TMCBLOG.com – News Flash aja nih, Kemarin Dorna mengirimkan Informasi terbaru soal regulasi yang dihadirkan di gelaran Balap produksi massal FIM WSBK, WSS dan WSSP 300. Secara umum beberapa Update dari gelaran Balap WSBk ini telah disetujui di Madrid tanggal 27 Novelmber 2019 oleh Komisi Superbike yang terdiri dari Gregorio Lavilla(WorldSBK Sporting & Organization Executive Director),Takanao Tsubouchi (MSMA Representative) dan Franck Vayssié (FIM CCR Director) dengan dihadiri juga oleh MrPaul Duparc(FIM CCR Coordinator and secretary of this meeting) . . . Ada banyak hal Yang disetujui/ disepakat mulai dari beberapa yang angka angkanya sudah jelas, Sampai pada beberapa Update dimana anga angka eksaknya belum ditentukan seperti misalnya Rev Limit Motor di Kelas WSSP300 yang sepertinya akan diubah lagi . .

Sobat sekalian bisa cek File PDFnya dengan Decisions_of_the_Superbike_Commission_ Madrid_27_November_2019. Diantara informasi dan Update yang dihadirkan tmcblog cukup menarik melihat ada satu klausul regulasi Teknis yang secara umum seperti Memperbolehkan penggunaan Active / Dynamic Aero. Selama ini untuk Kelas Superbike sendiri Kita belum melihat ada Satupun motor yang menggunakan Active wing. Ducati Panigale V4R, CBR1000RR-R atapun Aprilia RSV4 memiliki Wing yang bentuknya statis alias Pasif.

Namun begitu di beberapa bulan yang lalu kita bisa melihat bahwa Honda secara Pabrikan pernah menghadirkan File Desain Paten dari Aero-wing yang bisa digerak gerakan secara mekanis sehingga Bilang Wing pada masing masing sisi Fairing dapat memiliki sudut kemiringan Wing ( angle of Attack ) yang bervariasi.  . Saat itu banyak pengunjung tmcblog yang bertanya, apakah Model Active wing begitu diperbolehkan ? baru sekarang tmcblog bisa menjawab bahwa di Musim 2020 nanti semakin jelas bahwa Wing aktif  Boleh dipakai di race Weekend WSBK.

Begini isi dari Update regulasi tersebut :

” Wings and Aerodynamic Aids -For active or dynamic aerodynamic parts ONLY the standard homologated mechanism may be used. The range of movement must be the same as that used by the homologated road machine in normal use -not the mechanical maximum. “

Jika tmcblog coba artikan secara umum, ini artinya WSBK MEMPERBOLEHKAN penggunaan Active Wing dengan catatan Part wing yang dipakai di Race weekend secara keseluruhan hadir di Motor Versi Homologasi. Dan Kalau bicara active wing, biasannya ada pergerakan dari Bilah Wing, nahh range pergerakan bilah wing di Motor Balap itu harus sama dengan  pergerakan bilah wing pada motor Homoloasi saat digunakan dalam keadaan pemakaian Normal . . Jadi Misalnya Jika di Motor homologasi hanya bisa menggerakkan Variasi penambahan Kemiringan sudut Plus minus 10 derajad maka  pada Motor Versi balap harus memiliki Race variasi kemiringan sudut yang serupa Juga ( 10 Derajad ) . . Semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

41 COMMENTS

    • Sepertinya akan lebih menarik jika pergerakan wingletnya bukan secara electrical, melainkan full mekanis (misalkan) berdasarkan kecepatan udara (air flow) yg diterima..

      Semakin besar / cepat nilai besaran air flow yg diterima, semakin besar pula derajat angle of attack-nya..

      Filosofinya mirip dengan variable valve GSX yg bukan secara electrical..

      Guest
    • Tapi baru honda yg sudah mempatenkan active aero wing miliknya. Yg lain harus segera menyusul agar tidak tertinggal

      Guest
    • “Walaupun Hodna telah Mendevelop/ mematenkan Desain dari Active Winglet, namun untuk New Honda CBR1000RR-R fireblade Ini wingnya tetap fixed.” saya kutip langsung. ternyata ini alasannya 😅 🙏

      Guest
  1. V4R RSV4 sama Fireblade triple R masih pake pasif wing, berarti harus bikin motor baru alias facelift nih kalo mau dibawa ke wsbk

    Guest
  2. Buat siapa wsbk ijinkan active aero winglet?
    Buat siapa wsbk ijinkan active aero winglet dipublikasikan? Dapoer ngeboel kamu?

    Guest
      • Selama ini untuk Kelas Superbike sendiri Kita belum melihat ada Satupun motor yang menggunakan Active wing. Ducati Panigale V4R, CBR1000RR-R atapun Aprilia RSV4 memiliki Wing yang bentuknya statis alias Pasif.

        Guest
  3. Honda order nih😂🤣🤣,secara yg punya active wing baru cibi2,seperti biasa Oprek regulasi versi cibi2,RRRRRR🤣🤣,lainya aj versi masal kagak punya,masak akhir tahun mau pabrik mau produksi ulang

    Guest
  4. Haha kok baru mau mulai season ada aturan baru lagi..btw klo nti motor blh pke active wing bukannya motor massal bkl makin naik harganya dan banyak yg mundur wsbk lagi ya. Baiknya dorna bkin gmana biar wsbk tayang diindo. Scr netizen indo bakal yg mengup wsbk sprti motogp dulu.

    Guest
  5. Ini seperti era seamless dulu di motogp..yg lain blm hond4 sdh pake yg full..
    Ya ini cara lama demi menang apapun ditempuh..
    Ya agak lucu aja di wsbk terjadi hal yang sm..
    Klo menang di bully,,
    Misal klo klh malunya tuh…jadi oprek regulasi ini bukn win win solution,🤣

    Guest
    • Waktu itu gak Ada Regulasi Yg melarang SSG trs lu marah2 gara2 Honda Nerapin itu dluan ? ? Kok lu gak marah Ke Ducati Yg Pake Desmodromic Atau M1 Yg Pake Crossplane ?

      Sungguh Dikebiri sangat Jika Suatu pengembangan Di Batasi habis2an

      Guest
  6. Namanya balap produksi masal, seharusnya teknologi apapun boleh selama sama dengam versi homologasi dan tidak membahayakan. Mau winglet, suspensi elektronik, steering damper elektronik, variable valve, dll, seharusnya boleh boleh aja kan?

    Guest
  7. “…in normal use – not the mechanical maximum.” Maksudnya bgmn ya? Apa berdasar dari opsi riding mode nya, Street (normal)/Race/Dry/Wet, dll?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.