TMCBLOG.com – Sehari sebelum informasi rencana perilisan Yamaha XSR155 di Thailand ( 16 Agustus 2019), Mas Joe Motoblast mengirimkan ke TMCBlog satu hasil renderan karya dirinya mengenai calon motor baru Yamaha ini. Yap secara detail memang terlihat cukup mendekati seperti apa yang pernah TMCBlog ketahui dari sosok Yamaha XSR155 ini nanti sob . .

Mas Joko/mas Joe mengirimkan dua hasil karyanya ke TMCBlog yang pada dasarnya merupakan sosok motor bermesin 155 cc 1 silinder SOHC Liquid Cooled VVA dengan sasis Deltabox, swing-arm model banana dengan bahan alumunium, monoshock dengan link dan suspensi depan up-side down berwarna hitam.

Secara umum, seperti juga desain dari Bro Sendi sebelumnya, XSR155 yang dikira-kira oleh Mas Joko ini lebih mengarah ke gaya tracker ketimbang cafe racer, dan ini TMCBlog perkirakan cukup strategic dimana Yamaha tidak mau direndeng bareng dengan CB150 StreetSter. Ada diferensiasi dari style dasarnya sob. Aura vintage dari XSR155 dibuat lebih kentara dengan kehadiran paket lampu belakang bergaya retro disertai jok tipis dengan kontur ala ‘roti sobek’ yang memang jadi salah satu karakter dari motor tracker.

Gaya retro kental diperlihatkan saat sobat melihat detail garis bawah dari tangki bbm sampai kebelakang hampir membuat sebuah garus lurus. Memang sih, kehadiran Twinspar Frame bikin sedikit kurang retro, namun yamaha dapat menyiasati dengan menggunakan warna gelap pada sasis untuk menghilangkan kesan expose dari sasis. Pemilihan sasis twinspar sendiri merupakan upaya common-part tentunya yang bisa dipahami mengarah ke strategi menekan biaya produksi.

Mas Joko memberikan livery warna ulang tahun ke 60 Yamaha dengan warna dasar tangki kuning ditambah Racing Block dan  . . . menurut TMCBlog warna ini seger banget dan terlihat proporsional. Melihat antusias komentar di media sosial akan motor ini bisa jadi membuat YIMM tergerak untuk bisa menghadirkan motor ini juga . . Kalo menurutmu, perlu dirilis nggak sob di Indonesia?

Taufik of BuitenZorg

55 COMMENTS

  1. Perlu sih di rilis. Biasanya yamaha ini first mover. Apa nanti kalo ini rilis cb jadi update ke exmotion?.

    Ampun wak jangan di jaring lagi saya tobat wkwkwk

    Guest
  2. calon motor bagus nih, imho, cuma sayang, desain cakepnya ‘dirusak’ deltaboxnya. pakai sasis wr125 yang keluaran eropa jelas lebih masuk deh. di sini YIMM mestinya all out soal desain, jangan hanya ngejar common part (inget kasus xabre yang ‘terpaksa’ pakai knalpot r15 yang cenderung panjang HANYA karena kurang waktu buat riset knalpot yang lebih match dengan desain xabre secara keseluruhan

    Guest
    • Ni pendapat ane sih. Yg di jual yamaha sebagai keunggulannya kan selama ini deltabox dari pada merk lain. Jadi kalo segmen ini ngga di pake mungkin jadi lucu aja.

      Guest
    • Yh dijual uamaha selai dwltabox dan VVèA adalah surplus 5 CC nya di hampir semua kelas..ekekeke..eh satu lagi jual iklan BC ..

      Guest
  3. Kisah empat sekawan ini patut menjadi contoh teladan buat para fb jaman now. Gak usah gontokan gara-gara beda merk. Tomie nunggang GL Max. Udin nyemplak RXKing, Huda berbangga hati dengan RGR Kevin Schwantz.. sementara Henry? Cukup naek kebo.. kebo biru? Bukan.. itu tunggangan Henry jaman now.. jamane nom-noman naek kebo cokelat gak tanggung-tanggung 13 ekor..

    Guest
    • Apa khabar Sabre, Byson numpuk di gudang coy?
      Tonggos aja masih lebih laku bray drpd MT15,MT25 ama Byson digabung coy.
      Ngoahahahaha.

      Guest
  4. Berharap Yamaha boyong SR400 atau kalau enggak yang ekstraknya masuk sini biar mantap sangadd heheheh

    Pasalnya King banget bentuknya

    Guest
      • Setuju sob, terlebih memang pasarnya masih lega.. Meski ada W175 juga biar ada temennya.. Secara anak muda sekarang lagi demen model beginian toh.. Hehehe

        Guest
  5. Lebih mantep kalo yang 250 dibikin XSR Wak, lebih padet.

    Tapi kalo ini juga cakep Wak, apalagi yang joknya agak nungging kayak punya kakaknya.

    Guest
  6. liatnya masih aneh wak kl deltabox gtu utk retro,
    tp coba ditambah rangka di depan dari atas ke mesin buat dudukan mesin, kayanya jd lbh cakep tanpa ngilangin deltaboxnya, soalnya area depan mesin kan keliatan Kopong bgtu tuh,

    Guest
    • ngAt least it could ngenrich khasanah of the prodagh line up in yimm’s website………. gitu brorr.

      Guest
  7. Bagus renderannya kang motoblast

    Tapi seandainya nanti motor benerannya keluar kyk gini persis,
    Knalpot nya jelek. Klo tracker modelnya silender mengerucut panjang dgn cover bolong bolong warna chrome atau hitam matte.

    Sudah cukup hemat pake frame deltabox, swingarm, shock yg common part. Mboknya knalpot bikin baru lah modal dikit, pelit bgts hrs semua common part, pdhl liat dr kasus MT-15 itu knalpotnya gak match bet.

    Guest
  8. Kang, masih penasaran nih ama buritannya klo bener ini yg rilis nanti, kenapa ga ikut desain kakaknya ya,lebih cakep,kayak scorpio lama yg dimodif nungging. Strategi positioningnya ngikut w175 kah?atau kl dibuat nungging udah diwakili mt15? Klo boleh dibuat artikel analisis ini dong kang.kurang rela nih kl desainnya gak all out persis kakakny xsr700 atau 900.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.