TMCBLOG.com – Forecast Cuaca Hujan diatas Sirkuit brno Ceko untuk Sabtu Pagi ternyata cukup akurat. Saat di laksanakannya Latihan bebas ke-3 (FP3) Track dalam keadaan Basah walaupun Hujan telah usai ini tentu membuat sesi FP3 dinyatakan sebagai Full Wet dan semua pembalap menggunakan Ban Wet. Mengenai laptime dapat dipastikan akan jauh lebih lambat dibadningkan akumulasi FP1 dan FP2 kemarin.

Saat Sesi FP3 menyentuh menit ke 35, Marc Marquez memimpin Time sheet dengan 2,04:279 diikuti oleh Maverick Vinales dan Sylvain Guintoli. Sementara All time Record Untuk Laptime dipegang oleh Marc Marquez Tahun 2016 dengan Torehan 1:54,596. Ini artinya Laptime tercepat sementara Marc Marquez di Track Basah tersebut hanya berbeda 9 detik-an dengan laptime record Tercepat yang dilakukan dalam keadaan track Kering.

Angka 9 detik-an ini sangat membuat Michelin senang karena biasannya menurut mereka perbedaan laptime antara basah dan kering berada pada ordo 10-detik-an. ” Berbeda 10 detik dengan Rekor saat kering adalah bagus, Namun berbeda 9 detik sudah tentu sangat cepat “ begitu kita kita kata Piero Taramasso ketika dimintakan keterangannya mengenai Laptime Marc ini. Dan Jika dilihat di Time sheet sampai menit ke 35 Marc Melakukan sekitar 6 kali Laptime di 2:04-an. Sementara Maverick 1 kali dan Pembalap yang lain masih di angka 2:05-an. Benar benar Pace ngeri kalo Race Brno dilakukan saat Hujan esok.

Dan akhirnnya Marc Marquez Menjadi yang tercepat di sesi FP3 ini, namun secara umum top 10 akumulasi FP1-FP3 masih sama seperti kemarin dimana Fabio Quartararo berada di posisi teratas. Masih Quartararo, Marquez, Miller, Dovizioso, Vinales, Rins, Morbidelli, Crutchlow, Rossi dan Petrucci yang memiliki tiket lansgung sementara ke Q2. sementara 2 pembalap lain akan ditentukan di Sesi Q1 MotoGP Brno 2019 nanti. Semoga Berguna.

Taufik of BuitenZorg

 

28 COMMENTS

  1. Njirr
    Marc sudah mampu “main” di kisaran 2:04:XX di lap ke-3 (run ke-1) disaat area racing line masih cukup basah.
    sementara rider yg lain; pada lap yg sama; masih “main” dikisaran 2:07:xx – 2:09:XX

    jadi wajar bila dulu (ketika trek masih rada2 basah) dia bisa ngejar beberapa rider pack terdepan walau kena hukum pinalti masuk pit sekalipun.
    adaptasinya terhadap trek basah / semi basah cukup “mengerikan”

    Guest
    • “Intelligence is the ability to adapt to change” -Stephen Hawking-

      Untuk saat ini Marc jadi rider paling genius dalam hal itu.

      Bener kalo Critchlow bilang dia kayak Bunglon

      Guest
  2. Kalo basah – setengah kering justru mengerikan…..memungkinkan drama…. Adu skil kaya rodeo, Pasti banyak yang nunggu2 momen itu terjadi…..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.