TMCBLOG.com – Per 29 September 2019 Yamaha factory racing WSBK ( Pata Yamaha ) mengumumkan perpisahan dengan Alex Lowes di akhir Musim WSBK 2019 nanti dan ini sempat menimbulkan tanda tanya soal siapa yang akan menggantikannya sampai akhirnnya baru saja hadir informasi resmi dari Yamaha Racing bahwa Toprak razgatloglu akan Berpartner dengan VDM di Pata Yamaha WSBK 2020

Toprak Razgatlioglu adalah Pembalap WSBK asal Turki yang baru saja Manyabet dua kali Juara race berturut turut di Race 1 dan Superpole race WSBK Seri Magny Cours 2019. Ia hadir di Paddock WSBK mulai tahun 2015 sebagai peserta Balap Superstock 600 dan lansgung memenangkan Musim debutnya saat itu, sebuah tanda tanda bahwa ia memang bukan pembalap biasa.

Tahun 2016 Toprak naik ke Kelas Eropa 1000 cc Superstock dan menjadi penantang Juara Dunia selama dua Musim berturut turut sampai akhirnnya tahun 2018 naik ke kelas Primer WSBK. DI tahun debutnya, Toprak langsung menghadirkan muyul kencang setelah berhasil mengamankan dua kali finish PodiumP2 di Donington Park dan P3 di Argentina.

Sementara itu di 2019 sampai seri Magny Cours terlihat pembalap yang berada di bawah Manajemen Kenan Sofuoglu ini kian terlihat cemerlang. Podium 2019nya dimulai dari WSBK Imola dan terus berusaha konsisten finish podium setelah itu sampai puncaknya kemarin di Magny Cours dua kali Juara dimana ia start dari Posisi 16 dan berhasil finish P1.

So Sampai saat 01-10-2019, Grid WSBK 2020 yang sudah fix adalah :

  • KRT  : Jonathan Rea
  • ARUBA DUCATI : Chaz Davies Dan Scoot Redding
  • PEDERCINI KAWASAKI : Jordi Torres dan Lorenzo Savadori
  • BMW MOTORRAD : Eugene Laverty dan Tom Sykes
  • HRC: Alvaro Bautista
  • PATA YAMAHA : Toprak Razgatlioglu dan Michael Van Der Mark

Perpindahan Toprak dari Kawasaki ditengarai berawal dari kejuaraan Balap Endurance Suzuka 8H 2019 dimana saat itu Manager Kenan Sofuoglu merasa Kawasaki Tidak memberikan kesempatan yang sama kepada Toprak yang satu team dengan Jonathan Read – Leon Haslam dalam membesut Kawasaki ZX-10RR di team Green. Kegeraman Kenan dan Toprak berujung pada berpalingnya mereka ke Yamaha. Menarik melihat bagaimana Agresifitas Toprak Tahun 2020 dengan Yamaha R1, apakah juga akan menjadi sandungan Buat Rea selain Kehadiran Redding di Ducati dan Bautista di Honda ?

Taufik of BuitenZorg

26 COMMENTS

  1. Coba sponsornya ganti sterilgarda,siapa tau bisa juara dunia lagi

    Aaron canet aja hampir bisa dipastikan juara tuh,walaupun pake KTM ?

    Guest
  2. Widih.. Bener berarti dugaan bang Toprak ke Yamaha
    Ya udah deh.. Yeni takıma katıldığınız için tebrikler, iyi şanslar ve her zaman muzaffer kupayı almak. Semoga sukses ?

    Guest
  3. Kadang suka bingung liat pembalap turki binaan kenan sofouglu.
    Si toprak sama oncu brother termasuk bersinar untuk pembalap turki dan itu pembalap binaan yang tidak punya ikatan darah atau saudara sama kenan sofouglu.
    Nah pembalap binaan kenan yg punya ikatan darah kaya bahattin sofouglu sama siapa yak 1 lg yg pernah ikut asia talent cup. Eh malah melempem ?

    Guest
    • Seharusnya anda baca kenapa dia pindah dari kawak… Gini nih orang yang cuman baca judul doang…
      Indonesia darurat membaca…

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.