TMCBLOG.com – Astra Honda Motor bekerja sama dengan Indako, Main Dealer Wilayah Sumatra Utara telah sukses menyelenggarakan Kompetisi Instruktur Safety Riding yang  bertajuk Astra Honda Safety Riding Instructor Competition ke 13 di Indako Safety Riding Centre – Medan. Semua Instruktur Safety Riding se-Indonesia berkumpul, berkompetisi, saling mengkalibrasi diri mengenai pengetahuan dan skill mereka soal Safety Riding baik berbentuk Teori dan Praktek. Di tahun 2019 ini ada hal yang baru yakni Kehadiran Penilaian ‘ Low Speed Balanced’ yang menggantikan ‘ Narrow Plank’. Marketing director AHM Pak Thomas Wijaya mengatakan dslam sambutan pembukaan acara bahwa baik semua kurikulum teori dan praktek Safety Riding yang diberikan maupun di kompetisikan selalu mengikuti perubahan kondisi masyarakat. Termasuk salah satunya update Low Speed Balanced ini yang memang hadir berdasarkan kebutuhan penguasaan skill berkendara masyarakat.

Secara umum seperti yang tmcblog sudah ceritakan, penilaian ‘ Low Speed balanced ‘ ini jauh lebih kompleks dari sekedar meniti Papan sempit dengan Speed rendah (Narrow plank). Ada sekitar 4 section termasuk uji salom kecil yang benar benar bikin furstasi dengan sudut kecil, plus kemiringan ramp/ kemiringan jalan dan handling sepeda motor dengan keadaan track tidak rata/ bergelombang.

Selain Low Speed Balance, Dua Kelas lainnya masih sama dengan tahun tahun Sebelumnya yakni Pengujian skill pengereman ( Braking ) Dan pengujuan pengendalian di track meliak liuk dengan berbagai Macam handicap plus Speed tinggi atau apa yang disebut dengan Salom

Untuk Sobat ketahui total 166 orang Instruktur yang hadir di Medan ini adalah para Juara Kontest Instruktur Safety Riding Scoop Main dealer  (Daerah)yang telah dilakukan berbulan sebelum ini. So Kontest ini secara umum akan mengukuhkan Best Of The Best Instruktur Safety Riding Se-AHM. Mereka ini biasannya akan dikirim ke Jepang untuk mewakili Indonesia dalam kegiatan Kontest Instruktur serupa yang bernama Safety Japan pada akhir tahun ini.

Secara Umum Selain 3 kelas skill ( Braking, Salom dan Low Speed Balanced) Mereka ini dibagi bagi menjadi 6 Kategori Instruktur dan Advisor yakni Instruktur sport( Menggunakan Motor CB150R), Instruktur Big Bike ( mengunakan CB500R), Instruktur Matic ( Biasannya Wanita – mengguankan Honda Vario 150), Advisor Komunitas Sport, Advisor Komunitas Big Bike, dan Advisor Komunitas Matik. Selain 6 Kategori ini ada 2 kategori Main delaer terbaik dan Juga Main dealer yang memiliki Safety riding Centre Terbaik dimana untuk sobat ketahui saat inia da  Main Delaer yang memiliki Safety riding Centre seperti Indiako ini yakni : Capella Dinamik Nusantara , Wahana makmur sejati, MPM,Astra Motor Jogja, Sinar sentosa Primatama, dan Mitra Sendang kemakmuran – Banten. Nanti malam akan diumumkan siapa saja instruktur terbaik di event ini yang akan dikirim ke Jepang

Taufik of BuitenZorg

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.