TMCBLOG.com – Honda telah merilis Honda Winner X di Vietnam dengan berbagai keterbaruan dan Update signifikan detail di bagian Looknya. Vietnam Sendiri dipilih menjadi Negara pertama yang merilis varian bebek Super 150 cc ini di asia tenggara. Mungkin ini adalah wujud apresiasi Honda kepada negara ini karena Pangsa Motor underbone Yang masih cukup Bertahan di bawah gempuran Pasar Skuter Otomatik di negara Lainnya. Honda terlihat cukup All Out Menghadirkan keterbaruan fisik dari Honda winner X ini dibandingkan Honda winner 150 yang sebelumnya. Headlamp Hadir Agresif dengan posisi pindah dari batok setang ke bagian Front-cowl/ tebeng cukup menginsyaratkan bahwa mereka tidak mau lagi ambil referensi motor bebek 150 cc Kompetitor dalam pendesainan Motor ini.

Lampunya diberikan semacam Guratan Mirip ‘ mata ular’ Selain untuk possitioning light namun juga secara estetika berfungsi sebagai pemanis tampilan. Di Batoknya di buatkan satu lobang yang mirip gaya desain dari airduck, namun itu hanya sebuah Lubang yang berhubungan dengan Klakson motor. Di Vietnam Motor ini hadir hanya dengan varian full Clutch alias Kopling manual full

Dibagian belakang tebeng masih belum banyak perubahan. Untuk Versi Vietnam ini Kunci Masih SKS dengan pembuka Jok lansgung menggunakan tombol yang telatnya di Bagian samping Kunci smeentara Bagian panel Saklar masih uni body dengan batok setang ( tidak seperti vario). Namun begitu setelah diukur, Fix tinggi stang bertambah 15 mm

Mengenai Panel Meter, Plek banget mirip seperti yang dpakai di CB150R Streetfire dari CBR150R yang Negativ LCD digital dengan Red-Line rev di angka 10 ribu rpm. Selain ini Juga menjawab permintaan Pasar Karena kompetitor sudah punya menggunakan detail sejenis, namun secara biaya produksi harusnya bisa lebih ditekan karena Common Part strategi diberlakukan.

Mesin yang dipakai Honda Winner X di Vietnam mengusung teknologi PGM-FI, 4Tak, DOHC, mesin satu silinder, berpendingin cairan dengan kapasitas 149,1cc, dan berkombinasi gearbox 6-percepatan. Mesin ini dapat menghasilkan daya maksimum 15,4HP @9000 rpm dan torsi maksimum 13,5 Nm pada 6.500 rpm.

Di Vietnam Honda winner X hadir dalam dua pilihan yakni CBS dan ABS. Untuk versi ABS dapat dilihat da ri detail velg depannya yang menggunakan grid grid speed sensor. Untuk Smeentara belum diketahui apakah jenis ABS nya satu datau dua Channel. Dilihat dari bentuk End Mufflernya dari sistem Knalpot, walaupun terlihat sedikit lebih pendek, namun Secara dimensi lebih besar.

 

Bentuk Jok masih tipe tandem seat dengan rear Grab Model tanduk Yang etrpisah kiri dan kanan. Sementara itu juga seperti CBR150R bagian sisi kanan dan kiri dari body belakang dibuat detaio aero berupa semacam kisi kisi air flow

Detail Lampu belakangnya Motorsport banget. Dengan Mika Clear ahdir Lampu LED baik sebagai Lampu Malam dan lampu rem. Sementara Lampu sen depan belakang juga bermodel Motor sport yang terpisah dari body. Lampu rem belakang terletak di Spatbor belakang yang menggantung tercover Plastik.

Di Vietnam Honda Winner X memiliki ukuran panjang, lebar, tinggi masing-masing 2.019 x 727 x 1.088 mm, wheelbase 1.278 mm dan ketinggian jok 795 mm. Sehingga secara umum Dimensi Winner X tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Sementara itu Di Vietnam Motor ini hadir denganΒ  Pilihan warna yang terbagi menjadi 3 Varian tipe yaitu Honda Winner X CBS, Honda Winner X ABS dan Honda Winner X Black Matte ABS.

Honda Winner X CBS

Honda Winner X ABS

Honda Winner X Black Matte ABS

Secara umum Motor ini Punya Lompatan Garis desain Yang cukup terasa dibandingkan Desain sebelumnya. jauh lebih agresif dan sporty. Dengan alsan ini banyak pendapat netrizen di kolom komentar Blog maupun media sosial memliki harapan bahwa untuk di Indonesia Motor ini mungkin lebih plas menyandang nama BLADE ketimbang Supra. Walaupun Supra merupakan varian nama Motbil Toyota Premium, Namun menurut pendapat banyak netrizen pembaca tmcblog, Image Nama supra di sepeda motor lokal Honda tidak terlalu terarah ke mindset model model Motor Yang sporty . . kalau pendapatmu Gimana sob ?

Taufik of BuitenZorg

Foto : autopro dan Zing

 

 

120 COMMENTS

    • Garis utama design emang gitu sih. Masih sama dengan yang lain. Ini buat yang suka lipstick saja. Tapi karena honda terkenal irit jadi pasti laku lahhh…

      Guest
    • Kamu GENDUTAN Sayang 🀣
      Mungkin itu kalimat yg tepat terhadap faceliftnya Honda βœŒοΈπŸ˜€

      Sama kaya perubahan Blade dulu yg awal terlihat Jangkung, jadi berisi

      Guest
    • Terkagum kagum dan terkesima saya setelah lihat detail dan lekuk2 nya lewat video . sepantasnya Sosok sport elegan ini… dikasih nama X-Gtr πŸ˜‚ nah launching di indo nanti bakal disertai dg versi modifikasi ala pabrikan yang lumrah dilakukan ngahaem
      X-Gtr ?? Cadazzzz πŸ‘

      Guest
    • Mendingan lampu kembali ke stang tengah. Tangki bensinnya di depan di tempat lampu depannya saat ini sehingga ada bagasi dibawah jog nya. Daripada memaksakan lampu model vario di depannya
      Di indo ga bakal laku tuh

      Guest
    • Wah iya emang bener baru sadar, emang haruse bikin nama baru sih drpada ngandelin nama supra, supra kan bapak2 bnaget πŸ˜…

      Lampu sein depan keliatan wagu cmiwwww

      Guest
    • Nama Supra itu sebenernya berbenturan dengan mobil Toyota Supra. Apalagi sekarang Toyota sudah reborn mobil tersebut dan akan segera di masukkan di pasar Indonesia juga. Jadi kalo search di Google akan lebih ribet dan harus spesifik. Jadi nama Honda Blade sepertinya lebih cucok…

      Guest
  1. wew ternyata di negeri Nguyen Nguyen bersaudara dh rilis toh
    kapan y negara +62 di rilis? pas giias y pak haji?
    jadi banggaaaaa walaupun punya Suprawati (suprax 125)πŸ˜‚

    Guest
    • Yang hitam matte cakep, sayang kenapa ada sedikit warna gold di body tengah dan selongsong fork depan?

      Trus Velgnya kurang sreg..mending shape lain biar tambah keker.

      Guest
  2. wew ternyata di negeri Nguyen Nguyen bersaudara dh rilis toh
    kapan y negara +62 di rilis? pas giias y pak haji?
    jadi banggaaaaa walaupun punya Suprawati (suprax 125)πŸ˜‚πŸ‘

    Guest
  3. Vietnam itu biasanya tebeng depan dikasih keranjang belanjaan ya?

    Yg hitam kuning doff,kenapa tabung teleskopik nya dikelir kuning sih,jadi norak

    Guest
  4. kalau ganti nama jadi blade bakal bikin barisan sakit hati owner Supra GTR.
    lagipula blade 125 belum resmi suntik mati.
    kecuali kasih nama blade GTR

    Guest
  5. btw yg merah silver Mirip warna kebesaran Ultraman πŸ™Š
    kan di Malaysia MX king juga ada yang versi Ultraman, nah apakah nanti di Supra GTR disana bakal ada versi Ultraman juga buat jabanin rivalnya?
    atau malah ada versi Upin Ipin yg warnanya nanti biru n kuning
    wkwkwkwk
    lol

    Guest
  6. alkisah ini bebek pada awalnya dulu digadang gadang bebek-ngadpenture..

    sejalan waktu dikutuk berubah jadi bebek angon…

    Guest
  7. yang mengganggu
    1 cover batok bentuknya nyeleneh dengan adanya kisi2 lubang klakson
    2 panel saklar masih unibody, yg suka ganti2 panel saklar pasti kecewa
    3 spakbor depan masih full plastik
    4 tidak ad bagasi

    Guest
    • Anda sensitif design mas. Memang ini garis dasar design masih umum. Lekukan detail nya saja yang dilebih-lebihkan /lebay (khas honda sekarang).
      Klo sebelah didesign dari nol. Jadi karakter nya kuat. Outstanding.

      Guest
    • “neko-neko” nah ini impresinya
      Konsep dasarnya sama dengan mx-king, mungkin menurut desainernya motor underbone itu persilangan scooter dan sepeda motor sejati, (mxking: cowl R series, headlamp di kepala, sen nyatu dibawah ala maxi series, body ala R25/R gen lama)
      Sementara Hodna klihatanya ngambil konsep fairing fireblade, tp karena motor cc kecil jadi banyak body yg harus tercover plastik dan minim ekspose mesin, desainernya kudu improvisasi nyari garis-garis baru, yg menurut sy malah berlebihan. Ekspektasi mungkin sesimpel vario, tp ‘elegan’ itu punya skutik, terus bebek? agresif+sporty?

      Guest
  8. More aura..
    melangkah mendekat dari depan mewah se elegan vario.
    Naikin pegang setang krasa bebek, liat dashboard wow this motosport like cb series..
    Turun keliling meraba buritan liat belakang, yes this tiger falmily. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Moga cepet ngaspal di +62 pengin liat aslinya, liat doang ✌✌

    Guest
    • Emang enak untuk dipandangi. Terutama detailnya. Dilihat lihat sambil tiduran. Brmmm brmmmm…….. Ngueennngggg…… Brummmm… Brummmm….

      Guest
  9. (IMHO) Wagu desainnya… Knalpotnya ga banget… Tebeng keliatan tebal dari samping ,shape-nya kurang runcing

    Guest
  10. Setelah PCX…. Kini Supra geter juga mempunyai tampilan barongan… body doang gede tapi kemayu g powerfull Wkwkkwkkk rupa 😁😁

    Guest
  11. Kalau lihat motor honda sekarang semacho2nya masih ada kalemnya/adem di mata.kagak norak kayak punya yamama.

    Guest
  12. Supra = elegan
    Blade = racy

    Dan chasisnya pun beda dulu. Walo skrg jd sama. Krn pngn hemat ongkos produksi. Dulu Blade lebih agile. Supra nyopper.

    Guest
  13. Masih kerasa elegan nya desain tsb..
    Menurut selera pribadi masih garang desain mx king.
    Lebih cocok diberi nama blade kalo sdh mampir di indonesia. Awal munculnya blade kan memang mengusung motor bebek yg sporty. Beda filosofi dengan supra.

    Guest
  14. Tebeng samping yg ada lampu seinnya garis desainnya sekilas mengingatkanku pd mx king. Klo menurutku scr overall bagus. Cuma kurang sreg sama lampu vario yg kegedean. Harusnya dibikin sipit atau ala2 R1 lbh bagus dan galak.
    Klo dari samping sisi depan/lampu sdh semiring mx king, klo yg gtr sblmnya cenderung agak tegak.
    Dari keseluruhan gtr lbh proporsional dibanding mx king.

    Guest
  15. keren sih, tapi yg namanya motor bebek itu sekarang ini sudah kalah dari motor matic yg lebih fungsional, tapi mungkin bisa lah sebagai alternatif bagi yg pengen motor sport 150cc tapi duitnya hanya cukup utk beli bebek super.

    Guest
  16. Kalau yang sekarang masih cocok lah dinamakan Supra
    Kalau yang ini pakai nama Supra nggak cocok, emang lebih cocok Blade
    Mending yang Supra biarlah tetep ada, masukin yang ini namain Blade 150R/winning Blade 150/ Blade 150X/ Blade-X 150

    Guest
    • Ngapain dimasukin kang, wong bikinan ngahaem koh.. kenapa di vietnam duluan? Karena disana psar bebek 150 masih hot, sama kaya malaysia.. knpa indonesia telat walaupun bikinan ahm? Krna penjualannya lesuk, jdi ya ga diprioritaskan..

      Guest
  17. Yep, lebih bagus dikasih nama blade aja. Ujung ujungnya bisa dijual beriringan sm supra GTR buat mereka yg suka long-range riding krna look nya si GTR yg cocok buat motor touring. Nah blade ini buat mereka yg suka tampilan sporty. Dua gen ini sebenernya punya look yg bagus dgn arah desain yg beda.

    Guest
  18. Calon laris nih .. melihat respon fanboi rival yg kejang2 padahal barangnya aja belum jongol dimari.. πŸ€£πŸ˜…

    Yg kejang2 pasti kena bait

    Guest
  19. FireBlade 150R saja wak…
    Revisi lampu sein ke tebeng depan…

    Btw Supra 150R GTR yg sekarang lanjutin…

    Walau sangsi tapi kayaknya bagus juga Supra 150 GTR dan FireBlade 150R berbarengan

    Guest
  20. Nanti pas launching di Indonesia pembeli pertama namanya ‘tikno’
    Akhirnya nama motor di ganti jadi ‘supratikno’

    Guest
  21. Detail depan sampe belakang lebih pas utk motor berfairing ya Wak, terlalu sadis.
    Nama Supra kurang layak disandang motor ini, mngkin bisa pakai nama GTR atau Blade yg udh cukup familiar di telinga masyarakat.

    Guest
  22. Reader TMCBlog semua, mau tanya…

    Bagusan yang CBS atau ABS ya? Menurut ilmu huruf-logi sih C-grade Breaking System lebih bagus/pakem/aman/nyaman dari pada A-grade Breaking System

    Tolong dijawab, karena mau langsung beli dari negeri nguyen tahun depan 😁

    Guest
  23. sependapat wak…lebih pantas dg nama blade 150 R drpd supra…nama yg sudah terdengar lama sbgai motor bapak”! coba klu anak muda yg pake..si cwe nanya? beb motormu apa? jwb SUPRA….beb…haduchhh…dikira punya buapaknya! πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
  24. Terlalu bulky menurut saya.
    Penempatan lampu didada sudah tidak asing untuk jaman sekarang, sayang batoknya jelek. Panelnya saklarnya masih nyatu jadi terkesan batoknya gede. Harusnya panelnya saklarnya terpisah seperti hayate 125. Desain Mx king masih lebih baik, hanya lampu masih dibatok saja… Padahal banyak user mxking yg modifikasi lampu senja didada diganti pakai led projector.

    Guest
  25. Yg gua seneng dr mxking itu ramping. Ngepres plastik ke bodi, terutama bagian belakang.
    Yg ini walaupun bagian mesin bolong, tp tetep rasa plastik dr ujung ke ujung. Baru yg namanya plastik honda kita tau semua. wkwkwkwk…

    Guest
  26. Pak Haji
    Kira2 di +62 ada versi semi manual kah?
    Dlu nunggu2 supra 150 semi manual eh full kopling doank
    Maklum malas pakai kopling dan anggap aja bapak2…
    Akhirnya supra 125 kita ganti matic

    Guest
  27. Kolong antara tebeng dan slebor depan lebar banget kayak landasan pesawat terbang.. bagusan mx king lah kemana mana juga..

    Guest
  28. Bebek honda yang Footstep-nya bisa dilipet ya Blade series.. hayoo bingung ya hahem?.. dulu salah bikin nama, udah jadi lagi akte-nya.. πŸ˜πŸ˜„ (pengalaman bikin nama anak)

    Guest
  29. maaf sedikit koreksi Wak Haji taufiq, di artikel atas banyak Typo dalam penulisannya. di cek lagi deh

    Guest
  30. Dan seperti biasa muka ganteng nya akan di templok pake koyo (plat no) kalo di jual di indo bikin tampilan jelek

    Guest
  31. Yang bikin ga laku di mari kan gara2 brandingnya, karena dibranding dengan nama supra yang notabene identik dengan image motor tukang ojek, tukang sayur, tukang rosok, dsj (dan sejenisnya), wajarlah jika sulit baginya menggulingkan tahta hegemoni MX, meskipun dipaksakan dengan menjabarkan istilah GTR sebagai akronim dari terminologi Grand Touring.. Jadi bukan semata2 soal minat pasar ke arah metik atau sport.

    Andaikata dulu MX series juga dibranding dengan nama Vega, mungkin si ‘Vega MX’ juga ga bakalan semoncer sekarang.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.