TMCBlog.com – Ditengah hiruk pikuk motor skutik ADV, jangan lupa juga bahwa ada big bike Real ADV yang mengambil momentum di GIIAS 2019 yakni Kawasaki Versys 1000. Motor ini untuk pasar Indonesia hadir dalam 2 pilihan warna Pearl Stardust / Metallic Spark Black dan Candy Steel Funrace Orange / Metallic Spark Black. Mesinnya mengadopsi mesin yang sama dengan Versys 1000 sebelumya yakni mesin 1.043 cc Inline-4 , namun perubahan desain look dan fitur secara keseluruhan dimana penampakan bagian depannya lebih mengarah ke bentuk mimik Ninja 250, Ninja 400 serta Ninja ZX-6R.

Mengenai mesin 1.043 cc Inline-4 yang digunakan sanggup menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118 Hp dan torsi maksimum sebesar 102 Nm dengan bobot tanpa asesoris seperti side bag, hand guard mencapai lebih dari 200 kg. Walau mesinnya sama, Kawasaki mengupdate bagian elektroniknya sob dengan ECU baru, Kawasaki meng-klaim bisa mengedalikan katup kupu-kupu lebih ‘smooth’ sehingga dengan kombinasi Kawasaki Quick Shifter (KQS) yang terkoneksi dengan Assist and Slipper Clutch bisa menghadirkan respon mesin yang lebih natural dengan proses naik-turun gear tanpa harus tekan tuas kopling.

Bagian sasis boleh jadi sama dengan Versys 100 sebelumnya, namun sektor suspensi memperoleh update signifikan dengan dibenamkannya teknologi Kawasaki Electronically Controlled Suspension (KECS) dimana respon suspensi bisa dipilih oleh rider dengan 4 pilihan mode yakni Sport, Road, Rain dan satu lagi yakni bebas ( manual setup ) . .

Cara jerja KECS ini adalah dimana sensor suspensi mengirimkan sinyal data ke ECU setiap 10 mili-detik sekali dan dengan data ini, IMU dan ECU secara otomatis melakukan perubahan pada setingan selenoid dari peredaman ( damping ) suspensi . . Sehingga riders dapat merasakan setingan suspensi yang tepat hampir di setiap tipe dari permukaannya. Mantabb. .

Mengenai sistem pengereman, New Kawasaki Versys 1000 SE LT+ memperoleh pembenaman part yang awalnya di-develop untuk Ninja ZX-10R dan Ninja H2 yakni KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System)  . . Ini artinya bukan hanya ABS yang bekerja saat motor dalam keadaan tegak, ABS pun bisa memodulasi setingan pengereman saat New Kawasaki Versys 1000 SE LT+ melakukan nikung rebah sambil ngerem.

Selain mimik front end yang berubah, New Kawasaki Versys 1000 SE LT+ juga menghadirkan Windscreen yang lebih tinggi dan bisa di seting ketinggiannya menggunakan dua knob. Selain itu bentuk dan fitur ventilasi pada windscreen barunya telah di riset untuk dapat mencegah hadirnya Back Pressure dengan meminimalisasi kehadiran turbulensi udara saat ngebut. Selain itu segitiga ergonomi dari New Kawasaki Versys 1000 SE LT+ temasuk yang cukup nyaman dengan mengaransi kondisi tegak sepanjang riding.

New Kawasaki Versys 1000 SE LT+ ini juga menghadirkan cornering lights yang awalnya pernah hadir di Ninja H2 SX SE. Lampu ini akan secara otomatis menerangi sisi bagian dalam tikungan saat motor menikung dan ketika riding malam hari.

Selain itu dashboard-nya pun baru dengan teknologi TFT yang bisa dikoneksikan dengan ponsel melalui aplikasi Kawasaki bernama Rideology dimana rider bisa mengecek berbagai informasi mulai dari informasi motor tunggangan, jalur perjalanan dan bahkan tuning ringan dari motor seperti pemilihan mode suspensi langung menggunakan ponselnya . . Oh iya Kawasaki Versys 1000 dijual dengan harga 360 juta Rupiah OTR Jakarta.

Taufik of BuitenZorg

17 COMMENTS

    • Kecerdasan yang hakiki memiliki Ninja 250

      Dengan budget dibawah, mampu dapatkan ketamvanan bersertifikat akreditasi Versys 1000

      Guest
  1. Klo dibuatkan scooter adventure keren kayaknya neh desain. Ninja 4 silinder 250cc cepetan dong. Biar harga er6n dan z800 second turun.

    Guest
  2. mesin i4 r17 walaoupun modelnya adventure bukannya masih masuk segmen sport tourer wak? “real adventure” kan kalo bisa di 2 alam on/off

    Guest
    • Versys ini juga bisa off road kok. Tinggal ganti ban. Mesin emang i4 no problem buat adventure, dari mesin 1 cyl, v twin, i2, boxer ada semua di segmen adventure.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.