TMCBLOG.com – Mengawang tiga tahun yang lalu ketika saat itu, via gambar render dari Young Machine yang dikirim bro Purnama Adi menghadirkan sinyalemen bahwa Yamaha sedang mempersiapkan sosok motor sport retro modern 250 cc dengan mesin common part dengan beberapa part seperti engine berperforma tinggi Yamaha MT25 yang Twin Inline itu.

Di kolom-kolom komentar artikel dan vlog mengenai XSR155 TMCBlog pun banyak sekali menemukan beberapa pertanyaan mengenai keputusan Yamaha mempertahankan sasis Deltabox di XSR155. Bukan kah sinyalemennya [kalo jadi] di Yamaha WR155 nanti bisa pakai sasis independent berjenis pipa turbular, lalu kenapa XSR155 tidak? Begitu pikir mereka.

Yes, melihat sangat positifnya penerimaan Yamaha XSR155 di publik Indonesia [walaupun motor tersebut masih untuk publik Thailand] TMCBlog melihat bahwa ada potensi market menerima kehadiran Yamaha XSR250 akan cukup baik juga. Terlebih jika kita lihat basis sasis/frame dari R25 dan MT25 yang akan menjadi basis dari XSR250 sendiri lebih merupakan sasis turbular yang punya aura ‘vintage’ lebih kental dibandingkan sasis twin-spar ala Deltabox. Lebih klop!

Jika pada generasi pertama MT25 adalah streetbike dari R25 yang boleh dibilang model/desain dari bagian tangki ke bagian belakang nggak ada perubahan dari R25. Namun sepertinya tidak untuk Yamaha XSR250. . Boleh dibilang bentuk body 100% nggak ada yang sama dengan R25 dan MT-25 dan ini jelas punya potensi akan sedikit memperngaruhi biaya produksi. Yeah its all about the money after all..

Namun jika ini dilakukan oleh Yamaha jelas akan banyak yang nungguin nih karena jelas XSR250 akan punya karakter tersendiri …ย  Mungkin pasar motor retro style tidak sebesar motor jenis Supersport . . Namun ya eksis. Menurut TMCBlog mungkin Yamaha malah bisa lebih fokus ke XSR250 ini lebih dahulu dibandingkan MT25, kalau menurutmu gimana sob?

Taufik of BuitenZorg

66 COMMENTS

  1. Gak ngajuin proposal buat review si “gesit” kang haji, sayang banget produk lokal yg di sia-siakan. Kalah pamor terus sama gegap gempita produk kompeni…

    Guest
  2. Yeah,mendingan xsr dulu biar gak kehilangan momentum ..jd yg penngen xsr tp 150 kurang nampol bs nunggu xsr 250 gak terlalu lama

    Guest
    • Betul bingitt.. new mt25 ga usah aja. Estrella aja lumayan laku padahal mahal,1 silinder, bentuknya kelewat jadul. Neo retro 2 silinder 250cc pasti lebih joss

      Guest
    • Vote XSR-250
      Apalagi xsr250 nya pake engine yg 3 cilinder (engine yg di siapkan menyambut ninin 4 inline)

      Guest
  3. XSR250 lah, desain lebih fresh buat pasar Indonesia. Niche market nih, bukan buat kaum mendang mending ๐Ÿ˜‚

    Guest
  4. Lebih ke yg 250.. Modelnya seger.. Apalagi jika besi tralisnya di cat ful colour.. Warna orange, ijo stabilo, atau biru juga keren..

    Guest
  5. XSR250 tetap harus ada, tapi MT25 New wajib duluan ada, karena XSR250 tetap statusnya turunan dari MT25, nanti jadi lucu kalo turunannya hadir duluan ๐Ÿ˜€

    tinggal ke depannya porsi mana yg lebih laku (prediksi yakin XSR250 yg lebih laku, kecuali MT25 New bentuknya sangar spt MT09 ato Z1000) itu yg volume produksi ditingkatkan

    dengan adanya ekspor, nothing to lose buat YIMM yg jadi pusat produksi, beda dengan sebelah yg mungkin masi ribut sendiri internalnya soal produksi motor retro

    Guest
  6. Sudah jelas MT25 (MT03), ini kan produk global dan pastinya ujung tombak Yamaha di kelas lightweight naked bike harus duluan dong daripada produk sampingan.
    Z400 sama Duke 390 sudah mengancam MT03 mulai keliahatan kuno.
    XSR seri lain pun kalah semua sama MT series dalam segi penjualan.

    Guest
  7. Andai mesinnya cp2, keduanya potensi bagus kayaknya. Klo tdk ya penempatan harga dan momenntnya ya xsr250 kyknya lbh klop.

    Guest
  8. Gausah pake basis MT-25! Percuma.. kemahalan ntar… Ujungยฒnya kaum MENDANG-MENDING, dan JAS JES JOS doang yg koaarยฒ tapi gada yg beli!

    Pake basis Scorpio aja, paket hemat. Uda khatam di pake utk bahan Kustom selama ini.

    W175 yg pake mesin jadul karburator trus di jual overprice aja laku keras.
    Nah klo pake bahan Scorpio kan bisa bejaban jg tuh, XSR 225 harga di tempel dgn W175.
    motor retro ga usah di kasih teknologi & fitur modern kyk VVA, slippery clutch, atau shock upside-down! Nambahยฒin cost aja. Yg penting model retro vintage nya dapet n gak overprice!

    Guest
    • Setuju gan, utk XSR250 bisa juga make mesin FZ25 biar jatuhnya lebih terjangkau. Kalau newMT25 sebaiknya benahi area buritan yg kepanjangan gak klop dng klan MT. Trus kalau ngasih harga jangan ke-pede-an ntar nasibnya kayak MT15

      Guest
    • Kalo ente mintanya begitu, harusnya SR255/250 trus bikin mirip SR400 yg sama2 sohc 2 valve, 1 silinder, air cooled, bukan XRS yg versi retro modern dari MT.

      Guest
  9. berkhayal ada Vanvan250. tapi…. hehehe

    waktu itu ni motor (MT25) masuk list recomended sama CBR250rr tapi melihat kondisi jalan penuh lubang dan poldur tinggi2. sayang2 juga motor bagus disiksa jalan begini.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.