TMCBLOG.com – PT Astra Honda Motor (AHM) mewujudkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan melalui peresmian Astra Honda Pranaraksa Center sekaligus memperkenalkan kegiatan perdananya, yaitu Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara. Upaya konservasi ini diimplementasikan dengan melakukan penanaman sekaligus pemeliharaan 1.000 pohon buah langka asli Indonesia.

Penanaman dan pemeliharaan pohon perdana dari Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara dilakukan di Bukit Puter, Kampung Cidadap, Desa Padalarang, Kab. Bandung Barat pada Selasa (3/12). Tempat ini dipilih karena kondisi lahan yang tandus sehingga memerlukan upaya reboisasi. Selain itu, lokasi Bukit Puter berdekatan dengan Kampung Berseri Astra (KBA) Cidadap yang telah dibina AHM sejak tahun 2017, sehingga kegiatan konservasi ini diharapkan dapat bekerjasama dan memberdayakan masyarakat lokal dalam proses penanaman dan perawatannya.

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan pengembangan Astra Honda Pranaraksa Center memiliki tiga tujuan utama dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat, yaitu penghijauan lahan tandus, perlindungan keanekaragaman hayati, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tidak hanya berhenti pada penanaman pohon saja, AHM bersama masyarakat juga akan memelihara pohon yang ditanam untuk memastikan kelestariannya.

“Selain sebagai tempat untuk konservasi buah langka dan lokal asli Indonesia, Astra Honda Pranaraksa Center ini diharapkan bisa menjadi pusat pengenalan dan pembelajaran kepada seluruh elemen masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh tentang buah-buah asli Indonesia yang saat ini sudah mulai jarang dijumpai di sekitar kita,” tambah Muhib.

Sebanyak 1.000 pohon yang ditanam di Astra Honda Pranaraksa Center di Bukit Puter, Cidadap ini antara lain berupa 17 jenis buah langka dan 10 jenis buah lokal yang juga perlu dipertahankan keberadaannya. Adapun jenis pohon buah langka yang ditanam adalah pohon mundu, menteng, kecapi, kenari, jamblang, sempur, jeruk kinkit, maja, jambu mawar, bisbul, matoa, belimbing wuluh. Terdapat pula pohon alkesa, jambu bol, sirsak madu, sirsak ratu, dan gowok yang juga masuk jenis dalam buah langka. AHM juga menanam pohon jambu kristal, jambu biji, jambu air, manggis, sawo manila, kelengkeng, belimbing, alpukat, nangka, dan durian musang king yang merupakan jenis buah lokal.

Dalam menjalankan program ini AHM bekerjsama dengan KBA Cidadap dan Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC). Selain itu AHM juga menggandeng PT Musashi Autoparts Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, PT Suryaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing Indonesia.

based on AHM Info

21 COMMENTS

  1. Smk di w_a_t_e_s Ku_lon_pro_go, gedung & fasilitas bagus. Siswa banyak. Tapi pengajar profesional bersertifikasi cuma satu. Karena tujuannya melalui si murid membuat orang sekabupaten beli motor H. Bukan edukasi nya tapi bisnis tujuan utamanya. Temen ane praktisi design yang ngajar disana. Kebetulan bisa akses ke director smk itu. Yang seperti itu juga harus diungkap donk wak. Haji lohh… Kudu berani ungkap kebenaran.

    Guest
  2. Wah ada buah mundu, buah dari kampung waktu masih kecil dulu suka makan mundu, emang sekarang sdh susah nyarinya

    Guest
  3. Semoga kedepan terus di perluas..
    Satu konsumen beli motor.. Wajib tanam 10 bibit pohon dulu..
    Beli mobil.. Wajib tanam 100 bibit pohon dulu..
    Beli truck dan bus.. Wajib tanam 1000 pohon dulu..

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.