TMCBLOG.com – Suzuki V-strom 1050 pertama hadir di EICMA 2019 namun saat revealingnya, Suzuki belum mengumumkan harga dari Big-DR series ini. Suzuki V-Strom hadir menyapa penggemar adventure bike yang saat ini kian menjadi life style tersendiri di kalangan biker secara worldwide. Yap, segmentasi yang kian seksi sehingga tak ayal lagi aroma kompetisi pun kian terasa lebih hangat seiring berjalannya waktu. Begitu pula dengan Suzuki, mereka seperti tidak mau kalah set, via motor baru, bentuk baru, mereka juga merilis strategi baru untuk V-strom 1050 ini . .

Pada dasarnya mesin yang dipakai Suzuki V-Strom 1050 sama dengan mesin pendahulunya yakni V-Strom 1000 yakni 1.037 cc 90° V-Twin engine yang dikembangkan berbasis Suzuki TL1000 tahun 2013. Di Eropa, khususnya di Inggris, Suzuki mengumumkan harga Suzuki V-strom 1050 MY2020 versi basic/standar di banderol dengan harga 9.999 Poundsterling ( sekitar 181,5 juta Rupiah ) . . Harga ini notabenennya lebih rendah dibandingkan dengan pendahulunya V-Strom 1000 yang dbanderol 10.339 Poundsterling ( 187,7 juta Rupiah) . . Hmm padahal kalo boleh dibilang secara elektronik V-strom 1050 lebih canggih.

Suzuki menghadirkan peningkatan elektronik pada V-Strom 1050 dimana hadir sistem Ride/Throttle By Wire yang menghasilkan 3 Riding Mode dan diperkuat dengan Traction Control. Semua ini terintegrasi dengan nama Suzuki Intelligent Ride System (SIRS).

Sebagai gambaran untuk memperoleh Honda Africa Twin atau BMW R1250GS di Amerika harus merogoh kocek di sekitaran angka 13 ribu-an Poundsterling. Dan bahkan yang bikin lebih menarik adalah harga V-Strom 1050 yang power maksimumnya naik menjadi 106 Hp @8.500 Rpm dibandingkan V-Strom 1000 ini harganya hanya sedikit banget berbeda bila dibandingkan motor-motor ADV versi intermediate seperti BMW F850GS yang saat ini dibanderol mulai dari 9.875 Poundsterling ( 179,2 juta Rupiah ) deket bener . . .

Sepertinya nggak di big bike atau motor-motor kubikasi kecil yang memiliki situasi kompetisi rapat, Suzuki mencoba mencari celah Value For The Money untuk bisa menarik perhatian para potential buyer.

Taufik of BuitenZorg

18 COMMENTS

    • bukan ducati banget om tp marlboro banget, krn memang terutama warna putih dan merah ini udah di pake dr jaman suzuki DR750/800S th1989-1990 versi dakar tentu saja dgn sponsor marlboro nya.

      Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.