Pict : Simon Patterson

TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Pertanggal 3 Juni 2019 penggunaan Helm Berstandarisasi FIM FRHP sudah menjadi Mandatory atau keharusan Bagi setiap pembalap di keals MotoGP dan WorldSuperbike. Dan memang di hari pertama Race weekend GP Catalunya kemarin Dua Pembalap MotoGP yang selama ini menggunakan Helm KYT dan Suomy yakni Aleix Espargaro dan Andrea Dovizioso terlihat menggunakan helm mer lain yang dilabur grafis dan Logo Brand KYT/ Suomy. Hal ini dikarenakan memang Sertifikat FRHP Buat kedua helm tersebut belum keluar.

Informasi dari Web FIM per ahri ini 15 Juni 2019 sudah 15 jenis helm sudah menerima Full Homologasi FRHP yakni [urutan berdasarkan alfabet] AGV Pista GP-R, Airoh GP550, Arai RX-7V, Arai RX-7X Racing, Bell Pro Star, HJC RPHA 01R, Kabuto RT33, LS2 FF323 Arrow, KRE Snale Carbon, NHK GP-R tech, Xlite/Nolan X-803-P, Scorpion Exo R1, Shark Race R Pro GP dan Shoei X-Fourteen. oleh karena itu bisa kita lihat di Hari eprtama Kemarin Karel Abrahanm sudah mengguankan GP-R technya. Bagaimana Nasib KYT dan Suomy ?

Untuk helm yang dipakai Oleh Andrea Dovizioso  dan Aleix Espargaro, Notifikasinya adalah Passed homologation tests – FIM homologation pending . . yap Kedua jenis helm ini sudah lolos Sesi Pengetesan, Tinggal menjalani fase homologasi Yang isinya soal Administrasi dan Birokrasi.

Yang jadi pertanyaan dari Banyak Netizen dan pembaca tmcbloga dalah bagaimana Posisi kasus healm Fihak ketiga ( Shoei dan Shark ) yang ditempeli Logo Suomy/ KYT. Mengenai Kasus ini tmcblog mempeorleh kawaban Lansgung dari tarakusuma, Korporasi pemilik kedua Brand helm ini :

Regulasi yang dikeluarkan FIM, yaitu FIM Racing Homologation Programme for helmets / FRHP), sudah diberlakukan mulai seri #CatalanGP. Artinya, seluruh pembalap yang membalap di MotoGP, wajib menggunakan helm berhomologasi FIM.

KYT sendiri, baru-baru ini juga telah menyelesaikan tes homologasi FIM, artinya, tidak ada yang perlu direvisi kembali soal urusan safetynya. Yang menjadi permasalahan ialah faktor administrasi dan birokrasi yang memakan waktu yang panjang. Itu yang menjadikan KYT belum dapat digunakan di Catalunya. Tapi, untuk tesnya sendiri, sudah lolos.

Terkait masalah helm yang digunakan, KYT bekerjasama dengan pihak ketiga dan sudah mendapat persetujuan dari pihak ketiga, artinya tidak ada masalah mengenai hal tersebut. KYT group menjadi satu-satunya perusahaan yang di akhir 2018 yang meriset produk helm racing baru, mewajibkan helm menyelesaikan standard Eropa Ece2205 terlebih dahulu dengan baik, kemudian baru dapat mendaftar regulasi fim yang baru.

Jadi begitu yah sob duduk persoalan dan Jawabannya . Jadi Perkara Dovi memakai helm Shoei dan Aleix pakai Shark Namun di Labur Logo Helm Suomy/ KYT itu sudah berdasarkan psersetujuan Helm Yang dipakai sebagai basis. Mudah mudah mudahan bisa memberikan jawaban ..

Taufik of BuitenZorg

20 COMMENTS

    • Kira kira Dovi dapet rekomend dari siapa ya Wak untuk menggunakan helm SHOEI?

      Apa suka tanya tanya sama Marc😁✌️

      Guest
  1. Berurusan langsung sama kyt atau nhk takut diakuisisi… 😁😀 Makanya agv dkk berlindung dibalik fim.. becanda ini mah..

    Guest
  2. wah seandainya Helm di Indo dijual dengan lisensi FIM kira2 berapa tuh? kan prosesnya puaaaaaannnjaaaaaaaannnnggggggg sekali. ampe setahunan bahkan lebih. hehehe

    Guest
    • Percuma bro. Bakalan di tilang plokis karena gak sesuai sni, bagi pokis sni diatas segalanya dan kalopun ada embos sni, di pastikan yg punya di peras dahulu beberapa lembar merahnya. Karena urusan sama plokis sama aja kita cosplay jadi mesin atm

      Guest
  3. nanya serius ini, kok helm kyt yg dipake fernandez (moto2) sama si dalla porta (moto 3) bentuknya sama persis helm shark yg dipake lorenzo? beda jauh dgn suomy (dovi) & kyt (espargaro)
    tolong infonya yv paham,hehe

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.