TMCBLOG.com – Disinyalir kuat Yamaha Thailand akan merilis secara resmi sosok motor yang dipercaya akan dinamakan Yamaha XSR155. Secara bentuk dan platformnya setelah TMCBlog kunyah-kunyah setelah melihat foto full-nya adalah motor berkode Yamaha B1V ini akan merupakan motor klasik modern dengan gaya ala Tracker. Dan bahkan menurut TMCBlog, aura motor Tracker-nya lebih kental dari pada kakak-kakaknya XSR700 dan XSR900 . .  Lho koq bisa ?

Yes ada beberapa ciri-ciri yang membuat TMCBlog berani bilang seperti itu. Yang pertama adalah kehadiran jok tandem di motor berkode Yamaha MTM155 ini yang nuansanya lebih rata dari depan ke belakang dengan kontur ‘grenjul grenjul’ layaknya permukaan roti sobek lengkap dengan Belt/gesper di tengah jok. Jok tandem ini didesain tidak terlalu tebal, ahhh jadi seperti melihat gaya kebanyakan Tracker custom.

Aura klasik dari XSR155 juga jauh lebih klasik lagi dengan kehadiran tangki bbm yang ‘nge-teardrop‘, dan bahkan lebih teardrop ketimbang XSR700 dan XSR900. . . Lebih mengarah ke Ducati Scrambler. Dasar dari tangki bbm dari calon Yamaha XSR155 sampai ujung belakang dari jok belakang jika ditarik garis akan jauh lebih lurus/sejajar ketimbang XSR700 dan XRS900, kira-kira kebayangkan?

Informasi kuat juga hadir dimana untuk pemilihan ban diperkirakan akan semakin memperkuat citra Yamaha XSR155 nanti lebih mengarah ke sebuah Tracker bike yakni menggunakan ban bertipe dual purpose dengan model alur kotak-kotak miring . . Ya mirip mirip ban IRC Trail Winner GP210 githu deh sob mirip yang dipakai Versys 250. Namun tidak belang 19-17 melainkan dua-duanya tetap ban rim 17 inci depan dan belakang dengan ukuran lebar 110 di depan dan 140 di belakang. Kesannya jadi kekar, namun juga kokoh dan galak. Mungkin IRC akan hadirkan kode ban baru . . katakanlah GP211 ? We will see

Mengenai detail lain bisa sobat lihat dari renderan dari Julak Sendie di atas yang TMCBlog request khusus untuk pengilustrasian. Mengenai speedometer dashboard sudah kita bahas sebelumnya akan berbentuk bulat berlayar LCD Digital berada di tengah (simetris). Headlamp depan bulat LED, lampu sen untuk versi Thailand menggunakan model lampu sen Vixion lama. Lampu rem belakang XSR155 akan sangat mengikuti gaya XSR700 dan XSR900.

Sesuai dengan apa yang TMCBlog lihat, mengenai mesin confirm menggunakan mesin MT15, suspensi depan confirm pakai Up-side down/Inverted Fork milik Yamaha MT-15, kaki-kaki belakang berupa swing arm banana ala MT-15 dan velg juga confirm plek memakai part dari MT15. Secara umum sepertinya Yamaha di Thailand ingin memberikan cita rasa berbeda kepada konsumen disana dibandingkan dengan apa yang Honda hadirkan lewat CB150R Streetster . .

Jikalau Honda CB150 StreetSter mengarah kepada gaya sebuah motor Cafe Racer, maka diferensiasi yang Yamaha hadirkan lewat XSR155 akan mengarah kepada sebuah motor model Tracker. Tinggal masalahnya, akankah juga dirilis di Indonesia oleh YIMM? Kalo saja dirilis dan lebih cepat dari calon retro sport AHM, tentu akan membuka peluang momentum First Mover. Silahkan dikunyah kunyah dan tungguin deh 16 Agustus 2019 ya sob.

Taufik of BuitenZorg

65 COMMENTS

  1. Kalo knalpotnya gak diganti desainnya malah bikin makin gak jelas tuh aura retro nya
    Apa mau jadi the next velg Mio yg melegenda ya?

    Guest
  2. Kalo saja dirilis dan lebih cepat dari “calon retro sport AHM”, tentu akan membuka peluang momentum First Mover

    bocorannya motor apa nih wak haji?

    Guest
    • Bongkar celengan piye, lha wong ini jadi mirip2 vixion 2009 punya kakak ane yg lampu bulet. Tinggal modif jok, sepaket spido dan printilan kecil lainnya, sekalian refreshment cat bawaan jadi hitam glossy atau sekalian dikilapin macem pipa merk sebelah.. yg wajib di ganti sektor per-ban-an krn bawaan motor cungkring macem old cb.
      Soal mesin 150cc 1PA masih muantaapp (tinggal porting polish sekalian replace sil2 klep dan ring. Mantap

      Guest
  3. Cakep nih, tampang retro tp fitur masa kini, cuman ya itu, klo bisa jngan pake deltabox, kesannya kaya motor modifan

    Guest
  4. Retro kok pake deltabox kw, bener bener udah males bikin rangka nih Yamohai. Kenapa rangka scorpio yg nganggur ngga dipake biar kena aura retronya.

    Guest
    • Nah..ini stuju ayas.. Apalagi pake mesinnya sekalian om.. Wiss padat mantap pasti..
      Kalo ini.. Duuhh.. G masook

      Guest
  5. Ada yg beli? Kmrn pada komen MT15 bla bka bla ternyata jarang terlihat d jalanan…

    Tolonglah jangan kompor2i klo ternyata penerimaan pasar rendah

    Guest
    • Cacing tawuran relatif kurang greget. Marc kayak ngasi kursus racing1 2 3 ama rider lain.

      Yamaha begitu ga ada grip semakin ketinggalan.

      Guest
  6. Semoga ga pake deltabox,
    Bener2 aneh soalnya, motor retro pake deltabox,
    Lah wong kakaknya aja si 700 sama 900 ga pake deltabox kan,
    Jgn cm kaya vixion di trondolin sama modif dikit utk irit biaya,
    Itu aja,

    Guest
  7. Sy lebih suka versi jok miring, lebih selaras sama sasis deltaboxnya.
    Kalo mau full tracker jok datar sasisnya ganti dulu dong. Atau scorpio yg direborn jadiin dirt tracker.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.