TMCBLOG.com – Sobat sekalian, Ducati memang biasannya selalu menghadirkan Versi Superleggera dari Superbike versi tertinggi Homologasi mereka. Bicara Soal Superleggera, itu adalah Bahasa italia dari ” Super Ringan ” . Biasanya titel ini disandingkan dengan nama Varian kendaraan yang memiliki perlakuan Khusus untuk membuat bobotnya jauh lebih ringan dibandingkan Versi standarnya. Begitu Juga dengan Ducati Panigale Superleggera V4

Via Bikesocial akhirnnya diketahui beberapa spesifikasi teknis dari Calon Ducati Panigale Ducati Superleggera V4 ini sob. Hal pertama adalah soal penggunaan basis dari Mesinnya. Panigale Superleggera V4 menggunakan basis mesin 998 cc V4 yang digunakan Oleh Panigael V4 Homologasi WSBK. Namun begitu secara Bobot dengan penggunaan banyak sekali part part yang super ringan membuat Panigale Superleggera V4 lebih ringan sekitar 11 kg dibandingkan Dengan Panigale V4R.

sinyalemen Part part ringan itu bisa jadi berupa carbon-fibre frame dan subframe, carbon-fibre swingarm, dan carbon-fibre Whell Velg. Biasannya penggunaan part part ini selain akan mengurangi Bobot total baik un-sprung maupun Rotating Mass. Pengurangan un-sprung Mass biasanya punya andil besar dalam soal Handling, sementara pengurangan Rotating Mass akan punya peranan besar dalam peningkatan akselerasi dan Pengereman.

Namun, Biasannya pengurangan bobot yang cukup signifikan imbasnya akan kepada satabilitas ..  kalo kata anak anak sekarang, terlalu ringan motor akan terasa lebih ‘melayang’ dan logika ini biasannya harus membuat Pabrikan melakukan sedikit tweak dimensi lainnya seperti memperkecil/ menurunkan ground Clearance atau menambah panjang wheelbase guna menambah Stabilitas. Mungkin ini juga yang akan membedakan Panigale Superleggra V4 dengan Panigale V4R nanti.

Selain soal Bobot, Informasi lain adalah soal Power maksimum yang bisa dihasikan yakni 165kW (221hp, 224PS) pada Kitiran Mesin 15,250rpm. Fakta ini berarti Power dari Panigale Superleggera akan 2,7kW (3,6hp atau 3,7PS) lebih tinggi dibandingkan Panigale V4R. Penggunaan All Titanium Muffler system disinyalir menjadi Penyebab utama terkalinya Power 3,6 hp itu dari Mesin V4.

Taufik of BuitenZorg

22 COMMENTS

  1. Berarti 182kg an,kirain kaya motor MotoGP yg 150 an
    F4 Claudio malah 175kg an
    HP4 race carbon 171kg an
    Masih kurang diet tuh,mungkin sasis monokok dan velg-nya harus di ganti carbon semua ?

    • Pengurangan bobot cbr sih ga pernah se ekstrem superleggera, paling versi special production tambah performance kit dan suspensi kompetisi

  2. Penggunaan material carbon fibre pd motor produksi masal begini apakah sama dengan yg digunakan di GP ya? Klo sama, andai terjadi hal buruk, kan pasti repot jg penanganannya nanti, seperti yg prnh dibilang Cruthclow utk swingarm carbonnya, klo jatuh, harus “opname” dulu, ke jepang lg..

    • ya harus siap ganti baru,karena kalo carbon udah rusak ga bs di repair lagi
      tapi palingan yg beli ini motor juga para sultan ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.