TMCBLOG.com – Selain Ninja 250 4 silinder, Jelang berbagai gelaran pameran dunia seperti TMS2019 dan Eicma Milan Kawasaki Juga ternyata tidak mau ketinggalan Momentum. Via twitter Kawasaki Inggris Berceloteh bahwa Kawasaki akan merilis lagi keluarga Motor motor supercharge mereka segera . . tidak ada tulisan Z series di kicauan Twit tersebut, namun di Video teaser jelas tertulis hurup Z besar.

Sebelum ini Kawasaki sudah dikenal telah memperoduksi beberapa Sepedamotor kencang dengan teknologi Supercharger, sebut saja Ninja H2, HR dan H2 SX. Nah Untuk Seri Z ini tmcblog mensinyalir sepertinya Z1000 series yang akan dibenamkan sistem Supercharger. Oh Ya beberapa tahun Yang lalu di EICMA 2015 Kawasaki Sempat memamerkan Konsep kawasaki SC-02 Soul Charger yang menurut Kenji Tomida President Kawasaki Motorcycle and Engine Company division memiliki kemungkinan kapasitas 9cc) yang lebih kecil dari pada Kawasaki H2 yang meiliki kapasitas mesin 998 cc

Untuk Sobat ketahui Supercharger dan Turbocharger adalah sistem kompresor udara yang akan memadatkan udara untuk disalurkan ke Ruang bakar. Udara yang padat/ densa jika di bakar di ruang bakar akan membuat ledakan yang sangat Kuat dan Muaranya akan menaikan Performa motor. Jika turbo charger proses pemadatannya memanfaatkan Kitiran Turbin yang digerakkan oleh udara Exhaust/ Knalpot

Sementara Supercharger menurut wikipedia (juga dikenal dengan blower), adalah sebuah kompresor gas digunakan untuk memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga. Sebuah supercharger ditenagai secara mekanik oleh sabuk-puli, rantai-sproket, maupun mekanisme roda gigi dari poros engkol mesinĀ  . . . bakal Masuk Indonesia nggak Ya ?

Taufik of BuitenZorg

16 COMMENTS

  1. mantap nih kawak, meski yg namanya motor naked kurang sip kalo dipake kebut2an, setidaknya “gimmick” supercharger yg terbukti bikin H2R dapet rekor dunia motor 1000cc kencang bisa bikin nama harum di setiap motor maspronya yg dibekali ini teknologi.. apalagi harga gk terlalu premium, makin joss

    Guest
  2. Lama2 motor udah kayak mobil, cc di kecilin tapi di kasih turbo/supercharger biar setara cc yg besar. Untung aja gak ikutan ngurangin silinder (mesin mobil 1400-1700cc 4 silinder, diluar negri sekarang udah mulai diganti 1000cc 3 silinder turbo).

    Guest
  3. turbo charger itu sudu penghisap udara ( turbin sekunder)digerakan oleh putaran turbin yg bergerak karena dorongan gas buang ( turbin primer). turbin primer dan sekunder di hubungankan dengan poros ( satu poros.
    Super charger itu tidak ada turbin primer, sedangkan yg menggerakkan turbin sekunder adalah putaran dari mesin itu sendiri ( entah dengan prinsip reducer atau increaser)

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.