TMCBLOG.com – Dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 (GIIAS) kemarin PT. Jaya Plastik Mandiri (JPM) selaku produsen brand helm JPX memamerkan helm cross dengan bahan shell terbuat dari carbon fiber murni, yang dinamakan JPX FOX 2. Helm Fox 2 ini merupakan pengembangan dari helm JPX Fox yang sudah dijual terlebih dahulu. Dengan menggunakan cangkang dari serat carbon tersebut menjadikan helm ini memiliki bobot yang entengnya kebangetan sob.

Dilihat dari bentuknya, JPX Fox 2 memiliki desain yang dinamis dengan ukuran shell luar tidak terlalu besar. Dengan ventilasi yang cukup besar pada bagian depan helm, dan juga ruang untuk goggle yang luas sehingga memberikan pandangan mata rider yang luas. Nah, sama seperti helm helm motocross lainnya, JPX menjual varian Fox 2 carbon fiber ini tidak termasuk goggle-nya, alias dijual terpisah. Bagian cap atau ‘topi’ menggunakan bahan plastik yang lentur sehingga tidak mudah pecah atau patah saat rider terjatuh. Dengan demikian rider tidak beresiko cidera.

Inner pad atau busa padding bagian dalam helm ini juga unik. Pada unit display di GIIAS sih warnanya cerah banget. Ngejreng gitu. Tapi kalau dipakai untuk main tanah kotor kotoran susah nyucinya gak yah? Hmm, ternyata gak sob. Pihak JPX menjamin bahwa helm Fox 2 ini mudah dibersihkan degan terlebih dahulu melepas padding dalamnya. Kain pada busa bagian dalam terasa halus dan lembut. Sayang karena unit yang dipamerkan ini belum dijual, TMCBlog urung melakukan uji impresi pemakaian helm ini. Hehehe..

Untuk sertifikasi helm, JPX Fox 2 sudah tersertifikasi ECE (United Nations Economic Commission for Europe) dan tentunya SNI (Standar Nasional Indonesia). Diprediksi helm ini akan menjadi salah satu helm pilihan para rider dan penghobi motor motocross. Urusan bobot helm, hanya berkisar kurang lebih 1 kilogram.

Menurut saya satu kekurangan helm JPX Fox 2 ini ada pada tali pengikatnya yang masih menggunakan sistem Microlock. Jika dibandingkan dengan kompetitornya yang memiliki helm cross dengan harga yang mirip, malahan sudah menggunakan sistem pengunci tali strap Double D ring. Memang sih untuk beberapa orang tidak mempermasalahkan model pengikat tersebut, namun jika sudah Double D ring proteksi helm ke pemakai jauh lebih tinggi ketimbang sistem microlock. CMIIW.

Saat TMCBlog tanya-tanya soal helm ini di hari hari terakhir gelaran GIIAS 2019, pihak JPX mengaku belum menjual helm Fox 2 ini. Pada GIIAS kemarin mereka hanya memamerkannya untuk mengetahui seberapa besar animo masyarakat. Namun, untuk bocoran harganya helm berbahan full carbon fiber ini akan dijual di kirasan 3,1 atau 3,2 juta Rupiah dan akan dijual bebas sekitar 1 atau paling lambat 2 bulan dari sekarang.

Nugi TMCBlog

20 COMMENTS

    • mungkin tanda tanda next helm bawaan CRF150 pake jpx fox,dibanding TRX half face yg dipaksain,😆

      Guest
  1. Fox lini yg corak helmnya pernah di plagiat helm lokal sini itu ya?
    padahal desainer nya orang Indonesia sendiri

    Guest
  2. kok gak mashook ya, pakai bahan carbon tapi gak DD ring. pernah pegang punya temen, ditekan bagian bawah helm “mleyot-mleyot” untuk yang carbon ini seperti apa om Nug?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.