TMCBLOG.com – FYI, test Jerez dilakukan setelah MotoGP Jerez, begitu pula test Catalunya dan test Brno. Test Misano merupakan satu satunya test resmi MotoGP yang dilakukan di sirkuit dimana race belum dilakukan pada sirkuit tersebut. Sehingga tidak heran bahwa pada test resmi kelas MotoGP yang dihelat pasca race MotoGP Silverstone kemarin ini selain bertujuan jangka panjang yakni persiapan di musim 2020, namun juga punya tujuan jangka pendek yakni race weekend MotoGP Misano itu sendiri. Yamaha misalnya melakukan dua agenda: Persiapan Yamaha M1 2020 dan Persiapan Yamaha M1 Versi Misano 2019. Untuk persiapan Misano akhir pekan ini, Yamaha terlihat sudah siap dengan minimal 3 items baru yakni Front Brake Cover, Swingarm Carbon dan Muffler Exhaust Double Barrel baru. Yap bukan hanya helm Rossi doang yang bakalan hadir special, paket motornya juga akan special – walau nggak pake telor tentunya.

Nah beruntung Sky Sport mewawancarai seorang yang paling tahu mengenai keadaan paddock Monster Energy Yamaha MotoGP team ini – Massimo Meregalli. Dan ternyata team Manager Yamaha ini tidak pelit dalam menyampaikan informasi mengenai apa yang mereka peroleh dari pengaplikasian part-part baru di test Misano untuk bersiap di race weekend MotoGP Misano akhir pekan 15 September 2019 ini.

Menurut Maio, feedback positif yang diperoleh dari Maverick dan Valentino membuat team jadi lebih optimis ketimbang hanya melihat dan menganalisis data. Dan Meregalli pun menyampaikan secara detail efek pengaplikasian dua part baru di Yamaha M1 . . yang pertama adalah Swingarm Carbon.

swingarm Carbon Yamaha M1

” Penggunaan swingarm carbon disetujui oleh mereka, menghasilkan stabilitas dan traksi (ban) lebih. Bukan pada posisi biasa, namun ketika membangunkan motor (setelah menikung). Walaupun kami belum melakukan simulasi race (dengan swingarm carbon) tetapi kami berharap part ini akan lebih sedikit membuat ban stress. Swingarm baru juga lebih ringan dibandingkan swingarm alumunium – dan menghemat bobot tentu adalah sesuatu yang bagus. Kami juga mencoba cover rim (brake disk cover) untuk meningkatkan koefesien drag. “

Dari penjelasan Meregalli, terlihat memang tujuan dari penggunaan cover cakram rem depan lebih ke masalah aerodinamika ketimbang sesuatu untuk mengamankan atau mengatur suhu dari cakram rem depan carbon seperti yang sudah dipakai oleh beberapa pabrikan sebelum ini. Dan bagaimana soal muffler double barrel ? Mengenai part yang sekilas memang mirip muffler yang dipakai Suzuki GSX-RR ini Meregalli juga angkat bicara.Β  . .

DoubleBarrel Muffler Yamaha M1

” Kami memulai pengetesan sistem exhaust baru yang membuat power lebih linear. Ini artinya power hadir di setiap kurva (Rpm). Semenjak awal sampai geberan throttle dibuka 100%. Kami memperoleh tambahan beberapa Horse Power “ Yap sepertinya paket yang diberikan kepada Maverick Vinales dan Valentino Rossi bukanlah ‘paket kaleng kaleng’. Ini disinyalir adalah paket lengkap yang diharapkan cukup memperbaiki beberapa aspek ke-inferioritas-an Yamaha M1 sebelumnya. Terlebih lagi sirkuit Misano adalah ‘Halaman Belakang Rumahnya’ Valentino Rossi sendiri . . Harus sesuatu yang special dong . .

Taufik of BuitenZorg

40 COMMENTS

    • Jgn, bro… Ntr pnsiun gmn? 😡🀫
      Biar pnasaran trs & nekat balap hgg Mandalika siap… Stlh tu y gpp πŸ˜‚πŸ€­

      Guest
  1. ymha nmpknya butuh untuk segera mnguji part baru yg bs sgra diaplikasikan diluar enjin yg segel.. mskipun 3 item itu, cover rem dpan sdh duluan dcati, crbon arm jg sdh dpke pbrikan lain, bhkan mufler pun mirip suzi yg sm2 i4, mgkin krn pbrikan knlpotnya sm2 akra jd model risetnya mirip mski pnjg pipanya kyaknya beda…

    Guest
    • Biasanya knalpot itu pabrikan bikin sendiri soalnya bs dikatakan satu kesatuan dgn mesin yg cukup penting,apalagi tuh mesin berstatus prototipe yg kerahasiaannya sangat dijaga
      Brand knalpot tinggal tempel emblem doang, kecuali WSBK biasanya emang asli bikinan brand itu,cmiiw

      Guest
  2. Semoga kompetitif, biar makin seru race nya

    Data stress ban saya harap akurat, ntar pas dipake eh ban masih gampang brodol, mundur teratur lagi nanti

    Guest
  3. “Walaupun kami belum melakukan simulasi race…….”

    Tipikal banget.. ngejar laptime tercepat buat ” 5-6 lap di track terus masuk pit ganti ban”Β 

    Guest
    • Jadi mereka ini menganggap ngetes part baru cuma buat gegayaan fastest lap doang? Gak diuji juga seberapa ngefeknya sama balapan? Terus gak simulasi race. Fix, juara seri ini kalau bukan Markozel, Rins ya Petruk. Kelakuan Yamama sekarang emg bikin ngakak lah.

      Guest
    • Sepertinya bakal dikamplengi Ducati & Honda (lagi).

      Dan versus Suzuki akan jadi ajang pembuktian mana inline superior, mana inline inferior

      Guest
  4. Cover Cakram Yg menghasilkan Aerodinamika Legal kah ? Apa Ini Sma Kya Sendok Swingarm ? (Yg penting gak Nyebut2 Aerodinamika ? )

    Guest
  5. Omg kakek leujeun telat bangun..olang udah capek aplikasiin d motolnya…hmm kykx ngampaz jilit ksekian ni haiyyaaa

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.