TMCBLOG.com – Dalam Sebuah perbincangan Non-Formal sebelum acara awarding Kontes Mekanik 2019 antara tmcblog dan GM Technical Service Division PT AHM, Bapak Wedijanto Widarso. Beliau menjelaskan kepada tmcblog beberapa hal mengenai perkembangan dari Jaringan H2 dan H3 dari Honda atau AHASS yang merupakan singkatan dari Astra Honda Authorized Service Station atau bengkel resmi Sepeda motor motor Honda saat ini. Salah satunya adalah pernyataan bahwa saat ini animo Konsumen Honda Untuk men-service Motornya di AHASS sangat meningkat

 

Yes, awalnya tmcblog menanyakan apakah Saat ini Image AHASS masih sebatas Bengkel tempat Melakukan Service awal (KPB) dimana Konsumen kebanyakan melakukan karena Takut garansi motor dari pabrikan hangus. Jawaban baik dari Pak Wedi maupun Pak Ronaldo Wijaya Selaku Region head Astra Motor Jateng cukup mengejutkan. Apa itu?

Keduanya menginfokan bahwa di AHASS saat ini 70% dari Konsumen yang datang service Motor Hondanya Merupakan Konsumen Yang sebenarnya Sudah Lewat masa KPB ( Kartu Perawatan berkala). Sementara 30% yang lainnya merupakan konsumen AHASS dengan KPB yang biasannya melakukan Service Motor baru mereka.

Pak Ronaldo mengatakan bahwa memang Salah satu Key Succes dari Bengkel resmi apabila Konsumen pemilik Motornya mau tetap datang ke AHASS walaupun service KPB mereka sudah selesai ( Habis). Dan Untuk ini memang Menurut pak Ronaldo Bengkel resmi Honda melakukan banyak hal Yang juga salah satunya didasari dari Riset Yang didalami leh Divisi Customer retention Management ( CRM) dari Dealer/ main dealer. Salah satunya adalah program yang di Jateng dan sekitarnya dikenal dengan nama Ayo Ke AHASS.

Oke Itu adalah program dari regional Yang tentunya bisa jadi di regional ( Main dealer) lain Punya Program lain. Bagaimana Usaha/ program AHM Untuk semakin membuat key Succes ini berjalan ? Pak Wedi Mengatakan Bahwa akan ada Produk Layanan baru dari AHASS yang saat ini sedang dalam tahap Finalisasi Dan siap dibrojolin dalam waktu dekat. Weleh, Biasannya Strategi produk yang bikin kita kepo, Namun kali ini asli tmcblog malah kepo sama produk layanan.

Pak Wedi enggan menjelaskan Lebih lanjut mengenai jati diri produk layanan tersebut. Namun beliau memberikan sedikit Clue bahwa produk ini berupa sistem yang belum pernah dilakukan secara menyeluruh di semua semua AHASS yang ada di Indonesia oleh Divisi TSD AHM dan jelas akan sangat membuat Konsumen Sepeda Motor Honda mendapatkan tambahan After Sales Service yang Sangat berguna . . . ahhh Bikin kepo saja Pak Wedi ini . .

Taufik of BuitenZorg

 

14 COMMENTS

  1. Potongan harga biar lebih murah servis di ahas.. Dan pelayanan yg baik..
    Soalnya ada selentingan lek servis d ahas lebih mahal dari bengkel biasa..

    Guest
    • Biaya servis di ahass masih masuk akal dibanding dg total item yg diterima konsumen termasuk kenyamanan ruang tunggu dan fasilitas snack/drink dan wifi, malah di sebagian bengkel bisa dapat cuci motor gratis

      Guest
    • Kalo harga servis nya sendiri menurutku hampir sama dg bengkel biasa. Yang terasa mahal adalah harga part nya. Tapi buat aku ga masalah. Satu lagi, presisi tools nya paling penting. Ogah liat motor di ketok2.

      Guest
      • Iya se om.. part yg kadang juga harus inden dulu baru ada..
        Ketersediaannya harus di perbaiki..
        Selwbihnya puas..

        Guest
    • Di tempat saya udah dari tahun lalu (mungkin lebih) AHASS kasi layanan home service. Gratis biaya kunjungan kalo gak salah

      Guest
  2. Apakah itu? Jgan2 kayak HPM (Honda mobil) yg ngasih paket cermat untk perawatan selama sekian tahun. Sekalian perpanjang garansi jg..

    Guest
  3. Apakah pelayanan inden untuk slow moving parts di AHASS sudah lebih baik sekarang? Untuk yang seneng ngoprek sendiri ini masalah yang cukup penting. 😀

    Guest
  4. Ini dia yg bikin brand honda terus digandrungi di Indonesia. Pelayanan after sales nya coy…
    AHASS udh kaya frencise alf*mart / ind*maret setiap 2 km ada. Wkwkwkwk
    Buat ane sebagai kuli yg tiap hari pake motor ngerasa nyaman aja pake produk Honda. Bukan karena produknya tp karena bengkelnya bejibun ampe ke pelosok.
    1 sih menurut ane yg belum ada (atau ane yg kudet), layanan 24 jam yg stand by kalo ad trouble di jalan..
    Selebihnya top markotop. Selama pabrikan lain belum mampu seperti AHM dengan AHASS nya, ya semakin ketinggalan dah.. hahahaha

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.