TMCBLOG.com – Bekacamata dengan Frame tebal, Potongan rambut Rapi dan selalu ada di Paddock Garage Repsol Honda . . ia adalah Carlo Liuzzi yang sekarang menjabat sebagai Insinyur Elektronik ( Elektronik Engineer) dari Juara dunia 8 Kali Marc Marquez. Jumlah team dari Marc Marquez sendiri ada sekitar 9 Orang. Lima di antara ke-sembilan orang ini mengikuti Jejak Marc semenjak Moto2. Dua dari sembilan anggota team berasal dari Italia di antaranya adalah Mekanik Roberto Clerici dan Carlo Liuzzi. Kita akan bahas fokus ke Carlo ya. Seperti Juga Santi Hernandez, Carlo ini mengawali karir sebagai mekanik Suspensi Namun di team Formula 1 Benetto dan team lain, namun jelas Passion Utamanya adalah Sepeda motor.

Carlo Liuzzi ini memang memulai karir dari roda empat. Lompatan terbesar Carlo ada di tahun 2000 ketika ia menolak satu ajuan dari team F1 untuk selanjutnya lebih memilih ke salah satu team GP125 Kepada Mundo Deportivi Liuzzi berkata : ” Saya pergi ke Inggris karena mudah mencari pekerjaan di bidang Motorsport. Saya ini tidak pernah menyukai Matematika, Namun saya memperlajari teknik karena saya ingin bekerja (di bidang) Sepedamotor “ setelah dari GP125 Carlo Liuzzi sempat berlabuh ke team Superport dan WSBK bersama Davide Brivio yang sekarang team Manager Suzuki Ecstar dan Juga Massimo Maregalli.

Mengenai Nama Nama besar yang pernah ia tukangi adalah Jorge Lorenzo ketika di Team Yamaha 2008-2009 setelah itu 2010 ia pindah ke honda dan menangani beberapa Pembalap penting Repsol Honda seperti Andrea Dovizioso dan Juga Casey Stoner. baru tahun 2013 ia menangani Sosok Marc Marquez. Sebenarnya Di tahun ia menerima tawaran menangani Marc, ia juga sedang menungu resume yang ia layangkan Ke Ducati, Namun akhirnnya pelabuhannya tetap ke team Marc Marquez, tetap di Repsol Honda.

Ketika Pertama kali menangani Marc, Carlo sudah mengerti bahwa ia adalah pembalap yang spesial ” Kita bisa bekerja tahunan dengan pembalap ‘ normal’ , Namun lalu seorang pembalap yang sangat kuat hadir menjelaskan sesuatu padamu, (rasanya) seperti berada di dunia yang berbeda. Jika kamu menyuruh saya mencari area mana Marc tidak berada pada level 100% maka saya tidak akan menemukannya. Ini Merupakan sesuatu yang Luar biasa. Ia merupakan sosok yang tidak pernah merasa lelah untuk berkembang dan ia seperti terlahirkan untuk menjadi Seorang Perfeksionis “

Yang menarik adalah Ketika Carlo menganalogikan Marc Marquez Sebagai tokoh Hyde dan Jekyll, yap hampir memiliki dua personalitas ” ia memiliki dia personalitas, Saya selalu katakan ia seperti Hyde dan Jekyll. Ketika di Box ia 100% teknikal, Marc Menjelaskan segalanya dengan baik, Kalem dan Tanpa gaduh. Ketika sudah bergerak ( DI Track ) ia bertransformasi secara keseluruhan , ia menjadi sangat berhasrat untuk Balap. Ia merupakan pembalap yang super komplit. Memiliki Karakter, hati dan Keberanian. Dan ketika di depan media Marc selalu Positif. Sama halnya seperti yang terjadi ketika Rapat teknis, (Marc) selalu memulai dengan Positif, bahkan ketika berada dalam suatu keadaan dimana Marc Tidak menyukainya . . “

taufik of BuitenZorg

131 COMMENTS

    • Artikel bahan bakar²an kubu ABM VS ABR.

      Artikel sblmnya nyuruh komentator adem, eh di siram bensin lagi sm TMC BLOG ?

      Guest
      • sebagai catatan : saya nggak pernah nulis yg provokatif ya
        mosok saya nggak boleh nulis soal Marquez, Rossi, Vinales dll biar komentator adem ?
        yang penting tulisan saya nggak provokatif, beda kalo kamu temukan tulisan saya provokatif . . . Logikanya ditaroh dimana ? 😀

        Administrator
        • Jangan trll di tanggepin wak, sdh dipastikan pasti doi dari kubu si nganu yang gak mau idolanya di kalah saingkan. Padahal kan wak haji cmn menuliskan sesuai dari fakta realita yang ada hanya menyampaikan pendapat dari seorang liuzzi masa di bilang provokatif….,hadeh dasar fans sumbu pendek….!!!!!

          Guest
        • Salam dr Bali ??Wak Haji,
          saya sebagai silent reader yang setia dari jaman Wak Haji kupas Thunder 250, bahkan sampai sekarang setiap baru bangun , warung Tmcblog yg pertama di baca.
          Karna artikelnya berguna, mendidik dan mencerahkan.
          Banyak pelajaran yg saya dapat.
          kalau ada yg nyinyir d cuekin aja
          Sehat dan sukses slalu wak..??

          Guest
        • Mau nanya:
          1.apa setiap mau coment /reply harus isi username & email?

          2.tmcblog ada arsip/link race full motogp /seri /musim gak?

          3.jika tidak bisa gak misal tiap artikel analisis pasca race di sertai link race tersebut secara full?

          Guest
    • fakta 46 mana yang coba kau dustakan..
      oh iya.. rekor Legend of motogp 10 tahun puasa gelar dan akan terus bertumbuh,
      dan akan terus dipuja.
      .
      .
      .
      valeban helmnya pakai baskom ?

      Guest
        • tahun 2018 kemarin MM93 balapan beberapa seri dengan kondisi dislocated shoulder, dan sempat juara dunia.

          Guest
        • Ya besok minta Dorna buat gelar untuk rider yg setelah patah kaki macam VR46 yg ikut race MotoGP.

          Buat apa selalu minta Marc Marquez untuk harus seperti ini dan itu acapkali setelah suatu keberhasilan berhasil diraih oleh MM93 ??

          Kenapa nggak ada yg menantang MM93 untuk menjadi raja microphone ???
          Atau berdandan ala waria saat selebrasi kemenangan???

          Saat ini balapan itu ya dibuktikan di sirkuit/ lintasan balap…..

          Guest
        • Pernah di awal musim 2014,bahkan juara seri qatar ngalahin rossi (The 2014 MotoGP season has been thrown open after starlet and reigning world champion Marc Marquez broke his right leg in a training accident)

          Guest
  1. Banyak sekali orang2 cerdas yg memujinya,,, tp bnyak juga yg nyinyir kepadanya, masuk dlm bani apakah orang2 itu?

    Guest
  2. benar-bemar super_star nih MM93 ….
    dari sudut mana pun dapet angle nya

    sayang dovi, rins, & fq kurang konsisten ya …

    Guest
  3. Eidyan,,, msh lnjut bhs Marc lg,,,,???
    Untung dh jurdun, sisa smester tinggl tryout menjajagi lawan buat musim dpn,,,,

    Guest
  4. 9 orang crew nya MM itu yang gaji honda semua apa ada sebagian Mm yg gaji wak?

    Kaya burgess dulu waktu masih sama rossi siapa yang gaji burgess? Kayaknya ini seru juga buat bahan artikel wak,pasti banyak yg ingin tau soal itu…

    Guest
    • betul, mm93 terlihat amat sangat emosional, yang syukurnya dia tunjukkan dan buktikan di track (saja), gak sampai ke microphone.

      yang muncul di microphone cuma: “what happened yesterday gave me extra motivation”

      like this man more than ever

      Guest
  5. “Dan ketika di depan media Marc selalu Positif”…
    Ga kayak si itu ya…. Idolanya pak Bangun…
    Kalo didepan media dan microphone selalu membangun penggiringan opini…

    Guest
    • Marc juga pernah nyinyir ke Lorenzo yg request ini itu… Dia bilang dulu gw masuk motor didevelop buat Pedrosa. Kemudian gw menang, wajar dong ke gw.

      Kalo ada yg protes ini itu ya menang dulu, buktikan kalo lu juara ; bukan sekedar great rider.

      Ngutip tulisan di helm Lorenzo bagi gw nyinyir. Ga perlu sampe ke kalimat itu juga org udah paham arahnya kemana.

      Guest
    • kejadian sepang 2015 akan selalu dikenang sebagai ‘titik awal’ dari terjun bebasnya pride nya si ‘itu’ hingga dasar terdalam sampai si ‘itu’ berhenti dari ajang motogp. meskipun masih ada fans yang masih mendukungnya, si ‘itu’ became the worst legend of motogp. hehe…

      Guest
      • Saya bukan fans MM dan si itu pak Bangun, keduanya rider yg terdokumentasikan pernah main kotor di lintasan. Mungkin saya bakal di-bully banyak warga apalagi sales disini, cuma saya ga perduli pak Bangun.

        Cuma, ada yg saya percaya, kalo masyarakat secara umum percaya dan mendukung nilai kebaikan, kejujuran, sportifitas. Kalau ada massa yg sebaliknya, ada massa yg lebih besar akan percaya pada nilai-nilai positif tadi.

        Menyaksikan sendiri MotoGP Sepang 2016 … Saya geleng-geleng kepala mendengar penonton bergemuruh tertawa saat Marc crash. Ada rider balapan, beresiko, crash dan ditertawakan banyak orang. Orang yg mengeluarkan duit untuk lihat balapan di sirkuit.

        Dari banyak tamu yg saya bawa ke situ, cuma satu orang yg bersedih. Fans Marc. Wajar.

        Saya berpikir apa yg merasuki pikiran sebegitu banyak fans MotoGP yg hadir saat itu sampai tega tertawa. Kalau ada org yg tertimpa kemalangan pastilah naluri manusia akan berempati. Mengapa ke Marc tidak. Kenapa fans MotoGP yg saya kenal berempati pada crash Dovi Lorenzo dan Pedrosa, padahal mereka fans MM dan si itu.

        Lalu ingatan saya loncat kembali di Argentina, Marc dgn segala ambisi dan kemampuannya nyeruduk sana sini dan tidak menunjukkan ke rider lain yg sama sama mengadu nyawa di lintasan. Padahal Marc pernah ngomong ga oke bgt ngebully rider yg crash (maksudnya valeban) apa ga ironi ?

        Jadi, sebesar apapun massa yg jadi haters Rossi, dan sebesar apapun massa pendukung Rossi, kenapa kita nggak jadi fans balapan aja. Yang bertepuk tangan saat Marc menang dramatis di Assen 2018. Dovi menang di Motegi. Rins menang di Silverstone, seri apapun yang seru, yang sportif, yang nunjukin persaingan fair.

        Buat apa ngebully si itu ? Dia juga jadi juara dunia make Hon-da si itu juga barusan memuji Marc akan melampaui rekornya ; buat apa ngebully Marc , Marc menang secara fair di berbagai kesempatan. Dovi dgn ketenangan dan kalkulasinya menyajikan battle seru saat Yama-ha masih ketinggalan dan berbagai rider lain.

        Kalo si itu dibully karena disebut juara microphone, kenapa nggak ikut bersikap seperti Marc, cuekin aja… Ngapain dibully. Rider juga manusia.. ambil yg baik, tinggalin yg jelek.

        Itu Belen Rodriguez ditinggalin ama Iannone, kalo menurut pak Bangun dia baik… Sikaaattt pak Bangun.

        Guest
        • saya ya tetap saya mas rian, saya bukan markes atau siapapun, dan statement saya tetaplah sama untuk si ‘itu’. mau bully ataupun tidak, semua memiliki pendapatnya masing-masing mas. jadi tidak boleh dipaksakan. saya disuruh dukung si ‘itu’ untuk era motogp modern sekarang ?? ya jelas saya tolak. hehe…

          Guest
        • Wkwkk itu dia yg bikin rame kolom komentar ?

          Wlpn kadang bully nya berlebihan juga sih. Jangankan bully 2 legends itu.. (mereka mah udah ketauan pernah bersitegang dulu dan sekarang, bhkn ampe fansnya juga)

          Rins ama Dovi yg rilek-rilek aja juga kena ?

          Guest
  6. “Ketika sudah bergerak ( DI Track ) ia bertransformasi secara keseluruhan”…
    Mirip ya sama ubin toilet spbu a.k.a mentega, dikolom komentar sekarang bertransformasi menjadi Jono..
    Bagian dari 27 nicknamegate…

    Guest
  7. Ternyata org yg ga suka Matematika bisa juga bekerja dibidang teknisi yg membutuhkan perhitungan matematika yg njlimet,,,

    Guest
    • Ga suka bukan berarti tidak bisa,
      Seperti kita bisa aja mukulin langsung si ubin toilet, tapi kita tidak suka bro
      (Kita lebih suka masukin karung baru pukulin rame2?)

      Guest
    • Tidak suka tidak berarti gak bisa..
      Contoh lainnya ane sendiri gk terlalu mahir fisika (dulu jaman SMA ulangan mesti paling jelek dr anak lain, kelas favorit pula), tp justru ane suka sm bongpas mesin, cara kerja cam, cvt, dll yg itu jelas2 butuh bgt yg namanya ilmu fisika (dan matematika). To nyatanya ya bisaaa.. Alhamdulillah ane bersyukur..

      Guest
  8. harua di akui…dan mau tidak mau..ini adalah masanya MM di motoGP..motoGP ya bukamotoBEbEK. tapisangat sulit diterima oleh bani smart dan bani anu..ekekekwk

    Guest
  9. Bahas markeset bin marckentul lagi…
    Rider membosankan wkwkwkwk..
    No offense lho yaaa…
    Bahas tiket mandalika yang katanya sudah bisa dipesen donk wak..

    Guest
  10. MM93 sepertinya emang uda dipersiapkan sangat maatang sejak balita untuk jadi pebalap, wabilkhusus juara dunia. di paddock, di lintasan, didepan media semuanya nyaris sempurna

    Guest
  11. Bahas dia lagi…
    Bahas yamaha dong yang trennya beberapa race ini positif, apa karena faktor trek apa emang masalah gimana. Trus kenapa ducati sama suzuki cenderung menurun.

    Guest
  12. Rossi rider hebat dan jurdun? Fakta..
    Marquez rider hebat dan jurdun? Fakta..
    Yg komen fbr vs fbm disini rider hebat? Nguimpi… Ahahahahahhah
    Jgn fanatisme buta..
    Sy suka rossi dr tahun 97, tp skrg era nya marquez dan rising star quartararo

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.