TMCBLOG.com – Melalui wawancara yang dilansir oleh Crash.net , pembalap utama team Red Bull KTM Pol Espargaro mengungkapkan bahwa sebagai test rider KTM, Dani Pedrosa bekerja di ‘sisi’ yang berbeda dengan para pembalap utama. Hal tersebut sebagai imbas dari pengalaman Dani di Honda selama 13 tahun dan juga sebagai akibat dari postur tubuhnya yang spesial. Dengan kondisi demikian Pol menyebut KTM akan mengubah banyak motor MotoGP mereka pada musim kompetisi 2020 mendatang. .

Menurut Pol, adanya Dani Pedrosa di tubuh KTM sangat sangat penting bagi perkembangan team di masa depan. Sebuah investasi jangka panjang bagi KTM karena pengalaman dan karakter Dani yang super sensitif terhadap behavior motor. Meskipun kondisi yang terjadi saat ini adalah Dani masih berada dalam fase pengenalan motor secara menyeluruh [karena selama ini hanya pegang Honda] namun apa yang Dani sampaikan kepada para engineer merupakan sebuah sudut pandang baru yang menarik untuk kepentingan tumbuh kembang R&D proyek MotoGP KTM di masa depan.

“Saat ini Dani sedang fokus bekerja untuk motor KTM masa depan. Bukan untuk test parts baru yang akan kami pakai di beberapa balapan berikutnya, hanya saja parts tersebut memang juga bisa kita coba dalam waktu dekat.” ujar Pol Espargaro. “Dani membuat paket mesin terbaru untuk KTM, motor baru yang akan mirip dengan yang ia perbuat ketika di Honda dahulu. Kami bisa menguji motor tersebut di pertengahan musim ini [Brno Test], dan kemudian mengujinya kembali di akhir musim lalu mendapatkan paket motor yang benar-benar baru di awal musim depan saat di Malaysia Test [Sepang].”

Bocoran dari Pol lagi, ketika di Barcelona test hari Rabu lalu, Dani masuk trek dengan motor untuk menguji parts terbaru. Meskipun tidak tampil cepat, tapi Dani mengatakan bahwa motor tersebut adalah sebuah motor untuk masa depan KTM. “Dani mengetahui hal itu karena bekal pengalamannya yang banyak. Saya tidak bisa seperti dia, meskipun saya ingin, karena Saya belum pernah memenangi balapan dengan motor pabrikan. Jadi saya tidak mengetahui informasi seperti yang Dani rasakan, meskipun saya adalah pembalap KTM tercepat. Jadi Dani lah satu-satunya orang yang dapat memahami informasi seperti ini.” tegas Pol.

Untuk rider berpostur kecil di kelas MotoGP, Dani memiliki riding style yang berbeda dari rider lain. Dani masuk lebih awal di tikungan dan membuka gas sangat lembut dan lebih cepat dengan tidak terlalu banyak torsi di ban. Hal tersebut bisa dan biasa ia lakukan dengan Honda, lalu apakah akan ia terapkan juga di KTM? Prediksi TMCBlog sih, YA. Karena saat ini KTM memiliki spesifikasi mesin yang mirip-mirip dengan yang Honda pakai ditambah lagi penerapan sasis trellis frame KTM yang unik sehingga memerlukan pendekatan khusus untuk bisa tampil kencang bersama RC16. Hal tersebut yang sedang dikerjakan oleh Dani saat ini.

“Kami [pembalap utama] berada dalam pengembangan jangka pendek sedangkan Dani berada di jalur pengembangan jangka panjang. Ada dua arah di tubuh KTM [dalam pengembangan motor]. Dan saya pikir Dani merupakan orang yang tepat untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dia sabar, dia suka bekerja pada hal-hal semacam ini dan mari kita sama-sama melihat bagaimana motor terbaru kami di akhir tahun nanti. Kondisi seperti ini akan menjadi pertama kalinya di KTM, jadi ini sebuah hal yang menarik.” ujar Pol Espargaro yang juga menyebutkan akan ada parts baru di Assen untuk Red Bull KTM team yakni; suspensi WP terbaru, swing arm baru dan juga settingan sasis yang memiliki distribusi berat berbeda dari sebelumnya.

Nugi TMCBlog

42 COMMENTS

  1. wkwkwk
    Yg bakal break-record MM93 nd Honda itu bukan Dovi-Ducati tapi 42in dan Sijuki nanti 2020 20tahun setelah Kenny Robert Jr di 2000
    😁

    Guest
    • Wkwk KaTeMi MotoGP mungkin belom bagus tapi moncer di kejuaraan lainya(MXGP,Moto2/3,Paris dakar dll)hallo Marzuki?..pfffffftt

      Guest
  2. Pabrikan Austria jangan terlalu kePeDe’an,
    Pit Berier nd Mike Leitner jangan terlalu overrated sama itu paket RC16,
    😂

    Guest
  3. Kayaknya emang sasis lah yang jadi pembeda antara rc213 sama rc16, eh 🤭
    sama pengalaman juga deng hehe

    Guest
  4. Wkwk KaTeMi MotoGP belom bagus tapi moncer di kejuaraan lainya(MXGP,Moto3,Paris dakar dll)hallo Marzuki?..pfffffftt

    Guest
  5. Palingan dimiripin ke RC213V, fairing baru yg ditest kemarin aja udah kental aura rcc nya cuman beda dia air scoop depan doang😆

    Guest
  6. terus terang saja, apabila saya menjadi teknisi di tim kitimi, saya pasti akan sangat kesulitan dengan bahasa ‘teknis’ yang disampaikan oleh pedrosa.

    artinya para insinyur di hadno sangat hebat, selama belasan tahun mereka bisa menerjamahkan bahasa ‘teknis’ dari seorang pedrosa dan mengaplikasikannya dengan baik. salut saya dengan para insinyurnya hadno. weleh..weleh..

    Guest
  7. Mika kalio makin gak tampil nih,setelah jatah wildcardnya makin dipotong ditambah kerjaannya bisa diserobot sepenuhnya sama Pedrosa

    Eh tapi perasaan Pedrosa pernah ngomong ga bakal mau kalo balap wildcard ya?

    Guest
  8. Apakah ada bedanya dengan penyampaian dani ke KTM dengan penyampaian rider utama ke KTM??
    Kesannya KTM hanya akan merombak besar besaran atas masukan dani,sedangkan masukan rider utama hanya dirombak cicilan??

    Guest
    • Bukan, jadi KTM seperti menanyakan dulu seperti apa cara kerja pabrikan jepang, kemudian settingannya Dani Pedrosa hanya digunakan buat ngetest motor, jika dipake sama rider lain emang gak bisa karena ukuran tubuh udah beda. Cuma memang ada sisi positifnya yaitu bisa tahu kelemahan motor KTM dibanding Honda, dan juga yah mungkin ada perombakan besar di sassis dan suspensi. Fairing juga semoga aja berubah.

      Guest
  9. Habis itu jebrett Redbull minggat dr KTM dan lebih milih ke hodna,kan F1, MotoGP, Suzuka 8H udah
    Abis itu mxgp, Dakar

    Dan dana riset KTM pun langsung turun drastis,cabut deh dr MotoGP

    Guest
    • Kl udah niat kaya Honda waktu ikut TT Isle of Man pertama kali yang saking maksanya sampe harus berangkat dengan tim yang jumlahnya minim dan tidur rame-rame d kamar hotel paling murah. Ato kaya Ferdinand Porsche yang habis-habisan bikin Porsche 917, sampe perusahaannya nyaris bangkrut, dan demi memenuhi syarat jumlah minimal untuk pasar sampe bikin mobil dengan axle truck cuma biar bisa ikut leMans, pasti dijabanin biarpun sponsor utama minggat. Buat pabrikan It’s not only about selling the bike, it’s about “the prestige” dan kesempatan buat nyombong kl rekayasa engineering mereka kelas dunia

      Guest
      • Setuju bro, juga jangan liat redbull nya aja.. liat duit bajaj dibelakang ktm.. kalo tuh india2 berani nawar ducati masa mereka setengah2 sama ktm

        Guest
  10. wajar kayanya kalo dapet suspensi wp baru. liat dr ig motobiji pas dani kasih response ke mekanik. kayanya tuh suspensi rebound nya jelek. sampe berapa suara binatang itu dani translate nya.

    Guest
  11. untuk pendekatan ke sasis aja dani butuh beberapa parameter untuk menemukan mana yg akan di gunakan! itu baru parameter dasar, blm pengembangan tiap rider utama, keDUA suspensi! ohlins dan WP 2 barang yg berbeda pula, dan butuh banyak data sirkuit,titik pengereman,reborn di tengah tikungan dan jenis tikungan sendiri! keTIGA mesin! nah ini seru..benar dani mengenal karakter mesin RCV, tapi dani tidak tau bagaimana mesin itu dibangun dengan filosofi HRC membangun mesin balap! cukup waktukah KTM merangkum mesin balap siap tempur di 2020? kuncinya jangan nanggung, bajak insinyur HRC, bawa nakamoto ke KTM..last attack pembalapnya!!! (ini netizen tau mana yg harus di bajak)

    Guest
  12. HRC investasi gede-gedean khusus Pedrosa dari orok.

    Pensiun malah berlabuh ke pihak oposisi.

    Yang harusnya atit atiii HRC. . Tapi masih banyak yg berargumen Pedrosa yg habis manis sepah dibuang👻

    Guest
    • yoi.. ada2 aja oknum yg menuduh DP dibuang HRC. padahal kerjasama DP dari kelas junior. kurang baik apa HRC mempertahankan DP di kelas utama meski ga mampu mempersembahkan gelar juara. tapi setelah diteliti lebih lanjut, oknum yg pura² simpati dan menuduh HRC mendzolimi DP tak lain tak bukan adalah kaum denialis ABM..

      Guest
    • omongan fans kuning sebelah
      *saat masih jadi pembalap honda : dasar pembalap zonk, ga punya passion, kalah semangat ama idola gue yg lebih tua
      *saat keluar dari honda : honda menyia-yiakan pedrosa, honda tidak adil terhadap pedrosa dan lebih mengutamakan marq.

      Guest
  13. kinerja Dani di KTM sangat Diapresiasi dan Dinantikan

    orang bule itu ogah jd bayang2 yg cuma dikuliti pokoknya kerja kerjaa habis itu mancing …

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.