TMCBlog.com – Jorge Lorenzo Resmi Nyatakan Pensiun. Exceptional Press Converence Kalau diartikan secara bebas artinya adalah ‘Konferensi Pers Luar Biasa’. Umumnya Press-Con ‘luar biasa’ seperti ini dilakukan untuk pemberitaan yang Penting dan kesannya memang cukup mendadak. Begitulah Acara Di hari Kamis 14 November 2019 ini dimana Jorge Lorenzo ditemani CEO Dorna Carmelo Ezpeleta mengadakan Konferensi Pers Luar biasa di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia Spanyol mengawali race weekend Finale Penutup Musim MotoGP 2019

“That day has come for me. I’m here to announce that this will be my last MotoGP race and at the end of the Race I will retire as a Profesional racer  ” . . .  Itu adalah kata pertama yang dikatakan Jorge di Meja Pres con ditemani oleh Carmelo ezpeleta sob ” Saat itu telah tiba buat saya, Saya di sini untuk mengumumkan bahwa ini ( race MotoGP Valencia 2019) akan jadi Race MotoGP terakhir saya , dan di akhir Balap saya akan Pensiun sebagai Pembalap Profesional “ . .. Semua Perkataan Jorge Lorenzo pada pengumuman ini bisa sobat dengarkan di TMCBLOG PODCAST

Jorge Lorenzo memutuskan pension dari Balap Sepedamotor  Prototipe MotoGP pada Umur 32 Tahun. Pembalap Peraih gelar 3 kali Juara Dunia MotoGP ini memutuskan untuk pensiun dari MotoGP dan diumumkan Jelang race weekend MotoGP Valencia 2019. Walaupun beberapa kali ia sempat mengatakan bahwa ia butuh kesempatan lagi untuk membuktikan kekompetitifan dirinya di atas Honda RC213V, Namun akhirnya keputusan tersebut pun hadir dan didukung Oleh sosok Seperti Carmelo Ezpeleta CEO Dorna Sport – Promotor MotoGP yang sempat memberikan masukan beberapa waktu yang lalu Buat Jorge untuk memikirkan Masa depannya.

Selain 3 kali Juara dunia di kelas MotoGP yang keseluruhannya ebrsama Yamaha, Jorge Juga pernah dua kali Juara Kelas Intermediate GP250 tahun 200 dan 2007. Tahun 2019 ini boleh dibilang Musim yang cukup kelam dan berat bagi Jorge. Kombinasi antara Cidera yang silih berganti datang dan Lamanya proses adaptasi ke Honda RC213V memang terasa membuat Musim ini seperti ama sekali berjalan Buat Jorge.

Taufik of BuitenZorg

Detail Transkrip translate bebas Pengumuman Pensiun Yang diucapkan Oleh Jorge Lorenzo :

Lorenzo: “Terima kasih banyak telah menerima undangan ini. Sangat berarti bagi saya bahwa Anda bisa datang. Ada hari-hari penting dalam kehidupan seorang pembalap, ketika Anda memenangkan balapan pertama Anda, ketika Anda memenangkan kejuaraan, dan ketika Anda mengumumkan masa pensiun Anda ”

Lorenzo: “Ini akan menjadi karier terakhir saya sebagai pembalap profesional”

Lorenzo: “Semuanya berawal ketika saya berusia tiga tahun. Orang-orang yang telah bekerja dengan saya mengetahui energi dan intensitas yang selalu saya sertakan dalam olahraga ini. Menjadi perfeksionis seperti itu membutuhkan banyak perjuangan.”

“Ketika saya menandatangani kontrak dengan Honda, itu memberi saya dorongan semangat. Saya mencapai impian setiap pembalap menjadi pembalap tim HRC”

“Ketika saya mengalami cedera musim ini, saya bertanya pada diri sendiri: Apakah ini benar-benar layak saya alami? Saya pulang, saya merenung, rasanya seperti gunung menjadi sangat tinggi untuk saya panjat saat ini. Saya suka olahraga ini, tetapi jelas perasaannya sangat luar biasa ketika anda mampu memenangkan nya”

Lorenzo: “Saya meminta maaf kepada Honda, terutama Alberto Puig, yang menawarkan saya kesempatan bagus seperti ini”

Lorenzo: “Baik Honda dan saya adalah pemenang dan kami selalu berjuang untuk menang. Saya dapat mengatakan bahwa saya sangat beruntung jika kita berbicara tentang karier saya”

Lorenzo: “Saya juga turut mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya, terutama Carmelo Ezpeleta dan Dorna karena membuat olahraga ini begitu hebat”

Lorenzo: “Terima kasih banyak untuk semua tim yang telah bersama saya, juga untuk keluarga saya, untuk klub penggemar saya dan untuk semua penggemar yang selalu mendukung saya. Saya berharap yang terbaik untuk kalian semua. Terima kasih banyak”

Via : X-Fuera Indonesia

195 COMMENTS

    • Diluar perkiraan saya…

      Yg kmrn sampai ke Honda Jepang segala, blm lg curhatan usaha & keinginannya thd RC213V 2020, sekedar “drama” pengalihan isu kah? Ato ada deal kerjasama yg lbh “aman” dng Honda, sebatas test rider seperti Pedrosa dng KTM misalnya..??

      Krn dng manuver berani Zarco “menomor duakan” tawaran jd test rider Yamaha, artinya kan isu pensiun Jorge sdh pasti dan bocor di lingkungan rider…

    • Namun ada kemungkinan dijadikan test Rider Yahama. Karena Yahama tetep butuh test rider eropa.

      Ditunggu update info selanjutnya wak haji ???

    • Mulih nang endi Mbah ?
      Slot kosong pasca Jonas Folger ga jadi test rider mungkin bisa jadi tempat berlabuh Jorge lorenzo 99

    • Bukan krn naik celeng tp krn si tua bangka ga pensiun2 n merasa msh hebat n ingin dinomorsatukan di tim. Klo ga gtu pst msh joss di Yamaha slnya pengembangan mtr dr 2011 ada di tangan Lorenzo. Pindah ke Ducati jg krn terpksa krn statement Jorge dulu prnh blg ingin tetap di Yamaha hingga pensiun. Tuh skrg gmn Yamaha krn mengutamakan si tua bangka. Juara 1 aja kagak pernah.. Boro3 ngejar juara dunia. Mustinya si tua bangka yg pensiun. Udah lewat masanya. Gila aja 40 blm pensiun sdgkn yg 32 terpksa pensiun.

      • Pertanyaannya, Kok bisa 40 tahun belum pensiun, yg 32 tahun sudah pensiun? Persaingan di motoGP nyatanya bukan cuma race di lintasan. Karena motoGP ini seperti “sirkus” yg selalu berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Terlihat jelas saat seorang pembalap sudah tidak punya nilai jual invisible hand bertindak. Klo saya lihat mulai dari stoner, seorang juara tetapi tidak menguntungkan pemilik “sirkus”. JL juga relatif mirip, tapi dia orang spanyol jadi diberi kesempatan lebih lama.
        Kita nikmatin aja lah.

  1. Ini membuktikan bahwa rcv213 memang senjata yg mematikan dan penuh racun. Daped dan hohe sudah jadi korbannya… Hanya orang2 tertentu yg bisa menaklukkannya.

    #bukanuntukpebalapbiasa

      • Seberapa kerasnya kau mencoba akan berbalik dengan dirimu sendiri kisanak…. Daped dan hohe sangat keras ingin menaklukkannya, sedang yang lainnya cuma sekedar menungganginya saja tanpa pernah berusaha mencambuknya.

        Dari sini saya akhirnya mengambil sedikit “nyinyiran” untuk hohe dan paktua Bahwa mereka bisa jurdun dengan m1 ketika rcv belum ketemu rider yang cocok saja. Rcv asli emang bukan kaleng2

        Vr46 + rcv211 dominasi
        Cs27 + rcv212 dominasi
        Mm93 + rcv 213(EcuHRC) dominasi
        Mm93 + rcv 213(current) dominasi

        2010 jl99+m1 jurdun dengan rcv tanpa tokohKsatriaUtama. Selanjutnya ketika
        2011 cs27+rcv212 mengalahkan jl01+m1
        2012 jl99+m1 jurdun krn cs27 cedera

        2014 mm93+rcv213 dominasi total
        2015 jl99 jurdun akibat peralihan resep rcv213
        2016 mm93+rcv mengalahkan kembali jl99+m1

        Jadi bila faktor kecocokan rider+motor hipotesisnya adlh:

        M1 + penakluknya masih kalah dibandingkan rcv + penakluknya…

        Ngeriiii

        • analisis telek, rcv cuman bisa kustomisasi buat marc doang ..kalo marc ndlosor honda ga ada yg podium, ini nunjukin bahwa tidak ada fleksibilitas dalam desain beda dengan Yamaha atau duc sekalipun..honda cuman bias dikendarai oleh marc yg harus mempertaruhkan nyawa dia mengendarai motor sulit.

    • Sialnya jl99 itu karena sebelum ke HRC sudah cedera saat akhir² bersama Ducati. Dan sialnya HRC dapat jl99 pas cedera. Dan di HRC dia di tidak di dampingi Wilco Zeelenberg. Seperti el diablo jika tidak ditangani Wilco Zeelenberg saya yakin tidaklah sebagus ini.

  2. Bisa jadi THN depan jadi test rider Honda WSBK atu test rider Suzuki.

    Tapi kemungkinan test rider Honda WSBK. Gaji lebih gede dari Suzuki, plus tunjangan THR dan bonus.

    • Analisa ane johann langsung masuk repsol
      Tp ngarep bradl yg masuk repsol,
      Carl gantiin bradl
      Johann gantiin carl
      Why, krn bradl x1 juara dunia yang mengalahkan marc dgn mesin yg sama

      • Zarco lebih berharga, menang Moto2 2 kali dan berkali-kali podium dan pole pakai motor satelit Yamaha. Bradl? Dan jangan lupa, Bradl lebih tua dari Zarco.

        • 1. Mana yg lebih berharga itu subyektif no comment dr ane
          2. Zarco memang moto2 2x dr berapa musim
          Bradl menang moto2 1x dr berapa musim
          3. Kalo bandingin zarco+m1 n bradl+rcv ya bradl kalah, krn cuma 1x podium
          4. Ya bradl lebih tua 1 thn dr johann
          5. Ada kelebihan bradl, dia adalah test rider hrc, di cukup tau perubahan rcv 2018, 2019 dan dia udah nyobain 2020

        • @Genesis winning is winnibg bri, gak usah pake embel2 persis kaum denialis. Kenyataannya torehan Zarco lebih baik dari Bradl, bahkan kalau diitung sejak GP125 sekalipun, dengan usia yang lebih muda.

        • Wkwkwk
          True winning is winning
          Ngingetin aja
          Kalo johann jurdu moto2 2x/5 musim lebih berharga dr bradl 1x/2 musim
          Rumus yg sama harus berlaku dengan
          Vale jurdu motogp 7x/19 vs marc 6x/7
          Hayo… jgn standar janda kaya kaum denialis

          Perbandingan rider kompleks om
          Gak sesimpel itu
          Dr dulu ane udah bilang
          Sulit bgt krn non sense kalo gak ceteris paribus
          Paling dekat adalah ketika rider2 tsb menggunakan motor yg sama diwaktu yg sama
          Itupun masih ada faktor cocok2an
          Makanya kasus ini ane pakai pendekatan marc n bradl di moto2
          Emang mesin sama tp motor beda
          Tp lebih dekat drpd motogp atw 125/moto3 yg mesin n motor beda
          Itupun ane akuin gak 100% valid
          Silahkan jika ada pandangan yg berbeda asal dasarnya benar n konsisten

        • Ya silahkan asal konsisten
          Skrg faktanya vale juara dunia dan juara seri lebih banyak apakah saat ini vale lebih berharga dr marc?

        • Gak usah melebar nyebut pembalap lain macam kaum denialis yang kalah argumen. Seperti di awal komen gw, Zarco lebih berharga ketimbang Bradl. Alasan? Simpel karena capaian prestasi lebih dari Bradl, usia juga lebih muda dari Bradl. Gak bisa bantah? Lari bahas pembalap lain, khas kaum denialis. Padahal katanya winning is winning, tapi gak mau mengakui Zarco lebih bagus dari Bradl padahal winningnya lebih banyak. Mencla mencle! Wkwkwk

        • Wkwkwk
          Ente standar janda sama kaya yg ente kaum denialis
          Jadi kaya debat sama mentega
          Tp emang kalo udah fb mah sama koplaknya

          Sekali lagi gw gak akan bilang mana yg lebih baik

          Mau data…
          Wkwkwk… mentega aja kalah soal data ama gw
          Tuh sampe masih coba cari celaj buat nyinyirin gw

          Neh
          Tahun lalu diatas rcv2018
          Bradl finish 13 di sepang
          Nah johann diatas rcv2018 disepang finish keberapa?
          Atw mau yg tahun ini
          Trek : Bradl : Johann
          Jerez : 10 : 14
          Sachsenring : 10 : dnf
          Brno : 15 : 14
          Redbull ring : 13 : 12
          Wah seri, gampang hitung poinnya aja
          Gmn?

  3. Jadi rider test Honda THN depan atau 2021. Honda WSBK. Atau kalu Suzuki duit nya kuat, ke Suzuki jadi test rider .

    Kayanya HRC tawarkab test rider Honda WSBK, gaji lebih gede, bonus, tunjangan THR, plus sponsor Repsol bisa nemplok di Honda WSBK juga

  4. Perkiraan ane salah berarti…

    Apakah akan ada artikel silly season?
    Seperti siapa yg manggantikan jolor di repsol?
    Atw mungkin jolor jadi test rider yamaha?

  5. Aku sedih…tapi je akan dikenang sebagai legend terhirmat! Sadar diri…bukan kayak si anu…

    Pensiun disaat yang tepat

    Love you lhord!

  6. Opah Shuhei pasti sedih
    Udah dapat pembalap yg diimpikan,ehh pas datang gak dalam kondisi yg prima
    ?
    Semoga masih berkecimpung di dunia balap

    • Ya nggak adil juga klo hanya tua atau muda pembandingnya, JL kondisi fisiknya yg bermasalah sedangkan VR nggak. Kalau sama2 bugar nggak mungkin juga JL pensiun sekarang. Bisa jd dia pindah pabrikan tp karena emang fisiknya bermasalah jd solusi terbaik nya ya pensiun . Lagian ada bagusnya juga buat regenerasi pembalap motogp.

  7. Kesialan JL bermula dari accident yg aneh bersama Ducduc di Buriram sehingga cedera lumayan berat. Ditambah harus menjinakkan RCV yg lebih ganas dan puncaknya di Assen dapat cedera yg lebih parah.
    Vamos Jorge, gw meskipun orang yg ga suka sama sifat songongnya JL, tapi tetap aja harus gw akui kalo grid balapan musim depan akan terasa hambar tanpa kehadiran doi.

    Mudahan setelah ini tetap aktif di GP, meskipun cmn jd test rider atau komentator. Good luck on your next journey.

    Btw si engkong kapan pensiun?

  8. arghh Jorge.. jadi sedih..

    Padahal masih banyak opsi loh..,
    ke Suzuki Factory atau ke Yamaha Factory,
    Probabilitas besar, bisa balik ke peak performance..
    VR Stopper, CS Stopper, MM Stopper..

    Stock jurdun makin abis dah, Nicky passed away, Cassey mancing mania, JL retired hadeuh..
    Sisa VR dan MM..

    Ngayal, ‘andai’ Leon Haslam digusur, jadi bareng Bautista di WSBK..
    Dorna masih punya ‘veto’ utk intervensi masa depan Paduka..

    Hal ini juga cuma meninggalkan bom waktu, antara Cal dan Zarwo..

    Kalo gini makin yakin dah klo Dorna yg design Zarwo trial di LCR..

    • Klo pemikiran ku sih masalah cedera fisik dia yg udah ada jd berpengaruh ke mental, dan klo sdh mental terpengaruh mau bw motor apapun kyk nya bakal susah juga.

  9. Jujur aja sebagai penonton gue pengen liat jorge kompetitif di honda , sebelum cidera pas qualify dia udah mulai bisa nyodok ke barisan depan. Sayang nya malapetaka datang , goodluck jorge on your next journey

  10. “my last motogp race” bukan my last race

    Bisa jadi nanti diminta test cbr1000rrr, kalo oke mngkin masuk ke team mie racing, masih ada satu slot kn?

      • Yaaah…ckup halu sih dngernya,btwy itu jlan yg d plih hohe so slmt jln aja.tp di sisi lain kok aku ngrsa si zarco ini ko jodoh ya sm rcv…dr prtm nrima pinangan ktm kan sbnernya doi uda ksengsem tuh sm rcv cman gr2 ad mslh teknis aj jd g ktmu…trus kdua msih blum gnap smusim doi uda mnta talak ke ktm,coba klo doi msih brsnding sm ktm blom tntu sprt skrg jdinya kan(trlpas dr teori konspirasi settingan ato enggak ya)yg jelas skrg lobster itu benar adanya…atau bs jd juga itu insting si zarco yg tajem dn udah jodoh kali yaak…hmm sngguh mnarik di ikuti prkmbangan silly season di kubu hrc dn sprti apa musim dpan brjalan….mski rada hampa jg di race musim dpan tnpa khadiran x-fuera….

  11. Apakah ini strategi senyap Yamaha Factory ?. Bisaa digaet buat test rider Yamaha. Kayak pedrosa pensiun tapi jadi test rider KTM Factory.

    Kan mayan tuh gaya hammer butternya Lord Hohe bisaa diaplikasikan lagi di Yamaha. Tentu dengan masukan dari rider Utama juga macam Vinales yg inginkan power dan top speed bisaa jabanin Honda dulu setidaknya ????.

    Kalau abah Rossi dah terima paket jadi aja.

  12. Kalau ga salah akan pensiun di tahun 2021 pas GP Indonesia berlangsung. Setidaknya bisa nyenengin Fansbase VR46 di Indonesia.

    • Konyol rasanya bila rossi nunda pensiun demi balap di indonesia, kalo benar dia nunda pemlnsiun itu karena rossi sendiri bukan karena indonesia, pebalap indonesia meninggal aja dia diem2 bae, orang indonesia emang lebay

  13. Jorge lorenzo akan dikenang sebagai legenda, bisa merebut juara dari tiga generasi juara dunia, rossi, stoner dan bahkan marquez!

    Legenda yamaha, karena slogan SEMAKIN DIDEPAN itu milik lorenzo karena sering dan selalu ninggalin lawannya jauh dibelakang dari awal star sampai finish.

    Dibenci para FBR, karena jadi tandem terberat rossi. Diimtimidasi dengan sekat garasi, disuruh pakai ban yang berbeda, tapi tetap juara.

    Jorge lorenzo jadi penyebab utama pindahnya si anu ke tim merah, karena yamaha lebih memilih lorenzo ketika si anu nanya langsung ke jarvis untuk memilih dia atau lorenzo.

    SELAMAT ISTIRAHAT PADUKA!

  14. Jorge lorenzo akan dikenang sebagai legenda, bisa merebut juara dari tiga generasi juara dunia, rossi, stoner dan bahkan marquez!

    Legenda yamaha, karena slogan SEMAKIN DIDEPAN itu milik lorenzo karena sering dan selalu ninggalin lawannya jauh dibelakang dari awal star sampai finish.

    Dibenci para FBR, karena jadi tandem terberat rossi. Diimtimidasi dengan sekat garasi, disuruh pakai ban yang berbeda, tapi tetap juara.

    Jorge lorenzo jadi penyebab utama pindahnya si anu ke tim merah, karena yamaha lebih memilih lorenzo ketika si anu nanya langsung ke jarvis untuk memilih dia atau lorenzo.

    SELAMAT ISTIRAHAT PADUKA!

  15. paduka pensiun, buyar rencana ducati buat bikin “hal gila” di 2020…hahahaha, soalnya honda dengan segala kerendahan hati bisa menata line up untuk membantu pertahanan! sekarang waktunya rembuk antara repsol, castrol dan idemitsu..hiihihihi

  16. Yach rencana ymh berantakan dah.

    Ngak dpt test rider erofa. Folgar dah pasti ngak mau.

    Siapa lagi? Yach test rider berjalan nya Yach anak didik VR.

  17. Gak bisa di bayangkan klo kemaren tawaran test rider yamaha di ambil sama zarco…pasti zarco bisa menyesal untuk kedua kali….untung nya kali ini keputusan zarco tepat…nanti walaupun gak dapet di HRC…duduk di LCR dgn spek pabrikan jg manggut2 nih si zarco…

    • Sangat mungkin. Lorenzo cuma butuh waktu buat pulihin saraf dan tentunya psikis (motivasi) dia. Gw malah yakin dia udah punya kontrak di 2021 entah di HRC atau pabrikan lain.

  18. 2021,

    Vinales ke Ducati,

    nakagami digantikan Alex Marquez.

    Jarwo ke HRC gantikan CC yg pensiun

    Morbidelli gantikan vr di factory ymh bareng quartaro.

    VR gantikan Lin Jarvis.

  19. Si engkong jangan pengsiun dulu lah,biar nama marques makin besar dulu.karena semakin sering siengkong bikin masalah sama marques dan memblow upnya kemedia,maka nama marques makin naik daun,lagian klo siengkong pensiun mau ngebully cp lagi coba?ngebully mantan pembalap fenomenal yang sekarang cuma jadi keset itu rasanya puas banget tau…
    Catet…!!

  20. Nasib Hohe…pembalap idealis yg diperlakukan krg nyaman oleh tim yg pernah dibelanya.
    Di Jaamahaa: paddock disekat sama mbah Rosidin
    Di Ducduc: dipecat sebelum kontrak abis, pdhl besoknya malah juara mugello.
    Di Khoondaa: Gak bisa adaptasi, disindir abis2 sama piug n pembalap veteran.

  21. Ymh WSBK racikan VR belum terbukti jurdun . Sudah beberapa berlalu, kalu tidak salah.

    Sekarang kalu HRC ambil JL bantu CBR sebagai technical advisor dan berhasil Jurdun dgn mengalahkan ymh racikan VR , gimana pandangan netizen?

  22. sepertinya cedera tulang belakang kemarin benar-benar mengubah pola pikir JL99,
    mungkin dia pikir daripada berakhir di kursi roda, lebih baik pensiun saja dan menikmati hidup.

  23. Di balik pensiun jl99, “dorongan” ceo dorna dan
    Masuknya zarco ke lcr kayaknya bukan kebetulan.
    Hmmmm…. smell very fishy here.

  24. Kayanya Living Legend bakal balap smpe 46 tahun deh. Kan dy masih konsisten finish dipos 4-7 ya sesekali pofium. Nyatanya Market nya masih sangat diandalkan Yamaha disetiap dealer di Nusantara..dan masih laku juga. Yamaha terkesan masih hutang budi. Sulit memunculkan sosok idola baru bagi Brand mereka. lain sama Honda. Hilang era Rosi muncul Hayden.Stoner skrg Marc..

  25. bnyk spekulasi yg bredar, krna hal yg trjadi pada hohe smpe melibatkan otoritas dorna, kemudian hrc, dn berkaitan dgn keputusan jarco yg berani jd smblap lcr mski hnya 3 seri dn tanpa kejelasan untuk musim dpan..
    disinyalir hrc sdh mnginfokan hal ini kepada jarco jauh hari sebelumnya tntg rncana thd hohe, shg hrc mncri cara agar hohe bs prgi tnpa ada gejolak (baca: dipecat). well mgkin krn emg hohe g prnh bs fit di honda, dn expektasi honda sngt tinggi, bnyk yg mendoakan gud luck buat hohe, dn mendoakan smga msh dpt insentif dr hrc untuk smbuhkan cederanya, yg sprtinya emg akan dikasih oleh honda..

    • Kalau dr perkataan jolor sblm ini, dia msih ingin membalap bersama repsol sampai taun 2020, Kenapa berubah pikiran?? Mungkin dia tertekan oleh Bos Dorna yg menyarankan doi untuk pensiun. . Kalau honda sy rasa gak, karena dri konfrensi pers dia meminta maaf kepada repsol dan puig. . Tekanannya bukan dr honda, tpi dr Bos Dorna. . orang lg masa sulit, stress, dpt tekanan dr luar ya ambyar. .

  26. Setelah berharap dan berdoa supaya bang hohe bisa kompetitif lagi, Akhirnya bang hohe mengakhiri karier balapnya disini. Terima kasih bang hohe yang menjadi idolaku dari zaman geber Aprilia Fortunanya di kelas seperempat liter sampai sekarang. Never forget buat mu bang ??

  27. ancamannnya lumpuhh…siapa yg ga down coba…belom berkeluarga…belom nyantai2..udah lumpuh siapa yg ga serem bgitu hidup didunia…

  28. Kalo dr awal cuma jd baut buat apa mereka sampe ngajak ke jepang buat fitting dia sama RCV nya?
    Kalo cuma jadi baut pelengkap aja kasih aja versi standar nya,gak usah pake kondom tangki tambahan lah,winglet kumis beda lah,ribet ribetin diri sendiri
    Dan pas balik dr cidera keliatan terus dibelakang terus, mending dirumahkan sekalian sejak gpmisano aja kayak Zarco,daripada gak bantu poin tim samasekali,tapi mereka gak ngelakuin itu,,tetep percaya sama jolor mau hasilnya kayak apa

  29. Silly season nya
    Siapa kandidat yg akan menempati tandem MM93 ?
    Kalo emg yg betulan free di 2020 adalah Zarco, gw mah blm liat dia bisa bikin benchmark pd percobaan kemaren melihat motor yg dia pakai adalah motor 2018
    Apa mungkin keluarga Marquez bakal didalam 1 team?

    Utk paduka, mungkin ini jalan yg terbaik dibanding bela2in recovery sembari beradaptasi apalagi tahun depan beda lagi karakter RC213V. Kl pensiun muda kan msh ada kesempatan lagi seperti yg sudah2
    Kalo misalkan kelas elektrik bertambah matang, mungkin patut dicoba

  30. jorge lorenzo, karir motogp : yamaah => duceti => ondah
    pernah juara dunia bersama yamaah, pernah juara seri bersama duceti, gatot bersama ondah

    cal crutchlow, karir motgp : yamaah => duceti => ondah
    ga pernah juara seri bersama yamaah, ga pernah juara seri bersama duceti, pernah juara seri beberapa kali bersama ondah

  31. RCV perontok mental tim biru
    RCV perontok kesadaran mbah darmo cs

    Maka jangan heran klu komentarnya mbah darmo cs sak enak udel’e dewe karena kesadarannya sudah rontok
    ???

  32. Ajib dah ini terawangan lobsternya Mbah dukun Satar, yah walaupun terkadang tulisan di blognya terlihat ala kadarnya…

    Hmm… Wajar deh kalo beliau diendorse sana-sini

  33. Fbh kok sakit hati banget yah
    .. Lorenzo mundur nyalahin rossi, malah nyuruh rossi mundur juga….. Haduh fbh sadar diri dong itu motor celeng perontok tulang hanya rider tertentu yg bisa klop….

    Siapa mau nyusul lorenzo setelah naik motor celeng? Wkwwkkw

  34. Sedih bacanya. Tp bahagia jugga buat hohe sebagai manusia. Banyak sisi kehidupupn lain selain balap yg bahkan lebih penting. Semoga mendapat hidayah dan menjalani hidup dngn harapan baru

  35. disini seolah trlihat rcv adalah motor dri planet lain yg ga trkalahkan, smpai2 membuat rider manapun ingin menunggangi dan menjinakkan.. pdhal motor hanya skedar mesin, rider lah yg membuat bsa berlari cepat. sejak pindah ke ducati ego JL sdh mengalahkan kemampuan dirinya, dya haus akan motor cepat tp gak mengimbangi diri dgn skill, harusnya JL ttap aj di ducati dan membuktikan dya adalah rider yg bisa kencang bukan malah ngikutin bokong MM, sya lbh salut sma quartar yg bsa kompetitiv diatas motor yg ‘gak’ kompetitiv. dan sya lbh salut sma tim yg membangun sinergi dri bawah hingga jdi juara dgn pembalapnya.
    intinya dsni JL mundur secara terhormat tanpa mencoreng gelar jurdun, akibat skill yg kalah dri ego.

  36. Sangat disayangkan, kemarin2 msih bisa optimis di motogp 2020, eh tau2 pensi. . Mungkin lg masa2 sulit Jolor, dpt tekanan dr luar, didesak oleh Bos Dorna, alhasil mental Jolor ambyar. . Bos Dorna kenapa mendesak Jolor lg masa sulitnya di repsol taun pertama, dulu di Ducati pas masa2 sulit gk tuh?? oh I see, mungkin Dorna inginkan zarco ke repsol, melihat baru 2 balapan dgn rcv 2018 cpt beradaptasi, dan tertarik sesumbarnya zarco bisa dampingi marc podium. Tidak semudah itu ferguso, ingat nakagami jg bsa bersaing 10 besar dgn rcv 2018. . Beda versi 2019, ya kalau benar ya kita lihar taun depan zarco mengendarai RCv 2020, akan kah RcV yg ditinggalkan jorge bisa membungkam zarco. . see next year

    • Mslhnya kita blm tahu sperti apa RCV 2020 n knp JL ini tiba2 saja mengumumkan pensiun? Kan kmrn2 blg akan cb dulu RCV tahap awal yakni di tes pertama utk musim 2020. Ada apa ini?? Apakah ada “tombokan pensiun dini yg cukup besar” dari Dorna? Kan kmrn2 jg katanya tdk akan mengikuti jejak Zarco yakni tetep menghormati kontrak 2 thn nya bersama Honda? Ada yg aneh ini.

      • Makanya itu, kemarin2 si jolor masih optimis akan jalani bersama repsol d taun 2020. . eh bosnya Dorna ngejer2 buat doi memikirkan pensiun. . Inget kondisi d saat kita sdng masa sulit, stress, tekanan dr luar sangat berpengaruh thd mental kita. . Kasihan si Jolor, knp dlu di ducati pas masa sulit gk dikejar2 oleh Bos Dorna? Ya itu karena si zarco, baru coba rcv 2018 sj sudah dieluhkan2, nakagami bisa bersaing 10 besar dgn motor itu. .

  37. sampai akhirnya pensiun karena cidera tulang belakang, dan prediksi orang tentang dream team dan bisa juara seri dengan 3 pabrikan berbeda di kelas moto gp akhir belum kesampean

  38. Semoga jd test rider yamaha. Kan lg kosong jonas folger ga diperpanjang. Kali aja bs kenceng di M1 lg. Balik balap 2021 gantiin vr46 yg pensiun.

  39. STRATEGI NGONDAH EFEKTIF,MELEMAHKAN LAWAN TERBERAT DENGAN DIJADIKAN RIDER PABRIKAN,EH MALAH DAPAT BONUS CRASH DAN CEDERA,MANTUL BANGET,SAY GOODBYE,MARQ GAK AD LAWAN LAGI?????,DOVIZONG JADI PENONTON AJ YES,KYAK BIASANYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here