TMCBLOG.com – Pelataran parkiran The Spring Club disulap Oleh AHM menjadi arena test ride Bagi Jurnalis, Blogger, Vlogger dan Juga tentunya jaringan main Dealer seluruh Indonesia. Dan Untuk Blogger dan Vlogger boleh dibilang sangat istimewa karena AHM boyong hampir semua Blogger nasional Ke Jakarta Buat Nyobain Motor ini. Oke sayangnya tmcblog tidak memperoleh Kajian sesi teknis yang diadakan pagi hari Karena waktunya bentrok harus mengisi Kajian pengenalan Profesi Content Creator ke anak anak SDIT Ummul Quro Bogor dulu. Abis siang langsung deh Ngacir bawa Motor 1 jam 15 menit dari Bogor ke Spring Club. Sampai di sana Proses Test Ride baru dimulai. Lansgung saja gear Riding Tidak dilepas, Tinggal pasang Kamera Gopro di Helm dan Di belakang punggung Mas Heru RiderTua yang kebetulan Bareng test ride.

Pas naik ke atas Motor, asli sob, Entengnya Handling Saat dirasakan statis di GIIAS sehari seblumnya tetap dirasakan bahkan sebelum ADV150 dibawa test di Track. Pas di bawa riding ? apalagi deeeh, tambah enteng ditekuk kanan dan Kiri. Ini kenapa ya ?

Perkiraan tmcblog ada beberapa hal sebagai penyebabnya yakni karena Setangnya yang Semi-Fatbar sehingga lebar dan Baplang, atau mungkin karena kombinasi Ban depan 14 Inchi dan ban Belakang 13 inchi membuat Load Bobot lebih mengarah ke belakang dan Ban depan tidak telalu memperoleh Pressure sehingga efeknya handling terasa enteng ditekak tekuk. Kalo menurutmu kenapa sob ?

Secara umum, Motor ini memang lebih ke street Adventure. Kalau di bawa riding masuk ke area Light adventure seperti misalnya jalan masuk Ke Jurang jero kaki Gunung merapi yang gronjalan Batu bisa atau nggak ya? Posisi duduknya akan bikin perjalanan bisa ditempuh lama namun tetap nyaman Tanpa harus sakit punggung. Saat menyentuh handicap pun Motor ini masih bisa dipakai buat menjejak diri di atas dek persis bergaya seperti naik Trail, walaupun untuk ini letak setang masih agak rendah . . . ganti raiser, lai naikin dikit raiser sekitar 3 cm pas nih.

Oke Suspensi adalah hal kedua yang menurut tmcblog bikin Honda ADV150 ini istimewa. Untuk Suspensi depan tidak ada gejala Jedak jedok walaupun tmcblog coba membenturkan dengan tiba tiba motor ke speed bump buatan di Track. Ayunan suspensinya juga empuk namun ya itu tidak bikin motor jedok jedok. Analisa singkat tmcblog, Ukuran Travel suspension dari shock teleskopik depan Pas nih.

Oke suspensi belakangΒ  dengan sub-tank berisi Oli. Feelnya lumayan menarik saat awal lendutan terasa empuk, namun lama kelamaan saat mencoba mencapai setengah dari Travel suspensi terasa agak keras. TMCBLOG mencoba menganalisa kembali sepertinya ini dikarenakan model per-pegas suspensi belakang yang bermodelkan progresive. Sobat lihat kerenggangan dari pernya Yang sangat beragan dari bawah sangat longgar sampai sangat rapat diatas. Kita butuh penjelasan Lebih dalam soal iniΒ  . . nanti tmcblog tanya ke showa langsung saja sob.

Pengereman ABS satu chanel di Roda depan saja benar benar bekerja sob. Tmcblog coba ngerem mendadak dengan ren depan, lalu menyusul ada suara mendengung Yang mengartikan ECU ABSnya bekerja untuk memerintahkan Kaliper rem depan Nissin melakukan Buka tutup klep aliran cairan rem. Memang seperti itu cara kerja ABS sob. Sedangkan rem belakang. Saat di rem kuat hanya rem belakang terbukti slide alias ngelock dan ditandai oleh Ngesotnya ban sob.

Hal Selanjutnya yang bikin terkesima adalah kenaikan torsi di 0,6 Nm itu memang cukup terasa ya sob. Walaupun butuh alat pengukur akselerasi buat membuktikan, namun perasaan tmcblog akselerasi 0-60 km/jam dari Motor ini lebih nampol atau lebih ngejambak dibandingkan dengan PCX sih, imho. Soal To speed? Nggak bisa test bro, Treknya kecil hehehe, Namun perkiraan tmcblog dengan bobot sedikit lebih berat, Power maksimum lebih rendah 0,2 PS dan bentuk Front cowl yang tidak lebih aerodinamis dibandingkan PCX maka top speednya akan lebih rendah.

Secara umum, balik lagi tmcblog bilang bahwa Sebelum mencoba Honda ADV150, tmcblog belum pernah nyobain Skutik 150 cc segini asik. Namun begitu Bukan artinya ini sudah sempurna, Mungkin yang paling pas adalah Honda ADV150 ini menyajikan sosok Motor Yang sangat balance dan Experience riding baru yang cukup positif. Buat sobat yang kesengsem pengen cobain motor ini, Honda mempersilahkan Umum untuk mencoba Honda ADV150 di pelataran Khsuus test ride ajang GIIAS 2019, silahkan datang dan Buktikan Tulisan tmcblog ini sob . . . Silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

Taufik of Buitenzorg

136 COMMENTS

    • Paijo 86 ijin save gambarnya…mau bli..angsuran msih bnyak wkekkwkwkwjj ampyun wak kaji…….πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜…

      Guest
      • busedd saya orang cisauk bro dah rame daerah situ.
        dulu sih emang serem apalagi daerah aeon mall, icon, ice bsd dulu itu kebon kelapa sawit dan sering dipake buang mayat. yang paling terkenal sih pembuangan mayat mahasiswi binus yg dilecehkan didalam angkot m24 dan dibunuh dibuang didaerah situ

        Guest
  1. Orang awam mungkin bakalan membandingkan level bodinya sama xmax, cakep sih design nya, tumbenan ehem bikin motor cakep kek gini

    Guest
  2. tapi yg jelas ini, dr bberapa video yg saya lihat fuel konsumsion nya agak boros ya wak

    drpada pcx atau bahkan nmax sekalipun

    walau memang munkgin itu terbayar dengan aura prestise, fitur yg cukup mumpuni buat mejeng dalam kota OK
    buat turing antar kota OK juga

    serba bisa deh kayak nya di buat nongkrong ganteng
    memang bukan untuk daily komuter ke pasar / warung beli galon . hehehe

    Guest
    • Kalo mau buat commuter dan irit silahkan pilih Beat, Scoopy ato Genio..
      Ini motot semi adventur, konsumsi BBM ga begitu utama, karena kenyamanan yg paling utama…

      Guest
  3. Pake ban Dunlop sih,tapak lebar pula
    Jangan samakan deh performa nya dgn IRC (kecuali yg slick ya)

    Guest
  4. sejauh ini kalau baca / nonton hasil test drive ADV150 ini komentarnya cukup positif semua.
    ironisnya tadi malam lihat link di portal berita otomotif sebelah, di medsos komunitas merk “tertentu” sudah mulai banyak yg tebar BC kepada ADV150 ini, padahal mereka belum pernah lihat langsung motornya, apalagi test drive.

    Guest
    • Namanya juga usaha….celah mengangah kan harga+klep..kalo harga relatif karena bisa dibilang sesuai…klep pun relatif juga,biarpun tenaga kalah,tp transmisi cvt mesin esp jempolan..

      Guest
    • Wkwk gw aja dikeluarin dari grup aerox di fb.
      Tiap hari ada aja yang posting motor ini digrup.
      Komentarnya positif & negatif, gw iseng kemarin komen. Adv jelek bla bla, body tipis, nah ada komen setiap motor ada kekurangan ada kelebihan. Toh aerox aja ada kekurangan, punya duit beli gak punya yak nikmatin aja pake aerox.
      Eh diserang sama salah 1 bloger, gw serang balik.
      Woy mana kemarin kasus aerox kode 12 sok jadi pahlawan pabrikan, giliran kasusnya banyak terjadi ngilang dan cuma bilang bawa ke dealer terdekat.
      Kocak tuh trias wkwk

      Guest
      • Gvnl, nanya doang palingan, buat alesan tar tar tar……😁😁😁😁 Cem ane 🀣🀣🀣🀣🀣🀣.,

        Guest
        • ada baiknya utk bersabar, nunggu eforia reda dan objectif test (-/+) 3 bln lg krn sdh distribusikan ☺ effesiensi kenyamanan n ke praktisan n komplain cacat bawaan …. sperri mnimbang prakris genio or freego krn sama 2x onroand jg . Susah jg klw cost purnajual berat

          Guest
  5. Untuk Blogger dan Vlogger boleh dibilang sangat istimewa karena AHM boyong hampir semua Blogger nasional Ke Jakarta Buat Nyobain Motor ini….
    Blogger ningrat triatmonce diundang juga ga Wak….?
    Serius nanya….?

    Guest
    • Kasihan blogger ningrat kalo ga diundang. Makanya jadi blogger/vlogger motor itu yg netral. Berikan ulasan thd suatu product motor secara obyektif, jangan bawa2 perasaan iri dengki ke salah satu brand.

      Guest
    • Iseng mampir kesana,isinya huehehehe udah kayak Rocky Gerung nya versi otomotif

      Kogh sepi ga ada banner iklan atau apa gitu,terus yg dibela dia apaan ya sampe segitunya πŸ€”
      (Eh,malah ngomongin orang πŸ™)

      Guest
    • Sbnrnya kalo sering baca blognya 3a1 lama2 pasti paham apa maksudnya…
      Intinya seolah2 memposisikan sbg fby musuhin honda, sering jg ke pabrikan lain gt, tp mksdnya sbnrnya mendorong pabrikan di luar honda untuk bisa setidaknya memberi perlawanan ke honda..imho

      Guest
  6. Apa ada kemungkinan next facelift PCX akan pake showa dengan tabung seperti adv wak?
    Btw doain yah wak, lagi ngerayu istri.

    Guest
    • Kemarin sempet ngobrol sama tukang nasi goreng, kerak telor dan nasi uduk yang jualan cilok yg biasa jualan depan dealer. Ada rencana kesana dan harga naik -+ 1jt an wkwk πŸ˜‚

      Guest
    • nggak bro
      sok ini panjangnya beda 3 cm, kalo ditaroh di PCX bisa njengkang naik ke atas buritannya

      Administrator
      • Hihi sok seperti adv wak bukan sok adv, showa tabung dengan panjang seperti sok pcx, kenapa tidak ? hihi

        Guest
        • oooo, kalo gitu bisa banget, tapi mau kalo harga pcx naik gegara itu ? πŸ˜›

          Administrator
        • Mending shock tabungnya buat next Forza 150 atau Airblade
          Kalo PCX kan menjurus ke elegan,kayaknya kurang cocok kalo pake shock tabung yg biasanya bikin tampilan sporty

          Guest
  7. Ane kemarin udah nyoba ke dealer gede di bekasi, niatnya mau dp dulu, tapi salesnya masih bingung wak, ga ngerti apa2 dan belum ada info, klopun mau pesen katanya tanda jadi dlu trus motor dateng paling cepet 2 bulan. Kira2 diler mana aja yang udah bisa proses dp ya wak? Apakah harus ke wing dealer? Males ke giias jauh bgt dri rumah wak

    Guest
      • Udah wak, ane bukain tmcboogvtak suruh baca, katanya memang ga ngerti dan blm ada info🀣🀣, info dong yang udah bisa pesen di diler mana ya? Daerah jaktim or bekasi, dah ngebet banget ini😁😁

        Guest
    • Info org sales Honda di giias…
      Katanya klo indent di luar giias…
      Motor turun bulan nov-des
      Soalnya prioritas yg indent di giias dulu…

      Guest
  8. Oke suspensi belakang dengan sub-tank berisi Oli. Feelnya lumayan menarik saat awal lendutan terasa empuk, namun lama kelamaan saat mencoba mencapai setengah dari Travel suspensi terasa agak keras.
    Menarik nih,jadi saya nangkepnya feel nya kira2 “mirip2” dg suspensi belakng x ride lama ya wak?cuman ini lebih advance coz pakai tabung dll

    Guest
    • Kalo dari data aja sih, lebih berat dari pcx walaupun torsi lebih besar dikit dari pcx, smentara nmax lebih ringan dari pcx, power dan torsi lebih besar dari ADV 150, diatas kertas harusnya menang Nmax jauh bro…PWR dan TWR nya nmax lebih besar…IMHO…

      Guest
      • @Bebek Girang, itu nmax gen 1 kali bro…lagian gak cuma nmax, pcx pun lemot dan geter juga…wkwkwkwkwkwk

        Guest
  9. Wak kira” ke depan nya bakal ada yg versi adv125 gak ya wak
    Ngidam sama ni motor wak cuma ya itu satu kekurangan nya
    Kurang murahh

    Guest
  10. Ente bikin aja bengkel tuning mesin torsi jadi cetar,pasti laris

    Kalo tuning sasis biar center kan udah ada tuh yg viral yg orangnya kalo riding lepas tangan buat promosiin,nah ente lebih gampang ajak aja adu drag siapapun yg lewat ama motor oprekan ente,tunjukin betapa inferiornya oprekan pabrikan dr pada oprekan ente πŸ˜†

    Guest
  11. Klo Dari foto OK.
    Sayang bag tengah agak gimana gitu,dari foto ya.
    Klo saya pribadi misal minat tetap nunggu facelift adv150πŸ€—

    Guest
    • Kalo saya..drpd nunggu facelift adv150..nabung sekuat tenaga beli x adv..jd gk ada namanya nanggung,mending,kurang pas…pokoknya pas mantap..karena kalo bandingin 1 segmen dr yg besar sampe yg kecil,yg kecil gk mungkin ada kata pas..pasti kurang trs..contoh cbr series,cb-r series,adv series..

      Guest
  12. Perkiraan tmcblog ada beberapa hal sebagai penyebabnya yakni karena Setangnya yang Semi-Fatbar sehingga lebar dan Baplang, atau mungkin karena kombinasi Ban depan 14 Inchi dan ban Belakang 13 inchi membuat Load Bobot lebih mengarah ke belakang dan Ban depan tidak telalu memperoleh Pressure sehingga efeknya handling terasa enteng ditekak tekuk. Kalo menurutmu kenapa sob ?
    _______________________
    Gmana y wak??sy aj belon tatap muka sm adv150 ny, aplg numpakny ☹️

    Guest
  13. Dulu mau ganti Nmax dengan PCX, tapi setelah nyoba2, menurut saya ternyata nggak jauh beda dengan Nmax, jadi batal. Sekarang kepincut ADV yang review2-nya sejauh ini positif.
    Yang jadi pertanyaan buat mas Taufik, kalo boncenger dengan tinggi badan 160cm apakah mengalami kesusahan ketika menaiki ADV? Apakah aman naik ke seat boncenger dengan terlebih dulu memijak footstep? (kayak di motor sport/batangan)

    Guest
    • Untuk boncenger dgn tinggi 160 cm masih aman injak footpeg ketika naik ke motor.
      Kalau ragu beli ADV, mending nunggu new NMax akhir taun ini. Supaya membandingkan sebuah motor baru dgn motor baru juga.

      Editor
      • Oke bang Nugie, semoga bagasi new Nmax bisa lebih luas (minimal kayak Freego), karena ini salah satu faktor saya tertarik sama ADV.

        Guest
  14. Mas TMC, daerahku banyak tanjakan ekstrim, kira2 adv 150 mumpuni gak ya melahap jalan nanjak ekstrim panjang, suwun

    Guest
    • bisa saja, tapi rata2 matic jika beban berat tanjakan panjang (dan pelan), yang kalah sistem penggerak (belt). jadi mesin masih kuat sebenarnya, tapi cvt sudah menyerah. kalau sendirian masih aman, tapi buat beban berat, mending jangan pakai cvt. kalaupun mau cvt, bisa diganti rasio final gear yang lebih ringan.

      Guest
  15. pegas model progressive ini sebenarnya bukan teknologi baru. kalau dilihat, hampir semua pegas shock breaker menggunakan pegas model ini, mulai dari motor jadul hingga sekarang. apalagi pulsar, tidak hanya single spring, tapi double spring. jadi teknologi ini “gimmick” marketing saja. malah rata2 shock variasi yang mencolok harga murah, pegasnya keliatan tidak progressive, ulirnya sama saja. yang membuat istimewa shock saya kira bukan pegasnya (karena pegas lain juga berteknologi mirip), tapi absorbernya, yang ada tabung tambahan, yang masih jarang (lebih mahal) diaplikasikan disini.

    Guest
  16. wak apa bakal diikutin ADV 250 ? secara market baru utk skutik 250, kali ini honda nyoba strategi blue ocean….IMHO

    Guest
  17. Kemarin udh sempat test ride di giias, bener kata wak Haji shock belakang terasa agak keras ketika melewati speed bump dengan kecepatan agak tinggi (entah juga apa mungkin disebabkan oleh tekanan angin ban yang terlalu tinggi). Dan satu minus dari motor ini, posisi plat nomor depan apabila sudah dipasang bakalan mengganggu desain dari motor ini. Kapan ya pihak berwenang menghilangkan peraturan penggunaan plat nomor depan untuk kendaraan roda 2?

    Guest
  18. Beuh untung gk jadi beli motor baru matik bongsor,,,klo gk nyesel banged,,,,gpp lah beli motor second dapet 2 tp kondisi bagus gk nyesel2 amat,,,,tp kalo diliat2 adv150 kok mantul y bisa2 bobol tabungan lagi nih gaswatttt

    Guest
  19. semua ada plus dan minusnya santai saja rasah di pikir sepaneng, ada yg seneng pcx, nmax, adv dsb

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.