TMCBLOG.com – Via Kojintekibikematome hadir satu gambar Paten Motor sport Fairing honda dengan Mesin dua silinder (twin). Yap dari gambar paten terlihat walaupun Mesinnya mungkin akan identik dengan mesin twin Honda CBR250RR namun ada beberapa pembeda yang menurut tmcblog cukup signifikan. Yang pertama adalah konfigurasi dari filter udara yang tidak lagi diletakkan di atas silinder, melainkan di Bagian bawah dari Jok Rider. Ini jelas malah mirip desain dari peletakan Filter udara dari CBR250R bermesin Single.

Dan Perbedaan kedua tentunya adalah konfigurasi sistem Knalpot dimana dua leher knalpot awal yang keluar dari manifold exhaust bertemu di sebuah silinder besar (31) bagian bawah dari mesin (underbelly). Menurut tmcblog bagian tersebut isinya merupakan part katalitik konverter (No 32)

Setelah itu yang menarik lagi adalah pasca masuk ke Katalitik Konverter, gas buang kembali terbagi dua leher dengan diameter yang berbeda ( 36 dan 37). Kedua leher knalpot berbeda diameter tersebut masuk ke satu bongkah end Muffler.

Sobat bisa lihat bahwa end muffler memiliki dua jenis saluran. Bagian atas (36) merupakan Saluran lebih bergaya ‘ free flow ‘ di mana gas buang seperti di hembus langsung keluar. Sementara Bagian bawah (37) dibuatkan ruang ruang bersekat seperti layaknya muffler standar pada umumnya . yang bikin kepo setengah mati juga ada Part No 39 yang menurut salah satu komentar di artikel ini bisa jadi merupakan Motor servo untuk memilih mau ewat mana itu saluran Gas buang . .

Menurut Kacamata TMCBLOG, Terlihat sepertinya Honda berupaya membuat dua mode muffler yang bisa jadi punya efek ke Performa. Sinyalemen tmcblog adalah Muffler seperti ini punya kans akan hadir menggantikan end Muffler double barrel yang saat ini nemplok di CBR250RR. Tapi kenapa Gambarnya CBR250R ? Bisa jadi itu cuma buat Kamuflase belaka dari tujuan utama Honda. Ke depan mungkin akan hadir model CBR250RR mesin twin dengan muffler dual tone dan Swingarm bananaย  . ..ย  Kalo menurutmu gimana sob ?

Taufik of BuitenZorg

57 COMMENTS

      • CBR Jomblo yg d idam si Jasjesjos Darmo brtahun2 tp g mmpu trbeli? Mbitpun jd plampiasan… ๐Ÿคฃ

        & Namex jd plampiasanq, sdang R25 udh mbluduk… ๐Ÿ˜‚

        Balada Fby & Fbh garis ruwet ๐Ÿคญ

        Guest
  1. Disitu ada semacam motor servo wak, bisa jadi kayak katup EXUP di yamaha, cuman bedanya kalo di yamaha katup ini hanya di satu jalur pipa knalpot, nah di gambar paten sepertinya akan hadir untuk memindahkan jalur buangan exhaust dari pipa kecil ke pipa besar yang free flow, wah bisa jadi dual mode (sound + power) exhaust nih, inovasi yang keren dari honda, ckckckkk…

    Guest
  2. mantap juga nih idenya honda untuk bikin exhaust begini, bisa dicontoh buat para pengrajin knalpot lokal ๐Ÿ˜€

    Guest
      • Baru ngeh wak. Itu mesin plek ketiplek cbr jomblo. Patent lebih mengarah kesisi knalpot, yeps ini kamuflase saja. Update CBR250RR jelas knalpot baru tambahan qs-asc, ess, rims dan keylesss

        Guest
    • downdraft masih, tapi letak filter di bawah jok dibandingkan ada ram air dari depan, akan beda karakter. secara umum boks filter tanpa ram air bagus di putaran bawah menengah, boks filter dengan ram air bagus di putaran menengah ke atas.
      bisa jadi dengan tidak adanya ram air, sistem knalpot dibuat 2 macam, yang restricted bagus untuk rpm bawah menengah (torsi bagus), sedangkan yang free flow untuk rpm atas (membantu performa karena sudah tidak pakai ram air). knalpot ini nantinya akan berfungsi otomatis atau dipilih secara manual oleh pengendara itu yang belum jelas. jika otomatis berarti memang berfungsi untuk meningkatkan performa. seandainya manual pun, tetap bisa jadi opsi yang menarik.

      Guest
  3. Gak downdraft lagi dan kemungkinan ga pake ram air intake lagi, ngakalin peformanya dari konfigurasi knalpot mungkin

    Guest
  4. Mungkin klo ini v twin 250cc,perkiraan saya untuk jaga” ninja 250 4 silinder keluar. Apalgi katanya yamaha jg bisa buat 3 silinder. Nah v twin ini kyknya levelnya CP2. Ayolah pabrikan cepet brojolin.

    Guest
    • terus akhirnya aprilia gerah dan bikin 250cc V4 buat jepang dan indonesia, kelar dah semua nya pada mingkem kalau V4 250cc lewat, moga aja ya wkwk

      Guest
    • Menurut sy 250cc v twin,CP2,3,4 silinder masih wajar. Tapi kalau buat v4 itu namanya pabrikan pemborosan,mau dijual brapa. Mungkin ada yg beli tapi penjualan gak bakal bs ngalahin mesin keempat diatas. Cuma pendapat seh

      Guest
    • Ayo cepatlah brojolin pabrikan. Biar g monoton 2 silinder suaranya gtu. Minimal kyk py benellilah suaranya atau croosplane nya yamaha.

      Guest
  5. Mungkin tetap 1 silinder tapi leher knalpotnya 2 kayak thunder 250. Pasti gara2 emisi gas buang, maklum mesin 2011 (mungkin lebih tua lagi).

    Guest
  6. Wah knalpot double barrel nya bakal langka nih,padahal banyak yg nyari buat di templokin ke xmax dan semacamnya

    Guest
  7. kaya servo knalpot nya Yamaha R6 wak, biar ngakalin lolos emisi udara dan suara ketika crusing rpm rendah tp servo nya ngebuka ketika rpm tinggi buat performa unik sih tp duit tambahan lg pasti buat ngkalin servo nya

    Guest
  8. Eveknya dapat 3 grafik tenaga nih.
    Mungkin di RPM Rendah memanjakan Torsi Mesin, RPM Tengahnya Torsi Mesin seimbang dan RPM Tinggi Tenaga akan maksimal.
    Seperti punya Knalpot Mugen.

    Guest
  9. Technology honda sejak era 2 tak pada tahun ’85 an. System buka – tutup saluran buang, servo mengontrol katup butterfly ex berdasarkn kerja cdi & chip. Bentuk efisiensi dr hasil pembakaran.

    Guest
  10. Kayanya bukan kamuflase deh wak soalnya menurut saya pasar global lebih tertarik model cbr 250r ketimbang model cbr 250rr yg terlalu nunduk

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.