TMCBLOG.com – Terhitung ada 6 pembalap test (test rider) factory yang sudah terlebih dahulu mencoba salah satu track baru MotoGP yang akan dihelat di musim mendatang yakni Sirkuit KymiRing di Finlandia. Keenamnya adalah – Michelle Pirro (Ducati), Jonas Folger (Yamaha), Sylvain Guintoli (Suzuki), Mika Kalio (KTM), Bradley Smith (Aprilia) dan Stefan Bradl (Honda) merupakan enam pembalap pertama di atas mesin Prototipe MotoGP yang merasakan sensasi sirkuit baru ini dalam keadaan track yang basah di test hari pertama. Mika Kallio tentu merupakan test rider sekaligus rider ‘akamsi’ di Finlandia dan berikut TMCBlog cuplikan pendapat mereka mengenai KymiRing.

Mika Kalio sebagai pembalap ‘Lokal’ mengatakan: ” . . Beberapa bagian sirkuit cukup pelan, terutama dalam kondisi seperti ini (basah). Dan mengenai aspal barunya dengan air cukup licin sepanjang pengetesan dan sulit untuk memperoleh feel terbaik. “

Bradley Smith menyatakan bahwa KymiRing benar benar berbeda dari sirkuit yang selama ini dikenal ” Cukup ketat, twisty dan pelan di beberapa tempat. Namun kita merasakan beberapa tempat (KymiRing) seperti Silverstone yang cukup rata  . . “ Secara umum Smith menyatakan KymiRing merupakan sirkuit technical terutama dengan hadirnya beberapa spot tikungan berjenis Off-Chamber.

Stefan Bradl tidak memberikan komentar teknisnya di pengetesan hari pertama ini. Btw, Stefan Bradl menorehkan sejarah sebagai pembalap pertama yang crash di KymiRing dengan motor kelas MotoGP ia hanya berkata : “Ini merupakan sirkuit yang menarik, cukup bagus bisa melakukan beberapa lap dalam keadaan basah. Sejauh ini baik baik saja.” Oh ya Stefan mencoba Kymiring dengan RC213V lengkap dengan penguat carbon di sasis (carbon-reinforced chassis) serta tidak lupa ‘ Bento Box ‘ di bagian buritan.

Michele Pirro merupakan pembalap pertama yang merasakan Kymiring dengan Desmosedici GP mengatakan : ” Ini merupakan trek yang asik, sulit untuk mengerti sirkuit ini dalam keadaan basah, saya berharap besok lebih baik dan kering. Bagian pertama sirkuit sangat cepat dan asik, bagian keduanya pelan namun menarik dan saya suka . . . ini merupakan sirkuit yang bagus buat MotoGP. “

Pembalap gaek yang merupakan test rider Suzuki, Sylvain Guntoli juga ikut memberikan pendapatnya mengenai sirkuit baru ini; ” Bagian pertama cukup bagus. Saya menyukai T1 dan T3-nya. Kita harus turun lalu naik menuju posisi pengereman sebelum memasuki straight “ Yap sirkuit KymiRing yang terletak 130 km utara Helsinki ini memiliki perbedaan elevasi sekitar 20 meter atara posisi terendah dan tertinggi.

Test Rider Yamaha, Jonas Folger belum memberikan keterangan impresinya mengenai sirkuit ini di hari pertama, namun ia telah mencoba Kymiring dengan motor Yamaha M1 berfairing hitam misterius. Kymiring sendiri terlihat seperti perpaduan antara Losail dan Valencia . . Tanpa sebelumnya mengetahui siapa perancangnya, buat yang banyak tahu layout sirkuit bakal ngeh kalo ini sirkuit tipikal kreasi Hermann Tilke banget, ada banyak jejak-jejak karakter ala Tilke di sirkuit ini . . . Kalo menurutmu sendiri tipikal seperti apa sirkuit ini bro ?

Taufik of BuitenZorg

89 COMMENTS

    • . . Kalo menurutmu sendiri tipikal seperti apa sirkuit ini bro ?

      tipikal sirkuit yg dibikin dengan niat serius, bukan niat politis.. heheheeee…

      Guest
    • “if I have a difficult bike but win, it’s not a problem” MM93
      yg perlu digaris bawahi DIA bilang “IF” artinya ‘kalau’ iya kalau pun susah tapi masih bisa menang ya ga masalah. Itu kalau pun susah ga masalah, kalau ga susah susah amat ya lebih ga masalah. Dari pada motor yg katanya mudah tapi ga menang menang? You know lah. Apa lagi motor susah & ga menang. You know jg lah..

      Guest
    • Boro boro official test, lahannya aja banyak yg belum bebas… Kalo Indonesia jangan dulu percaya deh sebelum fp 1 dimulai. Orang kita udah kenyang PHP.

      Guest
    • @Tak ada yang bisa

      Mungkin pertanyaannya di ganti
      “Kapan official test balap MOTOCROSS di Mandalika di lakukan?”

      Cukup pake trek tanah kan ?????

      Guest
      • Harusnya sih “Kapan official test balap SUPERMOTO di Mandalika di lakukan?”

        kasian kan kalo aspalnya nganggur ?

        Guest
  1. Lempengan nya cukup panjang nih, tp dengan topografi disana yg temperatur nya lbh dingin apa michelin menyediakan ban yg bisa menjaga ban tetap optimal di suhu kerja

    Guest
  2. Ada tikungan saling balas kayak cota dan buriram,ada hairpin juga kayak Sepang (cota dan buriram juga ada deng) khas Tilke emang

    Banyak tikugan lambat nya,ngumbar speed nya kayaknya di di main straight doang

    Guest
    • IMO
      T1-T5 ada “sensasi” Losail Qatar
      T5-T9 ada “sensasi” Cota Austin
      T9-T1 …kyk kombinasi “sensasi” Losail Qatar & Indianapolis US (namun ini di clockwise)

      kencang di 1/2 awal Lap, dan lambat di 1/2 akhir lap-nya
      Racing line nya juga terasa “sempit” ga banyak opsi racing line

      Guest
  3. Maaf ni sebelumnya, saya mau tanya…memang ciri khas rancangan nya Hermann Tilke apa ya???

    Sirkuit lebar dengan tikungan berbentuk curva lebar kah ato gimana???

    Guest
    • Tikungan patah2 yang tidak mengumbar cornering speed

      Kalo dipake motor, tikungan yang miring lama biasanya low speed, tikungan yang high speed biasanya tikungan cut through,, sebelum dan sesudah straight panjang biasanya tikungan low speed

      Guest
    • Tikungan uler kiri kanan bersambut, trek lurus yg panjang, sama hard cornering, cek sepang, cota, chang thailand. Sirkuit tilke banyak dipake jadi track F1.

      Guest
    • kayaknya tergantung arah sirkuitnya juga. kalo counter clocwise dan finish line deket tikungan terakhir bisa lah, tapi kalo sebaliknya, wassalam I4.

      Guest
  4. Mantap…ki miring udah jadi….sirkuit dimarih mah miring kagak…mencos kagak…cuma orat oret ga jelas….jakaterbaring kagak bangun2 lagi..seruntul jd sirkuit motocross yg bolong2?eh..itu jakarta mo jd tuan rumah EFormula dgn biaya 340milyar…mending benerin sentul..jadi in saham biaya renovnya….

    Guest
  5. Negara dengan tradisi melahirkan pembalap2 hebat, mulai dari pembalap Relly,F1,MotoGP,mxgp,dll
    Maka sudah menjadi keharusan mempunyai sirkuit sendiri.
    Oh ya sirkuit kimyring ini di peruntukan buat gelaran F1 juga .

    Guest
  6. gak papa straight sepanjang 1200 m, tetapi dari ujung ke ujung nanjak 120 m. bisa aja sih nanjak 240 m, tapi biasanya turunannya pasti lebih curam dan mengerikan.

    Guest
  7. Wah apakah pembalap pengumbar power slide akan dimanjakan ? Tp Inline bisa megang klo pas race dingin. Apa michellong menyediakan super soft Wak heeheehe ahhh hanya andai2 lumut

    Guest
  8. Test rider bilang Beberapa bagian lambat sebagian lagi cepat, klo F1 gak ada cerita semua tikungan dilibas dengan cepat ?

    Guest
  9. Gimana ya, kayaknya bukan tipe sirkuit yang bakal sering menyajikan pertarungan ketat antar pembalap (untuk motogp).

    Guest
  10. Gue heran para komengtator udah ngeJudge sirkuit mandalika.. padahal inikan proyeknya mulai september ini blm mulai udh pada nyinyir ente kecuali proyeknya gak sesuai target selesainya bru dah nyinyir… Mengenai lahan yang blm bebas itu kan yang bagian perhotelan dab sarana lainkalau untuk track udah aman kok lahanya.

    Guest
    • Wajar, mereka yg berharap di Indonesia ada sirkuit yg bisa menyelenggarakan MotoGP berkali-kali di PHP, makanya pas denger berita soal Mandalika kena masalah dikit langsung rame

      Guest
  11. Gue heran para komengtator udah ngeJudge sirkuit mandalika.. padahal inikan proyeknya mulai september ini blm mulai udh pada nyinyir ente kecuali proyeknya gak sesuai target selesainya bru dah nyinyir… Mengenai lahan yang blm bebas itu kan yang bagian perhotelan dab sarana lainkalau untuk track udah aman kok lahanya.

    Guest
  12. Bisa multi ring nih.. minimal 4 layout, ditambah mini sirkuitnya banyak bingit, terniat nih Finland.. gak jas jes jos bikin kagak.. ?

    Guest
  13. Perpaduan antara Suzuka, Nurburgring, dan Sepang, dan Buriram, itu menurut saya, hehe. Apalagi Chamber negatif ada di tikungan pertama Buriram dan Tikungan terakhir Sepang. Kalo di pake F1 bisa dapet 2 DRS.

    Guest
  14. stop buat sirkuit denan trek lurus terlalu panjang.
    anak bayi juga bisa bawa motor lurus. balapan seru itu salip salipan di tikungan.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.