabrikan lain hanya akan kem=bagian sebagai pengikut saja nantinya

Taufik of BuitenZorg

Sumber : Yamaha Taiwan

 

48 COMMENTS

  1. intinya di indonesia
    siapa pabrikan yang jamin adanya sistem swap baterai dia yang bakalan jadi penentu pasar kelak…
    Ayo gesits kami bisa…
    tinggal naikin top speed dan tambah 1lagi baterai dalam paket penjualan pasti bisa…
    eeehhhhh padahal viar juga bisa klw mau… toh aslinya viar q1 itu gogoro gen1

    Guest
  2. Kalau siapa, mungkin gesits yg duluan, tp kalau pabrikan lebih siap harus diakui honda, secara sumber daya, marketing, maupun aftersales, ya.. paling tidak selama produknya masih taraf “worth” kalau gak mau dibilang overpriced, pabrikan lainnya gimana?? Kita semua tau lah masing masing, bukan meremehkan tapi lebih ke realstisnya cmiiw…

    Guest
  3. opo bakale ono motor gowo aki tok yo wak? gk gwo baterai? lebih simpel gk kegedean baterai titanium.

    Guest
  4. Kang.. Kq gk beritain kecelakaan beruntun yg ramai dimedsos ya.. Ane tungguin kali aja lebih detail kronologis dimari.. Eh semua bloger kq pd hening aja.. Gk adil …

    Guest
  5. di Indonesia paling bagus di sekitar daerah bisnis dan wisata,, walau ga begitu luas tapi jelas manfaatnya, taiwan bisa dibuat gitu krn wilayahnya yg kecil,

    Guest
  6. Yamaha jualan plastik itu benar adanya … Dulu katanya pake mesin binneli eh sekarang ada yg pake mesin gorogoro

    Guest
  7. Kalo aku…Bagusan e-vino ya desainnya,lebih baik diterima gak terlalu futuristik,gak tau kalo mas Anang

    Guest
  8. Saya bayangin ntah berapa tahun lagi di tiap rumah ada pengecasan kendaraan listrik yg kurang lebih proses pasangnya seperti air PAM/artetis di jaman sekarang..welcome kendaraan dgn suara nyamuk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.