TMCBLOG.com – Bro sekalian, pemerintah rencanannya akan menghadirkan regulasi baru soal pajak kendaraan bermotor yang bisa memberikan potensi sepeda motor jadi besi tua. Lho koq besi tua? Yes, jadi gini. Calon regulasi baru yang sebenarnya sduah mulai terdengar semenjak tahun tahun lalu tersebut akan menuangkan pasal dimana jika ada kendaraan bermotor ( mobil maupun sepeda motor) menunggak pajak lima tahunan (ganti pelat dan STNK) plus dua tahun setelah ganti pelat belum juga membayar pajak ( total 7 tahun) maka registrasi kendaraan tersebut akan dihapus.

Dan jika registrasi kendaraan tersebut sudah dihapus maka kendaraan tersebut statusnya tidak bersurat atau bodong sehingga ilegal dipakai di jalan raya. Ditambah lagi tidak ada pilihan dan event pemutihan surat surat kendaraan bermotor di tahun-tahun yang akan datang. Berikut isi dari UU No. 22 Tahun 2009 pasal 74 ayat (2) soal penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan.

Penghapusan registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dapat dilakukan jika:

a. Kendaraan Bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan atau
b. pemilik Kendaraan Bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku STNK.

Sebagai contoh apabila ada kendaraan yang menunggak pajak lima tahunan per jatuh tempo tahun 2018 ( sudah lima Tahun nggak bayar pajak) dan sampai 2020 ( jadi total 7 tahun) masih belum juga membayar pajak, maka registerasi kendaraan tersebut akan dihapus dan tidak bisa diregistrasi ulang . . memang yang patut di perhatikan adalah  kata kata sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku STNK bisa jadi kita taat bayar pajak sampai ganti Pelat, namun setelah itu dua tahun gak bayar pajak baklan kena juga jika regulasinya dibaca lain. Sampai saat berita ini ditulis, tercatat belum ada info official mengenai pemberlakukan secara menyeluruh regulasi ini dan kemungkinan baru sampai pada tahap sosialisasi . . So hati-hati ya sob, selalu cek STNK.

Taufik of BuitenZorg

42 COMMENTS

  1. Punya saya pajak mati 4 th wak sudah keblokir, alhamdulillah waktu bayar pajak bisa buka blokir tp ada tambahan biaya.

    Guest
  2. mas ngitung 5 + 2 tahun bukan pajak habis 2018 lalu 2020, akan dihapus.
    Pajak kita bayarkan 5 tahun ke depan. Jadi kalau pajak habis 2018, tahun 2020 baru masuk 2 tahun, belum 7 tahun.

    Guest
    • Misal beli motor oktober 2013, lalu tdk pernah bayar pajak sampai ganti plat bln okt tahun 2018, maka setelah bulan oktober tahun 2020 motor tsb bodong ya

      Guest
    • Jadiin trail odong2 dah wkwk
      Lagian ditempat ane gak kaget sama motor odong2 trail. Belom lg kadang ane temuin motor gk pasang plat nomor

      Guest
  3. Kirain yg udah gak lulus dari emisi euro berapa gitu,langsung di hapus registrasi kendaraan,sempet ketat ketir ?

    Apalagi gubernur Anies wacana ,kendaraan yg emisinya udah jelek, biaya parkirnya di mahalin

    Guest
  4. Mungkin mksdnya, udah nunggak pajak 5 thn yg jatuh temponya ganti stnk plat thn 2018. Trus sampe thn 2020 jg blm ngurus pajaknya yg otomatis jd 7 thn, yowes hangus deh itu no registrasi nya.

    Guest
  5. Judul agak lebay wak Hajii, tapi khas bahasa jurnalistik… hehehe
    Jika registrasi telah dihapus, selama ada faktur dan form2 lainnya, masih bisa diusahakan registrasi ulang.

    Guest
    • Iya emang bisa Om tapi info dari teman ane orang Samsat kalo registrasi ulang bakalan mahal kayak awal registrasi keluar dari dealer

      Guest
  6. Terserah mereka lah mau bikin aturan ky apa, kita rakyat kecil bisa apa, ga mau bayar pajak yang didenda lah, jadi besi tua lah..
    Giliran bayar pajak ga jelas larinya kemana, jalan masih pada rusak, penerangan minim, fasum ga terawat..
    Sekali lagi terserah sudah.., mau protes jg ga ada bener2nya…
    Toh jalan rusak, penerangan kurang, yang celaka juga kita pengendara motor, mereka mah naik Fortuner, Pajero, Camry, ga ngaruh jalanan rusak, nyaman2 aja, yang penting perut kenyang..

    Guest
  7. baguslah, di lingkungan sy tinggal, daerah terusan dieng kota Malang, banyak oknum pemuda suka pakai motor bodong bebas mondar mandir……knalpot berisik, klo ditegur warga malah marah dan suka ngancam maen keroyok …..aparat perlu lbh tegas lagi

    Guest
  8. Dari apa yg di tulis kang taufik kesimpulan saya.. bahwa motor bisa bodong dalam 3 sampe 7 tahun..
    Kalo pas pergantian plat kita gak bayar pajak ( 1 tahun) ditambah 2 tahun berikutnya maka surat motor jadi hangus..
    Bila 1 sebelum ganti plat kita tidak bayar pajak sampai seterusnya, maka akan bodong dalam 4 tahun..
    Demikian seterusnya

    Guest
  9. Kalo pun jadi diterapkan…saran Mbokya didahului sosialiasasi gencar secara nasional dan semua provinsi adakan pemutihan…baru deh berlakuin tu aturan

    Guest
  10. Di kita mah gak usah bayar pajak jga bisa leluasa wak. Asal pas di razia, selipin aja cepe udh bisa jalan lagi. Aneh sih, tpi ya itu faktanya

    Guest
  11. Lha di dki banyak lbh dr 7 thn jalan depan cegatan ngk di kandangin di tangkep boro2x, dilirik jg buang muka blaga ngk liat …..modif bak rombengan barang bekas size 2x panjang motor, lebar sih lbh dikit dr setang, masih wira weiri barusan bareng via flyover roda 3 ngisi bensin jg di potong pom bareng antri

    Guest
  12. Yaelah pajak cuma ratusan ribu doang, nabung 2000 (lebih besar lebih baik) sehari sampai setahun juga lebih tuh buat bayar, ngantri juga paling 1 jam kelar.

    Guest
  13. kalau kendaraan yang di hapus, berarti kendaraan itu di hapus juga ya pak…
    khawatirnya… registrasi di hapus, pajak progresif nya tetap terdaftar… kan jadi berkali2 lipat bayar pajak

    Guest
    • maaf di ralat
      kalau “REGISTRASI” kendaraan yang di hapus, berarti “PAJAK PROGRESIF” kendaraan itu di hapus juga ya pak…
      khawatirnya… registrasi di hapus, pajak progresif nya tetap terdaftar… kan jadi berkali2 lipat bayar pajak

      Guest
  14. Waduh… Gimana nih wak
    Rencananya tahun depan saya mau ngehidupin pajak motor lagi punya bapak.. Hampir 12 tahun enggak dibayar pajaknya..

    Gimana nih.. Apa jadi lapor ?

    Guest
  15. Waduuh.. setuju banget nih ama komen bang Muke..
    mudah2an usaha somay daging sapu-sapu kali cisadane bang Muke makin jaya.. :mrgreen:

    biar kaga ricuh, kerjain aja tugas dan kewajiban kita masing2, biarlah tugas ama kewajiban orang lain dikerjain yang bersangkutan..

    Guest
  16. Motor curian , motor stnk only aja masih laku apalagi bpkb sama stnk ada walopun mati, banyak yg mau

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.