TMCBLOG.com -Menurut Mat Oxley ada beberapa kesamaan antara Marc Marquez dengan Mick Doohan, apa saja itu? Beberapa diantaranya adalah talenta yang bisa membalap sampai diujung limit, penguasaan maksimal terhadap ban depan sampai hobi keduanya dalam menghancurkan dan mendemoralisasi mental lawan. Niat atau nggak? Memang seperti yang TMCBlog lihat di sesi kualifikasi MotoGP Brno 2019 yang lalu dimana dengan kegilaannya, mengambil resiko terlalu tinggi untuk sekedar membuktikan ia jadi yang paling sukses menggunakan ban slick di atas track yang masih basah.

Kencang di track kering dengan menggunakan ban slick atau kencang di track basah dengan ban rain memang sudah pada tempatnya atau dengan kata lain sudah terlalu mainstream. Bisa kencang di track basah dengan ban slick adalah hal yang luar biasa. Kombinasi antara pengendalian elektronik Traction Control yang di set-up dengan apik oleh Santi Hernandez dan para crew dengan pengendalian manual throttle gas yang dilakukan Marc dengan tangan kanannnya sendiri menghasilkan sesuatu yang sangat sulit direplikasi . . Kalo nggak percaya silahkan tanya ke Jack Miller yang gagal saat mencoba mereplikasi apa yang dilakukan Marc.

Jika dilihat dan dicerna dengan kepala dingin buat apa Marc lakukan itu? Toh ini baru sekedar kualifikasi di mana penentuan akhir tetap di race keesokan harinya, plus terlebih lagi ia sudah mempunyai ‘tabungan’ 58 point di atas Dovi saat itu. Mat beropini bahwa Marc melakukan hal itu untuk merusak apa yang ada di otak para lawannya, Marc ingin lawannya memiliki mindset bahwa ia tidak terkalahkan. Dengan itu maka tujuan utamanya adalah Marc ingin semua lawannya kalah sebelum bertanding di setiap race.

Apakah semudah itu Ferguso? Mungkin iya mungkin tidak . . Ubek-ubek di Maverick, ia lebih tertarik bicara soal kesalahannya dalam menggunakan ban slick . . Ini artinya team kurang riset atau gimana, koq ikut-ikutan les? Fail ngubek-ngubek opini dari Maverick. Namun paling tidak Andrea Dovisioso yang sempat bicara mengenai Marc, secara kini menjelang seri race yang akan memasuki track yang selama ini bisa dikatakan merupakan track ‘milik’ Ducati, yakni Red Bull Ring. Menurut Dovi apa yang telah di pertontonkan Marc sampai GP Brno telah membuat pembalap lainnya berada dalam keadaan KRISIS.

” Jika kita melihat hasil semenjak awal musim, Marc hanya menorehkan hasil kemenangan dan P2. Ia dan Honda sedikit lebih kuat dan konsekuensinya mereka telah membuat semua orang berada dalam masa krisis, bukan hanya kami (Ducati). Ia bisa terus berada di depan dan berhasil memanage race, karena ia berhasil mencapainya, tidak seperti tahun lalu. Ia telah merngubah management balap dan balap itu sendiri, dan ini telah menempatkan semua orang dalam kondisi krisis. Ia meningkatkan kecepatan sedikit, dan ketika kita bisa lebih cepat kita bisa melakukan apapun yang kita mau.”

Jika pada tahun 2017 dan 2018 Ducati keluar sebagai jawara di Red Bull Ring, namun perlu dicatat bahwa Marc selalu ada di podium. Tahun 2019 ini dengan modal konsistensi performa ciamik dari Marc dan Honda RC213V semenjak awal musim jika Marc bisa mendominasi, ini jelas merupakan tanda bahaya . . Bisa menjadi point yang akan memperparah demoralisasi para lawan/rivalnya ke depan. Hmm, sepertinya apa yang diprediksi Mat Oxley ada benarnya nih . . . Menurutmu gimana sob?

Taufik of BuitenZorg

 

224 COMMENTS

    • Prlu d banned dr MotoGP biar g jd monoton… Cm jd ajang eksis (kmmpuan) dri sndr, ajang bocah g pny tata krama pd senior2!

      Nengguluk R25 & mlayu sipat kuping ah… Iso d sampluk Darmo ambek sendalpot Mbit’e! πŸ˜΅πŸ˜‚

      Guest
    • Bedanya Marquez sama sebelah gitu bro.
      KLO sebelah kalah di lintasan terus spy war di media.
      KLO Marquez balapan ya di lintasan, spy war juga di lintasan.., semua yg di lintasan adalah musuh, tapi di luar lintasan semua adalah sahabat.
      Sangat profesional..
      Beda sama sebelah ya…

      Guest
      • kepribadian marquez emg spesial, kena spywar mbah oci di media waktu di australia, tanpa babibu dimedia lgsg dijawab dilintasan sepang akhirnya kena tendang wkwk

        Guest
        • disenggol rins, senggol gantian. assen 2018, kualifikasi Brno. pas Race kemaren juga, lupa sapa ridernya, komentatornya komen, loe jual gw beli
          wkwkkww

          Guest
        • @kriwul tendangan tanpa bayangan , awokwokwoko Ngeri slurr , setelah kena tendangan 93 masih dihujat sana sini sama fans kakek kuning

          Guest
  1. “Apakah semudah itu Ferguso? Mungkin iya mungkin tidak . . Ubek-ubek di Maverick, ia lebih tertarik bicara soal kesalahannya dalam menggunakan ban slick . . Ini artinya team kurang riset atau gimana, koq ikut-ikutan les?”

    ========================================================
    Suram bener Yahaha kalau gini. “Merasa” menjadi pesaing berat sejak junior–berasumsi punya skill dan talenta yang sama. Dovi biarpun skill alakadarnya tapi punya kemampuan analisis cukup tajam dan masih lebih masuk akal.

    Guest
      • tpi untuk musim 2019 ini pling tidak sampai dengan seri ceko suzuki lewat alex rins masih lebih baik dari semua rider yamaha.. pdahal rins hanya beda 1 thun loh dgn morbidelli d klas motogp, itu suzuki baru menurunkan 2 motor, bagaimna jika menurunkan 4 motor?? siap2 saja ymha d salip d kategori konstruktor

        Guest
      • Lah, KTM ama Aprilia kan baru2 ini ikut lagi. Makanya cuma punya dua motor. Dasar troller menjijikkan.

        Guest
  2. Ngak perlu drama drama bawa FB Dan media buktikan di track since Fp1 till Race weekend. (Seandainya) Stoner mentalnya di poles menghadapi drama si GOAT pasti Ng pension mancing mania #cmiiw

    Guest
      • Untuk championship tetap pegang Marc. Mental Stoner kalah sama Marc, wlpn insting balap stoner luar biasa.

        Guest
    • Ada orang yg ditakdirkan passionnya jadi family man, kalau kebetulan dia super adaptif n super kencang, yaa itu bonus.

      Terlalu banyak manusia ngejar passion pribadi sampe ngorbanin keluarga dan masa tua dihabisin ama penyesalan. Mungkin dia ga mau jadi seperti itu.

      Guest
      • IIRC, pensiunnya CS27 bukan karena passionnya. Tp emang dia g tahan sama life style MotoGP sekarang.

        CS27 tipe pembalap yg absen Jum’at sampe Sabtu buat nyemplak motor dan melaju sekencang-kencangnya. Dia g terlalu suka dengan media dan segala intriknya, termasuk dengan psy-war yang sering muncul antar pembalap. Hal yang sulit diwujudkan karena psy-war sudah ada dari era balapan. Dan era MotoGP modern dengan segala popularitasnya g bisa lepas dari sponsor dan media.

        Guest
        • dan legenda perusak life style motogp tsb adalah…..

          disebut saja namanya tidak mengapa Mas Aimin. memangnya siapa ya itu biang keraknya ?? lupa saya… harap maklum ambisi saya lebih kecil daripada kemampuan. ini tombol 4 dan tombol 6 rusak, saya buang saja. hehe..

          Guest
    • Dia pensiun kan juga karena masalah kesehatan,kalo gak salah

      Mungkin mbak Adriana juga gak mau jadi janda muda

      Guest
    • mungkin krn stoner dulu gk ada orang2 kuat mace alzamora dibelakangnya. yg bisa bisikin ke MM93, ude, kuping budek aja sama media

      Guest
    • Stoner pensiun karena sakit, dia gak mau memperparah keadaan karena Nyemplak motor Tremor, makanya Ducati Tremor dia ngacir ke Honda, eh Honda ikut-ikutan Tremor dia pilih pensiun dini…

      Guest
      • G juga, 2015 buktinya gagal. Dibandingkan JL99 yang bisa meraih 7 kemenangan seri, MM93 cuma bisa menang 5 seri. Dan biarpun jumlah kemenangannya lebih banyak dibandingkan VR46, tapi karena banyak DNF, akhirnya d klasemen juga cuma posisi 3

        Guest
        • imho….
          kesalahan Marc di 2015 (banyak crash),
          karena beberapa kali mencoba mengeksplor limit motor (dan ban) saat Race day. Mirip kesalahan Rins di Sachsenring kemarin (yg mencoba menaikkan sedikit kecepatan dr yg seharusnya)

          terbalik dgn musim 2018 (atau 2017 ya ??) dimana dia coba lebih banyak meng-eksplore limit motor saat FP dan WUP. Jadi saat race dia udah “settle”
          Klo setup lancar, tinggalkan jauh rival untuk meraih posisi 1
          Klo setup masih ada kendala, cukup kejar podium

          Guest
    • Kegagalan itu adalah kemenangan yang diundur marcπŸ˜‚ buktinya? Beruntun lagi marc jurdunnya..

      Kan kita gak tau juga ,jika marc jurdun 2015 lalu..motogp langsung bubar πŸ˜‚ nah

      Guest
      • Wah jangan2 waktu mata cidera di moto2 , matanya marc diganti mata bionic dengan teknologi canggih sehingga bisa akses ECU motor….wkakakakakakak

        Guest
  3. Tak dipungkiri skill MM memang saat ini blm ada tandingannya,saat ini ya. Gak tahu musim depan jika ada setara dgn mesin pas kyk jack miller,fabio quartararo,vinales maupun joan mir.

    Guest
      • Hehe, Crutchlow aja pake hjc Batman edition di Sachsenring gak bisa deketin si Joker
        Mungkin butuh seluruh justice league πŸ˜‚πŸ˜‚

        Guest
    • Org secerdas bro AIM-1N kok masih ngladeni komen nginio..
      Dia kan jelmaan mentega a.k.a ubin toilet spbu dan gerombolan 27nickname gate…
      Buang2 energi saja bro…

      Guest
    • Y itu kebanyakan tunggu…tunggu…dan tunggu ,H makin jauh aj didepan πŸ˜‚ ntar lagi tunggu brojol ini tunggu dan tunggu..Adv makin larisss jauh
      didepan πŸ˜‚

      Guest
      • Nope . Saya Sendiri Bukan Rossi haters . Tpi Haters fans Rossi . Saya lbh tdk Suka Kepada Pens Rossi Yg kadang tdk masuk akal .

        Guest
    • Ah semua fans moto gp itu basi. Tetaplah pembalap idolanya yg dipuja. Sama aja. Mau markeset, si koneng, dan yg lainnya. Gk usah marah ye,ini cuma hiburan.

      Guest
  4. Membalas nyalip rins sebelum masuk pit lalu megang pinggang rins juga termasuk rencana menurunkan mental rins

    Guest
  5. Tanda-tanda Jenius kayaknya ya Wak Haji? Mirip-mirip Mohammad Ali gayanya, selalu melakukan psywar sebelum bertanding terhadap lawannya. Dan hasilnya lawan terpancing yg pada akhirnya hilang fokus bahkan down.

    Guest
  6. Adaloh sembalap yg kediniaan dikasih gelar Mr Sunday(crash) ternyata hasilnya letoy padahal pabrikannya cuman ngurusin 2 biji motor.

    Guest
    • rins ada d peringkat 4 dan semua rider yamaha berada d bawahny, klau rins letoy berarti yg d bawah ny apa dong, lecoy(lemot coy) atau boscoy (bosok coy) ya???

      Guest
    • Ubin toilet spbu Msh ajh ngributin Tim lain . PadaHal pebalap dia Sendiri gak konsisten . Mr sunday Yg katanya Punya Gelar doctor ajh udh Tumpul. Apalagi Si topGun Yg angin2an . Next The goat kemana ? Msa 3 rider Yg Cukup senior (Ada Yg hampir pensiun) kalah sma Rokie ??? Malu lah

      Guest
    • nyatanya sampai pertengahan musim belum ada mesin ngebull, padahal jatah mesin tiap pembalap sudah sama dengan team factory yang lain, dan top speed bisa lebih baik daripada inline kw super

      Guest
    • Yang baca balasan ini, mohon diingat, Nginio lagi nyindir KTM ama Aprilia. Cuma dua motor kok prestasi masih letoy kyak Yamama. Ngoahahaha.
      Gak berani nyebut Sijuki karena sdh berkali2 dikentutin ama mesin kw dan sembalap rookie bernama Joan Mir. Ngoahahahaha

      Guest
  7. di race valencia 2017 (cmiiw) ketika penentuan juara dunia sampai seri terakhir, takeo yokoyama ngasih support dengan bilang ke marc: “don’t worry, you’re MARC MARQUEZ”

    Guest
    • Footage after race Brno kemarin ada tuh di tweet motogp, Takeo yg di tanyakan ke Marc, nanti di podium mau pakai gaya apa?
      Ini kru Jepang sdh tau klo Marc emang tengil kyknya. Ada kan wwcr wak Haji dulu sama Nakamoto-san, is Marc a good boy?
      Nakamoto jawab sambil ketawa2, goodboy? No…but I won’t tell. Trus ketawa lagi.

      Guest
  8. satu hal yg pasti , trik demoralize nya marc cuma berhasil kalau aktornya (Marc) memang skillnya diatas rata2. dan sejauh ini memang terbukti demikian

    Guest
  9. “Menurut Mat Oxley ada beberapa kesamaan antara Marc Marquez dengan Mick Doohan”
    ————————————————–
    Saking bosennya Oxley karena Marc yang menang terus, sampe edisi Muttering di motorsportmagazine.com yang biasanya muncul minimal sekali tiap minggu buat bahas balapan (kl dia hadir di sirkuit bisa sampe tiga edisi muttering), diisi sama artikelnya Doohan…………………. #asemra

    Asli, Marc Marquez bener-bener bawa pengaruh buruk buat MotoGP

    Guest
    • bagi yg nonton saya rasa masih ingat betapa seru dan menegangkanny race philips island 2015 hingga ada yg meregang nyawa(burung camar yg d tabrak ianone🀣), jujur saya sangatttt menikmati aksi2 yg d lakukan mereka terkushus untuk ianone dan marquez, tpi apa yg d katakan pembalap ‘senior’ yg ikut dalam dog fight itu?? dia mlah mnuduh marc sengaja menghambatiny, disitu saya benar2 hilang respek sama si senior itu,… usai musim 2015 dimna si senior begitu agresif tebar psywar d media, pda musim itu, marc marquez mulai mencari aman dan gaya agresif ketika fight ala marc udah mulai jarang terlihat..
      saya yakin klau kelak si senior udah pensiun dan marc punya rival se brutal ianone, senekat miller atau pling tidak se agresif alex rins, gaya agresif ala marc kembali terlihat

      Guest
    • Obatnya cuma 1, datangkan lawan Marquez yg punya skill lebih dari Marquez atau minimal setara Marquez

      Guest
    • Masa iya, yang dah gk punya kans jurdun ( marc ) gak boleh fight πŸ˜‚ klo gtu … Kek sekarang nih, yang d luar 4 besar klas jgn balapan deh πŸ˜‚
      Akhirnya itu menjadi bumerang dan bukti..bahwa sekelas rosi pun Gemetaran jika masih ada Marc dilintasan , klo rosinya gemetaran..M1 nya pasti ikut bergetar ,padahal cc nya dah offsideπŸ˜‚

      Guest
  10. Maaf, punten wak, klo contoh doohan menghancurkan lawannya dulu gmn ya?
    Karena diceritakan keduanya ada kemiripan.

    Guest
  11. Rossi yang master of psywar aja kalah telak sama marques. Mencoba psywar marques di PI 2015 justru ga kuat dan berbalik dengan bikin blunder nendang markuntet di sepang. Coba rosikin jangan banyak bacot fokus balap pasti gelar ke 10 sudah ditangan

    Guest
    • Nah dimlight lupa, justru ketawa2 itu bagian dri psywar mereka berdua .
      bagi rosi..ketawa2 salaman itu bagai mengharapkan marc bisa lebih sungkan dan segan saat disepang .
      bagi marc.. ketawa2 salaman itu bagai tantangan yang harus dituntaskan mengejar podium πŸ˜‚
      Tapi…dilain sisi kita masih melihat keTengilan marc , apakah tengilnya tsb sengaja atau tidak ? ( Karena terkamuflase dg usianya yg juga masih muda ) namun yang pasti..marc memanfaatkan ‘ tengil ‘ tsb senjata lain yang memancing lawan untuk luuusss kontroll πŸ˜‚

      Guest
      • mungkin sy yg terlalu lugu…wkwkwkw, soalnya kita semua jg fine2 aja selepas race itu, malah pada happy, komen WOW, SERU, JOS JOS.

        baru setelah pre race Sepang, semua mendadak menjadi ahli psikologi dan analisis wkwkwk

        Guest
    • Dlu Ada yg bilang, coba vr tidak menebar psywar Dan clash sama Marc 2015 mungkin dy sudah juara dunia. Di rasa atau tidak target Marc saat itu sudah bukan untuk jurdun tp jegal vr. Terlihat Marc Kaya jerigen lapangan tengah yg ngatur jalan nya balapan. Lu jual gw borong. Cakep emang skill ini bocah. Cmiiw

      Guest
    • Bukan nendang sih tapi lebih ke mgepush marq keluar dr racing line sampek ke pinggir track yang licin…. Manuver rossi emang uda salah walopun tanpa nendang

      Guest
    • lha giliran marq ga main2 langsung gaspoll dari awal dikatain balapan touring, bosenin, ga menghibur ama fumiyem. susah adu argumen ama minions, standar ganda nya ga kuat.

      Guest
    • Berusaha mempertontonkan diri sebagai korban..namun malah memang menjadi korban sebenar benarnya πŸ˜‚ kemudian berusaha mencari simpati dg wujud terzolimi..ehhh ,malah menjadi Antipati Dunia πŸ˜‚ simpatinya diembat Marc .

      Guest
  12. tetep aja ngeselin… wkwkw… no rules apply to marc

    mesin mati… lawan arah… legend dah…

    Guest
    • “no rules apply to marc” ???
      becanda lu ?? atau pura2 lupa
      Marc udah pernah kena Black Flag (PI)

      “mesin mati… lawan arah” ???
      dia udah kena pinalti masuk pitstop dan masih bisa ngejar kakek legend yg lambat hampir 1.5second per lap (macam rider backmarker) di Argentina.

      yg legend itu yg kaga segan2 ngacungin jari tengah ke senior dan junior, eh kaga kena hukuman (panutan macam apa ini ???)

      yg legend itu yg dengan niat sengaja nendang rider lain (atau setidaknya dgn sengaja “meminggirkan” rivalnya hingga keluar trek) karena kaga terima diajak “main”, sengaja bikin jatuh rivalnya, eh malah tidak kena black flag, Si Fenati aja kena, si legend koq kaga kena ???

      Guest
      • Legend mah kebal hukum. Apalagi kalo hukum menurut mentega. Dimna JL99 Yg membawa Crash 3 orang Harus Di penalti tpi ketika Legend Yg crash nyeret Nakagami Sampe cedera diam ajh tuh orang .

        Guest
    • Kakek legend mah bebas….Yang terbaru si legend mengintervensi Dorna buat mundurin jadwal race di Brno…buat apa coba…takut balapan flag to flag ato gimana…

      Guest
        • Mengutip ucapan Zeelenberg k Emmett “That’s easy to say if you’re standing around with your hands in your pockets”….

          AFAIK, sebagian besar rider setuju race diundur karena bagian yang paling basah salah satunya ada di turn 1. Kl balapan g diundur, sementara track masih basah, kira-kira apa yang terjadi saat selepas start ada begitu banyak motor yg flat out dan bergerombol, kemudian semua harus hard brake sebelum turn 1 dengan slick trye. Besar kemungkinan terjadi hal yang buruk. Setelah start diundur aj, masih ada insiden antara Zarco dengan Morbidelli yg akhirnya ikut melibatkan Mir

          Guest
  13. MM93 ini OP nya kebangetan, mau di nerf pun susah cari celahnya πŸ˜‚

    Tiap nnton race, sya slalu dukung entah siapapun itu yg diblakang mm93 tuk overtake dia, tp apadaya, cuma bisa bikin gregetan yg nnton πŸ˜…

    Guest
  14. Marquez menghancurkan mental lawan itu suatu keniscayaan. Dari gaya balapnya yg hyper agresif itu sendiri sdh mengintimidasi. Bahkan sekelas Rossi saja bisa hilang fokus sewaktu “diganggu” di Sepang 2015.
    Satu2nya pembalap yg tahan mental thdp gempuran Marquez itu hanya Dovi. Sayang Dovi bukan pembalap bunglon, jadi jika motornya tdk memiliki laju oke, ya jd kurang kompetitif, padahal mentalnya sdh cool banget.

    Guest
  15. Di era Marquez itu banyak Insanity yg gak pernah terjadi dan dibayangkan di dunia roda dua sebelumnya..

    – Rebah 66 derajat
    – Lowside save pake elbow
    – Wet quali pake slick tyre

    Entah insanity apalagi nanti yg bakal disuguhkan Marquez

    Guest
  16. Dovi seolah mau bilang
    Wahai kanjeng pembaca sekalian saza,
    Kami tidak lambat,
    Hanya si engkez saza yg memang lebih cepat

    Guest
    • Yup! Sampai David Emmet bilang gk ada hal apapun yg bisa setop keiinginan Ducati merekrut Marquez. (saat ada yg tanya ttg rumor pindahnya JL ke pramac akan menghambat Marc gabung Ducati)

      Guest
  17. tergambarkan di saat semua org sibuk loby sana sini tentang penundaan race kemarin..dimana kondisi cuaca sebelah basah sebelah kering! dan apa yg dirasakan dovi hal wajar, semua ini akan berulang nantinya…masa rossi pun dulu bgini, mentality pesaingnya di obok2 juga…dan besok pun akan datang pembalap baru yg talentanya melebihi marc di jamanya besok…tidak usah kawatir, setiap legend punya masanya !!!

    Guest
    • yg menjadi pertanyaan, apakah the next legend itu muncul di era Marc masih membalap
      atau justru muncul setelah Marc memilih pensiun atau terpaksa pensiun macam si Doohan ??

      Guest
        • tidak semua pertanyaan bisa langsung di jawab
          terkadang “hanya waktu yg bisa menjawabnya”
          alias kita harus nunggu untuk tau
          tau istilah “time will tell” kan ???

          ternyata otakmu msh simple sekali
          situ bocah jaman now ya ???
          atau kaum “ngaku enginer” yg lagi nyamar ??
          xixixi

          Guest
  18. Matt Oxley : tidak semudah itu fergusso(n)!!!

    Sir Alex Fergusson : you’ve gotta be bloody f**kin’ kiddin’ me???

    Guest
  19. Klo upaya FBR melemahkan markes yaitu nyuruh markes pindah pabrikan, konyolnya lagi nyuruh ke pabrikan sekelas KTM atau Aprilia yg belum kompetitif supaya jagoannya bisa jurdun, lah mereka lupa kalaupun markes mau pindah ke pabrikan tsb, masih ada dovi, rins, vinales atau quartararo ditambah jagoannya udah mulai dimakan umur yg secara gk langsung mengurangi peforma 😁

    Guest
  20. Klo upaya ep be er melemahkan markes yaitu nyuruh markes pindah pabrikan, konyolnya lagi nyuruh ke pabrikan sekelas Katemi atau Aprilla yg belum kompetitif supaya jagoannya bisa jurdun, lah mereka lupa kalaupun markes mau pindah ke pabrikan tsb, masih ada dopi, rin, pinales atau taro ditambah jagoannya udah mulai dimakan umur yg secara gk langsung mengurangi peforma 😁

    Guest
  21. MM93 terlalu mendominasi race, buat tontonan GP gak asik. dia dengan talentanya harusnya menjadi entertainer GP yang mampu memberi tontonan GP yang asik

    Guest
    • mau gimana, giliran Marc mencoba menjadi “entertainer”, eh malah dihujat ama fbr yg jumlahnya banyak itu. Di ajak main kaga terima, di senggol dikit kaga terima juga.

      giliran Marc mencoba tampil race secara “dewasa”, eh dihujat juga ama fbr dgn alasan boring,
      ga liat apa jagoan mereka yg katanya doctor itu juga seringkali tampil boring belakangan ini

      Jangan salahkan pembalap karena sering tampil jadi yg tercepat.
      Karena menjadi yg tercepat adalah esensi dr membalap.
      Mereka juga dibayar ama pabrikan untuk sering menang balap, dan bukan untuk menghibur hater.

      Mau atraksi motor cepat yg fokus untuk menghibur ??? nonton atraksi tong setan sono.

      Guest
    • Selama ada pembalap yang baperan ya ga akan asik…
      Coba yang baperan itu minggir dulu, baru balapan berjalan asik…

      Guest
    • Entar klo marquez balapan dari belakang terus nyalip satu per satu pembalap di depannya ada yg baper katanya Marquez sengaja maen2…, ga menghormati rider lain, dll

      susah ya…
      semua salah klo kalah

      Guest
    • Mohon maaf Bung Towo.. ane gak sependapat.. ane sendiri merasa asik aja tuh marc menang terus.. terlepas dr acara race GP turing ataupun rame dog fight.. toh motoGP selalu ane tunggu2 meskipun pake tivi tak berbayar nontonnya..

      Guest
    • Kalau gitu, Marc suruh naik Adv aja πŸ˜‚ ntar pasti disalahain lagi ,kenapa? Karna rider2 lain plonga plongo merhatiin adv nya Marc..lupa balapan πŸ˜‚
      Intinya ? Gak ada yang bener, semua Salaaaaaaah terus πŸ˜‚

      Guest
    • Justru klo sering dog fight malah bosen. Tiap race dog fight, tiap race dog fight. malah dog fightny jd gk seru

      Guest
    • Wah jangan gitu bro. Marc itu emang gk punya sisi entertain dan itulah yg dibutuhkan Moto GP saat ini. Saat ini pembalap entertain sudah gak laku dan yg laku pembalap kayak marc. Karena ini balapan bro.

      Guest
  22. seperti de javu tentang masa masa yang sangat mengerikan tetapi sungguh indah tiada tara:
    – mike tyson (in his prime)
    – ac milan dengan frank rijkaard, ruud gullit dan marco van basten
    – barcelona era guardiola
    – lin dan (in his prime)
    – mu era saf
    – chelsea era first term mourinho
    – khabib nurmagomedov dan jon jones di kelas berat
    – michael schumacher

    Guest
  23. apa sih yg gk mungkin dijaman skrg semua bs diatasi dg kecanggihan teknologi asal punya dana mlimpah n project secret
    so psywar honda ke ducati, yamaha , suzi…dsb

    b aja 🀣

    Guest
    • Dana melimpah didapat dr apa kisanak..penjualan produk yg moncer bung..dan honda gk hanya ngandalin motor,tp juga mobil..trs kenapa ducati gk merengek ke grup audi-vw yg menguasai penjualan mobil di seluruh dunia…kena skandal?trs yg katanya kipas2 dollar itu untuk apa..?mabuk sake doang…

      Guest
    • Makanya bilangin tu ama sales2 kompetitor klo jualan ya fokus jualan biar laris biar dapet duit banyak bwt develop motor balapnya…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  24. artikel yang segar Mas Taufik dan Mas Nugie, dan saya hepi bisa ngakak membaca kolom komentar. hehe..
    btw, test brno kemaren ada 3 motor di garasi repsol yang di tes oleh markes. salah satunya pasti rcv my2020 itu. hadno aktor kawakan, sering bersandiwara. tidak di motogp, tidak di f1, sama saja ternyata sandiwaranya. itulah kecerdikan hadno tim bunglon. hehe..

    terima kasih Mas

    Guest
  25. Wak nanya dong, itu yang selalu ada di pitbox nya marc yang bajunya beda sendiri tatoan dan selalu nemenin marc itu temenya ato pelatihnya wak? Apakah seperti rosi sama uccio?

    Guest
    • Yg diajak nari di ini talkshow itu ya?
      Itu Luis Martinez,pelatih motocross Marc Marquez sekaligus juara MX2 2008,mungkin dia di Paddock juga buat ngasih masukan soal riding style Marquez

      Intermezzo:
      Oh iya,Uccio baru aja nikah ya?,anggapan sweet home alabogor terbantahkan deh akhirnya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
      • Ouw iya, tks infonya, pelatih sekaligus asisten pribadi ya gan, berarti yang bayar dia marc sendiri ya bukan dari hrc nya

        Guest
        • yang dari HRC Hector Martin yang sering nemenin ke Indonesia juga. Memang banyak personelnya Marc, semua ada. Jadi klo suruh pindah pabrikan, rada berat bro, bawa personel se-RT

          Guest
  26. Nanya dong wak . Apakah Teknisi Pihak Ketiga
    Spt Teknisi Ohlins (baju Ohlins) dll Termasuk Anggota Team pitbox resmi Yg terdaftar didorna wak ?

    Keliatan Seneng banget Kemaren Pas Marques Menang Ikut Hore2 Bareng Crew Repsol Honda .

    Guest
    • Meskipun bukan dr internal hrc,dia kan yg kasih saran seting suspensi..mau andil sekecil apapun kalo pembalap yg ditangani menang ya ikut senang..

      Guest
  27. Catet si mbah legend pensiun motogp bubar penontonnya, apalagi terus terusan dia lagi dia lagi yg menang, jadi ngebosenin blas…

    Guest
    • ente jaman doohan berturut-turut menang kemana saja tong, waktu itu rossi belum masuk gp500..
      penonton rame tuh..

      Guest
    • Sebagai pengemar asli motogp,kita melihat bukan hanya sisi persaingan pembalap,tp juga persaingan pabrikan..bagaimana menariknya progress suzuki dg dana pas pasan bisa bersaing di barisan depan,bagaimana yamaha mengatasi problem yg kunjung selesai,atau progress ktm dg teralisnya juga dg pedrosa..artinya masih banyak sisi menariknya..

      Guest
  28. Coba marq berani gak terjun balap ke wsbk, yang ada mungkin dipecundangin terus sama si rea, jadi kenyataannya motor super power produksi masal masih dipegang kawasaki, terbukti jurdun 4 kali berturut turut.
    Dan motor mesin paling tahan dan kuat di pegang yamaha secara kemarin menang balapan EWC di jepang

    Guest
    • baru pake kata “mungkin” aja udah belagak bak para(ab)normal ^^

      kenapa pula koq hater macam ini kesannya malah sok ngatur2 si Marc
      diem2 demen ya ^^ ngaku aja ^^

      kenapa kaga suru aja sendiri jagoan lu untuk pindah
      tunjukkan kemampuan sebagai “legend” dong
      kita liat apakah tulang tuanya masih mampu ketika dikasi motor “massal” ^^

      Guest
    • Heh FB D*ng*k !!!
      Gelar EWC terbanyak dipegang Sijuki !!!
      Sijuki masih raja untuk mesin kencang dan durable. Catet itu !

      Guest
    • Kenapa Gak Rossi ajh Yg turun Ke wsbk ?

      Cuman Buat Pabrikan ampas Kya Yamama Juara seri lu sampe nyuruh MM93 turun Ke wsbk ? WTF ? Pabrikan Lemah !

      Guest
    • Udah bro , marc itu idola semua orang masa kini. Dewa nya dewa moto gp. Ahlinya ahli. Marc tak terkalahkan sampe dia umur 50 tahun

      Guest
    • wkwkwkw…. wake up dude, gelar EWC terbanyak dipegang suzuki dengan 18x (GS & GSXR series) gelar jurdun + 3x untuk kelas junior. klo total berarti udah 21x dan rekor itu sampe sekarang belum kekejar sama pabrikan manapun.

      Guest
  29. MM menjawab Psy War dr yg lain di track, seperti 2015, di tuduh bantu JL di PI, di Sepang dia jawab di track, MM mau buktiin khalayak :”Gue bantu JL atau emang loe yg letoy… klo loe ga letoy, loe bakal bisa lepas dari gue, tp klo loe g bisa lepas dr gue, loe emamg letoy tp menutupi ke-letoy-an mu dg cangkem”
    Ngahhahahhaa 🀣🀣🀣🀣

    Guest
  30. Teror mental ini juga pernah dilakukan Mike Tyson di masa jayanya….lawannya sudah kalah saat tatap muka di press conference

    Guest
    • hanya 2 boxer yang tidak mempan dengan tatapannya tyson mas, yaitu holifid dan lenok luwis. akhirnya tyson lapar dan makan kupingnya holifid. hehe…

      Guest
  31. Psywar Marc sudah terlihat di tahun 2015. Dan dia mungkin menyesal terjebak kedalam perang mental Marc. Cobo deh tanya mat oklek

    Guest
    • Karena Yg lain lemot Kenapa Yg kenceng disalahkan ? Harusnya Bercermin . ini Balap motor Siapa Cepat Lewati garis finish Dia juaranya Bukan Yg terlemot Yg Jadi Juara

      Guest
    • Betul bro. Yg lain itu lemot semua. Jgn salahin marc bro. Ahlinya ahli moto gp. Tonton aja sambil rileks kan enak bro. Justru marc itu yg dibutuhkan moto gp saat ini untuk menaikkan rating. Karena marc moto gp jd terkenal.

      Guest
  32. salah satu kesuksesan besar kakek legend adalah membrainwash para minions, jikalau dia kalah itu semua karena motor dan teknologi rival lebih baik dan canggih, yang punya skills dewa hanya kakek legend seorang, yg lain dibantu elektronik dan ban ghoib.

    salah satu prestasi terbaik marq adalah menghabisi dan mengcounter attack psy war sang kakek legend yg meninggalkan trauma, sakit hati dan dendam seumur hidup di benak kakek legend dan para minions.

    you play drama, you get karma..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.