TMCBLOG.com – Sobat sekalian pasti masih ingat nama Carl Fogarty atau biasa dipanggil Foggy. Yes, pembalap yang dijuluki The King of Superbike ini jaman medio tahun 90 an menjadi pembalap yang bisa dibilang tak terkalahkan di ajang balap World Superbike dengan motor Ducati. Kini, Ducati ingin bernostalgia dengan menghadirkan kembali memori manis tersebut lewat edisi khusus lewat Panigale V4. Dinamakan Panigale V4 25 Anniversario 916 dan diperkenalkan di Pebble Beach, California yang juga bertepatan dengan seri WSBK di Laguna Seca Amerika Serikat pekan ini.

Sudah tentu yang menjadi bintang dalam prosesi peluncurannya adalah Carl Fogarty yang membawa masuk ke venue acara launching Ducati Panigale V4 yang hanya akan diproduksi sebanyak 500 unit saja worldwide.Β Dari tampilan luarnya memang sedikit mengajak kita kembali ke tahun 1994 saat keemasan Ducati di WSBK. Meskipun menurut TMCBlog motor edisi spesial ini kental banget nuansa modernya, masih kurang klasik secara livery [kalo desain body sepertinya gak mungkin diubah khusus yah]. Namun memang unsur yang diambil dari DNA Ducati 916-nya adalah pada sisi elegan dan powerfulnya, maka tak heran jika banyak peranti performa yang nemplok di Panigale V4 edisi terbatas ini sob.

Sedikit flashback, Ducati 916 pertama kali hadir pada tahun 1994 hingga produksi terakhirnya di tahun 1998. Motor yang di desain oleh Massimo Tamburini ini memenangkan banyak balapan dan juga banyak mengantongi world titleΒ dengan bentuknya yang simpel namun elegan dan pastinya sangat bertenaga menjadikan Ducati 916 sebagai salah satu motor ikonik sepanjang masa.

Ducati 916 SPS Replica

Ducati 916 WSBK merupakan sebuah motor yang kuat dan sangat diperhitungkan oleh rivalnya pada jamannya, bahkan pada tahun debutnya sanggup menjuarai WSBK dan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya untuk memenangkan 120 balapan, 8 gelar konstruktor bagi Ducati di WSBK dan 6 gelar juara dunia pembalap, dan 4 gelar di antaranya direngkuh bersama Carl ‘The King’ Fogarty. Menjadikan duet Fogarty – Ducati 916 sebagai pasangan yang sangat berhasil dan paling sukses dalam sejarah Ducati WSBK bahkan hingga musim kompetisi tahun ini yang masih berjalan.

Ducati Panigale V4 25 Β° Anniversario 916 tersebut dibuat berdasarkan mekanisme Panigale V4 S. Pada versi spesial ini sudah mengalami peningkatan dengan banyak parts untuk kebutuhan balap dari Panigale V4 R seperti Frame Depan, yang dirancang untuk spesifikasi Ducati Corse. Lalu juga dibekali dengan Dry Clutch atau kopling kering, pantes saat prosesi launchingnya ada seperti suara gemericik atau derikan merdu dari mesinnya. Dan bahkan lebih banyak lagi peranti elektronik khusus balap (track oriented) seperti Ducati Quick Shift EVO 2 yang mampu mengoptimalkan perpindahan gigi yang lebih agresif, dan Traction Control Ducati EVO 2 yang semakin ‘pintar’.


Tampilan motor Panigale 25 Anniversario 916 ini menggabungkan skema warna yang mengambil konsep dari Ducati 996 SBK (pemenang gelar juara World Superbike Championship 1999) dengan velg berbahan material eksotis magnesium dari Marchesini Racing yang pastinya sudah forged, kemudian knalpot dari Akrapovic tipe titanium dan banyak daftar komponen berbahan carbon fiber serta aluminium billet yang cukup panjang bila dijabarkan dan semuanya bertujuan untuk mengurangi bobot motor ini guna meningkatkan performa paket motor secara keseluruhan. Terakhir, untuk memuaskan para Ducatista atau mungkin para kolektor motor, Panigale special ini juga dilengkapi dengan sertifikat keaslian dari Ducati, yang menampilkan nomor seri produksi dari motor.

“Saya senang berada di sini di acara ini. Ducati 916 memberi saya beberapa momen fantastis dan tak terlupakan. Ini memainkan peran utama dalam karir saya dan dalam sejarah World Superbike championship. Dalam dunia roda dua yang lebih luas, motor ini menetapkan standar style dan performa yang sama sekali baru. Saya bangga telah memainkan peran penting dalam kisah sukses itu, dan sama-sama bangga berada di sini hari ini dan merayakan ulang tahun yang penting ini dengan secara resmi meluncurkan motor yang sangat menakjubkan ini.” kata Carl Fogarty mengomentari PAnigale yang dihargai 41.900 Euro dan mulai hadir di dealer Eropa pada bulan Oktober 2019 ini. Buat Indonesia kebagian berapa unit yah?

Nugi TMCBlog

 

23 COMMENTS

  1. Desain masterclass 916 , setelah disandingkan dngn panigale malah lebih elegn dan cantik 916. Motor legend di game gta san andreas

    Guest
    • yaa regulasi dulu kan gitu. jd 750cc four atau 1000 twin imagenya motor balap… sedang 1000cc four (R1, cbr900/954, zx9) imagenya lebih ke motor harian meskipun lebih powerfull πŸ˜€

      Guest
  2. 916 itu superbike paling ikonik dijaman 1990-2000an awal, dari tampilan, popularitas dan prestasi balap bener2 perfect. dibawahnya baru diisi RC45. tapi klo soal spek di jaman itu R7 jelas gak ada saingan 😁 cuma motor ini udah dilupakan sm yamaha jaman skrg gak prnh diangkat lagi, beda dgn ducati…

    Guest
    • Bener banget ,R7 itu superbike mistis nya yamaha. Mesin ajieb yg siap teriak di rpm lebih tinggi dari pesaing nya dan juga power yg meledakΒ² di rpm atas serta sasis yg identik dengan gp yzr 500. Sayang kisah nya singkat dan juga yamaha kurang mengangkat si R7

      Guest
  3. Gua pernahv pake yg 748 nya kuning sedikit overrated dijamannya…pertama ada di bandung bokap beli tahun 1996 75jt np…jaman segitu moge ga boleh dan ga bisa beli yg paper juga. Kopling nya kering berisik dan kiproknya lemah…ga setangguh jepang, jual trus beli srad 97 enaknyooooooo…….skrg udah uzur dan bosen moge Cuma pake C125 sama Variyem aja.

    Guest
  4. Karena R7 tidak menghasilkan juara dunia..makanya dilupakan,padahal R7 merupakan panigale R v4 era sekarang,motor spesial dengan penjualan dibatasi..

    Guest
    • Cuma Nasional doang sayangnya karena RC45 powerful

      Di ajang endurance juga sama… Padahal Yamaha paling superior dulu..
      Cuma sayang kalah sama GSX juga Honda RC45 nya

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.