TMCBLOG.com – Lagi lagi Majalah Young machine bikin spekulasi, di konten majalah terbarunya YM menghadirkan renderan Motor yang bentuknya mirip banget dengan big bike Suzuki Katana namun dengan beberapa detail mirip GSX-R125/R150 . . yes itu adalah Renderan Spekulatif Suzuki Katana 125 . .

Sebenarnya Renderan serupa pernah juga dilakukan oleh prender Lokal Indonesia Julak sendie yang menurut tmcblog sepertinya malah lebih proporsional. Namun secara umum Katana 125 ini menurut info YM masih menggunakan Common part mesin dan sasis utama dari GSX-R125 series dengan kemungkinan perbedaan di bagian subframe belakang. Mengenai Body sudah pasti berbeda sangat signifikan karena mengikuti Patern Corporate Katana series yang sangat Unik dan boleh dibilang hanya suzuki Yang memilikinya.

Dalam pertemuan antara Suzuki Global dengan Blogger Otomotif Indonesia di jakarta akhir tahun 2018 yang lalu selain mengutarakan niat Menghadirkan Katana 1000 tahun 2019 di Indonesia Suzuki Juga sempat menggulirkan wacana Liar Mengenai Suzuki Katana bermesin DOHC 150 cc Liquid Cooled Satria. Atau Satria katana, atau Katana 150 ? Yap rencana ini sebenarnya cukup menarik.

Manarik karena Bicara katana tentu akan memberikan diferensiasi yang sangat kental terhadap Produknya dan akan membuat Katana sangat berbeda dengan produk Produk NakedBike 150 cc lainnya. Namun secara market memang agak sulit karena Saat ini pasar Motor sport memang boleh dibilang stagnan di antara angka 10%- sampai 15% saja fluktuasinya.

Artinya ada tresholdnya dan membuat Pebaikan agak ‘malas’ memberikan Update yang terlalu heboh pada update Produk ataupun sampai jor joran membuat banyak Produk derivative seperti ini , revenuenya kecil buat Pabrikan Broh, mending skutik begitu kira kira. . Namun kalo sempet jadi sih, Suzuki termasuk banyak menghadirkan Produk derivatif nakedbike 150 cc . . GSX-S150, GSX 150 Bandit dan tentunya GSX 150 Katana . ..  wiiihh . . Kalo menurutmu gimana sob ?

Taufik of BUitenZorg

69 COMMENTS

  1. Keren kok..tp jgn nanggung..ntu deltaplastiknya dibikin semirip mungkin dgn versi mogenya biarpun cuma plastik..dan desain knalpot jgn pake gsx dong..

    Guest
  2. Saya pribadi kalau harus pilih antara GSX-S150 dan GSX150 Bandit dengan sepeda motor rumor ini, jelas saya pilih ini. Apakah memang bakal dapat nama Katana 150 kalau resmi produksi SIS? Karena Katana 1000 terbaru sendiri juga dibangun dari basis GSX-R1000, mungkin Katana 150 bisa juga dibangun dari basis GSX-R150 hehe.

    Guest
    • Katana baru basisnya dari gsx s1000, gsx s1000 pake mesin gsx r1000 2005-2008 yg ke sunat dari 178hp ke 150hp gara2 euro 4.

      Guest
  3. Kata blog sebelah, Suzi lg fokus matic Wak. Ditambah kata blog sebelahnya lg Suzi lebih fokus ke Indihe untuk R2. Jadi untuk warg Indo harap bersabar yak, walopun ane dalam hati ngarep juga :v

    Guest
  4. Palingan pasarnya kecil,ngapain diseriusin
    Mending bikin Neo classic kayak SV650 atau Vanvan pake mesin GSX150,lebih punya pasar

    Guest
    • sisusi indo mah kl maen retro, kagok retronya (cth. sisusi lets)
      pdhal maenan retro modalnya dikit, macam w175 tp lumayan laku dan pasarnya mateng

      Guest
  5. Gak usah aneh2 lah, motor super segmented banget.
    Mending si bandit di sulap ala2 sv650x, itu yg bakal ane lakuin kalo punya bandit 150.
    Lampu ganti bulet + tamengnya, jok ganti model “roti” di bagian pengendara, knalpot ganti model fufi tapi di gedein.

    Guest
  6. Kalau kita ingin lebih menerka design suzuki katana 150, ya gitu… Manfaatkan segala yang ada saat ini saja, alias nyomot kanan kiri dari produk yg sudah ada, baik itu headlamp, stoplamp, panel body samping, undercowl, speedo, sampai lampu sein dan spion bisa sama…

    Guest
  7. saran aja, klo mau bikin Katana 150 mending dibikin pake karbu biar laku, supaya yg beli bisa setel brebet yg katanya ‘setelan anak gaul’ ? klo pake injeksi ntar sulit laku kayak kasus satria injeksi

    Guest
    • kl karbu, ngakalin urusan euro-euro nya bijimana? bisa2 mesin lejend FXR jd lemot macam sikebo. yg edisi terakhir satria fu karbu saja tenaganya payah

      gw rasa injeksi juga sekarang gampang otak atik, buktinya matik2 karbu sdh pada punah diganti injeksi tapi yg modif matik cabe2an banyak2 aja

      Guest
    • Kalo mau modal dikit injeksi di setting brebet, nembak2 lebih gampang, tinggal pencet tombol doang,,
      Modal ecu ato piggyback aja

      Guest
  8. paling ujung2 nya pake tangki gsx lampu juga comot dr gsx..cuma bedain fairing dikit….jok dibikin kaya gsx s aja sekalian…mainin warna aja model kaya bg bike nya…pabrikan budeg ya budeg aja….

    Guest
  9. katana itu identik 4 silinder segaris dr mulai 1100,1000,400,sampai 250 itu 4 silinder semua

    pengen diketawain suzunoki Rin bikin katana 1 silinder? ?

    Guest
    • dijepang udah ada yg bikin Katana 50cc 1 silinder malah.

      mesin dohc nya ini udah nilai plus. tinggal ngepasin aja dibikin sama persis dgn original katana nya dan jgn terlalu comot common part produk yg udah ada kaya bandit.

      Guest
    • yahh, mungkin takdirnya gak sama dengan abang2 Katana lainnya… tapi tetep bakal di bela sampai darah penghabisan walau seaneh apapun model yg lahir dari Suzuki…
      terutama dari beye pettanko macam Onsa.
      .. ?

      Guest
  10. Kadang bran S ini suka bangedh PHP-in konsumen..
    ?
    Kami menantikkan Shogun Reborn dengan mesin 150 DOHC-nya Suzuki yg sudah sangat terbukti..
    Kami rindu produk Suzuki yg selangkah lebih maju dari kompetitor & dengan harga yg lebih kompetitif..

    Guest
    • Gsx r/s 150 kan dah selangkah lebih maju pake keyless duluan dan harga juga lebih murah, rindu2 doang beli kagak loe berarti yang PHP in suzuki

      Guest
  11. mending ini lah.. headlamp sma fairing samping bkin keliat beda dri gsxS/bandit yg kliatan mirip2..
    sis tlong nih mtor di brojolin.. basis gsx yg ciamik udah ada, tinggal ganti2 bodi aja

    Guest
  12. andaikan bandit 150 plek sperti ini, yakin lebih laku.
    kalo bandit 150 yg sekarang sih desainnya (maaf) parah banget jeleknya gak ketulungan

    Guest
  13. Fix ya…for fans only.
    Yang cuma bisa mending-mending monggo pilih yang lain.
    Sijuki bukan mau membesarkan MS roda dua.
    Model jelek pun masih lebih laku drpd merk Eropa lho.

    Guest
  14. klo aja buritannya meruncing sprti byson lawas mantap nih.. depannya udh anti mainstream.. suka bangga pake motor keren dan jarang ada dijalan wkwk.. ky z250 lawas gueh..

    Guest
  15. Dulu di blog ini kl gak salah sudah ada komentator yg pertama kali berharap agar Suzuki membuat Katana 150cc memakai mesin GSX-R 150

    Tapi kala itu ditanggapi negatif oleh komentator lainnya

    Hehehe….

    Guest
  16. suzuki di Indo mah cuma buat konsep ama pajang motor kerenya di pameran doank, di rilis di mari mah kaga.. yang dirilis malah yg ga laku

    Guest
  17. Satria ngutil tengki jadi bandit..
    Satria mo idul adha-an jadi katana
    Satria jomblis kedinginan ya tetep Satria

    ??

    Guest
  18. Bersyukur.. Alhamdulillah.. Motor2 sekarang keluar baru malah tambah beruk bentuknya.. Jadi motor ayas.. Ttp bisa ayas lihat keren.. Dan kalo bisa g usah di facelift2 legi dech.. Please..

    Guest
  19. S7 , mending ( terpaksa jd bani mending nih ?) mesin inazuma atau apalah minimal 250cc. Suzuki kebiasaan merusak desain moge di cc kecil ( kasus bandit). Padahal desain mogenya keren2.

    Guest
  20. Haiyyaaa….. yang kueleeen ploduk ploduk si suki cma pupi ama gsxr doang… yg lain no comen kekekeke

    Guest
  21. klo katana mini pake mesin inazuma double muffler, harga maksimum 45???
    tapi powernya di tambain ya jgn memble kaya inazuma.

    Guest
  22. Yang suka Katana 1000 adalah om-om umur 40-50 tahunan yg di masa mudanya di tahun 80an melihat motor itu sangat ganteng. Dan ga heran ketika di tahun 2018 Suzuki mereborn Katana banyak yg suka, ya karena mereka udah tajir dan bisa beli. Seperti anak muda 90an yg sekarang mulai rajin nyari info NSR seken, atau FIZR mulus, atau RGR untuk me-reka ulang ingatan masa kecil/masa mudanya.

    Kesimpulannya, melihat pasar sport 150 yg lesu dan kebanyakan peminatnya dalah anak muda 20-30 tahunan. Sy ragu motor ini bisa diterima pasar. Di manapun itu.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.