TMCBLOG.com – Omongan Ruben Xaus via Gazzeta.it seakan mengiyakan bahwa Ducati Avintia telah menggenggam tangan Johann Zarco untuk tidak kemana-mana di musim 2020 nanti, ia hanya akan balap di Avintia yang baru saja naik ‘kasta’ dari team konsumen jadi team satelit, tidak ke test rider Yamaha ataupun pembalap Moto2 via Marc VDS. . . Yeps, PeDe Ruben membuat Gazzeta dan diikuti Corsedimoto terlihat cukup berani membuat judul artikel yang boleh dibilang memperlihatkan bahwa Johann fix ke Avintia Ducati . .

Ini jelas sepertinya membuat sekumpulan pewarta Paddock MotoGP bingung dan kaget, koq bisa yakin ? Ini membuat beberapa jurnalis juga berinisiatif langsung bertanya ke Johann Zarco. Jurnalis Thomas Baujard misalnya, jurnalis asal Prancis ini menginformasikan bahwa setelah pemberitaan Gazzeta tersebut, Johann mengatakan padanya bahwa ia belum fix menentukan pilihan antara Avintia dan Marc VDS. Johan masih menimbang nimbang baik dan buruknya diantara kedua pilihan tersebut . . Dari pembicaraan dengan Baujard tidak disebutkan adanya opsi untuk Zarco sebagai test rider Yamaha.

Bila Johann Zarco masuk ke Avintia, dipastikan Ia akan mengantikan salah satu entah dari Tito Rabat ataupun Karel Abraham Jr. Kedua pembalap ini dikenal masuk Avintia bukan hanya bermodalkan talenta, namun mereka juga membawa support materi yang boleh dibilang ‘kencang’ di team yang dimiliki oleh Raul Romero ini.

Dan salah satu pembalap yang diomongin yakni Karel Abraham, sudah angkat bicara soal ini. Ia tahu bahwa Johann Zarco sepertinya mengincar posisinya. Bisa jadi Ducati juga ingin Johann menggantikan dirinya atau Johann sepertinya juga punya kekuatan dukungan dari pihak ketiga lainnya seperti misalnya promotor.

Karel sendiri bilang ke GPOne bahwa ia sudah pegang kontrak sah dengan Avintia untuk MotoGP musim 2020 dan jika Zarco menginginkan posisinya, adalah Ducati/ Avintia yang bisa memutuskan untuk mengakhiri (membatalkan kontrak) dan ini artinya team akan memperoleh klausul pemutusan kerjasama sepihak yang biasanya akan membuat mereka membayar penalti atau semacamnya.

” Semua orang tahu bahwa Tito ( Rabat ) dan saya membawa uang, Saya nggak tahu apakah Zarco juga (membawa uang). Jika ia memiliki sponsor yang bisa dukung, jika ia bisa membawa 5 Juta ( Euro ), Maka ia bisa race dengan Avintia secepatnya “ wihhhh Tantangan ala Sultan nih . .

Nugie dan Saya sempat berfikir, apa mungkin Dorna dan Ducati turut ikut campur akan sokongan dana dan lobi-lobi mereka untuk meng-goal-kan Zarco ke Avintia ? . . Jikalau iya pun . . . Tingkat/level kelayakan dari seorang Johann Zarco dan Avintia Racing untuk diperjuangkan memang setinggi itu yah ?

Taufik of BuitenZorg

192 COMMENTS

    • Puig salah wak.. lebih baik karel yg ke repsol ketimbang AM73. toh dua duanya juga hoby crashπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Lahh… 5juta yuro mah kecil buat dorna.
      Orang selama ini setiap team motogp dpt subsidi 5juta yuro / team motogp
      Kayanya abraham bakalan di buang ke superbike ducati satelit, mirip2 kasus bautista
      Bisa aja ducati wsbk nambah satu kursi buat abraham

      Guest
      • Tapi gak semudah itu juga Kang,..
        kecuali kalo DORNA atau siapapun dalang di belakangnya sudah melupakan etika motorsport proffesionalism. Tapi dengan kondisi Motogp yg sekarang kayak sinteron sih, segalanya bisa terjadi….
        yang Ane bingung mah, apa iya, Zarco semahal itu? apa iya talentanya pantas diperjuangkan di kelas para raja?..
        kalo gua pribadi walaupun dicompare dengan Rabbat atau Abraham, kok ya masih kurang pantes..
        tapi yaah.. entahlah..
        mungkin Bang Haji Taufik bisa kasih pencerahan dikit Bang?…

        Guest
    • Zarwo di duketi kaya nya bakal sesuatu banget ….sayang hadno pake pilih Alek …Alek blm pantes dimotogp mending 1 tahun lagi….ah andaikata jikalau misalkan seumpama dllll.,…

      Guest
      • Mau setahun lagi kalau naik RCV kayaknya tetap gak akan cocok si, umur jg udah 23. temen2 seangkatanya udah pd dimotoGP duluan. Saya pikir Honda tidak peduli dan tidak terlalu memusingkan bagaimana prestasi Alex di 2020, yang penting abannya “Senang” sendirianpun bisa bawa Honda TripleCrown. Lagipula kontrak dengan Alex cuma satu tahun ini.

        Guest
    • Sabar dikit lah Ko. Tahun 2021 masuk aja ke Satelit Ymh atau ke Szk. Saya yakin kamu bisa jadi rider papan atas kalo mengendarai motor yang enak.

      Guest
        • Kemungkinan bisa out Morbi atau VR. Tak masalah jika VR tahun 2021 pensiun. Dengan segudang prestasi nya, beliau tetap akan selalu dikenang sebagai rider terbaik sepanjang masa.

          Guest
    • tak masalqh VR pensiun..ya iyalahlah..sapa yg mau masalahin..ekekekek..lebij cepat lebih baik..kasian liatnyaa..encok kumat mulu..ganggu pas cornering..makanya kadang ndolosorrr…🀣🀣🀣

      Guest
  1. Apakah Dorna juga turut campur dalam keputusan pensiunnya Jorge Lorenzo? Sehingga terbuka tempat untuk Alex Marquez di paddock HRC Repsol Honda dan berdampingan dengan kakak kandungnya Marc Marquez sebagai team mate yg mana hal ini belum pernah terjadi sebelumnya sejak ajang balap motor kasta tertinggi ini di gelar? Apakah ini settingan / upaya Dorna agar gelaran MotoGP tetap menjadi tontonan sport yg paling banyak di tonton jutaan pasang mata di seluruh dunia selain sepak bola?

    Guest
    • HRC jenius tingkat dewa. Kala hohe mau ke pramac menentang keras, alias siap2 kena pinalty besar2an. Tp horhe pensiun boleh. Sama kyk kasus Dani, pas semua tim sdh penuh slotnya, baru pengumuman dani mundur. Meski alex bukan emas, tp demi menjaga permatanya, ya gpp. Toh hasilnya gk akan beda jauh dr hohe, dan lebih irit.

      Guest
    • sejatiny, jorge d bujuk dorna untuk pensiun agar zarco dapat kursi d hrc entah repsol honda ataupun lcr honda, tpi aplah daya begitu jorge pensiun emilio alzamora langsung bergerak cepat dan golll alex gabung repsol. mknya skrg dorna membantu avintia mndapatkan motor full spek ducati dgn syarat zarco salahsatu pembalapny dgn ide ini pun sangat d setujui oleh ducati…. 5jt euro yg d minta karel akan d bayar dorna fear ducati dgn ‘memotong’ jatah petrux plus kabarny monster energi siap merapat ke avintia jika rider ny adlah zohan….
      scr performa khususny thun ini memang zohan klah dari quartaro tpi zohan punya nilai entertain lebih sejak masih d moto2 dan masih mengungguli quartararo. kasarny zohan masih sangat d butuhkan sbg daya pikat penonton dari prancis yg jumlahny sangatttt fantastisss

      Guest
    • Isu ini lebih liar daripada Zarco. Ada yg bilang sempat adu kepentingan Ezpeleta yg pro Zarco vs Marc yg pro Alex.

      Kita tau siapa yg menang.

      Lorenzo. Hahahaha

      Dia istirahat setahun, sambil tetap menjaga kebugaran, tahun depan comeback. Yang jadi pertanyaannya, dia “pensiun” dapat duit berapa ?

      Wkwkwkwk

      Begitulah isi panas dibalik rehat Lorenzo.

      Timelinenya :

      Marc : Lorenzo harusnya ga banyak berharap perubahan dari rcv 2020

      Lorenzo pensiun

      Alex masuk

      Crutchlow : dengan rcv 2020 (tes kemarin) saya lebih cepat daripada saat race

      Guest
    • Bukan gaya HRC seting menyeting gelaran lomba, bagi mereka kalo suatu gelaran lomba sudah tidak asik mereka tinggal cabut! Dah simple kan…nah kalo mereka cabut, suatu pagelaran merugi, itu!

      Guest
  2. imho, mungkin bukan faktor ‘zarco’ nya wak tapi faktor karel sendiri yg udah cukup lama di gp cuma gak banyak improve. mungkin dorna mau ‘nyingkirin’ karel pakai cara ini. who knows?

    Guest
  3. Nasib2. Ngarepin kursi repsol atau lcr. Malah zong 🀣🀣🀣 hando2 tega2nya. Demi mempertahankan si “anu” πŸ˜…

    Guest
      • ngebelain siapa ya? 🀭🀭 saya lagi membicarakan zarco yang salah menaruh harapan, padahal semua ini hanya settingan belaka 🀭🀭

        Guest
    • oh jadi si “itu” timnya repsol sekarang? 🀭🀭 kalo b0doh jangan keterlaluan loh mas mas 🀭🀭

      Guest
      • Haha, santai mas jngn nyolot gtu ya, kalo salah luruskan bukan ngejudge gtu ya, lagian ini yg bikin sebagian komentar disini eneg sama anda, cara anda berdebat tidak mencerminkan orang cerdas tapi lebih kepada ngajak ribut alias Barbar,

        Guest
        • lah emang rata2 pada ngajak ribut kan? πŸ˜‚πŸ˜‚ siapa yg bales komentar pake kata-kata kebun binatang πŸ˜‚?

          Guest
    • Y mending mertahanin si “itu”, rutin kasih jurdun…berturut-turut lagi…kembali ke pokok masalah, dalam race apa yg dicari slain kemenangan?

      Guest
      • kembali lagi ke topik saya tentang zarco. wajar Hando rela melakukan semua ini demi mendapat gelar juara rider, tim, dan constructor. makannya saya bilang zarco salah menaruh harapan untuk menjadi rider hrc, impossible selama masih ada nama marquez mengintai πŸ˜‚

        Guest
      • gw enggak bilang hrc php-in zarco ya, karena faktanya memang tidak ada perjanjian2. cuma si zarco aja salah menaruh masa depannya di Hando. untungnya lin japri berbaik hati, mungkin masih bisa jadi test rider dan sesekali dapet wild card.

        Guest
  4. murni bisnis bisa diatur,,mgkn zarco masih ada daya tarik di pasar penonton,,karel uda stagnan gk ada perkembangan dan daya tarik mnurutku mgkn hanya kuat dr latar belakang ‘sultan’

    Guest
  5. honda buat mertahanin sang raja moto gp 7tahun sekarang, kalau yahomo nendang hohe cuma buat mertahanin raja zonk 10tahun berturut2

    Guest
  6. Dek zarwo kenapa jadi kayak gelandangan semenjak di permainin team kunyit PT Marquez.

    Mending pulang ke team biru Le.
    2020 M1 setengah puntir gas da jaminan podium..

    Note
    .πŸ˜‚πŸ˜‚

    Guest
    • Sejak kapan Zarco di permainkan (dijanjikan) untuk ke tim Kunyit Repsol Honda?, yang benar HRC mengontrak Zarco disisa race untuk team LCR Idemitsu mengantikan Nakagami, dan pihak HRC tidak menjanjikan seat di Repsol Honda Team dan LCR untuk Zohan Zarco…
      malah team biru yang membuang Zarco demi anak didik (morbi) si Legend Never Merry a.k.a VR46
      kelihatan sekali kwalitas anda dalam menyerap berita motoGP di blog ini, makannya anda terlihat seperti Buzzer ketimbang FBY, atau emang FBY susah banget menyerap artikel yang ada?

      Guest
  7. Dalam sebuah riset sah sah saja uang segitu di gelontorkan. Karena riset ilmiah di motor yg di gadang terbaik sudah. JD tgl riset pembalap

    Guest
    • Tepat, dovi butuh pressure lebih. Sekalian Cari second option. Sukur sukur zarwo langsung tune in.bisa buat neken dove, kalo ga perform gw ganti zarwo. Temen nya dove kan udh tertekan ma rider australia Cmiiw

      Guest
      • Ini lebih mirip ide gila duketi bro…makin banyak rider bagus pegang duketi biar bisa lawan mm93…..kaya HRC pake 3 rider lawan Mpok ros ….ide yg bagus buat penonton gp kaya ane

        Guest
        • Ya banyak Hal yg di dapat dukati sebener nya. Kalo mau pake teori kontrasepsi ydah ini setingan darno Dan udh Kita ga ush nntn GP. Toh semua setingan Kaya sinetron mau siapapun jurdun nya. Tp ane ga begitu suka Pake kontrasepsi. Cmiiw

          Guest
  8. Buat Sultan Karel mending turun ke Moto2 aja, buat apa buang2 duit cuma di kasih motor purbakala. Padahal dulu di Moto2 lumayan moncer walaupun cuma semusim.

    Guest
  9. Sangat maklum jika yg Dorna atau siapapun itu perjuangkan adalah Valentino Rossi, seperti konon beberapa tahun lalu.
    Tp buat Johann Zarco? Setahun belakangan aja namanya udah hampir tenggelam. Iconic engga. Fanbase besar? Hmm, kyknya biasa aja, ga segede JL, DP, apalagi MM. Bawa sponsor gede? Kyknya ga juga.
    Modal 2x juara moto2 masa sampe segininya.

    Sekangen itukah publik Perancis ke sosok Oliver Jacque?

    Guest
    • msalah ny adlah prancis adlh penonton motogp terbanyak kedua dan suka atau tidak suka zarco lh yg pling entertain diantara rider perancis yg ada skrg mkanya dorna tetap ingin dia d motogp, tpi sayang plan A ny gagal karna emilio langsung menyodorkan alex marquez

      Guest
  10. Sampe segitunya ini media concern ama Zarco. Dulu saya respect ke dia, cuma pas dia “nyerah” sama tunggangan tim yang dia pilih koq seketika runtuh kagum saya.

    Bagi saya Zarco ini hanyalah pembalap cemen yang ga pantes di gadang gadang.
    Turun kelas adalah hal yang pantas buat dia. Saya bersyukur semua tim telah tutup pintu buat dia.

    Guest
    • yg terlihat memang sperti itu, tpi bisa jadi nyata nya beda. awal zarco gabung harapan ktm adlh zohan bisa mengembangkan motor tpi begitu zohan mengkritik sasisny ktm langsung berang dan bahkan update yg d dapat johan klah cepat dari miguel sejak itu dan puncak zohan merendahkan sasis dan mesin ktm dan jadilah mereka bersitegang. kalau ini murni ksalahn zarco gak bkalan ada pabrikan yang mau menampungny, tpi nyata 3 pabrikan teratas motogp penasaran denganny, hanya saja d honda dia klah dgn nma besar marquez d ducati dia telat datang

      Guest
      • Nyatanya, Pol Espargaro finis lebih baik dan konsisten drpd Jarwo. Emang dasarnya Jarwo ini media darling aja jadi seolah-olah Jarwo banyak yg minat.

        Guest
        • iya pol lebih baik dari zarco tpi lihat lh factor lain sprti misalny pol udah 3 thun pke ktm dan p juga merupakan pusat pengembangan ktm rc-gp, tau sendri gaya balap pol lebih agresif layaknya marc marquez sdangkan zarko lebih smoth layaknya lorenjo. kita lihat saja pembuktian zarco thun depan klau dia pkai desmo gp19 full spek, klau dia mampu dlbersaing dengan trio ducati(dovi miller petrux) berarti dia punya bkat lebih hanya saja cara kerjany tidak cocok dengan ktm

          Guest
    • Wes rausah ngalor ngidul
      Nyatanya
      Teh Rin a nos dikepretin MV12 superior.
      4i kw dikepret 4i asli.
      John semir(pabrikan) jadi keset Qua20(satelit).
      🀣🀣

      Guest
  11. Kalau bener2 gabung ke avintia dan dapat motor spek tua paling zarko ngulang kalimatnya yg dulu ketika di keteem “ini motor sampah,aku pulang saja”

    Guest
  12. Kita semua tau Ada tekanan Dari Dorna Di balik Pensiun/istirahatnya JL. Mungkin akan Ada Brand sponsor Baru yg bakal Masuk Ke GP kalo Zarco Sampe Dapet Seat di 2020. Entah Sponsor yg bakal Nyantol ke Zarco ? Hingga punya impact ke Dorna jga ?

    Ini tampilan Antarmukanya Kok Jadi begini dah . Msa Sering Redirect ke Web Honda Kalo nyentuh Bagian pinggir

    Guest
      • kalo Aku bilang sih ini Cuma Dugaan.

        Logicnya sih Kalo sampe Dorna Rela secara halus “ndepak” pembalap Sekelas Sultan lalu memberikan kursi ke JZ brarti Ada kepentingan yg lbh besar (entah itu secara Materi atau inmateril) dari yg ada Sekarang.

        Guest
        • merunut brita speedweek, Zarco lebih disayang publik prancis dibanding FQ, karena FQ sekeluarga pindah ke spanyol pas FQ sudah gede. Jadi nasionalisme prancis yg bicara disini.

          Guest
        • Maksudnya”muka edan” JL itu sebagai Lobster
          Gitu aja gagal paham..dasar sumbu pendek
          Mueheheheeee

          Guest
        • Orang Gw lagi ngomongin Karel Jadi pemilik Tim kok disambungkan Jorge Yg Kya Lobster di balik batu ? Lah Gw Mah Paham Kalo Jorge Itu Lobster Tpi korelasinya Sma seandainya Karel bikin Tim baru dan dia Owner-nya apa ?? Ini yg gak Konek Dari awal gw Ato mukgil ?

          Guest
        • Sssttt diem.in aja cek deh dr atas tuh nickname cuma topeng cek kalingat yg digunakan dan analogi yg dipakai .. km tahu lah .. skip .in aja

          Guest
        • Well melihat Tim biru muda Yg bisa bersaing 5-10 besar Saya pikir Bapaknya Karel Pasti tau lah pabrikan Suzuki . Kalo soal Prestasi. Semenjak Masuknya Dia Yamaha Yg katanya “Superior” jadi stuck Dan gak berkembang

          Guest
  13. Wadidaww..sultan udah ngmg bgtu,siap2 babeh nya turun tangan..anak gw dipermainkan tak gaplok pake euro se kontainer wkwkwk..

    Guest
  14. Dorna cuma pengen ada lawan Marquez gitu aja sih simple

    Abraham kurang kapabilitas dalam race weekend recoki Marquez.

    Lorenzo yang digadang 2019 jadi angker teammate Marquez malah loyo …

    Sorry to say Rossi bukan tandingan Marquez saat 2019

    Fabio Quartararo jadi kuda hitam ketika 2o19, diluar dugaan Dorna

    ECU Pirelli diberlakukan pun untuk buat mampet kedigdayaan HRC, Ducati yang jadi untung

    Suzuki berhasil meraih kerja kerasnya selama ini dengan Alex Rins,

    Alex Marquez diluar prediksi Dorna untuk dapet seat Repsol Honda team

    Yess inilah MotoGP, jangan terlalu naif karena sesungguhnya ada skenario untuk membuatnya tetep asik ditonton. Walaupun secara halus, tapi 2019-2020 terlalu vulgar cara main dorna… Kurang main cantik

    Guest
    • Ini bukan ngomong tapi lagi komentar πŸ˜‚ (takut ada yang Nyamber aee)

      Komentar ini tidak berdasarkan fakta, hanya asumsi si pengamentar ,πŸ˜πŸ˜„πŸ˜„

      Guest
    • Suzuki malah mulai struggling saat Alex Rins n Iannone masuk. Ga tau deh keputusan engine 2017 keputusan siapa

      Yang jelasnya awal menang bersama Maverick

      Guest
  15. “Jikalau iya pun . . . Tingkat/level kelayakan dari seorang Johann Zarco dan Avintia Racing untuk diperjuangkan memang setinggi itu yah ?”

    B AJA

    Guest
  16. Gara gara kisruh zarwo jadi tahu nih harga yang harus dibayarkan sultan πŸ˜‚ untuk kursi MotoGP πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    5juta euro πŸ˜‚

    Kalo harga pRomo mungkin beda lagi πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ umbrella girl diganti Nganu 😭, motor ngelap sendiri

    Guest
  17. Yamaha tidak ada dalam pikiran Zarco

    Masuk akal sih, dia waktu berharga di tech3 Yamaha gak ada minat naikkan Zarco ke factory πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Sama halnya Zarco tak ada pikiran ke Suzuki bilamana ada tawaran tersebut

    Guest
    • Sijuki juga mana mau rekrut rookie senior cem dia? Sijuki ambil jalan anti-mainstream pisau bermata dua dengan line-up pembalap paling junior (dr umur) di antara seluruh pembalap motoGP.

      Guest
  18. Hmmm, Zarco sepertinya sedang bermain “Lo jual gue beli” dengan Dorna, ingat semenjak Zarco masuk tim MotoGP, jml penonton MotoGP di Perancis naik pesat & itu sebuah peluang buat Dorna buat ladang bisnis, & utk mempertahankan Zarco di MotoGP segala cara dilakukan oleh Dorna,

    Guest
    • Tapi sayang rencana dorna dikepret anak emasnya sendiri PT engqez co
      Naaa

      Catet
      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • Iya dong
      Mana bisa masuk ngunda
      Wong ngunda uda di akuisisi PT engqes co

      Naaa

      Catet
      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
  19. pertanyaannya seberapa pentingkah zarco di motogp sehingga perhatian tim gp banyak tercurah untuknya…

    tapi tetep sih peran utama di motogp tetap rossi…yang mampu menarik jutaan penonton seantero dunia..

    rossi pensiun motogp sepi dorna bisa jadi akan rugi

    catet

    Guest
    • Siapa bilang?, sekarang aja Rossi sudah jarang kena shot dari camera, dan MotoGP tetap asik untuk di tonton…
      Note : Setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya…
      masa rossi sudah habis semenjak 10 tahun lalu, dan sekarang masanya MM93…
      terima atau gak bodo amat, yang penting motoGP tetap asik di tonton…
      bahkan MM93 mampu memberikan tontonan yang hebat…

      Guest
  20. sampi hal seperti inipun dorna ikut campur. jangan2 teori kalo moto gp penuh drama dan setingan itu benar adanya.

    Guest
    • Cuman karir si Mbah46 doang yg berjalan apa adanya..
      Mangkanya selalu seger buger..
      Wong si mbah pikiranya selalu positif

      Catet
      πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      Guest
  21. 5 juta euro untuk French?

    1. Louis Vuitton?
    2. Chanel?
    3. L’Oreal?
    4. PSA/Peugeot?
    dll

    tapi….. mau kagak????
    hehehehe

    Guest
  22. Well, Dorna gak munafik kalo mereka bikin MotoGP buat bisnis. Faktanya, Le Mans Prancis ditahun 2019 masih masuk 5 besar penonton terbanyak. Daya tarik Johann masih bagus disana, ditambah ada The Rising Star, Fabio Quartararo. Potensi dapat duitnya lebih besar. Jadinya, Dorna dengan berbagai triknya berupaya untuk mempertahankan Johann, lebih menjual dirinya daripada (sorry to say) Karel si anak sultan #IMHO

    By the way, tampilan blog kenapa ya, Wak ? Pencet sisi kanan/kiri awto masuk web AHM 🀣

    Guest
  23. Kenapa DORNA ga bujuk suzuki bwt bikin tim satelit,gelontorin dana biar suzuki mau kasih satu motor untuk pak de jarwo,jarwo cocok pake inline…kalo dipaksakan pake L/V twin,nanti nasib nya kek lorenzo

    Guest
    • Dorna kasih duit buat marzuki?
      Jurdun dulu gih
      Jangankan dorna
      Sponsor aja oga nemplok
      Pertanda marzuki gak menarik blas
      πŸ˜‚πŸ˜‚

      Guest
    • tunggu 2021
      pasukan sijuki nambah 2 racer via team satellite
      team yg dimiliki oleh sultan malaysia dgn nama team yg susah disebut oleh komentator motogp 😁😁

      Guest
  24. yang jd pertanyaan, apakah dorna berani berinvestasi 5 juta euro semusim utk seorang zarco..??

    €5.000.000 = Rp. 78.039.582.300

    alias setara dengan tarif 1 seri motogp di dataran eropa

    jd istilahnya, apa dorna mau membuang pendapatan 1 seri hanya utk seorang zarco..??

    masalahnya…

    apakah dgn kehadiran zarco di avintia, bisa mendapatkan keuntungan minimal €5.000.000 bagi dorna (tiket, traffic di dunia maya, apparel dll)

    saya rasa tidak

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.