Kristianto Goenadi, CEO PT. Penta Jaya Laju Motor

TMCBLOG.com – Jika KTM 790 Adventure dilihat dari harganya mungkin masuk ke segmentasi kalangan The Have, salah satu varian Dual Purpose KTM yang mungkin harganya akan lebih punya kans untuk diusahakan oleh pangsa pasar Indonesia adalah KTM Adventure 390. Motor ini hingga kini masih dalam tahap persiapan produksi oleh KTM di India. Nugie sebagai representasi TMCBlog berkesempatan bertanya kepada President Director PT. Penta Jaya Laju Motor, bapak Kristianto Goenadi bersamaan saat peluncuran varian KTM Duke 790 dan Adventure 790 mengenai kans kedepan varian-varian Adventure KTM masuk ke pasar Indonesia . . Cekidot sob.

KTM Adventure 790 R Rally Edition

Ketika ditanya soal kans masuknya 2 varian Adventure 790 lainnya seperti KTM Adventure 790 R dan KTM Adventure 790 Rally, Pak Kris menjelaskan bahwa varian pertama yang akan dibawa ke Indonesia yakni KTM Adventure 790 (std) merupakan upaya awalan KTM untuk melihat animo konsumen Indonesia. Selain itu dilihat dari spesifikasi teknis Adventure 790 memang dirasa lebih pas dengan postur tubuh mayoritas orang Indonesia (dengan seat height standar 830 mm) yang tidak terlalu tinggi. Lalu dari segi penjualan, kalau memang animo pasar di Indonesia bagus, KTM Global akan memasukkan varian Adventure R 790 dan bahkan Adventure 790 Rally. Dan untuk kans ini tidak butuh waktu lama untuk dihadirkan jika memang penerimaannya positif.

Spyshot KTM Adventure 390

Ketika ditanya soal KTM Adventure 390, pak Kris menjelaskan bahwa varian KTM Adventure 390 akan diperkenalkan secara resmi oleh KTM Global di akhir tahun 2019 ini, entah mengambil momen pameran EICMA atau INTERMOT masih belum pasti namun hampir bisa dipastikan akhir tahun ini akan diperkenalkan ke publik dunia oleh KTM. Sementara untuk Time Line produksi dan distribusi akan dilakukan di awal tahun 2020 dan pasar Indonesia akan langsung memperoleh jatah unit unit KTM Adventure 390. Pak Kris juga menambahkan bahwa saat ini genre motor touring (semi / light off-road) makin diminati dan permintaan juga cukup baik sementara varian yang tersedia di Indonesia masih sedikit, maka dari itu pihak KTM cukup optimis untuk menghadirkan KTM Adventure 390 di tanah air.

Spyshot KTM Adventure 390

Pak Kris menambahkan bahwa khusus untuk KTM Adventure 390 dengan alasan bahwa sasaran dari varian ini adalah Light Adventure dimana pangsa dan target konsumennya lebih luas, proses riset pasar untuk Indonesia tidak akan selama Adventure 790 tentunya. Dari segi teknis pun KTM Adventure 390 nanti bukan sesuatu yang baru banget karena basis mesin 1 silindernya sudah dikenal oleh pasar Indonesia meskipun nantinya memakai mesin yang baru, pun juga dengan dimensi KTM Adventure 390 yang diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan varian Duke 1 silinder. Ini berimbas pada keputusan mempercepat kehadirannya seri terbaru KTM Adventure di Indonesia segera setelah motor ini siap di produksi.

Taufik of BuitenZorg

 

15 COMMENTS

  1. Sepertinya semua produk KTM sudah USD ya….mereka gak pelit pasang fitur ini walau di cc kecilnya gak seperti pabrikan jepang, sampai kelas 700 pun masih teleskopik biasa…
    Knp gt ya???

    Guest
  2. Yang 390 itu yang polos hitam itu mas nug? Nih foto klo sekedar ilustrasi ga ad caption jadi bingung nih sobs

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.