TMCBLOG.com – FIM WSBK baru saja selesai menyelenggarakan Test resmi Pra-Musim 2020 di Sirkuit Angel Nieto – Jerez Spanyol dimana ini merupakan kali kedua Team mencoba Formasi team baru, Part baru, Dan Moto Baru untuk persiapan Musim WSBK 2020. Secara umum walaupun sempat diinterupsi 4 kali red-Flag, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) berhasil Unggul tipis dari Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha WorldSBK Official Team) dan Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK).

Kawasaki meneruskan eksperimen mereka dengan beberapa Ide dan setup baru yang menyangkut Balance dari Motor dengan beberapa skenario. Ke-siapan dari Kawasaki ini bisa dibuktikan dengan hadrinya Rea sebagai pembalap pertama yang tembus Laptime sub 1:40, sementara Alex Lowes pun sempat berhasil menyelinap ke posisi kedua di sisa dua jam sebelum Waktu pengetesan Hari pertama Berakhir.

Buat Ducati, test jerez ini terasa kerasnya. Scott redding (ARUBA.IT Racing – Ducati) sempat Crash di T5, dan membuatnya banyak kehilangan waktu sampai harus turun ke posisi 6 di akhir sesi. Smentara Itu Chaz Davies Yang sibuk mencoba berbagai set-up ergonomi dan Suspensi belakang Ohlins berada di posisi delapan.

Yamaha Yang tahun ini juga menghadirkan Line-up baru bekerja dengan cepat. Pembalap Turki Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha WorldSBK Official Team) menjadi Pembalap pertama yang Hadir di Track dan Meneruskan Eksperimen di sisi Ergonomi/ Posisi  riding dan mencari set-up yang tepat  pada hal Engine Brake. Toprak menyelesaikan Pengetesan Hari pertama dengan Laptime yang hanya berselang tipis dari Rea. Sementara Michael Van Der Mark berhasil finish di Posisi ke tiga.

Patut di catat bahwa di Pengetesan Hari pertama Jerez ini Hanya Nicolo Canepa saja Pembalap Yamaha yang menggunakan Model Year 2020 dari Yamaha R1 sementara Rider lain ( Toprak, VDM dan Loris Baz ) menggunakan  Yamaha R1 MY 2019. Di Pengetesan ini tidak terlihat Honda CBR1000RR-R Karena HRC-Team Lebih memilih Pengetesan Privat di Aragon. Lagi pula Bautista baru diperbolehkan Bicara soal Honda per-tanggal 1 januari 2020 sesuai karena masih terikat Kontrak dengan Ducati sampai 31 Desember 2019

Taufik of BuitenZorg

WorldSBK Jerez Test Day One Unofficial Times:

1. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) 1’39.207 – 63 laps
2. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha WorldSBK Official Team) 1’39.226 – 77 laps
3. Michael van der Mark (Pata Yamaha WorldSBK Official Team) 1’39.541 – 98 laps
4. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK) 1’39.780 – 88 laps
5. Loris Baz (Ten Kate – Yamaha) 1’40.128 – 98 laps
6. Scott Redding (ARUBA.IT Racing – Ducati) 1’40.137 – 65 laps
7. Tom Sykes (BMW Motorrad WorldSBK Team) 1’40.431 – 50 laps
8. Chaz Davies (ARUBA.IT Racing – Ducati) 1’40.659 – 72 laps
9. Niccolo Canepa (Pata Yamaha WorldSBK Official) 1’40.854 – 68 laps
10. Eugene Laverty (BMW Motorrad WorldSBK Team) 1’40.971 – 63 laps

32 COMMENTS

  1. Inilah perfoma asli moge jalanan pabrikan. Kawasaki masih raja, yamaha dan honda belum ya karena pke motor 2019. Btw knapa honda gak ikut tes resmi.

    • Honda sudah rutin tdk ikut test resmi sesi 1 & 2, sesi 3 baru ikut bareng.

      Karena emang wsbk ada rules boleh test private selama schedule waktu test.

      Beda dgn moto GP yg tidak ada test private

    • Mungkin yg dimaksud tanya diatas kenapa ga ikut yg resmi aja, malah bikin test sendiri.

      mungkin mereka malu, masih belum PD bisa berjibaku.
      Atau mungkin mereka menyembunyikan kekuatannya biar nanti kejutan race udah nonggol didepan.
      Apa mungkin karena mereka mau hambur hamburin uang.. :v

  2. Zultan ya gitu,dibanding ikut test serempak mending sewa sirkuit buat diri sendiri, Paddock di sewa semua biar teknisinya bs main bola jg disitu ?

  3. Di motogp tim yamama posisi 3 setelah ducetec, di wsbk tim yamama posisi 3 setelah ducetec, efek sering ngetek tim ducetec keknya ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here